P. 1
Napak Tilas Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha Di Indonesia

Napak Tilas Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha Di Indonesia

|Views: 624|Likes:
Published by Achmad Nirwan

More info:

Published by: Achmad Nirwan on Aug 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

Napak tilas KerajaanKerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

.

Ahmad Nirwan Ruslan .

KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA Kerajaan Mataram Kuno Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Timur Kerajaan Singasari Kerajaan Bali Kerajaan Sunda Kerajaan Majapahit .

yang mengartikan Sanjaya adalah penganut Hindu beraliran Syiwa. Kitab Parahyangan Diceritakan tentang hal ikhwal raja-raja Sriwijaya. . Prasasti-prasasti yang merupakan sumber berita Mataram Kuno: Prasasti Canggal(732 M) Prasasti ini dibuat ketika pemerintahan Raja Sanjaya yang berhubungan dengan pendirian sebuah Lingga.KERAJAAN MATARAM KUNO A.Di dalamnya terdapat silsilah kerajaan Mataram Kuno. Aspek Politik Kerajaan Mataram Kuno didirikan oleh Sanjaya tahun 732(654 Saka)di Jawa Tengah. Prasasti Balitung/Kedu(907 M) Prasasti ini adalah prasasti yang dikeluarkan oleh Diah Balitung.

Aspek Ekonomi Kehidupan ekonomi Mataram Kuno yang paling utama adalah pertanian.Pembangunan berbagai sarana peribadatan menunjukkan kehidupan masyarakat Mataram yang religius.Jumlah patiung 505 buah dan terdiri 10 tingkatan.Di antaranya Candi Sewu.Candi Pawon. D.Penyebab Runtuhnya Mataram Kuno Sepeninggal Raja Balitung. Karena Mataram Kuno secara alamiah tertutup dari dunia luar.Mataram mengalami kemunduran.ancaman serangan Sriwijaya dan perdagangan lebih maju di Jawa Timur.Penyebabnya antara lain:karena bencana alam gunung berapi.maka hubungan perdagangan sangat terbatas.Aspek Budaya Pada masa Dinasti Syailendra banyak dibangun tempat-tempat suci agama Buddha.Pelabuhan kerajaan Mataram diperkirakan di Bergota.Aspek Sosial Zaman Mataram sudah ada sikap gotong royong antarmasyarakat yang sangat menonjol dan juga persaudaraan antara kalangan kerajaan dengan rakyat biasa terjalin erat. D.Mataram dipindahkan ke Jawa Timur.Candi Mendut dan Candi Borobudur.KERAJAAN MATARAM KUNO B. C.dengan tinggi 44 M.Agama yang dianut oleh Dinasti Syailendra selepas Dinasti Sanjaya adalah Buddha dan candi yang bersifat Buddha adalah Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga pada 824 M. .Oleh Empu Sendok.

Dalam kehidupan sosial masyarakatnya dibedakan berdasarkan pembagian kasta.baik kedudukan di dalam birokrasi maupun kekayaan material dan lain-lain. . Dan juga berdasarkan kedudukan seseorang dalam masyarakat.Kerajaan Mataram Kuno Di Jawa Timur Aspek Politik Setelah dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok.Mataram Kuno dibawah pemerintahan Dinasti Isana dengan raja pertama Mpu Sindok Raja berikutnya Dharmawangsa terlibat pertikaian dengan Sriwijaya dan mengalami kekalahan Mataram mengalami kejayaan pada masa raja Airlangga yang adil dalam memerintah karena menerapkan hukum yang tegas Aspek Sosial Kehidupan masyarakatnya sudah teratur.

kesusteraan dan arca Pada pemerintahan Mpu Sindok dihasilkan kitab suci agama Buddha. Sang Hyang Kamahayanikan . Barang-barang niaga seperti tekstil.porselen.candi.prasastiprasasti.Kerajaan Mataram Kuno Di Jawa Timur Aspek Ekonomi Ibu kota kerajaan berada di tepi Sungai Brantas yang memungkinkan untuk menjadi pusat pelayaran dan perdagangan di Jawa Timur bahkan di luar Jawa Timur.kayu dan sebagainya Aspek Budaya Hasil kebudayaan dinasti Isana yang bercorak Buddha antara lain kitab suci.dll berasal dari luar Jawa Timur.daging.Sedangkan yang berasal dari Jawa seperti beras.

diperintah oleh Jayawarsa dan kerajaan Jenggala beribukota Kahuripan.kebudayaan mengalami perkembangan yang pesat terutama dalam bidang sastra.Hasil-hasil karya sastra antara lain: ‡Bharatayudha ‡Arjuna Wiwaha ‡Smaradhana ‡Lubdhaka .Aspek Politik ‡ Kerajaan Kediri berkaitan erat dengan Kerajaan Mataram Kuno.Aspek Budaya ‡Pada zaman kerajaan Kediri.Kerajaan Kediri ‡ A. ‡ Raja yang memerintah pada Kerajaan Kediri antara lain: ‡ -Jayawarsa -Sarweswara ‡ -Bameswara -Gandra ‡ -Jayabaya -Kertajaya ‡B.Kerajaan Kediri beribukota Daha.diperintah oleh Jayengrana.

