KESIAPAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM IMPLEMENTASI SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI SMP NEGERI 3 PATEBON-KENDAL PATEBONAYU

DINI PUTRI Q 100070442

Prof. Dr. Hj. Markhamah, M.Hum. Drs. H. Sumardi, M.Si.

PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2009

A. . Latar Belakang Masalah  Pendidikan Indonesia Sistem pendidikan yang selama ini dikelola dalam suatu iklim birokratik dan sentralistik dianggap sebagai salah satu sebab yang telah mengakibatkan keterpurukan dalam mutu dan keunggulan pendidikan di tanah air. keputusan. Hal ini terjadi karena sistem birokrasi air. selalu menempatkan ´kekuasaanµ sebagai faktor yang paling menentukan dalam proses pengambilan keputusan.

Ironisnya. . Namun. mereka ada dalam posisi tidak berdaya dan tertekan oleh berbagai pembakuan. pembakuan. Kepala sekolah dan guru-lah seharusnya yang paling berperan gurusebagai pengambil keputusan dalam mengatasi berbagai persoalan sehari-hari yang menghadang upaya peningkatan mutu seharipendidikan. pendidikan. ´dikendalikanµ. kepala sekolah dan guru-guru sebagai pihak yang gurupaling memahami realitas pendidikan berada pada tempat yang ´dikendalikanµ.

. walaupun pengelolaan harus tetap mengacu pada standar yang ditetapkan secara nasional (pasal 14 UU Nomor 32 Tahun 2004). yang pada era sebelumnya bersifat sentralistik menjadi desentralistik. 2004) Implementasi Sistem Pemerintah Otonomi Daerah tercermin dalam manajemen pemerintahan³khususnya yang berkaitan pemerintahan³ dengan penyelenggaraan pendidikan³telah mengalami proses pendidikan³ perubahan.Bergulirnya wacana otonomi daerah yang ditandai dengan mulai diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 yang Undangkemudian disempurnakan dalam Undang-Undang Nomor 32 UndangTahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah membawa implikasi penyelenggaraan pendidikan yang merupakan bagian dari urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintah daerah untuk kabupaten/kota. desentralistik.

. unggul. SMP SSN Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama melakukan rintisan pengembangan SSN yang diharapkan dapat menjadi contoh wujud nyata bagi sekolah lain dalam mengembangkan diri sesuai dengan standar nasional. dan berkualitas. Sekolah Standar Nasional (SSN) juga berfungsi sebagai patok duga (bench mark) bagi sekolah dalam mengembangkan diri mark) menuju layanan pendidikan yang baik. berkualitas. nasional.

Dengan terpilihnya sekolah 2004. asumsi penulis. guru. SMP Negeri 3 Patebon-Kendal Patebonsebagai SMP SSN Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 1147 A/C3/SK/2004 Nomor: A/C3/SK/2004 SMP Negeri 3 Patebon-Kendal melalui seleksi yang sangat ketat Patebonditetapkan sebagai Sekolah Menengah Pertama SSN (Sekolah Standar Nasional) Tahun 2004. pada khususnya kepala sekolah dan guru. tersebut sebagai SMP SSN. . status SSN tersebut diperoleh dengan kesiapan matang dari segenap komponen sekolah.

B. Fokus Penelitian   Fokus Penelitian Bagaimanakah kesiapan kepala sekolah dan guru dalam implementasi SSN di SMP Negeri 3 Patebon-Kendal? PatebonBagaimanakah implementasi SSN di SMP Negeri 3 PatebonPatebonKendal? Bagaimanakah hasil dari evaluasi kesiapan kepala sekolah dan guru dalam implementasi SSN di SMP Negeri 3 PatebonPatebonKendal?   .

C. Tujuan Penelitian   Tujuan Penelitian Untuk mendeskripsikan kesiapan kepala sekolah dan guru dalam implementasi SSN di SMP Negeri 3 Patebon-Kendal. PatebonUntuk mendeskripsikan implementasi SSN di SMP Negeri 3 PatebonPatebon-Kendal. Untuk mendeskripsikan hasil dari evaluasi kesiapan kepala sekolah dan guru dalam implementasi SSN di SMP Negeri 3 PatebonPatebon-Kendal.   .

D. dan pengawasan SSN di sekolah sehingga memperoleh penyelenggaraan pendidikan dasar yang unggul. unggul. Manfaat Penelitian  Manfaat Teoritis Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan kajian bagi kepala sekolah selaku manajer dan pemimpin dalam perencanaan. . pelaksanaan.

SSN  . pendidikan.  Manfaat Praktis Bagi Sekolah Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja manajemen sekolah dan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan manajemen kualitas pendidikan berikutnya dalam rangka pemenuhan tuntutan masyarakat akan kualitas pendidikan.. Bagi Peneliti lain Hasil penelitian dapat menjadi masukan dan pembanding dari segi teknis maupun temuan serta dapat menjadi bahan kajian untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut mengenai manajemen sekolah. terutama yang berhubungan dengan kesiapan kepala sekolah dan guru SMP Negeri 3 PatebonPatebonKendal dalam implementasi SSN.

Kajian Teori 1.   Kesiapan Kepala Sekolah Kepemimpinan Kepala Sekolah Peran Kepala Sekolah .E.

    Kesiapan Guru Makna Guru Persyaratan Guru Tanggung Jawab Tugas Guru .2.

Implementasi SMP Sekolah Standar Nasional (SSN) Input Proses Output .3.

Penelitian Terdahulu     Becky dan Saad T. Bakir Warren Beasley dan Jim Butler Sujarwo Bambang Kuswanto .

Jenis dan Strategi Penelitian Lokasi Penelitian Kehadiran Peneliti Data dan Subjek Data Teknik Pengumpulan Data Teknik Analisis Data Keabsahan Data . 7. 2. 3.F. 4. 6. Metode Penelitian 1. 5.

Jadwal Penelitian Rencana Waktu Pelaksanaan Penelitian Feb µ09 Maret µ09 April µ09 Mei µ09 Juni µ09 Juli µ09 Agustus µ09 No. 2. 6. 4. Tahapan Kegiatan 1.G. 5. Persiapan Observasi Dokumentasi Wawancara Konsultasi Penyusunan Tesis . 3.

dan siswa-siswi SMP Negeri 3 siswaPatebon-Kendal Patebon- . staf.Terima Kasih    Segenap dosen pembimbing-penguji pembimbingtesis dan dosen pengampu mata kuliah pada Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta Segenap staf Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta Kepala sekolah serta segenap guru.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful