Yoga Wirantara (078114021) Daniel Kurniawan (078114071) Tugas Penanganan Limbah PENGERTIAN

Biodegradable adalah barang-barang/ material yang dapat hancur atau dapat terurai sempurna secara biologis dan natural oleh mikroorganisme tanah dalam waktu tertentu. Contohnya : Sayuran, telur, kotoran manusia dan ternak, roti, dll. Non Biodegradable adalah barang-barang/ material yang tidak dapat hancur atau tidak dapat terurai secara biologis dan natural oleh mikroorganisme tanah dalam waktu tertentu. Non Biodegradable dapat dibagi lagi menjadi jenis yaitu:

Recyclable: sampah yang dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki Non-recyclable: sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi dan tidak dapat

nilai secara ekonomi seperti plastik, kertas, pakaian dan lain-lain.

diolah atau diubah kembali seperti tetra packs, carbon paper, thermo coal dan lain-lain. Contohnya : Kaleng minuman,plastik,botol kaca, stearofoam, dan bahan-bahan lain yang terbuat dari besi,plastic dan kaca.

PENGELOLAAN
Bagaimana Pengelolaan sampah di kost sendiri ? Sampah di kost lum diolah dengan benar. Sampah-sampah sisa pembuangan anak kost masih di jadikan satu dalam satu wadah (Sampah bekas makanan, plastik sampo, punting rokok, dsb) yang tiap beberapa hari di ambil oleh petugas sampah namun untuk beberapa jenis sampah seperti botol plastik, kertas, dan botol kaca anak kost memisahkannya untuk kemudian nanti dijual sebagai kas kost atau kas pribadi. Seharusnya sampah dipisahkan menurut jenisnya agar mudah diolah. Penggolongan sampah berdasarkan karakteristiknya yaitu:
1. Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk seperti sisa makanan,

sayuran, roti, daging, daun-daun kering, dan sebagainya;

yaitu sampah yang tidak mudah membusuk. stearofoam dsb. kaleng. Sampah Organik Sayuran sisa dan makanan dapat digunakan untuk membuat pupuk vermikompos . botol plastic dan kacan gelas minuman. Vermikompos adalah kompos yang dihasilkan dari bahan organik dengan bantuan cacing tanah (vermis). Untuk pengolahan sampah dapat dilakukan sebagai berikut : a. kayu. Sampah Anorganik. wadah plastik. Pembuatan Vermikompos dibagi menjadi 3 Tahap : .2. Keuntungan vermikompos adalah prosesnya cepat dan kompos yang dihasilkan (kascing) mengandung unsur hara yang tinggi dibandingkan komposisasi dengan cara konvensional. seperti plastik wadah pembungkus makanan.

• Aduk 3 hari sekali. kertas bekas. Kotoran ternak atau tanaman polong-polongan juga dapat dipakai sebagai sumber unsur N. penghomogenan bahan. – Tahap Pembuatan Media Cacing Tanah • Mencacah atau memotong bahan-bahan organik diatas dan dicampurkan untuk mempercepat pengomposan. Hal ini tergantung keratifitas masing-masing orang. Sumber: . selama 2 minggu – Tahap Komposting oleh Cacing tanah • • • Masukkan cacing tanah kedalam media yang telah dibuat. sampah daun. Sampah jenis ini mengandung unsur C.– Tahap Pengumpulan Bahan • Bahan-bahan yang perlu dikumpulkan adalah sampah-sampah organik. kaleng. sisa sayur atau makanan. Beri makan cacing tanah setiap hari (Bobot Cacing = Jumlah Makanan) Vermikompos siap digunakan bila sudah berwarna kehitaman dan berbentuk serpihan yang lembut • b. Sampah Non Organik Untuk sampah Non Organik yang tidak dapat terurai seperti kertas. • • Menyusun secara bergantian antara kotoran ternak dan sampah daun Tutup dengan terpal / atap agar tidak terkena air dan sinar matahari langsung. Biarkan selama 2 minggu. misal : rumput-rumputan. botol kaca dapat dibuat barang-barang daur ulang yang berguna dengan daya jual yang tinggi.