Aspek Ekonomi ‡ Kediri banyak menghasilkan beras . ‡ D.Smaradhana.Kerajaan Kediri ‡ C.Kediri merupakan pusat pelayaran dan perdagangan antara Indonesia Timur dan Barat.kacang-kacangan dan hasil-hasil pertanian untuk dipasarkan ke Indonesia bagian Timur. .Selain letaknya strategis.Aspek Sosial ‡ Kehidupan masyarakat mengalami kemajuan karena kehidupan sosial sangat diperhatikan oleh raja.ada upaya melidungi hakhak rakyat sehingga ini adalah alat yang efektif untuk melihat perkembangan kehidupan sosial masyarakat Kediri. Pada masas pemerintahan Jayabaya.Kresnayana.Hal ini dibuktikan dengan muncul buku-buku sastra seperti kitab Lubdhaka.

Kertanegara kemudian menjadi raja(1268-1292).Kerajaan Singasari diperintah oleh Kertanegara diangkat menjadi raja muda oleh Ronggowuni.kehidupan sosial masyarakat kurang mendapat perhatian karena akibat kegemaran Anusapati meyabung ayam.tidak lama memerintah lalu dibunuh oleh Ronggowuni yang dibantu Mahesa Cempaka meredakan kekacauan.Pada ekspedisi Pamalayu(1275) dia mengirimkan armada menaklukkan wilayahwilayah di Asia Tenggara.Raja Kertanegara melanjutkannya dengan menstabilkan keadaan dalam negeri kerajaan Singasari.kehidupan sosial masyarakat diatur dengan rapi.Anusapati yang memerintah Singasasri tidak lama kemudian dibunuh oleh Tohjaya.Barulah pada pemerintahan Ronggowuni.Tahun 1227 ia dibunuh oleh Anusapati akibat kutukan dari keris Mpu Gandring.Aspek Sosial Rakyat Singasari ditingkatkan kesejahteraannya ketika Ken Arok memerintah.Kisah dapat diketahui mulai dari kecil hingga menjadi raja pada kitab Pararaton.Ia merupakan raja terbesar kerajaan Singasari.Namun ketika Anusapati memerintah. Pada tahun 1254.Aspek Politik Kerajaan Singasari didirikan oleh Ken Arok dari dinasti Rajasa.Tohjaya pun demikian.sebelum melancarkan politik luar negerinya . B.KERAJAAN SINGASARI A.

Sedangkan patung-patung seperti patung Ken Dedes.KERAJAAN SINGASARI ‡ ‡ C. E.Kertanegara berusaha menarik perhatian para pedagang untuk meluakukan kegiatannya di wilayah kerajaan Singasari.Aspek Budaya Banyak ditemukan candi-candi antara lain Candi Kidal.ketika melaksanakan upacara Tantrayana.Candi Jago dan Candi Singasari.Penyebab Keruntuhan Singasari Tahun 1292. ‡ ‡ ‡ ‡ .Penguasaan jalur ini bertujuan membangun dan mengembangkan aktifitas perekonomian kerajaannya.sedangkan patung Kertanegara dan Amoghapasha menunjukkan bahwa Raja Kertanegara menganut agama Buddha aliran Tantrayana(Tatriisme).Raden Wijaya kelak akan mendirikan Kerajaan Majapahit. D.Aspek Ekonomi Raja Kertanegara berusaha menguasai jalur perdagangan di Selat Melaka.Menantunya.Kertanegara tiba-tiba diserang Jayakatwang(Kediri) yang mengakibatkan Kertanegara wafat.Dengan kata lain.

penari.Jayabhupati 3.badut petan. 2.Prasasti Kebantenan disebutkan bahwa Sri Baduga Maharaja adalah Ratu Haji Naskah Sang Siksakanda tahun 1518 disebutkan mengenai susunan pemerintahan.Sri Baduga Maharaja 4. Raja-raja Sunda antara lain: 1.pemain wayang.Aspek Sosial Masyarakat pada kerajaan Sunda digolongkan yang terdiri atas pemain gamelan.Kerajaan Pajajaran(Sunda) A.pedagang dan golongan yang dianggap jahat seperti maling.pejabat yang dekat dengan Mangkubumi. . Pada Umumnya kerajaan Pajajaran hidup dari pertanian terutama perladangan.Ratu Saksi B.Aspek Politik Sumber kerajaan adalah cerita Parahyangan yang berbahasa Sunda Kuno yang menceritakan sekitar abad ke16.Prabu Ratu Dewata 5.Raja Nusiya Mulya.sedang bawahannya disebut Nunanggan.Sanjaya anak Sena yang berkuasa di Galuh adalah menantu Tarusbawa Raja Sunda yang bergelar Tohaan.Tohaan 6.

dan kitab Sang Hyang Siksakanda¶ng Karesian. .Setiap pelabuhan dikepalai oleh syahbandar.barang yang diperdagangkan dengan mata uang Cina dan mata uang Coitis. Tamgara.wayang.Agede dan Cimanuk.serta bidang kesenian. Pontang.Aspek Budaya Peninggalan zaman kerajaan Sunda Pajajaran yang paling menonjol adalah kesusastraan.Kerajaan Pajajaran(Sunda) C. D.yaitu kitab Carita Parahyangan.tari serta kerajinan tangan.kitab Sundayana. Kalapa.yaitu gamelan.Aspek Ekonomi Kerajaan Sunda memiliki pelabuhan besar di Banten.

