P. 1
Profil Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap

Profil Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap

|Views: 784|Likes:
Published by Wilein

More info:

Published by: Wilein on Sep 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

PROFIL UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP KABUPATEN NGADA

BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG PENDIRIAN Kabupaten Ngada dengan luas wilayah 1.724,11 Km2, secara administrasi terdiri dari 9 Kecamatan, dengan jumlah Desa 70 buah, Desa Persiapan 8 buah dan Kelurahan sebanyak 16 buah. Jumlah penduduk keadaan tahun 2006 sebanyak 133.446 jiwa terdiri dari laki- laki sebanyak 65.056 jiwa dan perempuan sebanyak 68.390 jiwa. Pendapatan per kapita atas sebesar dasar Harga Berlaku Rp. 3.389.971,- dengan laju pertumbuhan ekonomi 4,3

% dan PDRB sebesar Rp. 872,112 M lebih dengan kontribusi terbesar dari sektor pertanian sebesar 55,12 %. Sebagian besar aktivitas perekonomian mencapai 12 % lebih. Dalam melakukan aktivitas perekonomian terutama sektor jasa, salah satu persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh para pengusaha baik berskala kecil, menengah maupun para pengusaha besar termasuk para investor yang akan berinvestasi di suatu daerah adalah adanya legalitas usaha. Namun pada kenyataanya sistem perizinan dilakukan selama ini masih menganut paradigma lama yang bercirikan berbelit- belit, butuh waktu yang lama, tidak transparan dan biayanya besar. Fenomena tingginya tingkat ilegitas usaha hampir dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia terutama Kelompok Usaha Kecil dan Menegah (UKM); Hal ini juga terjadi di Kabupaten Ngada. Kondisi ini tidak menciptakan iklim yang kondusif terutama bagi pengusaha dan investor sehingga menyebabkan ilegalitas usaha tinggi dan investor enggan berinvestasi di Kabupaten Ngada.
Profil S I N T A P - Kabupaten Ngada

masyarakat Ngada terkonsentrasi pada

sektor pertanian (83,11 %) dan disusul dengan sektor jasa/swasta

Tujuan dari keberadaan UPT SINTAP adalah ”Mewujudkan pelayanan publik yang menuju serta dapat secara lebih dan terpadu” kepemerintahan yang baik berkualitas (Good (prima) Governance) memberikan pelayanan umum kepada masyarakat trasparan.Kabupaten Ngada . cepat. Implementasi Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap diberlakukan sejak awal Tahun 2007 melalui Surat Keputusan Bupati Ngada Nomor 31/KEP/EKONOMI/2007 tanggal 19 Maret 2007 tentang Pembentukan Pokja Pengelolaan Unit Pelayan Teknis Satu Atap. maka hampir sebagian besar proses perizinan yang sebelumnya ditangani oleh masing. Dari 17 jenis perizinan yang berhasil diindentifikasikan selama Tahun 2002 hingga 2004 menunjukan adanya penurunan jumlah register.Berdasarkan Data yang dikumpulkan oleh Kelompok Kerja (Pokja). Selain itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh Tim Pengkaji Pelayanan Terpadu Tahun 2004 tentang tanggapan masyarakat pelaku UKM terhadap Sistim Pelayanan Perizinan di Kabupaten Ngada disimpulkan bahwa mayoritas menilai pelaksanaan pelayanan perizinan di Kabuapten Ngada tidak memuaskan dasar karena mengandung kalangan inefisiensi pelaku UKM dan dan inefektivitas. pada Tahun 2004 di Kabupaten Ngada terdapat lebih dari 70 % usaha yang tidak memiliki perizinan. masyarakat pada umumnya menghendaki peningkatan kualitas publik. Atas layanan 1 tersebut. Sejak dikeluarkan Surat Keputusan tersebut. sederhana. murah Profil S I N T A P . sehingga Pemerintah Kabupaten Ngada bekerjasama dengan Swisscontact – LED NTT mengembangkan Unit Pelayan Terpadu Satu Atap dibawah koordinasi Bagian Perekonomian Setda Ngada. tepat waktu.masing Dinas/Instansi terkait dialihkan pada Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap.

