Aplikas Sistem Absensi Karyawan dengan Menggunakan Metode RFID

( Mini Paper )

Oleh

Nama Npm Mata Kuliah Dosen

: Rizki Amalia Tanum : 0711011022 : Sistem Informasi Manajemen : Mudji Rahmat Ramelan,S.E. , M.B.A

Jurusan Manajemen Fakultass Ekonomi Universitas Lampung Bandar Lampung

RFID ( Radio Frequency Identification ) merupakan sebuah teknologi compact wireless yang diunggulkan untuk mentransformasi dunia komersial. yaitu : “Aplikasi Sistem Absensi Karyawan dengan Menggunakan Metode RFID" Dimana didalamnya akan membahas : a) Pengertian RFID b) Macam-macam RFID c) Manfaat penggunaan RFID dalam system absensi karyawan d) Kelebihan RFID e) Cara penggunaan RFID pada system absensi karyawan Demikianlah pengajuan judul mini paper yang saya sampaikan. Karena dengan menggunakan RFID. Sistem RFID menawarkan peningkatan efisiensi dalam pengendalian inventaris. dan manajemen rantai supply.Nama NPM Jurusan : Rizki Amalia Tanum : 0711011022 : Manajemen Pengajuan Judul Mini Paper Salah satu perkembangan teknologi informasi yang penting adalah semakin dibutuhkannya penggunaan alai pengolahan data yan berfungsi untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. saya ucapkan terima kasih. . Berdasarkan latar belakang tersebut. saya mengajukan judul. Atas perhatian bapak. identitas mereka akan terdata secara otomatis. Dalam hal absensi. RFID dapat melakukan control otomatis untuk banyak hal. semoga bapak dapat mempertimbangkannya. Sebagai suksesor dari barcode. dengan RFID maka orang tidak perlu melakukan kegiatan absensi yang terkadang hingga mengantri. logistic. ketika orangorang melewati gerbang.

RFID ( Radio Frequency Identification ) merupakan sebuah teknologi compack wireless yang diunggulkan untuk mentransformasikan dunia komersial. RFID dapat melakukan control otomatis untuk banyak hal. Kontak antara RFID tag dengan reader tidak dilakukan secara kontak langsung atau mekanik melainkan dengan pengiriman gelombang electromagnet. smart card. Perangkat lunak akan dikelola oleh seorang admin yang bertugas mengelola sistem. RFID yang merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification yang merupakan teknologi identifikasi baru yang dalam pengoperasiannya terjadi kontak antara transponder (tag) atau divais pembawa data yang terbuat dari silikon chip dilengkapi sebuah radio antena kecil dan reader yang terhubung dengan sistem komputer. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang penting saat ini adalah semakin dibutuhkannya penggunaan alat pengolahan data yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. .Executive Summary Tuntutan akan kehadiran perangkat lunak identifikasi otomatis semakin tinggi di dunia modern saat ini. dengan menggunakan RFID maka orang tidak perlu melakukan kegiatan absensi yang terkadang hingga mengantri. Dalam hal absensi ini. identitas mereka akan terdata secara otomatis. dan management rantai supply. seperti menginput data. namun masih memiliki peluang untuk perbaikan dan pengembangan. mengatur koneksi hardware. logistic. Sebagai suksesor dari barcode. Sebagian dari implementasi ini sudah diwujudkan. Kebutuhan implementasi ini merentang luas. Proses pendataan kehadiran dengan memanfaatkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang terdiri dari komponen tag RFID dan RFID reader. dan kartu multi guna lainnya. ketika orang-orang melewati gerbang dimana system RFID diletakkan. kartu tol. kartu kredit. Sistem RFID menawarkan peningkatan efisiensi dalam pengendalian inventaris. mengatur database dan melakukan shutdown. kartu akses kendali (access control) untuk memasuki ruangan khusus. Karena dengan menggunakan RFID. mulai dari kebutuhan pendataan kehadiran karyawan di kantor.

.................................. 8 .................................................................................................................................................................................................................................................... i Daftar Isi ................. 1 Pengertian RFID .................................................. 2 Kelebihan RFID ....................................Daftar Isi Excutive sumarry ................................................. 1 Macam-macam RFID ............................................................... ii Pembahasan .............................. Lampiran....................................................... 3 Cara penggunaan RFID pada system absensi karyawan ................................................................................................................................... 1 Manfaat penggunaan RFID dalam system absensi karyawan ............................................. 4 Daftar Pustaka ...................

