P. 1
Fungsi ASI Bagi Bayi

Fungsi ASI Bagi Bayi

|Views: 1,340|Likes:

More info:

Published by: Kelas XI - D SMA KOLESE KANISIUS JAKARTA on Aug 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

Fungsi ASI bagi bayi

Pada saat pertama kali makan, makanan yang terbaik bagi bayi adalah ASI atau air susu ibu. Asi yang keluar pertama kali setelah melahirkan disebut colostrum. Colostrum sangat penting bagi bayi karena memiliki beberapa manfaat , yaitu sebagai berikut. colostrum merupakan susu rendah lemak dan tinggi karbohidrat, protein, serta antibodi. Antibodi berfungsi membantu bayi tetap sehat. mudah dicerna sehingga colostrum merupakan makanan pertama yang sempurna bagi bayi memiliki efek laksatif, yaitu membantu bayi pada awal awal buang air besar. memiliki kandungan imun yang tinggi. melindungi saluran pencernaan bayi dari zat zat asing yang masuk ke tubuhnya. mengandung sel darah putih dengan konsentrasi tinggi yang berfungsi menghancurkan bakteri dan kuman penyebab penyakit.

‡ Menyusu pada asi melatih rahang bayi lebih kuat dan menjaga pertumbuhan gigi. dan virus. ‡ Asi mengandung 80% makrofag.Manfaat colostrum ‡ Asi memiliki kandungan asam lemak. ‡ Asi mengandung paling sedikit seratus unsur yang tidak akan ditemukan pada susu formula atau susu botol. air. dan asam amino yang tepat untuk pencernaan dan pertumbuhan. jamur. yaitu sel sel yang membunuh bakteri . laktosa. ‡ Secara psikologis. bayi memiliki keterikatan batin yang kuat kalau menyuu pada ibu nya. ‡ Asi selalu steril. . tidak pernah terkomintasi oleh air yang kotor.

susunan. Penambahan zat zat tersebut bertujuan agar makanan menjadi menarik. dll. dan bahan pemanis. dan lebih tahan lama. Bahan tambahan makanan adalah zat zat yang ditambahkan pada makanan dalam jumlah kecil agar makanan lebih menarik. enak. misalnya bentuk. bahan pengawet. . rupa. Bahan bahan yang umumnya ditambahkan pada makanan adalah bahan pewarna. sering ditambahkan zat zat atau bahan bahan tertentu .Bahan tambahan makanan Ketika orang membuat makanan. bahan penyedap rasa.

bahan pengawet Bahan pengawet makanan merupakan bahan tambahan yang dapat membuat makanan menjadi lebih tahan lama. . Berbagai zat kimia sering digunakan sebagai bahan pengawet makanan. biru. misalnya bahan pewarna untuk tekstil.Bahan pewarna Bahan pewarna merupakan bahan tambahan yang dapat memberi warna pada makanan misal nya warna merah. dll. Namun ada beberapa bahan makanan yang beracun bila digunakan untuk mewarnai makanan.

Bahan pemanis buatan Bahan pemanis buatan merupakan bahan yang dapat memberikan rasa manis saja tanpa memberikan nilai gizi penyedap rasa Penyedap rasa merupakan bahan tambahan makanan yang dapat menyedap kan rasa. Contoh penyedap rasa yang sering digunakan adalah mono sodium glutamat (MSG) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->