B. DASAR HUKUM 1.Kabupaten Ngada 3 .Sasaran yang ingin dicapai melalui Implementasi UPT SINTAP adalah: ”Menciptakan wadah/Satu kewenangan yang terciptanya iklim usaha Kabupaten Ngada” pola penyelenggaraan diharapkan publik dalam suatu Atap sesuai dengan tugas fungsi dan dapat mendorong yang kondusif bagi investasi dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat Model Pelayanan Satu Atap yang diterapkan di 2 Kabupaten Ngada adalah Pelayanan yang dilakukan di satu tempat yang berperan sebagai Front Oficce dari Instansi pemilik kewengan sedangkan pelaksanaan administrasi dilaksankan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah pemilik perizinan. Unit Pelanyan Terpadu Satu Atap Kabupaten Ngada merupakan Unit Pelayanan Teknis yang berada dibawah koordinasi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Ngada dalam hal ini adalah Bagian Perekonomian. (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4548). Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undangundang Nomor 3 Tahun 2005 terntang Perubahan Atas Undangundang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah ( Lembaran Negara republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108. 2. sebagaimana yang dituangkan dalam Tugas Pokok dan Fungsi berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Ngada Nomor 2 Tahun 2001 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Ngada. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Daerah antara Pemerintah dengan Pemerintah Daerah Profil S I N T A P .

(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4585). Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 150. 5. Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2001 tentang Pelaporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Republik Indonesia Nomor 4124). 4. Surat Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Ngada dengan Swisscontact LED NTT Nomor 8/KS/EKONOMI/2005. Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 8. 017/SCLED NTT/CT/V/2005 tanggal 4 April 2005 tentang Kerjasama bantuan Teknis o0leh Swisscontact LED NTT dalam Pengembangan Unit Pelayanan Terpadu Kabupaten Ngada. 018/SCLED NTT/CT/V/2005 tanggal 4 April 2005 tentang Peran dan Tanggungjawab antara Pemerintah Kabupaten Ngada dan 3 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2001 Nomor 100. 9. 3. 7. 6. Surat Keputusan Bupati Ngada Nomor 218/KEP/EK/2004 tentang Penetapan Komposisi dan Personalian Kelompok Kerja Pembentukan Sistem Pelayanan Terpadu Kabupaten Ngada.Kabupaten Ngada . Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4438). Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4594). Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daearah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 165. Tambahan Lembaran Negara Profil S I N T A P . Nota Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Kabupaten Ngada dengan Swisscontact LED NTT Nomor 7/KS/EKONOMI/2005.

bahan penyusunan pedoman teknis perencanaan pelaksanaan pembinaan pemantauan Profil S I N T A P . Mengumpulkan penyusunan dan rencana program.Misi dan Nilai-nilai. maka landasan pijak yang menjadi dasar pijakan adalah pemahaman akan tugas pokok dan fungsi sebuah organisasi. Adapun Tupoksi Asisten Ekonomi dan Pembangunan yang mengakomodir Bagian Perekonomian yang merupakan salah satu bagian di Sekretariat Daerah Kabupaten Ngada adalah sebagai berikut:  Tugas Pokok: Melaksanakan sebagian tugas Sekretaris Daerah di Bidang Perekonomian.  Fungsi: • di • Mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan bidang pengembangan data. dunia usaha. BAB II RENCANA STATEGIS A. TUGAS DAN FUNGSI BAGIAN PEREKONOMIAN SETDA NGADA Sebelum merumuskan Visi. • • Menyusun rencana dan program pembinaan Melaksanakan pengumpulan dan dan pengolahan pada pengembangan dunia usaha di bidang perizinan.Swisscontact LED NTT dalam Pengembangan Unit Pelayanan Terpadu Kabupaten Ngada.Kabupaten Ngada . bina petunjuk teknis pembinaan dalam rangka koordinasi perekonomian rkyat serta pertambangan dan energi. menganalisa mengevaluasi 4 pelaksanaan pengembangan dunia usaha sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Persyaratan. Melaksanakan koordinasi. termasuk tata cara Profil S I N T A P . Visi tersebut mengandung makna 3 (Tiga) komponen strategis yang akan dicapai yaitu : Terpadu. perkebunan.Prosedur/tata cara pelayanan. . maka rumusan VISI dan MISI pada UPT-SINTAP Kabupaten Ngada adalah sebagai berikut: VISI : ” Terwujudnya pelayanan perizinan terpadu yang berkualitas 2011” menuju kepemerintahan yang baik Tahun Visi tersebut di atas dirumuskan berdasarkan sejumlah permasalahan pembangunan khususnya pelayanan perizinan. biaya/tarif pelayanan. TERPADU mengandung arti : Berbagai jenis perizinan dan non perizinan dilayani dalam satu atap. kehutanan dan perikanan • kelautan.sektor pertanian dan tanaman pangan. baik persyaratan teknis maupun administrasi. pembinaan pemantauan sektor pertambangan dan energi. . BERKUALITAS mengandung arti : Mempunyai kejelasan dan kepastian dalam hal : . sesuai peraturan yang berlaku. Kepastian waktu dalam pemrosesan perizinan dan non perizinan. Berkualitas dan Kepemerintahan yang baik. peternakan. VISI DAN MISI 5 Mengacu pada salah tugas pokok Bagian Perekonomian sebagai Instansi yang menjalankan fungsi koordinasi. B.Kabupaten Ngada .Rincian pembayarannya.