Sistem RFID menawarkan peningkatan efisiensi dalam pengendalian inventaris (inventory control). produk. informasi lebih lengkap dapat diakses di {"http://www.PEMBAHASAN Ø Pengertian RFID RFID (Radio Frequency IDentification) merupakan sebuah teknologi compact wireless yang diunggulkan untuk mentransformasi dunia komersial. Ø Macam-Macam RFID Terdapat 2 macam RFID. RFID juga dapat dibaca dari jarak jauh dan melalui berbagai substansi seperti salju. Salah satu alasannya adalah kemampuan baca tulis dari sistem RFID aktif memungkinkan penggunaan aplikasi interaktif.com" } . Sebagai suksesor dari barcode. RFID dapat melakukan kontrol otomatis untuk banyak hal. logistik dan manajemen rantai supply (supply chain management) dll. atau cat di mana barcode telah terbukti tidak dapat digunakan. Selain itu. yaitu : 1) RFID Reader RFID Reader berfungsi untuk membaca kode-kode dari RFID tag (label ) dan membandingkan dengan yang ada di memori reader.1 Terdapat kepentingan yang besar pada enterprise untuk secara intensif mempercayakan pada sistem ini. Yang umum digunakan pada proses implantasi ini adalah RFID pasif. asap. 1. hewan peliharaan. kini sistem RFID menjadi teknologi pilihan baik untuk tracking manusia. khususnya para peritel dan para pembuat produk consumer yang besar. bahkan kendaraan. 2) RFID Tag RFID Tag berfungsi menyimpan kode-kode sebagai pengganti identitas diri. es. Jika di masa lalu barcode telah menjadi cara utama untuk pelacakan sebuah produk.rfidjournal.

Kode baru ini akan disimpan ke memori RFID reader dan dikirimkan ke RFID tag yang akan disimpan di memori ID chip. maka orang tidak perlu melakukan kegiatan absensi. Ketiga. Salah satu produk RFID tag yang ada saat ini memiliki dimensi panjang 11 milimeter dan diameter 1 milimeter. Sehingga harus ada suplly daya dari luar tubuh.RFID reader. tag tidak mungkin memiliki satu daya sendiri. Bit-bit sinyal ini berisi kode yang tersimpan di dalam ID chip. Ø Manfaat Penggunaan RFID dalam System Absensi Karyawan Dengan teknologi RFID. Begitu orang-orang melewati gerbang. Panjang bit sinyal berbeda-beda untuk setiap produsen RFID tag. lapisan pelindung dari benturan maupun proses-proses yang berlangsung di dalam tubuh. berupa lilitan antena dan sebuah kapasitor membentuk rangkaian yang beresonansi pada frekuensi tertentu. Pertama. Kedua. RFID reader akan membuka kunci pintu. RFID tag terdiri dari tiga bagian. Karena RFID tag dimasukkan ke dalam tubuh. Untuk menghindari usaha penggandaan dan pencurian kode kunci. Kemudian RFID tag akan mengirimkan kode yang terdapat di memori ID chip melalui antena yang terpasang di tag. memori RFID tag (ID chip) akan terbuka. Ukuran RFID tag yang ditanamkan ke tubuh manusia umumnya sebesar bulir padi. Satu-satunya yang memungkinkan adalah dari RFID reader. Antena ini akan menangkap induksi medan elektromagnet dari RFID reader dan mengubahnya menjadi arus sebagai sumber tenaga bagi chip. bisa ditempatkan sebagai pengganti kunci di pintu rumah atau kendaraan. ID chip yang akan memodulasi arus yang merepresentasikan bit-bit sinyal. identitas mereka akan terdata. Gelombang induksi tersebut berisi password (kata kunci ) dan jika dikenali oleh RFID tag.Dengan RFID juga dapat mempersingkat proses absensi dan proses . Jadi memasuki gerbang secara berebutan pun tak menjadi masalah karena tidak akan ada yang tidak terdeteksi apabila sudah melewati temapat dimana RFID sudah terprogram. RFID reader akan membuat kode kunci yang baru. RFID reader akan membandingkan kode yang diterima dengan kode kunci yang tersimpan di RFID reader. mengeluarkan gelombang radio dan menginduksi RFID tag. Jika sesuai.

