P. 1
Indikator Asam Dan Basa

Indikator Asam Dan Basa

|Views: 1,226|Likes:
Published by Juan Karnadi
Dokumen ini untuk membantu teman-teman sekalian dalam membuat laporan Kimia.
Dokumen ini untuk membantu teman-teman sekalian dalam membuat laporan Kimia.

More info:

Published by: Juan Karnadi on Aug 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2013

pdf

text

original

Teori

:
Zat elektrolit merupakan zat yang dapat menghantarkan arus listrik. Asam, basa, dan garam merupakan suatu zat / larutan elektrolit. Indikator asam-basa adalah zat yang memberikan warna berbeda dalam larutan asam, basa, dan garam. Ada berbagai macam indikator, diantaranya kertas lakmus, larutan indikator, indikator universal, dan indikator alami.

Percobaan 1:
LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN : IPA / KIMIA TOPIK : INDIKATOR ASAM / BASA (1) KELAS / SEMESTER : IX / ganjil Tujuan : membedakan asam, basa, dan garam dengan lakmus. Alat dan bahan:
o Alat:
     Tabung reaksi Rak tabung reaksi Pipet tetes Kertas putih Piring plastik

o Bahan:
    Lakmus merah / biru Beberapa larutan asam Beberapa larutan basa Beberapa larutan garam

Urutan kerja:
1. Isilah masing-masing tabung reaksi dengan larutan-larutan asam, basa, dan garam! Berilah label nama untuk larutan-larutan tersebut! 2. Letakkan lembaran kertas piring diatas piring plastik! 3. Letakkan potongan lakmus merah dan biru pada kertas sepasangsepasang sesuai dengan jumlah larutan yang tersedia! Jarak antara lakmus agak jauh. 4. Teteskan dengan pipet masing-masing larutan pada tiap pasangan lakmus tersebut! Perhatikan yang terjadi! Awas, hati-hati dalam meneteskan larutan-larutan itu! Jangan sampai terkena anggota badanmu! 5. Isilah tabel berikut ini!
No 1 2 3 Nama larutan Asam sulfat (H2SO4) Asam cuka (CH3COOH) NaOH Lakmus merah Pink Orange Biru Lakmus biru Pink Orange Biru

4 5 6

KOH Garam dapur (NaCl) Terusi (CuSO4)

Biru Orange Orange

Biru Biru Orange

Pertanyaan:
1. Apa warna masing-masing lakmus mula-mula?
 Lakmus merah: warna merah  Lakmus biru : warna biru

2. Larutan yang mana mengubah warna lakmus biru menjadi merah?
 Asam sulfat (H2SO4)  Asam cuka (CH3COOH)

3. Larutan yang mana tidak merubah warna lakmus merah?
    Asam sulfat (H2SO4) Asam cuka (CH3COOH) Garam dapur (NaCl) Terusi (CuSO4)

4. Larutan yang mana mengubah warna lakmus merah menjadi biru?
 NaOH  KOH

5. Larutan yang mana tidak merubah warna lakmus biru?
    NaOH KOH Garam dapur (NaCl) Terusi (CuSO4)

6. Larutan mana yang tidak merubah warna lakmus merah maupun lakmus biru?
 Garam dapur (NaCl)  Terusi (CuSO4)

7. Jika larutan nomor 1 dan 2 adalah senyawa asam, jadi apa sifat asam terhadap lakmus? Mengubah lakmus biru menjadi merah. 8. Jika larutan nomor 3 dan 4 adalah senyawa basa, apa sifat basa terhadap lakmus? Mengubah lakmus merah menjadi biru. 9. Jika larutan nomor 5 dan 6 adalah senyawa garam, jadi apa sifat garam terhadap lakmus? Tidak mengubah warna lakmus merah maupun biru. 10.Buatlah kesimpulan dalam sebuah laporan kegiatan!
Kesimpulan: Lakmus merah dalam lingkungan asam dan garam tidak berubah warna, sedangkan dalam lingkungan basa akan berubah menjadi biru. Lakmus biru dalam lingkungan asam berubah warna menjadi merah, sedangkan dalam lingkungan basa dan garam warnanya tidak berubah.

Percobaan 2:
LEMBAR KERJA SISWA

MATA PELAJARAN : IPA / KIMIA TOPIK : INDIKATOR ASAM / BASA (2) KELAS / SEMESTER : IX / ganjil Tujuan : membuat indikator asam / basa dari mahkota bunga. Alat/bahan :
o Alat:
        Lumpang dan alu Sendok plastik Tabung reaksi dan raknya Pipet tetes Corong kaca Alkohol 10% Mahkota bunga berwarna merah dan biru (kembang sepatu, bougenvil, dan tasbih) Berbagai larutan asam, basa, dan garam (dari LKS nomor 1)

o Bahan:

Urutan kerja:
1. Masukkan mahkota bunga kembang sepatu merah ke dalam lumpang! Tumbuklah mahkota itu sampai lumat! 2. Setelah lumat, tambahkan alcohol agar menjadi encer! Aduk-aduk dengan sendok, sehingga didapatkan cairan encer berwarna merah! 3. Isilah tabung reaksi dengan larutan-larutan yang ada! Jangan lupa beri label nama larutan itu! 4. Teteskan cairan merah dengan menggunakan pipiet ke masing-masing larutan! Perhatikan yang terjadi! 5. Ulangi kegiatan nomor 1 sampai nomor 4 dengan mahkota bunga berwarna biru! 6. Isikan hasil pengamatanmu ke dalam tabel!
No 1 2 3 4 5 6 Nama larutan Asam sulfat (H2SO4) Asam cuka (CH3COOH) NaOH KOH Garam dapur (NaCl) Terusi (CuSO4) Warna sebelum ditetesi Bening Bening Bening Bening Bening Biru muda Warna setelah ditetesi merah Merah Merah Hijau tua Coklat tua Merah muda Biru tua Warna setelah ditetesi biru Ungu Merah muda Kuning terang Kuning gelap Merah muda Kuning terang

Pertanyaan:
1. Apa warna ekstrak mahkota bunga kembang sepatu? Merah. 2. Adakah perubahan warna larutan asam setelah ditetesi ekstrak bunga kembang sepatu? Jelaskan!

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Larutan asam berubah menjadi warna merah. Maka seperti pada lakmus, larutan tersebut adalah larutan asam. Adakah perubahan warna larutan basa setelah ditetesi ekstrak bunga kembang sepatu? Jelaskan! Larutan basa berubah menjadi warna biru. Maka seperti pada lakmus, larutan tersebut adalah larutan basa. Adakah perubahan warna larutan garam setelah ditetesi ekstrak bunga kembang sepatu? Jelaskan! Larutan garam berubah menjadi warna ungu atau warna lainnya. Larutan tersebut adalah larutan garam, karena tidak mengubah warna larutan menjadi merah ataupun biru (tidak jauh beda halnya dengan lakmus). Adakah perubahan warna larutan asam setelah ditetesi ekstrak bunga berwarna biru? Jelaskan! Larutan asam berubah menjadi warna merah. Maka seperti pada lakmus, larutan tersebut adalah larutan asam. Adakah perubahan warna larutan basa setelah ditetesi ekstrak bunga berwarna biru? Jelaskan! Larutan basa berubah menjadi warna biru. Maka seperti pada lakmus, larutan tersebut adalah larutan basa. Adakah perubahan warna larutan garam setelah ditetesi ekstrak bunga berwarna biru? Jelaskan! Larutan garam berubah menjadi warna ungu atau warna lainnya. Larutan tersebut adalah larutan garam, karena tidak mengubah warna larutan menjadi merah ataupun biru (tidak jauh beda halnya dengan lakmus). Buatlah kesimpulanmu dalam sebuah laporan kegiatan!
Kesimpulan: Sama halnya percobaan lakmus dengan percobaan bunga, asam, basa, dan garam menampilkan sifatnya masing-masing dalam hal merubah warna suatu larutan. Asam akan mengubah warna larutan menjadi merah. Basa akan mengubah warna larutan menjadi biru. Sedangkan garam tidak mengubah warna larutan menjadi merah atau biru, melainkan menjadi warna lain. PRATIKAN

Juan Karnadi IX – 2 / 18

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->