Kemudahan akses. yaitu pemberi dan penerima pelayanan perizinan harus memenuhi hak dan kewajiban masing. proses. kesopanan dan KEPEMERINTAHAN yang BAIK mengandung arti : • mudah dan Transparan. pelayanan perizinan dan dengan harapan 6 memperhatikan masyarakat. sesuai yaitu dengan dapat ketentuan dipertanggungjawabkan peraturan perundang. • Keseimbangan antara Hak dan Kewajiban. Profil S I N T A P . yaitu mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan aspirasi. yaitu tidak diskriminatif dalam arti tidak membedakan suku. Kenyamanan. • kebutuhan Kesamaan hak. yang semua pihak membutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti.masing pihak. yaitu proses pelayanan perizinan dilakukan berdasarkan tata urutan dan hanya melibatkan personel yang telah ditetapkan. golongan. • Efektif. biaya dan waktu sesuai aturan yang berlaku. • Partisipatif. yaitu proses pelayanan perizinan hanya melibatkan tahap. Kepastian hukum. agama. • Efisien. ras.Kabupaten Ngada . Kedisiplinan.tahap yang penting dan melibatkan personel yang memiliki kiapasitas memadai. dan status ekonomi. • Akuntabel.undangan.• • • • keramahan. dapat diakses yaitu oleh bersifat terbuka. gender.

 MISI : Untuk melaksanakan Visi di atas. yaitu pemrosesan perizinan melibatkan keahlian yang diperlukan. pengukuran dan penilaian kelayakan yang masing.Kabupaten Ngada . baik untuk validasi administratif. Meningkatkan kemitraan dan membangun jaringan kerja. adalah: Meningkatkan sistem dan mekanisme pelayanan perizinan. yang ditetapkan: Empathy : Memahami Disiplin : Dalam Responsive : Mengenali harapan masyarakat dan memenuhi janji secara tepat waktu. dan ikut merasakan masalah yang dihadapi orang lain 7  MOTTO : ” Melayani dengan sepenuh hati” Profil S I N T A P . menjalankan tugas masing-masing orang mentaati apa yang telah disepakati bersama.  NILAI-NILAI. Meningkatkan potensi aparatur pengelola perizinan.masing prosesnya dilaksanakan berdasarkan tata urutan dan prosedur yang telah ditetapkan. verifikasi lapangan. maka misi yang diemban. memberikan komitmen dan mendorong partisipasi karyawan dalam pelayanan.• Profesional. menunjukan rasa hormat kepada semua karyawan.