2. Berbeda dengan sistem identifikasi sidik jari yang hanya didedikasikan untuk absensi sedangkan RFID dapat diterapkan untuk penerapan-penarapan yang lebih luas. Selain untuk proses absensi. c) RFID lebih cepat dalam proses pengidentifikasiannya.htm" } .org/technologies/rfid/" } { "http://www.aimglobal.rfid-dan-integritas. Ada dua komponen penting dalam sistem RFID yaitu kartu (Tag) dan pembaca (antena RFID) dan proses pembacaannya pun tidak perlu dilakukan secara kontak langsung dengan obyek yang dibaca.update absensi karyawan dalam sebuah perusahaan yang menggunakan system ini dalam hal absensinya. pegawai dapat memanfaatkan sistem untuk menampilkan statistik absen pegawai. RFID dapat digunakan dalam sistem parkir. Setiap akses terbatas ke software dibatasi dengan menggunakan password login. {"http://www.2 Ø Kelebihan RFID a) Dapat mengakses data secara cepat dan otomatis b) Untuk system absensi. sistem kartu ATM di bank dan sebangainya. Sebuah perusahaan dengan menggunakan RFID pun dapat berwenang mengakses secara khusus sistem untuk mengeset perijinan pegawai yang berhalangan hadir. Reader menghasilkan frekuensi radio magnetic level rendah (low level) dan ini dipancarkan oleh antena pada area tertentu dimana kartu tag ada. dengan menggunakan RFID dapat mengurangi antrian yang panjang yang dapat menyebabkan ketidak efisienan waktu. 3. d) RFID lebih tahan terhadap kondisi seperti kotoran kimiawi debu dan lainnya dalam pembacaannya e) RFID memiliki pembaca yang tidak bergerak sehingga lebih awet untuk investasi kepemilikan aset jangka panjang f) RFID lebih susah digandakan atau di tiru serta di copy.3 Ada kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh RFID yaitu menawarkan banyak kemungkinan pengembangan sistem identifikasi.aspx.

Cara kerja dari dua tipe RFID ini adalah sebagai berikut : a) RFID reader. Sehingga harus ada suplly daya dari luar tubuh. bisa ditempatkan sebagai pengganti kunci di pintu rumah atau kendaraan. Jika sesuai. Kemudian RFID tag akan mengirimkan kode yang terdapat di memori ID chip melalui antena yang terpasang di tag. Antena ini akan menangkap induksi medan elektromagnet dari RFID reader dan mengubahnya menjadi arus sebagai sumber tenaga bagi chip. mengeluarkan gelombang radio dan menginduksi RFID tag. RFID reader akan membuat kode kunci yang baru. lapisan pelindung dari benturan maupun proses-proses yang berlangsung di dalam tubuh. Ketiga. Gelombang induksi tersebut berisi password (kata kunci ) dan jika dikenali oleh RFID tag. Bit-bit sinyal ini berisi kode yang tersimpan . RFID tag terdiri dari tiga bagian.Ø Cara Penggunaan RFID pada Sistem Absensi Karyawan Seperti yang kita ketahui bahwa RFID terdapat dua tipe yaitu RFID Reader dan RFID tag. memori RFID tag (ID chip) akan terbuka. Pertama. Ukuran RFID tag yang ditanamkan ke tubuh manusia umumnya sebesar bulir padi. b) Karena RFID tag dimasukkan ke dalam tubuh. Salah satu produk RFID tag yang ada saat ini memiliki dimensi panjang 11 milimeter dan diameter 1 milimeter. berupa lilitan antena dan sebuah kapasitor membentuk rangkaian yang beresonansi pada frekuensi tertentu. Untuk menghindari usaha penggandaan dan pencurian kode kunci. RFID reader akan membandingkan kode yang diterima dengan kode kunci yang tersimpan di RFID reader. Kode baru ini akan disimpan ke memori RFID reader dan dikirimkan ke RFID tag yang akan disimpan di memori ID chip. Kedua. RFID reader akan membuka kunci pintu. ID chip yang akan memodulasi arus yang merepresentasikan bit-bit sinyal. Satusatunya yang memungkinkan adalah dari RFID reader. tag tidak mungkin memiliki satu daya sendiri.

Panjang bit sinyal berbeda-beda untuk setiap produsen RFID tag. Dengan begini perusahaan dapat lebih meningkatkan efektivitas kerja karyawan.di dalam ID chip. RFID dapat membantu system absensi labih efisien dan mengurangi kecurangan karyawan dalam absensi kehadiran. . Jadi disini RFID bekerja dengan membaca kode dari tag yang nantinya secara dapat melakukan absensi secar otomatis.

com 2.rfidjournal.htm 5.aimglobal.article.htm . http://www.rfid-dan-integritas. http://www.php. http://www.org/technologies/rfid/ 3.htm 4.RFID _ Indonesia Barcode Blog. http://www. http://www.aspx.Daftar Pustaka 1.RFID%20_20Indonesia%20Barcode%20Blog.htm 6. http://www.

