P. 1
Lembaga Keuangan Bank Dan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bank Dan Bukan Bank

|Views: 495|Likes:
Published by tiarawulansuci

More info:

Published by: tiarawulansuci on Sep 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN BUKAN BANK

Kelompok 1

Pengertian Lembaga Keuangan Bank   

Istilah Bank berasal dari bahasa Italia, banca, yang artinya meja, pada masa sekarang bank dibuat lebih megah dan kokoh. Arti bank juga turut disesuaikan. Menurut G.M Verryn Stuart, bank adalah suatu badan yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan kredit, baik dengan alat-alat pembayarannya sendiri maupun dengan uang yang diperolehnya dari pihak lain, atau dengan jalan mengedarkan alat-alat penukar baru berupa uang kertas dan uang giral. UU Perbankan No.10 tahun 1998, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Sejarah Perkembangan Bank di Indonesia  

 

Pada tanggal 10 Oktober 1827, sesama Indonesia masih dijajah oleh Belanda, didirikan sebuah Bank di Batavia dengan nama De Javasche Bank. Tujuan utama pendirian bank tersebut adalah untuk meningkatkan perekonomian pemerintah Belanda. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1951, De Javasche Bank dinasionalisasikan dan berganti nama menjadi Bank Indonesia. Pendirian bank oleh orang pribumi pertama kali dirintis oleh R.Aria Wiraatmadja, seorang patih dari Purwokerto, pada tahun 1896.    



R.Wiriaatmadja mendirikan Hulp en Spaar Bank (Bank Penolong dan Tabungan). Tujuan pendirian bank ini adalh untuk membantu para anggotanya agar tidak jatuh ke tangan tengkulak yang suka memeras rakyat. Bank Penolong dan Tabungan kemudian dikembangan lebih lanjut oleh pemerintah Belanda. Namanyapun diubah menjadi Hulp Spaar en Hanbow Credit Bank. Kemudian berubah menjadi Algemene Volks Credit Bank. Selanjutnya menjadi Bank Rakyat Indonesia dan Pegadaian.

Asas, Fungsi, dan Tujuan Perbankan Indonesia  

Dalam Bab UU No.10 Tahun 1998 tentang Perbankan, dengan jelas ditegaskan asas, fungsi, dan tujuan perbankan Indonesia adalah sebagai berikut. a) Asas Perbankan Indonesia Perbankan Indonesia dalam melakukan usahanya berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian. b) Fungsi Perbankan Indonesia Fungsi utama perbankan Indonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat. c) Tujuan Perbankan Indonesia Perbankan Indonesia bertujuan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan, pertumbuhan ekonomi, & stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan rakyat banyak.

Jenis-Jenis Bank  

Sesuai ketentuan yang diatur dalam Bab III pasal 5 UU No.7 Tahun 1992 & No.10 tahun 1998 tentang Perbankan, bank terdiri atas Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Berdasarkan fungsinya, bank terbagi menjadi Bank Sentral, Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, dan Bank Umum yang mengkhususnya diri untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu.

Bank Sentral   

Bank sentral merupakan bank yang berkedudukan dan berkantor pusat di ibu kota negara dan memiliki kantor-kantor cabang provinsi-provinsi tertentu. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia. Berdasarkan UU No.23 tahun 1999 tentang Kemandirian Bank Sentral, Bank Sentral adalah bank negara yang independen/mandiri/bebas dari campur tangan pemerintah dan pihak-pihak lain kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam Undang-Undang. Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral, Bank Indonesia menpunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.  



Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi. Aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->