2. Ilegalitas usaha tinggi. Tantangan (Threats) 1. Adanya Pokja SINTAP dari 1.Kabupaten Ngada . Kualitas 3. tinggi. Minat usaha masyarakat tinggi. jaringan kerja NGOs. Peluang (Opportunities) 1. Profil S I N T A P . 8 Kelemahan (Weaknesses) Prosedur Pelayanan Perizinan berbelit. Tujuan  Sasaran Sasaran yang ingin dicapai melalui Implementasi UPT SINTAP adalah. • perijinan. • aturan perizinan. • Meningkatnya profesionalisme dan kompetensi aparatur dalam pelayananperizinan.belit. operator pengelola terbatas. Meningkatkan kualitas aparat pengelola perizinan. Terwujudnya sinkronisasi berbagai Meningkatnya jumlah layanan Analisis Lingkungan Stratejik pada UPT SINTAP Kabupaten Ngada adalah sebagai berikut : Pencermatan Lingkungan Internal dan eksternal Kekuatan (Strengths) 1.  TUJUAN. Kualitas SDM pengelola terbatas. SASARAN DAN FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN Implementasi UPT SINTAP bertujuan: • • • Meningkatkan kualitas pelayanan perizinan yang Meningkatkan koordinasi dan membangun cepat. mudah dan murah. melebihi standar.C. Motivasi kerja Aparatur pengelola 3. berbagai komponen. Sarana pendukung yang tersedia 2.

Peningkatan Koordinasi dan Kemitraan. 3.Kabupaten Ngada . 2. Berdasarkan analisa SWOT keberhasilan yaitu: dan urutan prioritas startegi alternatif utama. E. Partisipasi masyarakat dan dunia usaha rendah. Pengembangan dan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pengelola Perizinan. Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Aparatur. maka dapat ditentukan 3 (tiga) faktor kunci 1. Penerbitan Peraturan Bupati tentang Standart Operating Prosedure (SOP). Pembuatan Blue Print Perizinan dan Nota Kesepahaman. Minat investor rendah. Tingkatkan kualitas SDM aparat pengelola untuk melaksanakan reformasi di bidang perizinan. instrumen kebijakan yang digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah: 1. 3. 3. Mekanisme Perizinan. 2.2. Adanya kemitraan dengan Swisscontant – LED NTT. Manfaatkan Standart Operating Prosedure (SOP) untuk menunjang legalitas usaha masyarakat. KEBIJAKAN Untuk mencapai Tujuan dan Sasaran yang telah ditetapkan. 2. 3. D. Penataan Sistem dan 9 Profil S I N T A P . Tingkatkan sosialisai untuk mengurangi ilegalitas usaha. Potensi Sumber daya Alam tinggi untuk investasi. PROGRAM dan KEGIATAN Program yang ditetapakan dalam rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Perizinan meliputi: 1.

Penandatanganan Nota Kesepemahaman tentang Kerjasama Lanjutan dengan Pihak Swisscontact LEDNTT. MANFAAT KEBERADAAN UPT SINTAP 1. Sosialisasi kepada masyarakat dan kalangan dunia usaha tentang mekanisme pengurusan perizinan pada UPT SINTAP. 3. BAB III PELAKSANAAN UPT SINTAP A. Bagi Masyarakat : 1 0 Profil S I N T A P . 4.Kabupaten Ngada . 2. Pelatihan dan Magang bagi tenaga pengelola SINTAP.Kegiatan yang dilakukan sebagai implementasi Pogram dalam rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Perizinan meliputi: Penyususnan Standar Operating Prosedure (SOP).

Profil S I N T A P . Bagi Pemerintah : • Mengurangi beban administratif karena pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Bagi Dunia Usaha : • Memperoleh kemudahan dalam perizinan usaha sehingga akan meningkatkan minat pelaku usaha usaha. Meningkatkan daya saing dan kemandirian yang memungkinkan pemerintah mendapatkan manfaat dari partisipasi masyarakat dalam berbagi aspek pembangunan. • Terbangunnya citra yang lebih baik. • Mencegah sejak dini terjadinya KKN dari pungutan liar dalam proses pengurusan perizinan dan non perizinan. • Menciptakan ilkim usaha yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha. • Menciptakan kenyamanan berusaha. 3.Kabupaten Ngada . • daerah. • Efisiensi pelayanan yang menghasilkan untuk melakukan investasi dan mengembangkan pengurangan waktu dan biaya membuat pelaku usaha dapat mengalokasikan lebih banyak waktu dan biaya pada kegiatankegiatan produktif. • Memberikan kepastian dan jaminan hukum dari formalitas yang dimiliki.Memperoleh pelayanan publik yang lebih baik. 2.

MEKANISME PELAYANAN Pola Pelayaan Terpadu yang saat ini diterapkan di Kabupaten Ngada adalah Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap dengan Pola Satu Atap yang mana hanya bersifat sebagai Front Offices sedangkan tanggungjawab administrasi masih menjadi kewenangan instansi pemilik perizinan. MEKANISME PELAYANAN PADA UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP KABUPATEN NGADA DINAS A DINAS B DINAS C 1 1 Izin A Dari Dinas A Stationer Front Offices • Izin A Dari Dinas B • Stationer Front Offices Izin A Dari Dinas C • Stationer Front Offices INFOR MASI Stationer Front Offices Layanan 1 Dari Dinas /Instansi 1 • Stationer Front Offices Layanan 1 Dari Dinas /Instansi 1 • Stationer Front Offices Layanan 1 Dari Dinas /Instansi 1 • DINAS D DINAS E DINAS F Profil S I N T A P .Kabupaten Ngada .

tenaga non organik 3 orang dengan klasifikasi pendidikan meliputi : • Sarjana : 5 orang • SLTA : 4 Orang 1 2 Pembagian pelaksanaan tugas pada UPT SINTAP sebagai berikut : • Offices (Informasi). 2. Aparatur yang berperan sebagai Bendahara Aparatur yang berperan sebagai Aparatur yang berberan sebagai Front Langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka peningkatan kompetensi aparatur pengelola UPT SINTAP meliputi: 1. • Penerima (Kasir).Kabupaten Ngada . Workshop kepada para pimpinan Instansi Pemilik Perizinan sebagai upaya penyamaan presepsi tentang keberadaan UPT SINTAP. • Aparatur yang berperan dalam menangani berbagai pelayanan perizinan.Sumber Daya Aparatur Keberadaan Sumber Daya Pengelola (aparatur) pada UPT SINTAP Kabupaten Ngada sebanyak 9 orang terdiri dari tenaga organik 6 orang. • Administrator. Magang bagi staf pengelola tentang pengelolaan Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap di Badan Profil S I N T A P .

Surat Ijin Tempat Usaha . Diklat bagi staf pengelola tentang pelayanan Prima yang diberikan oleh One Stop Services (OSS) Surabaya. 6. 3. Bagian Perekonomian Dinas Pariwisata Dinas Perindag Sarana Prasarana Profil S I N T A P . 1 3 INSTANSI PEMILIK PERIJINAN Bappeda Dinas Pendapatan Daerah Dinas Kimpraswil JENIS PERIJINAN Surat Ijin Lokasi (SIL) Fiskal Dati II Ijin Mendirikan Bangunan Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi . Jenis Perizinan Pada awal pembentukannya. 5. Jenis Perizinan yang dilayani pada UPT SINTAP Kabupaten Ngada No 1.Surat Ijin Gangguan Surat Ijin Usaha Pariwisata Surat Ijin Usaha Perdagangan Tanda Daftar Perusahaan Tanda Daftar Industri Tanda Daftar Gudang 4. UPT SINTAP hanya mengakomodir 8 jenis perizinan dan sampai dengan akhir 2007 jumlah perizinan yang dilayani sebanyak 11 jenis perizinan. 3.Pelayanan Terpadu Kabupaten Sragen dan Dinas Perizinan Kodya Yogyakarta. 2.Kabupaten Ngada .

Rp.500. Gedung Komputer dengan sistem jaringan.Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi 50 121 Rp. 14.Surat Ijin Tempat Usaha .Kabupaten Ngada . 9.Surat Ijin Gangguan 5.- 3.250.000. Meja Kursi Lemari Pamflet Leaflet : 1 Unit : 4 Unit : 8 buah : 20 buah : 2 buah Papan Visual elektronik : 6 buah Telepon Sepeda Motor : 1 buah : 1 buah 1 4 Jenis Perizinan Surat Ijin Lokasi (SIL) Target 100 Realisasi 121 Keuangan (Rp) Tanpa Biaya 2. 750.167. . .000.Rp.Pelayanan pada Kantor UPT SINTAP Kabupaten Ngada didukung dengan fasilitas sebagai berikut : • • • • • • • • • • • Keberhasilan yang Menonjol Peningkatan legalitas usaha setelah diberlakukannya UPT SINTAP dirasakan cukup signifikan baik secara kuantitas maupun secara kualitas.- 4.794.000.Rp.800. 68. 13. 19.Ijin Mendirikan Bangunan .- 25 90 20 9 34 184 23 9 Rp. Surat Ijin Usaha Pariwisata Profil S I N T A P . Fiskal Dati II 200 408 Rp. Realisasi PAD melalui UPT SINTAP Kabupaten Ngada Keadaan Tahun 2007 No 1.508. Hal ini dapat dilihat pada tebel berikut ini.749.209.

000. 1 5 Dari permasalahan-permasalahan yang ada.Surat Ijin Usaha Perdagangan . sedangkan tanggungjawab administrasi masih menjadi kewenangan Instansi Pemilik Perizinan.800. - Rp.Tanda Daftar Industri .000.725.803 Jumlah penerimaan PAD yang diakomodir melalui UPT SINTAP keadaan 2007 sebesar Rp. (SOP). maka.725. 17.Tanda Daftar Gudang Total penerimaan 80 80 10 15 118 156 15 20 Rp. 3. Belum adanya pendelegasian wewenang. Keterbatasan Sarana/Prasarana Penunjang.803 belum termasuk penerimaan dari 2 (dua) jenis perizinan yang pada saat rekapitulasi belum diakomodir pada UPT SINTAP.Kabupaten Ngada . 168.Rp. PERMASALAHAN DAN SOLUSI Beberapa permasalahan yang ditemui dalam implementasi SINTAP 1. Melakukan Penyusunan Standart Operating Prosedure Profil S I N T A P . Kabupaten Ngada diantaranya : UPT SINTAP masih merupakan Front Offices.Rp. C. 168. . 4.Tanda Daftar Perusahaan .000. 2. 25. Rp. langkahlangkah konkrit yang dilakukan oleh Bagian Perekonomian sebagai Koordinator UPT SINTAP Kabupaten Ngada diantaranya: 1.6. Kompetensi Aparatur Pengelola UPT SINTAP terbatas.

BAB IV PENUTUP Demikian Profil tentang Keberadaan Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (SINTAP) Kabupaten Ngada. 3. Melengkapi sarana/prasara secara berkala. 4. Melakukan kajian bersama dengan Pihak Swisscontact LED-NTT dalam rangka peningkatan status kelembagaan menjadi UPTD ataupun menjadi sebuah SKPD. Sejalan dengan akan diberlakukannya Peraturan 41 Tahun 2007 Pemerintah Nomor tentang Organisasai Perangkat Daerah .2. Besar harapan kami kiranya dengan adanya perhatian dari seluruh komponen baik Pemerintah Pusat. masukan dan kritikan secara objektif akan menjadi pemicu bagi Koordinator pengelola dan Instansi – instansi pemilik perizinan dalam rangka mengembangkan keberadaan UPT Profil S I N T A P . Daerah maupun Masyarakat berupa saran.maka 1 6 Pemerintah Kabupaten Ngada tetap berkomitmen untuk menjadikan UPT SINTAP sebagai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) dibawah koordinasi salah satu dinas terkait dalam rangka mewujudkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang mana semua kewenangan diserahkan kepada UPTD. Peningkatan kompetensi bagi SDM pengeloa UPT SINTAP melalui pelatihan-pelatihan maupun magang pada daerah-daerah yang pengelolaan UPTSA-nya telah berstandar Nasional (Yogyakarta dan Sragen).Kabupaten Ngada . Provinsi.

620 022 181 1 7 Profil S I N T A P .SINTAP kearah yang lebih baik sehingga pada akhirnya pelayanan publik yang berkualitas dapat terwujud. Tuhan Memberkati Koordinator SINTAP Kabupaten Ngada.Kabupaten Ngada .SE Nip. MOI NITU ANASTASIA.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->