LAMPIRAN .

RFID memiliki pembaca yang tidak bergerak sehingga lebih awet untuk investasi kepemilikan aset jangka panjang 4. Once the reader has checked and validated the received data. The RFID card or tag contains an antenna. the data is then decoded and restructured for transmission to the end-user’s host computer. animals or objects. RFID lebih tahan terhadap kondisi seperti kotoran kimiawi debu dan lainnya dalam pembacaannya 3. Once the restructuring process is complete. RFID lebih susah digandakan atau di tiru serta di copy. The magnetic field serves as a “carrier” of power from the reader to the RFID card or tag. This enables the transmission of the IC’s memory contents in the form of an electromagnetic signal to the reader via the tag’s antenna. antar lain: 1. They work together to provide the end user with a non-contact solution to uniquely identify people. The reader contains a sensitive receiving system that is designed to detect and process the tag signal. one of which is to produce a low-level radio frequency magnetic field. the data is transmitted to the host system. This restructuring provides the data in both an electrical form and a protocol (or format) that is required by the host computer system. typically in the form of a coil. The tag information is received by an antenna within the reader and converted back into an electrical form. The IC requires a small amount of electrical power in order to function. Ada dua komponen penting dalam sistem RFID yaitu kartu (Tag) dan pembaca (antena RFID) dan proses pembacaannya pun tidak perlu dilakukan secara kontak langsung dengan obyek yang dibaca. a microcomputer within the reader checks to verify that the signal received is valid. RFID lebih cepat dalam proses pengidentifikasiannya. When a card or tag is brought into the magnetic field produced by the reader. How RFID Works An RFID system consists of two major components–the reader and the card/tag. . 2. Reader menghasilkan frekuensi radio magnetik level rendah (low level) dan ini dipancarkan oleh antena pada area tertentu dimana kartu (tag ada). The antenna in the tag provides a means for gathering the energy present in the magnetic field produced by the reader and converts it to an electrical form of energy for use by the IC. the converted energy powers the IC. also in the form of a coil and an integrated circuit (IC). Once the tag data has been processed.Beberapa manfaat RFID sebetulnya hampir sama dengan manfaat penggunaan barcode seperti yang sudah dijabarkan di tulisan kami sebelumnya hanya saja banyak kelebihan RFID dibandingkan dengan penggunaan barcode. The RF magnetic field emanates from the reader by means of a transmitting antenna. The reader performs several functions.

ini beberapa perlengkapan RFID: Ø TAG RFID Pasif : Ø TAG RFID aktif : .

Ø RFID Reader Saat ini kendala diterapkannya sistem RFID adalah masih mahalnya komponen biaya perangkat dan asesorisnya. namun berjalan waktu nantinya dengan semakin banyak pemakaian maka akan bisa menekan komponen biaya pembuatannya. TARGET. Saat ini beberapa ritel yang sudah mulai menerapkannya diantaranya WALMART. METRO AG.htm .RFID _ Indonesia Barcode Blog. BEST BUY dan lainnya Suber : http://www. TESCO.

