P. 1
2 - Skala Psikologi

2 - Skala Psikologi

5.0

|Views: 1,791|Likes:
Published by Humam Semangat Baru

More info:

Published by: Humam Semangat Baru on Aug 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/13/2015

pdf

text

original

SKALA PSIKOLOGI

Wahyu Widhiarso

ELEMEN dalam Skala Psikologi
SKALA- seperangkat nomor yang digunakan untuk menjelaskan konstrak psikologis INSTRUMENT- alat yang dipakai untuk menjalakan operasi pengukuran PROSEDUR- Urutan tindakan yang dilakukan ketika dalam melakukan pengukuran

Contoh Pengukuran Tinggi Badan Skala Instrumen Prosedur Cm. tongkat Berdiri di dekat penggaris. NEO Seperangkat Pernyataan Meminta subjek untuk mengisi pernyataan . berdiri di dekat tembok Kepribadian 16PF. Inchi Penggaris.

Saya mengungkapkan ide dengan jelas SS S N TS STS . Seringkali dinamakan dengan tes. namun dalam hal ini skala psikologis digunakan sebagai istilah untuk atribut afektif.SKALA PSIKOLOGI Skala Psikologi adalah instrumen pengukuran untuk mengidentifikasi konstrak psikologis. sedangkan kata tes digunakan untuk atribut kognitif Contoh Item Skala Psikologi 1.

PENSKALAAN (SKALING) PENGERTIAN Penskalaan adalah merupakan prosedur untuk menempatkan karakteristik objek pada titik-titik sepanjang sebuah kontinum Penskalaan dalam psikologi adalah upaya untuk mengembangkan instrumen pengukuran terhadap penilaian individu TUJUAN Untuk akurasi estimasi penilaian individu yang bersifat subjektif .

Kontinum Fisik : Apabila angka diperoleh dari pengukuran dengan menggunakan skala fisik Kontinum Psikologis : Apabila angka diperoleh dari pengukuran dengan menggunakan perkiraan subjektif 1 2 3 4 .KONTINUM Kontinum adalah deretan angka yang berurutan sepanjang sebuah garis lurus.

. Misalnya penskalaan pada sejumlah kata emosi berdasarkan intensitas emosinya Penskalaan Respon Likert Bertujuan untuk meletakkan respon dalam sebuah kontinum. Misalnya membandingkan individu berdasarkan inteligensinya Penskalaan Stimulus Thurstone Bertujuan untuk meletakkan stimulus dalam sebuah kontinum. Misalnya penskalaan respon kesesuaian karakteristik individu pada pernyataan.Jenis Penskalaan Penskalaan Subjek Bertujuan untuk meletakkan individu dalam sebuah kontinum.

Jenis Penskalaan Psikologi METODE Meranking Menilai (rating) Mengkategorikan Membandingkan Mengestimasi Memetakan Kemiripan DESKRIPSI Subjek mengurutkan stimulus berdasarkan kesesuaiannya dengan kondisi dirinya Subjek menilai stimulus berdasarkan kesesuaiannya dengan kondisi dirinya Subjek meletakkan stimulus pada kategori yang sesuai dengan kondisi dirinya Subjek memilih pasangan stimulus yang sesuai dengan kondisi dirinya Subjek mengestimasi dengan memberikan penilaian pada atribut yang sesuai dengan kondisi dirinya Subjek memetakan kesamaan antar stimulus pada sebuah peta dimensi stimulus .

Novel . Majalah Buku Koran MEMBANDINGKAN Profesi yang saya sukai 4 Wirausaha Wirausaha Pegawai VS Pegawai Guru Guru MENILAI (RATING) 1 Saya mengungkapkan ide dengan jelas SS S N TS STS VS VS .MENGKATEGORIKAN MERANGKING Urutkan yang aktivitas anda sukai dengan memberi nilai 1 sampai 5. 1 3 2 Membaca Berdiskusi Praktek Mengamati Bacaan yang saya sukai 1 .

1 2 3 4 5 6 7 8 Suhu Citra Diri Aspirasi Karir Volume Suara Kompetensi Inteligensi Berat Badan Kecantikan ATRIBUT FISIK PSIKOLOGIS .Kontinum Fisik ataukah Psikologis ? NO.

tidak ada respon yang dinilai benar dan salah dalam skala psikologi .Karakteristik Skala Psikologi Stimulus yang diberikan tidak secara langsung mengukur konstrak ukur Item skala psikologis tidak langsung mengacu pada konstrak ukur “Saya berangkat kerja dengan hati mantap” (Skala semangat kerja) Interpretasi didasarkan pada keseluruhan item Satu item tidak dapat dijadikan landasan menginterpretasikan Tidak ada respon benar dan salah Tidak seperti tes kognitif.

Terminologi Skala Psikologi CHECKLIST RATING INVENTORY .

Contoh Checklist No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Wajah Kebaikan Hati Uang Humor Ambisi Moral Religiusitas Status Inteligensi Kesehatan Aspek Sangat Penting Cukup Penting Kurang Penting .

Perbedaan Skala dan Angket DIMENSI Indikator Psikologi yang diungkap Arah pernyataan Kesadaran pada tujuan ukur Penilaian Respon Jumlah konstrak diungkap Pengujian reliabilitas Pengujian validitas Jenis Data SKALA ANGKET Aspek diri yang dipersepsi Data faktual yang diketahui subjek subjek Tidak langsung Tidak sadar Prosedur Penskalaan Satu konstrak Perlu diuji Kejelasan konsep Interval Langsung Sadar Klasifikasi Banyak konstrak Tidak perlu diuji Kejelasan tujuan Ordinal Contoh Skala Contoh Angket .

.................... menyiapkan tayangan) Menyelesaikan tugas administratif (Membuat Laporan) Pertemuan atau rapat Pengembangan profesi (kursus.... Kelompok Belajar) Lain-lain.. sebutkan .CONTOH ANGKET – Aktivitas Guru Jumlah Jam dalam seminggu No 1 2 3 4 5 6 Pernyataan Perencanaan dan Persiapan Materi (Mengatur lab.... lokakarya) Kegiatan dengan Siswa (Bimbingan Ekskul...... <1 1-2 3-4 5-6 6< ......... seminar.

bukan sekedar penampilan fisik semata Saya merasa tidak nyaman bila bersama orang-orang yang baru saya kenal SS S N TS STS .CONTOH SKALA – Kepercayaan Diri RESPON NO 1 2 3 4 5 6 PERNYATAAN Saya merasa orang lain memiliki kemampuan lebih daripada saya Saya senang berkumpul dengan orang banyak karena dari sana saya dapat memperoleh sesuatu yang baru Saya akan mengembangkan kemampuan saya secara maksimal Saya sulit menjalin kerjasama dengan orang yang baru saya kenal Yang terpenting adalah kemampuan yang saya miliki.

KOMPONEN SKALA Petunjuk Pengisian Informasi mengenai bagaimana subjek mengisi skala Stimulus Stimulus dapat berupa pernyataan atau karakteristik atribut ukur yang disediakan untuk direspon subjek Kategori Respon Respon adalah form yang disediakan untuk subjek dalam menanggapi stimulus yang disediakan .

Penyusunan Skala Jenis Pernyataan Kognitif (pernyataan mengenai pendapat subjek) Afektif (pernyataan mengenai perasaan subjek) Konatif (pernyataan mengenai tendensi perilaku subjek) Jenis Kategori Respon Frekuensi (sering – tidak pernah) Evaluasi (baik – buruk) Persetujuan (setuju – tidak setuju) Kesesuaian (sesuai – tidak sesuai) .

Validitas dan Analisis Item Skala Siap Dipakai Revisi Item .Penyusunan Skala Menentukan Konstrak Ukur Menyusun Skala Pilot Test Uji Coba Penambahan Sampel Reliabilitas.

SEMANTIK DIFERENSIAL .

SKALA LIKERT .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->