Ketigany a disebut Triwangsa. B.Raja pertamanya bernama Khesari Warmadewa.Waisya.Namun ada satu golongan lagi.Ksatria.Dalam perkembangannya agama Hindu mempunyai pengaruh yang besar.Aspek Politik Berita Cina menyebutkan ada daerah bernama Dwapatan yang ada istiadatnya sama dengan Ho-ling.Jaba adalah anggota masyarakat yang tidak memegang pemerintahan .yaitu Hindu dan Buddha.Pengantinnya adalah Ugrasena yang memerintah tahun 915-924 .yaitu Jaba.Aspek Sosial Kehidupan Sosial masyarakat Bali tidak terlepas dari agama yang dianut.Ugrasena.Kerajaan Bali A.istananya di Singhadwalawa.Masa pemerintahannya adalah se-zaman dengan Mpu Sendok di Jawa TimurSepeninggal.raj a-raja yang memerintah di Bali memakai gelar Warmadewa.yaitu di Bali terdapat pembagian golongan kasta di antaranya Brahman.

Aspek Budaya Pada masa pemerintahan Anak Wungsu di Bali dikenal adanya beberapa golongan pekerja khusus di antaranya pande besi.dan perhiasan. D. .pande tembaga.pande emas.Mereka bertugas membuat alatalat pertanian.Kerajaan Bali C.Kuda merupakan binatang paling berharga karena digunakan untuk membawa barangbarang hasil pertanian maupun perdagangan.alat rumah tangga.Aspek Ekonomi Di Bali disebutkan penduduk juga memelihara berbagai macam binatang ternak.

anak dari Tribhuwanatunggadewi naik tahta menggantikan ibunya pada 1350. Hayam Wuruk.Patih Gajah Mada menjalankan Politik Persatuan Nusantara.Aspek Sosial Raja dianggap penjelmaan dewa dan memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan.raja dibantu oleh dewan Sapta Prabu.Peristiwa Bubat.Tugasnya adalah memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada pertimbanganRaja.Kerajaan Majapahit A. .Karena jasanya.Dalam kehidupan keagamaan.Pada masa pemerintahannya.menantu Kertanegara yang berusaha keras mempertahankan Singasari dari serangan Jayanegara yang menggantikan Raden Wijaya pada masa pemerintahannya dipenuhi oleh pemberontakan dan juga muncul seorang pahlawan yang bernama Gajah Mada yang berhasil memadamkan Pada masanya.Gajah Mada diangkat menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit menggantikan Arya Tadah.Namun Nusantara.Dalam menjalankan pemerintahannya.Aspek Politik Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya.Selama hidupnya.Dharmadyaksa bertugas mengurusi halhal-hal yang berkenaan dengan masalah agama. B.muncul pemberontakan Sadeng yang dapat dipadamkan oleh Gajah Mada dan Adityawarman.Namun politik ini menimbulkan peristiwa yang pahit yaitu.wilayah Majapahit sangatlah luas sehingga dapat disebutkan kerajaan nasional.

D. .Kitab Arjuna Wijaya dan Sutasoma karangan Empu Tantular 3.Aspek Budaya Hasil budaya Kerajaan Majapahit antara lain: 1. 3.Daerah-daerah banyak melepaskan diri 4.Hayam Wuruk juga memperbaiki jalan-jalan dan jembatan jalansehingga lalu lintas bertambah lancar dan perdagangan bertambah ramai. 2.Daerah3.Kemunduran perekonomian/perdagangan.Tidak ada pimpinan pemerintahan yang baru setelah Patih Gajah Mada wafat pada 1364 M.Kerajaan Majapahit C.Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca 2.Kitab Calon Arang E.Aspek Ekonomi Masyarakat Majapahit lebih mementingkan berdagang sebagai mata pencaharian.Masuk dan tersiarnya agama Islam dan memunculkan kerajaan-kerajaan Islam di kerajaanpesisir.Perang saudara yang melemahkan kekuatan.Keruntuhan Majapahit 1. 5.Hal ini diketahui dari kitab Negarakertagama.karangan Mpu Prapanca.

Jupiter Z old & new ELVACTO UNDERGROWTH N All of My Prendgh who watch this« don·t think it·s worse or even worst!!! .

QUESTION .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->