Kemudian RFID tag akan mengirimkan kode yang terdapat di memori ID chip melalui antena yang terpasang di tag. Karena RFID tag dimasukkan ke dalam tubuh. Panjang bit sinyal berbeda-beda untuk setiap produsen RFID tag. Gelombang induksi tersebut berisi password (kata kunci ) dan jika dikenali oleh RFID tag. seorang teknopreneur yang tinggal di Washington. Bit-bit sinyal ini berisi kode yang tersimpan di dalam ID chip. Kisah implantasinya dimuat dalam majalah IEEE Spectrum edisi Maret 2007. kini sudah mulai dicoba penerapan biometrik dengan cara memasukkan peranti chip elektronika berukuran mikro ke dalam tubuh sebagai pengenal identitas pribadi. Sedangkan bagian kedua adalah RFID tag yang berfungsi menyimpan kode-kode sebagai pengganti identitas diri.14:30 RFID Sebagai Peranti Pengenal Identitas ERA biometrik memang kini mulai jadi trend. Amerika Serikat. Bahkan. Salah satunya adalah Amal Graafstra. RFID reader. ID chip yang akan memodulasi arus yang merepresentasikan bit-bit sinyal. lapisan pelindung dari benturan maupun proses-proses yang berlangsung di dalam tubuh. RFID reader akan membandingkan kode yang diterima dengan kode kunci yang tersimpan di RFID reader. digunakanlah peranti berbasiskan radio frequency identification atau lebih dikenal dengan RFID. Kedua. khususnya wilayah-wilayah yang sangat sensitif terhadap faktor keamanan. Pertama. pola wajah. berupa lilitan antena dan sebuah kapasitor membentuk rangkaian yang beresonansi pada frekuensi tertentu. Yang umum digunakan pada proses implantasi ini adalah RFID pasif. Pemakaiannya sudah meluas ke berbagai hal. Ketiga. Pilihannya kian beragam. Salah satu produk RFID tag yang ada saat ini memiliki dimensi panjang 11 milimeter dan diameter 1 milimeter. Untuk menghindari usaha penggandaan dan pencurian . Sehingga harus ada suplai daya dari luar tubuh. Jika sesuai.Teknologi Informasi 29 Mei 2007 . Peranti ini terdiri dari dua bagian. pola suara hingga lapisan iris dari mata. Ukuran RFID tag yang ditanamkan ke tubuh manusia umumnya sebesar bulir padi. Peranti pertama adalah RFID reader yang berfungsi untuk membaca kode-kode dari RFID tag (label ) dan membandingkan dengan yang ada di memori reader. Satu-satunya yang memungkinkan adalah dari RFID reader. mulai dari sidik jari. yang bisa ditempatkan sebagai pengganti kunci di pintu rumah atau kendaraan. RFID tag terdiri dari tiga bagian. mengeluarkan gelombang radio dan menginduksi RFID tag. Ini memang bukan mimpi. tag tidak mungkin memiliki catu daya sendiri. RFID reader akan membuka kunci pintu. Sebagai implan. memori RFID tag (ID chip) akan terbuka. Sudah ada beberapa orang yang mencoba menanam (implantasi) peranti tersebut ke dalam tubuhnya. Antena ini akan menangkap induksi medan elektromagnet dari RFID reader dan mengubahnya menjadi arus sebagai sumber tenaga bagi chip.

RFID reader akan membuat kode kunci yang baru. terkait dengan keamanan transfer data antara RFID tag dan RFID reader. Amal menguji coba kekuatan pelindung RFID tag tersebut. Pertama. lapisan pelindung RFID tag ini memiliki tingkat kekuatan yang tinggi. Karena ada kekhawatiran. Umumnya. mereka telah berhasil menyadap kode-kode yang ditransmisikan antara RFID tag dan RFID reader melalui gelombang radio. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. si penyadap harus berada sedekat mungkin dengan RFID tag. Sumber : http://www. Sebenarnya. Batasnya adalah imajinasi Anda sendiri. Kedua. Kode baru ini akan disimpan ke memori RFID reader dan dikirimkan ke RFID tag yang akan disimpan di memori ID chip. Mengurangi privasi Terkait dengan pemasangan RFID tag ke dalam tubuh manusia.kode kunci. Sama halnya dengan Amal. penyadapan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Dari pujian dan kekaguman sampai cemoohan. RFID tag akan memudahkan seseorang mengetahui posisi pengguna RFID tag tersebut.10 cm. Karena transmisi data harus dilakukan dalam jarak antara 5 . Atau dipasang pada hewan kesayangan Anda. mengenai tingkat keamanan RFID tag dalam tubuh manusia. RFID tag memiliki lapisan pelindung yang terdiri dari kombinasi plastik dan kaca jenis khusus. penggunaan RFID tag dalam tubuh akan mengurangi privasi pengguna. Ketiga. Masalah yang lazim dihadapi oleh peralatan elektronik sejenis adalah usaha-usaha pencurian kode atau identitas dari peralatan tersebut. Untuk menyadap kode-kode yang ada di RFID tag maupun RFID reader.rfid-sebagai-peranti-pengenal-identitas. terkait dengan efek bagi sosial. Ternyata. RFID juga terbuka peluang sebagai penjejak kendaraan atau peralatan berharga Anda. Beberapa penelitian menyatakan.html . Sebelum memasang ke dalam telapak tangannya. Penggunaan peralatan elektronik yang baru selalu membawa pro-kontra di masyarakat. yang mendapat beragam tanggapan. Kekurangan ini dapat diatasi dengan membuat enkripsi untuk transmisi data antara keduanya yang cukup sulit untuk dipecahkan oleh orang lain. kekuatan yang dibutuhkan merusak lapisan pelindung RFID tag sebanding dengan kekuatan untuk mematahkan telapak tangannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.