Sistem muskuloskeletal

Dr. Dedi Purnomo

Tulang tengkorak
y Tengkorak adalah struktur tulang pada manusia

yang merupakan rangka kepala. yang memiliki tengkorak dinamai Craniata/cranium. Tengkorak menunjang struktur wajah dan melindungi kepala dari luka.

y Selain melindungi otak, tengkorak juga memberi

jarak yang cukup antara kedua mata untuk pandangan stereoskopis, dan menetapkan posisi telinga sehingga otak dapat memperkirakan arah dan jarak suara
y Pada manusia, tengkorak dewasa biasanya terdiri

dari 22 tulang

Bagian kepala (os.cranium)
y 1 tulang dahi (os.frontale) y 2 tulang ubun-ubun (os.parietale) y 1 tulang kepala belakang (os.occipitale) y 2 tulang baji (os.sphenoidale) y 2 tulang pelipis (os.temporale) y 2 tulang tapis (os.ethmoidale)

maxilla) y 2 tulang rahang bawah (os.nasale) y 2 tulang mata (os.Bagian muka/wajah (os.lacrimale) y 2 tulang rongga mata (os.mandibula) y 2 tulang pipi (os.splanchocranium) y 2 tulang rahang atas (os.hyoideum) y 2 tulang air mata (os.orbitale) .pallatum) y 2 tulang hidung (os.zygomaticum) y 2 tulang langit-langit (os.laximale) y 1 tulang lidah (os.

.

Tulang rusuk/kerangka dada .

y Dalam anatomi. hati. tulang rusuk atau iga (Latin: costae adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk. paruparu. y Manusia (baik pria dan wanita) memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang) . dan organ dalam lainnya di rongga dada. jantung.) y Tulang rusuk melindungi dada (Latin: thorax).

proccesus xyphoideus)dada (os.corpus sterni) y Taju pedang (os.sternum) .manubrium sterni) y Tulang badan (os.y Tulang Tulang hulu (os.

ulna) y 2 tulang pengumpil (os.Tulang anggota gerak Tulang lengan (os.radius) y 2 X 8 tulang pergelangan tangan (os.humerus) y 2 tulang hasta (os.extremitas anterior) y 2 tulang lengan atas (os.phalanges manus) y 2 X 14 ruas tulang jari tangan (os.digiti phalanges manus) .carpal) y 2 X 5 tulang telapak tangan (os.meta carpal) y 2 X 5 tulang jari tangan (os.

patella) 2 tulang kering (os.digiti phalanges pedis) .calcaneus) 2 X 7 tulang pergelangan kaki (os.fibula) 2 tulang tumit (os.tarsal) 2 X 5 tulang telapak kaki (os.extremitas posterior) 2 tulang paha (os.femur) 2 tulang tempurung lutut (os.phalanges pedis) 2 X 14 ruas tulang jari kaki (os.Tulang tungkai (os.meta tarsal) 2 X 14 tulang jari kaki (os.tibia) 2 tulang betis (os.

Otot wajah pada satu atau kedua ujungnya menempel pada kulit sehingga kita dapat menggerakkan kulit wajah (muka) kita. .Otot kepala y Otot kepala terdiri dari otot-otot wajah dan otot kunyah.

. y Otot kunyah melekat pada rahang bawah.y Otot ini disebut juga otot mimik. Otot ini menentukan gerakan lidah kita. diantaranya yaitu otot lidah yang berpangkal pada tulang lidah. sebagian ke daerah leher dan ke daerah kepala. mata dan telinga. rahang bawah dan tengkorak. Otot mimik terkumpul di sekitar mulut. hidung.

.

Otot leher .

serta otot berakhir dengan serat tendon pada pinggir bawah dari badan tulang hyoid. .Otot sternohyoideus y Otot sternohyoideus adalah otot yang sempit dan tipis. y Berjalan ke arah superior dan medial. Terletak di pinggir posterior dari ujung medial clavicula.

tipis yang berada di dinding lateral dada Otot ini juga berfungsi saat pendorongan lengan ke depan seperti pada gerak meninju ke depan.Otot dada y Otot serratus anterior adalah otot yang besar. .

.

Otot pectoralis major y adalah otot tebal. Jika berfungsi sendiri: pars clavicularis melakukan fleksi humerus dan pars sternocostalis melakukan ekstensi humerus. dan tertletak di anterior dari dinding dada. Otot ini membentuk dada pada pria dan terletak di bawah payudara pada wanita. y Otot ini membantu gerakan aduksi dan endorotasi tulang humerus dan menarik scapula ke arah ventral dan kaudal. . berbentuk seperti kipas.

.

.

Otot perut y Rectus abdominalis Otot daerah perut yang melindungi organ pencernaan .

y Otot ini bekerja mengangkat (elevasi). sebab bentuknya mirip dengan bangun trapezium. adduksi. dan satu sudut lainnya melekat di tulang punggung T12 y Seseorang dapat merasakan otot ini bekerja dengan meraba punggung dengan satu tangan dan memegang otot di antara leher dan bahu. dan depresi scapula. Dinamakan trapezius. sudutsudutnya berada di leher.Otot punggung y Otot trapezius adalah otot yang menyusun struktur punggung manusia. . dua berada di kedua bahu.

.

. Bila bekerja sama dengan serabut tengah otot trapezius dan rhomboideus. otot ini menarik scapula ke medial dan atas. yakni pada gerakan menjepit bagu ke belakang.Otot levator scapulae y Otot levator scapulae adalah otot yang terletak pada bagian punggung dan leher y Otot ini difungsikan untuk mengangkat pinggir medial scapula.

.

. ekstensi. endorotasi lengan atas. dan terletak di belakang lengan y Untuk adduksi.Otot latissimus dorsi y adalah otot yang besar. datar. pada bagian punggung.

.

Otot gerak atas y Otot infraspinatus adalah otot pemutar (rotator) pada sendi bahu dan adduktor lengan. untuk merotasi ke luar dan abduksi bahu pada daerah scapula . Infraspinatus adalah otot tebal berbentuk segitiga yang melekati sebagian besar fossa infraspinatus. Biasanya serat ototnya terlihat bergabung dengan otot teres minor Otot infraspinatus berfungsi pada sendi bahu.

.

Bagian posterior ini merupakan hiperekstensor utama bahu. Dinamakan deltoideus. sebab bentuknya mirip seperti alfabet Yunani Delta (segitiga) y Otot ini sering digunakan untuk melakukan suntikan intra-muskular y Serat anterior memungkinkan gerak abduksi bahu saat bahu diputar.Otot deltoideus y Otot deltoideus adalah otot yang membentuk struktur bulat pada bahu manusia. . Sisi anterior deltoideus termasuk lemah namun membantu otot pectoralis mayor pada gerakan fleksi bahu y Serat posterior memungkinkan gerak ekstensi membantu otot latissimus dorsi.

.

otot gerak atas .

gambar y8 y9 y10 : bicep brachii : brachialis : brachioradialis .Ket.

.

.

OTOT-OTOT PANGKAL PAHA y II.OTOT-OTOT KAKI .OTOT-OTOT TUNGKAI BAWAH y IV.OTOT-OTOT TUNGKAI ATAS y III.OTOT-OTOT ANGGOTA BADAN BAWAH y I.

. Hubungan dua tulang disebut persendian (artikulasi).sendi y merupakan hubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan.

.

. Contoh: hubungan antarsegmen pada tulang belakang.Macam-macam persendian y Ada berbagai macam tipe persendian: Sinartrosis adalah persendian yang tidak memperbolehkan pergerakan. y Sinartrosis sinkondrosis: sinartrosis yang dihubungkan oleh tulang rawan. Contoh: persendian tulang tengkorak. Dapat dibedakan menjadi dua: y Sinartrosis sinfibrosis: sinartrosis yang tulangnya dihubungkan jaringan ikat fibrosa.

y Sendi pelana: persendian yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi. Dapat dikelempokkan menjadi: y Sendi peluru: persendian yang memungkinkan pergerakan ke segala arah. Contoh: hubungan tulang telapak tangan dan jari tangan. namun tidak ke segala arah. .Diartrosis adalah persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh: hubungan tulang lengan atas dengan tulang belikat.

Contoh: hubungan antara ruas-ruas tulang belakang. . y Simfisis: Tulang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang berbentuk seperi cakram.Amfiartosis y persendian yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan sehingga memungkinkan terjadinya sedikit gerakan y Sindesmosis: Tulang dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligamen. Contoh:persendian antara fibula dan tibia.

y Sendi putar: persendian yang memungkinkan gerakan berputar (rotasi). y Sendi engsel: persendian yang memungkinkan gerakan satu arah. . Contoh: hubungan tulang pergerlangan kaki. Contoh: sendi siku antara tulang lengan atas dan tulang hasta. y Sendi luncur: persendian yang memungkinkan gerak rotasi pada satu bidang datar. Contoh: hubungan tulang tengkorak dengan tulang belakang I (atlas).

Komponen Utama dari Sitem Muskuloskeletal adalah jaringan Ikat terdiri dari: y 1. Tendon y 6. Otot Rangka y 4. .Anatomi fisiologi sistem muskuloskeletal Merupakan penunjang bentuk tubuh dan mengurus pergerakan. Bursa & jaringan-jaringan khusus yang menghubungkan struktur-struktur ini. Tulang y 2. Sendi y 3. Ligamen y 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful