TUGAS MERANGKUM SEJARAH SENIRUPA BARAT

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Senirupa Barat Dosen pengampu: Dr. Slamet Supriyadi, M. pd.

Oleh : Denny Eko N (K 3206018)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010
SEJARAH SENI RUPA BARAT

mengamati sesuatu derngan sikap bebas. Konsep gaya dan aliran Konsep disini diartikan sebagai pandangan hidup yang mengandung pengertian atau ide Gaya disini diartikan kekuatan. kemudian mendirikan kerajaan Lakedamoria (Sparta) bersama bangsa Ionia (Athena) bangsa doria membangun kebudayaan. sedangkan aliran merupakan corak dan gerak yang dilandasi dengan kekuatan (gaya) yang perwujudannya tidak lepas dari pandangan hidupnya. . Zaman Tengah Yunani (1000 – 1500 SM) Kurang lebih 1100 SM Bangsa doria mengadakan perpindahan penduduk secara besar – besaran.sama dalam memajukan kebudayaan dan kesenian namun mereka selalu berselisih. meskipun mereka sama. tidak terikat oleh pikiran atau faham yang ada sebelumnya 3. kesanggupan mengabstraksi sesuatu / memahami dengan meringkasnya dalam kesatuan pengertian 2. Kepercayaan : Mengagungkan dewa zeus maka dirayakan Olimpiade empat tahun sekali. olahraga loncat tebibng. kedua sumbangan bangsa yunani kepada jiwa barat itu rapat hubungan dengan sumbangan ketiga sikap baru terhadap alam. tidak lagi menyerah atau tunduk kepada alam melainkan menempatkan diri berhadapan dengan alam yang di anggap sebagai objek yang akan di selidiki dan akirnya penguasaan alam itu dengan manusia. Seni pahat dan patung Salah satu patung pendeta adalah patung puteri yang memegang ular . dan gulat. melepaskan diri dari alam . relief yang ditemukan adalah piringan – piringan dan mangkuk dengan motif kegembiraan sesudah panen.Yunani sebaga pusat pengetahuan bagi orang – orang barat karena : 1.

pemerintahan dikendalikan pendeta 2.Seni Patung Seni patung yunani berkembang sejak zaman prasejarah sampai zaman gemilang yang disebabkan karena bangsa yunani banyak membuat patung – patung untuk persembahan kepada para dewa. Mengutamakan gerak gesit dan licah. karyanya adalah patung dewa hemmes dan Apollo 2. Mengutamakan suatu kanon baru. seniman tidak bebas berekspresi 4. banyak ptung yunani yang ditiru Seni lukis Romawi Dapat dijumpai di rumah – rumah bangsawan. Karya senilukis : diketemukan banyak lukisan dinding dengan Romawi Seni patung romawi Seni patung romawi adalah kelanjuatan dari seni patung Yunani. Myron. lukisan ini merupakan lukisan dinding dengan kapur lembab. Seniman pada zaman gemilang yang berkembang di daerah attika dekat atena : 1. Polykletos. Praxiteles. Skopas. Myron. yaitu proporsi kepala lebih kecil . Zaman Tengah I (Gaya Nasrani kuno) Ciri – cirri 1. kegiatan kesenian dibatasi dengan tema keagamaan 3. dengan gaya adiluhung 2. mengubah gaya luhung menjadi rupawan . menekan kan pada gerak daripada bentuk 3. Lysypos. disebut zaman kegelapan (dark ages) . Polycletos 1. 3. Phidias. menekankan pada sikon serta ukuran Ajaran Attis baru (400-300SM) Setelah periode phidias.

tidak terikat agama Kristen 6. Bangunan yang cukup terkenal adalah Gereja Chartres. salahsatunya di prancis.Karya seni yang yang ada diantaranya adalah Kata komba. yaitu kuburan yang dibuat di bawah tanah untuk penyiaran agama nasraniuntuk bersembunyi dari tentara romawi Zaman Basilika Pada tahun 313SM kaisar konstantin membrikan kebebasan kapada agama nasrani (undang – undang milano) kemudian tahun 380SM kaisar theodorsus mengumumkan bahwa agama nasrani dijadikan agama negar. terjadi eforia kebebasan masyarakat 3. merupakan kelahiran baru setelah terkekang oleh zaman tengah Ciri – cirri 1. Reniessance Lahir pada abad 15. Peradban ini di pelopori oleh Karel Agung. terjadi kebebasan berbicara 4. kaum cerdik dan pandai 7. Terjadi kebesan mencipta bagi seniman 5. puncaknya pada abad 16 di kota Florence. makan diganti dengan nama konstantinovel. Zaman Tengah II (Zaman Gemilang) Zaman Romanesk berkembang di eropa utara. seniman mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah . Karya zaman basilica antaralain Gereja Santro Petrus Zaman Binzantium (Romawi Timur) Kaisar Konstantin memindhkan istana ke binzantuim. Gaya romanesk adalah gaya banguna dengan bentuk langit silang. Terjadi kebebasan individual 2. bergaya romanesk.

ukiran – ukiran lebih bergaya 4. antara lain : 1. sebagai pertanda brmulanya pengaruh kesenian di itali setelah tahun 1600 menyerbu keseluruh eropa. Barok dari kata romawi “Tidak beraturan/ menyimpsng”. gerak dan karakter pakaian. Raffael Santi ( 1483 – 1520 ) Pelukis 4. penuh perasaan mulai kabur. pengaruh barok sammpai di belanda.1564) Pematung 3. Seniman lebih besa dalam menempatkan diringa dalam karya seni mereka 2. Hal tersebut karena seni barok sudah tinggi mencapai tingkatan berkesenian. pelukis yang terkenal adlah Paul Rubert (1577 . Jean goujon (prancis) 2. Albercht Durer (jerman) Zaman Barok (abad 16) Lahir pada bagian kedua dari pertengahan abad 16. Namun pada pertengahan abad 18 pengaruh barok mulai menurun. Bapak barok adalah Michelangelo dan palladio.Tokoh seniman yang terkenal zaman renaissance 1. warna nampak lebih cemerlang 3. .1640). Pada seni bangunan terutama pada seni ornament tampak berlebih lebihan. kain (draperi) lebih hidup dan wajar Zaman Rococo Pada abad 17 Roma adalah pusat perhatian dunia dalam biodang seni rupa seperti paris pada masa sekarang. Titian (1477 – 1567 ) Pelukis 5. Keadaan demikian dinamakan “rococo” yaitu suatu istilah panamaan bagi kemunduran seni barok. Leonardo da vinci (1452 – 1519 ) Pelukis 2. Michelangelo (1475 . Donatello (1386 – 1466 ) Pemahat 6. Lucca Della Robia ( 1399 – 1482 ) Di luar Italia juga terdapat seniman zaman renaissance. sifat – sifat yang lincah. Ciri – cirri zaman Barok 1.

. neo impresionisme. realisme. impresionisme..Abad ke Sembilan Belas Tumbuhnya berbagai aliran antara lain romantisme. ekspresionisme. cirinya sama dengan abad kita sekarang. bersimpang siur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful