P. 1
Penyakit Yang Di Sebabkan Oleh Virus '' WINDI

Penyakit Yang Di Sebabkan Oleh Virus '' WINDI

|Views: 777|Likes:
Published by dinicanteq

More info:

Published by: dinicanteq on Sep 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2010

pdf

text

original

Penyakit yang di sebabkan oleh virus

Penyakit manusia akibat virus
Contoh paling umum dari penyakit yang disebabkan oleh virus adalah pilek (yang bisa saja disebabkan oleh satu atau beberapa virus sekaligus), cacar, AIDS (yang disebabkan virus HIV), dan demam herpes (yang disebabkan virus herpes simpleks). Kanker leher rahim juga diduga disebabkan sebagian oleh papilomavirus (yang menyebabkan papiloma, atau kutil), yang memperlihatkan contoh kasus pada manusia yang memperlihatkan hubungan antara kanker dan agen-agen infektan. Juga ada beberapa kontroversi mengenai apakah virus borna, yang sebelumnya diduga sebagai penyebab penyakit saraf pada kuda, juga bertanggung jawab kepada penyakit psikiatris pada manusia. Potensi virus untuk menyebabkan wabah pada manusia menimbulkan kekhawatiran penggunaan virus sebagai senjata biologis. Kecurigaan meningkat seiring dengan ditemukannya cara penciptaan varian virus baru di laboratorium. Kekhawatiran juga terjadi terhadap penyebaran kembali virus sejenis cacar, yang telah menyebabkan wabah terbesar dalam sejarah manusia, dan mampu menyebabkan kepunahan suatu bangsa. Beberapa suku bangsa Indian telah punah akibat wabah, terutama penyakit cacar, yang dibawa oleh kolonis Eropa. Meskipun sebenarnya diragukan dalam jumlah pastinya, diyakini kematian telah terjadi dalam jumlah besar. Penyakit ini secara tidak langsung telah membantu dominasi bangsa Eropa di dunia baru Amerika. Salah satu virus yang dianggap paling berbahaya adalah filovirus. Grup Filovirus terdiri atas Marburg, pertama kali ditemukan tahun 1967 di Marburg, Jerman, dan ebola. Filovirus adalah virus berbentuk panjang seperti cacing, yang dalam jumlah besar tampak seperti sepiring mi. Pada April 2005, virus Marburg menarik perhatian pers dengan terjadinya penyebaran di Angola. Sejak Oktober 2004 hingga 2005, kejadian ini menjadi epidemi terburuk di dalam kehidupan manusia.

HIV (Human Immunodeficiency Virus)
Termasuk salah satu retrovirus yang secara khusus menyerang sel darah putih (sel T). Retrovirus adalah virus ARN hewan yang mempunyai tahap ADN. Virus tersebut mempunyai suatu enzim, yaitu enzim transkriptase balik yang mengubah rantai tunggal ARN (sebagai cetakan) menjadi rantai ganda kopian ADN (cADN). Selanjutnya, cADN bergabung dengan ADN inang mengikuti replikasi ADN inang. Pada saat ADN inang mengalami replikasi, secara langsung ADN virus ikut mengalami replikasi.

disebabkan virus simplek. karena virus sudah tidak berada dalam darah. nyeri. dan pegal. Semua penyekit herpes bersifat menular. 3.Penyakit Herpes Pada Kelamin Penyeakit herpes gejalanya ditandai munculnya gelembung kecil berisi air. kurang makanan bergizi. kelelahan. Jaga kebersihan tubuh. apabila terjadi pada awal masa kehamilan ( sebelum 4 bulan ) maka kemungkinan bayi yang dikandung akan mengalami cacat atau keguguran. terutamata daerah kelamin. Pengobatan yang dilakukan setelah 36 jam sejak timbulnya gelembung pertama tidak akan efektif. Dapat timbul pada kelamin. 2. Penyakit herpes begitu muncul harus segera dikonsultasikan kepada dokter dan minum obat yang diberikan sebelum 36 jam sejak munculnya gelembung yang pertama. kurang tidur. dan bisa dengan sentuhan atau air di wc yang mengandung virus. Penderita herpes disarankan : 1. Lokasi herpes jenis ini pada bagian tubuh tertentu dan sebelah saja. Virus ini dikenal sebagai penyebab cacar air. Tidak melakukan hubungan suami isteri saat sedang terkena atau kambuh herpes. berkelompok. dan makan makanan yang bergizi. kemungkinan dapat menular pada bayi yang dilahirkan. Timbul bisanya pada kondisi tubuh lemah akibat stres emosi. Untuk herpes pada kelamin penularannya terutama melalui hubungan seksual. fisik. olah raga teratur dan istirahat yang cukup. jangan kelelahan. Herpes zoster. Penderita herpes dalam kondisi hamil. . kalau tanpa mendapat pengobatan biasanya menjadi sering kambuh kambuhan. dan tidak terjangkau efek obat. tetapi sdudah bersembunyi dalam sel kulit. Oleh karena itu apabila ke wc terutama wc umum siram sampai bersih baru digunakan. Agar tidak kambuh harus mencegah stres emosional. 2. yang di sebabkan penderita pernah terkena cacar air sebelumnya. penyebabnya virus varisela zaoster. Ada 2 macam herpes : 1. Herpes simplek. Penyebabnya adalah virus. sedang penyakit herpes yang diketahui munculnya pada saat menjelang kelahiran.

setiap dua menit seorang wanita meninggal dunia akibat kanker serviks. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Menurut WHO. apabila telah memasuki tahap lanjut. saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia.Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim.Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia. yang membuka ke arah liang vagina. Mengapa bisa begitu . bagian rahim yang terletak di bawah. jenis penyakit ini banyak dialami oleh kaum hawa (wanita). Apa itu kanker serviks? . Yaitu. jangan lagi memandang ancaman penyakit ini dengan sebelah mata. Berawal dari leher rahim. Seberapa berbahaya penyakit ini? .000 kasus kanker serviks. Di dunia. kanker serviks menjadi penyebab kematian wanita nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh. Saat ini. 2. Di Indonesia.Kanker leher rahim kanker servik umumnya dikenal dengan penyakit kanker leher rahim. dan kira-kira sebanyak 8000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian. Namun dalam kurun waktu setahun ke depan diprediksi kanker leher rahim akan menjadi penyebab kematian wanita nomor satu. setiap tahun terdeteksi lebih dari 15. penyakit kangker serviks merupakan penyebab utama kematian. 1. Jadi.

Bagaimana penularannya? . 4. . keputihan yang berlebihan dan tidak normal. Apa saja gejalanya? . oral ke genital. di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Anda yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear setiap dua tahun sekali. perdarahan di luar siklus menstruasi. Apa penyebabnya? . 5. hambatan dalam berkemih. penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. tak hanya menular melalui cairan. maupun secara manual ke genital. serta penurunan berat badan drastis. Apabila kanker sudah menyebar ke panggul. Yaitu. maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit. munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding). selain disebabkan oleh virus HPV. Itu sebabnya. sel-sel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital. Sulit sekali dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut. Gejala fisik serangan penyakit ini pada umumnya hanya dirasakan oleh penderita kanker stadium lanjut. Sebab.Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). serta pembesaran ginjal. kanker serviks muncul seperti musuh dalam selimut.Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual.Pada tahap awal. Namun.berbahaya? Pasalnya. Karenanya. 3. Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe.

kompleks Mycobacterium tuberculosis meliputi M. M. tuberculosis merupakan jenis yang terpenting dan paling sering dijumpai. tidak membentuk spora. berperan dalam interaksi antara inang dan patogen. Penyakit ini biasanya menyerang paru-paru (disebut sebagai TB Paru). M. Pada dinding sel mycobacteria. Mycobacteria dapat diberi pewarnaan seperti bakteri lainnya. Penyebab penyakit ini adalah bakteri kompleks Mycobacterium tuberculosis. M. sehingga mengurangi efektivitas dari antibiotik. Jenis-Jenis • • • • • Tuberkulosis paru terkonfirmasi secara bakteriologis dan histologis Tuberkulosis paru tidak terkonfirmasi secara bakteriologis dan histologis Tuberkulosis pada sistem saraf Tuberkulosis pada organ-organ lainnya Tuberkulosis millier . Setiap tahun muncul 500 ribu kasus baru dan lebih dari 140 ribu lainnya meninggal. dan termasuk bakteri aerob. yang peka terhadap obat. dan protozoa Isospora dan Cryptosporidium. Beberapa mikroorganisme lain yang juga memiliki sifat tahan asam. maka warna tersebut tidak dapat dihilangkan dengan asam. yaitu spesies Nocardia.tuberculosis berbentuk batang. tuberculosis dapat bertahan hidup di dalam makrofaga. canettii. Oleh karena itu. menjadikan M. M. maka mycobacteria disebut sebagai Basil Tahan Asam atau BTA. Indonesia berada dalam peringkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita TB. Penyakit ini adalah salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Namun. microti. Struktur ini menurunkan permeabilitas dinding sel. tuberculosis. berukuran panjang 5µ dan lebar 3µ. walaupun pada sepertiga kasus. Rhodococcus. M. Legionella micdadei. Jika diterapi dengan benar tuberkulosis yang disebabkan oleh kompleks Mycobacterium tuberculosis.Tuberkulosis atau TB (singkatan yang sekarang ditinggalkan adalah TBC) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi kompleks Mycobacterium tuberculosis. Dari beberapa kompleks tersebut. lemak berhubungan dengan arabinogalaktan dan peptidoglikan di bawahnya. bovis. Tanpa terapi tuberkulosa akan mengakibatkan kematian dalam lima tahun pertama pada lebih dari setengah kasus. praktis dapat disembuhkan. misalnya dengan Pewarnaan Gram. africanum. Mycobacteria termasuk dalam famili Mycobacteriaceae dan termasuk dalam ordo Actinomycetales. Lipoarabinomannan. organ-organ lain ikut terlibat. dan M. sekali mycobacteria diberi warna oleh pewarnaan gram. suatu molekul lain dalam dinding sel mycobacteria.

Gejalanya: Timbul benjolan di sekitar alat kelamin.Bayi yang dilahirkan meninggal Hasil laporan kesehatan menunjukkan bahwa sipilis. ketulian . Terdapat kerusakan pada alat tubuh penting yang menetap pada otak. terutama pada telapak tangan dan kaki. hati. serabut saraf dan sumsum tulang belakang. penyakit ini dapat menular kepada bayi yang dikandungnya yang mengakibatkan kerusakan kulit. Pada perempuan hamil. Bisa juga berupa kutil di sekitar alat kelamin dan anus. setelah 5-10 tahun penyakit ini akan menyerang susunan syaraf otak. pembuluh darah dan jantung.Kelainan tulang . Tahap III (Sipilis Laten) Tidak ada keluhan ataupun gejala. Tahap I (Sipilis Primer) Terjadi 9-10 hari setelah terinfeksi Timbul luka yang tidak nyeri di penis. pembuluh darah dan jantung. Ada pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Selama 2-3 tahun pertama penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa-apa. bibir kemaluan atau leher rahim Tahap II (Sipilis Sekunder) Terjadi beberapa bulan setelah tahap pertama Gejala berupa kelainan kulit bercak kemerahan tidak gatal. yang akan menghilang dengan sendirinya tanpa diobati.Kelainan bentuk wajah . limpa dan keterbelakangan mental. biasa ditemukan pada orang dewasa.Kelainan kulit . Tetapi tetap saja sipilis juga masalah . Kadang-kadang disertai pusingpusing dan nyeri tulang seperti flu. **Sipilis kongenital** Pada bayi dan anak-anak akan menimbulkan: .SIPILIS SIPILIS (Raja Singa) Penyebab: Kuman Treponema pallidum. Kondisi ini hanya dapat dilihat melalui pemeriksaan darah khusus sipilis. namun infeksi berlanjut menyerang alat-alat atau bagian tubuh lainnya. Tahap IV (Sipilis Tersier) Timbul 5-30 tahun setelah tahap sipilis II.Kebutaan. tidak sama dengan gonore dan klamidia.Kelainan bentuk gigi yang khas . Jika tidak diobati gejala sipilis akan muncul dalam empat tahap. Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah hubungan seks.

kalaupun ada pada awalnya ada rasa seperti terbakar atau gatal pada kelamin.Kurang tidur . sering menyebabkan koreng kemaluan. dari laporan kesehatan.Menstruasi (menjelang/sesudah) . masturbasi / pemakaian baju/celana ketat. Penyebab Virus Herpes Simplex (HSV). Sebelum timbul lecet biasanya diawali dengan keluhan .Infeksi lain . Gejalanya antara lain Sering tanpa gejala. tergantung dari daya tahan tubuh. Pada perempuan biasanya timbul di sekitar kelamin. Yang disebabkan oleh VIRUS HERPES Lebih dikenal dengan herpes genitalis (herpes kelamin). dikatakan bahwa walaupun lebih sedikit terjadi pada remaja (dan dewasa muda) infeksi virus ini juga mempengaruhi remaja. Masa inkubasi 1-26 hari. rata-rata 6-7 hari Faktor pencetus kambuhnya penyakit ini adalah . Ditularkan melalui hubungan seks baik vaginal. anal atau oral yang menimbulkan luka atau lecet pada kelamin dan mengenai langsung bagian luka/bintil/kutil.Gesekan kulit misalnya waktu hubungan seksual.Kelelahan fisik berlebihan . nyeri kadang gatal serta kemerahan pada tempat yang terkena. . Dalam beberapa hari bintil ini akan pecah. pegal-pegal pada otot yang disertai demam (terutama pada serangan pertama). pembengkakan kelenjar lipatan paha. Gejala pada serangan pertama umumnya lebih berat dibandingkan ketika kambuh.Minum alkohol berlebihan . Pada laki-laki biasanya pada batang atau kepala penis serta di sekitar anus. Di desa Nigeria misalnya. menimbulkan luka lecet yang terbuka dan sangat nyeri. Gejala ini hilang jika diobati namun pada waktu tertentu akan kembali kambuh.penting bagi remaja di negara berkembang. hampir 3 % remaja aktif secara seksual punya penyakit sipilis yang aktif. dinding liang kemaluan dan kadangkadang di sekitar anus.Stres emosional . diikuti timbulnya bintil-bintil berisi air di atas kulit dengan warna dasar kemerahan.

Yang disebabkan oleh JAMUR KANDIDIASIS VAGINA Penyebab: jamur Candida Albicans. Kadang-kadang kutil tidak terlihat sehingga sering tidak disadari. walaupun bukti kasat mata seperti kutil di kelamin bagian luar lebih sedikit. antibiotik) jamur ini dapat meluas dan menimbulkan keputihan. Penyebab: Human Papiloma Virus (HPV) Gejalanya antara lain: Kelainan berupa tonjolan kulit berbentuk jengger ayam yang berwarna seperti kulit. Satu penelitian di Amerika menunjukkan sampai seperempat perempuan muda yang aktif secara seksual terbukti terinfeksi kutil kelamin melalui pengujian laboratorium. Pada keadaan tertentu (penyakit kencing manis. ibu hamil kepada bayi yang dilahirkan. Pada perempuan hamil. seperti skrotum. Jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kanker leher rahim serta kanker penis. Berdasarkan hasil laporan kesehatan. bahkan sampai ke bagian dalam liang kemaluan dan leher rahim. ukurannya bervariasi dari sangat kecil sampai besar sekali. maka kondom tidak 100% efektif dapat mencegah penularannya. Adakalanya seorang perempuan baru mengetahuinya setelah melakukan pemeriksaan papsmear. Mengingat sebagian besar kuman penyakit ini menempel pada kulit. Pada perempuan dapat mengenai kulit di daerah kelamin sampai dubur. melalui jari tangan yang mengandung kutil ke daerah alat kelamin meskipun jarang terjadi. kutil dapat tumbuh sampai besar sekali. tetapi pasangan seksual perempuan yang . Penularannya melalui hubungan seksual. selaput lendir bagian dalam liang kemaluan sampai leher rahim Pada laki-laki mengenai penis dan saluran kencing bagian dalam. kehamilan pengobatan steroid. Penyakit ini sebenarnya tidak tergolong PMS.KUTIL KELAMIN Disebut juga dengan Kondiloma Akuminata. Dalam keadaan normal biasanya jamur ini terdapat pada kulit ataupun lubang kemaluan perempuan. remaja memiliki persentase tertinggi pada virus ini dibandingkan kelompok umur lainnya. salah satu bentuk PMS berupa kutil kelamin.

terinfeksi jamur ini dapat mengeluh gatal dengan gejala bintik-bintik kemerahan pada kulit kelamin. Gejalanya antara lain: .Keputihan yang banyak. . Penularannya melalui hubungan seks vaginal atau oral.Nyeri pada saat berhubungan seksual atau saat buang air kecil. . Yang disebabkan oleh PROTOZOA/PARASIT TRIKOMONIASIS Penyebab: parasit Trichomonas Vaginalis. .Gatal pada kemaluan. Remaja punya bagian yang cukup besar dari kasus ini. berwarna seperti keju atau susu basi disertai gatal.Masa inkubasi 3-28 hari Infeksi trikomoniasis adalah penyakit PMS yang dapat disembuhkan dan yang paling biasa di dunia. Di Nigeria. hampir seperempat remaja diidentifikasikan telah terjangkit. Gejalanya adalah keputihan yang tidak berbau atau berbau asam. panas dan kemerahan di kelamin dan sekitarnya. kadang-kadang berbusa dan berwarna kehijauan dengan bau busuk. .

TUGAS BIOLOGI Tentang penyakit yg di sebabkan oleh vurus dan bakteri NAMA : Windhi febri prayogi KELAS : X-6 (32) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->