artinya : lingkungan itu memberikan toleransi terhadap perubahan serta tidak menimbulkan dampak negatip. Kandungan pencemar dalam limbah terdiri dari berbagai parameter. menunjukkan peluang pencemar terhadap lingkungan semakin kecil. Kandungan bahan yang terdapat dalam limbah konsentrasinya barangkali dapat diabaikan karena kecilnya. Semakin sedikit parameter dan semakin kecil konsentrasi. Rony. lingkungan tidak mendapat pengaruh yang berarti. Penebar Swadaya. Ada berbagai alasan untuk mengatakan demikian. Karena itu andaikata masuk pun dalam lingkungan ternyata lingkungan mampu menetralisasinya. Limbah yang diproduksi pabrik berbeda satu dengan yang lain. Jakarta. Ada berbagai parameter pencemar yang menimbulkan perubahan kualitas lingkungan namun tidak menimbulkan pencemaran. ada pengaruh perubahan tapi tidak menyebabkan pencemaran. Apabila limbah masuk ke dalam lingkungan.http://wiki. diakses pada tanggal 28 Agustus 2010. Palungkun. frekuensi pembuangan limbah. .answers. Kualitas limbah dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu : volume air limbah. memberi perubahan dan menimbulkan pencemaran. 2010. kandungan bahan pencemar. kedua.com/Q/What_is_the_difference_between_biodegradable_and_nonbiodegradable. ada beberapa kemungkinan yang diciptakan. Yoga Wirantara (078114021) Daniel Kurniawan (078114071) KUALITAS LIMBAH Kualitas limbah menunjukkan spesifikasi limbah yang diukur dari kandungan pencemar dalam limbah. ketiga. Kemungkinan pertama. Penetapan standar kualitas limbah harus dihubungkan dengan kualitas lingkungan. Tidak memberi pengaruh terhadap lingkungan karena volume limbah kecil dan parameter pencemar yang terdapat di dalamnya sedikit dengan konsentrasi kecil. Karakteristik ini diketahui berdasarkan parameternya. Usaha Ternak Cacing Tanah. masing-masing memiliki karakteristik tersendiri pula.

flora dan fauna.org/materi_kimia/kimia-industri/limbah-industri/kualitas-limbah/ diakses pada tanggal 28 Agustus 2010. Pada suatu saat badan penerima tidak mampu lagi. Dengan demikian walau dalam jangka waktu seberapa pun lingkungan tetap mampu mentolerirnya. tumbuh-tumbuhan dan lain-lain. Atas dasar ini perlu ditetapkan batas konsentrasi air limbah yang masuk dalam lingkungan badan penerima. Perubahan hanya dapat dipantau pada masa-masa 20 atau 25 tahun yang akan datang. Sumber : http://www. Semakin lama badan penerima dituangi air limbah. Dengan konsentrasi limbah tertentu. Toleransi ini menunjukkan kemampuan lingkungan untuk menetralisasi ataupun mengeliminasi bahan pencemaran sehingga perubahan kualitas negatif dapat dicegah.ngan tidak muncul dalam waktu relatif pendek bila hanya berdasarkan standar kualitas limbah. memulihkan keadaannya. kesuburan tanah. Artinya perubahan kualitas lingki. semakin tinggi pula konsentrasi bahan pencemar di dalamnya. kepadatan penduduk. Sebagai air limbah diukur dengan parameter standar kualitas limbah dan sebagai badan penerima diukur dengan standar kualitas lingkungan. Dengan demikian maka standar kualitas lingkungan perlu ditetapkan sebagai bagian dari penetapan kualitas limbah.chem-is-try. Dalam hal inilah perlunya batasan-batasan konsentrasi yang disebut dengan standar kualitas limbah.Kualitas lingkungan dipengaruhi berbagai komponen yang ada dalam lingkungan itu seperti kualitas air. Adanya perubahan konsentrasi limbah menyebabkan terjadinya perubahan keadaan badan penerima. Zat-zat pencemar yang masuk sudah terlalu banyak dan mengakibatkan tidak ada lagi kemampuannya menetralisasinya. Pada jangka waktu yang cukup jauh akan timbul kesulitan menetapkan perubahan kualitas karena periode waktu yang demikian jauh. tidak terjadi perubahan kualitas lingkungan. .