P. 1
Gejala-Gejala Gelombang

Gejala-Gejala Gelombang

|Views: 3,409|Likes:
Published by Usep Kasman

More info:

Published by: Usep Kasman on Sep 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

GejalaGejala-Gejala Gelombang

Dispersi gelombang
Dispersi gelombang adalah perubahan bentuk gelombang ketika gelombang merambat melalui suatu medium . Apakah gelombang bunyi yang merambat melalui udara mengalami dispersi ? Udara adalah medium nondispersi untuk gelombang bunyi . Jika tidak , bentuk gelombang yang dihasilkan oleh teman anda akan beragam ketika gelombang ini tiba ditelinga anda . Gelombang cahaya melalui vakum atau udara juga tidak mengalami dispersi . Akan tetapi , gelombang cahaya putih ( polikromatis ) yang melalui prisma kaca mengalami dispersi sehingga terurai menjadi warna ± warni pelangi .

Gambar 1.16 Dalam suatu medium dispersi , bentuk gelombang berubah begitu gelombang merambat .

PEMANTULAN GELOMBANG
Getaran pembangkit keping akan menghasilkan sekumpulan garis-garis garislurus,( Gambar 1.18a ) Sekumpulan garis-garis lurus ini disebut muka gelombang lurus atau front garisgelombang lurus . Muka gelombang atau front gelombang didefinisikan sebagai tempat kedudukan titik-titik yang memiliki fase yang sama pada gelombang . titikArah merambat suatu gelombang disebut sinar gelombang . Sinar gelombang selalu tegak lurus pada muka gelombang . Sinar gelombang pada muka gelombang lingkaran berbentuk garis lurus yang berarah radial keluar dari sumber gelombang ( Gambar 1.18b ) .

Gambar 1.18 Muka gelombang dan sinar gelombang

Pemantulan Galombang Permukaan Air
Gelombang permukaan air dapat berupa gelombang lurus atau gelombang lingkaran ( Gambar 1.18 ) . Dari Gambar 1.19 , kita dapat menggambarkan muka gelombang dan Muka gelombang pantul . Sudut datang (i) sama dengan sudut pantul (r) . Penyataan inilah yang disebut hukum pemantulan gelombang , yang berlaku untuk semua jenis gelombang .

Pemantulan gelombang lingkaran oleh bidang datar
Gambar 1.20 menunjukkan pemantulan gelombang lingkaran sewaktu mengenai bidang datar yang merintanginya . Sumber gelombang datang adalah titik O. Dengan menggunakan hukum pemantulan , yaitu sudut datang sama engan sudut pantul , bayangan O adalah I . Titik I merupakan sumber gelombang pantul sehingga muka gelombang pantul adalah lingkaran lingkaran yang berpusat di I .

PEMBIASAN GELOMBANG
Pada umumnya, cepat rambat gelombang dalam satu medium tetap . Oleh karena frekuensi gelombang selalu tetap , maka : =v/f Gambar 1.21 menunjukkan bahwa panjang gelombang di tempat yang dalam lebih besar daripada panjang gelombang di tempat dangkal ( 1 > 2 ) . Oleh karena v = f , maka cepat rambat gelombang di tempat yang dalam juga lebih besar daripada di tempat yang dangkal (v1 > v2 ) . Perubahan panjang gelombang menyebabkan pembelokan gelombang . Pembelokan gelombang dinamakan pembiasan .

Gambar 1.21 Muka gelombang lurus lewat dari air dalam ke air dangkal . Panjang gelombang ditempat yang dalam lebih besar daripada panjang gelombang ditempat yang dangkal ( 1 > 2) .

Gambar 1.22 adalah diagram pembiasan . Pada gambar ini tampak bahwa sudut bias di tempat yang dangkal lebih kecil daripada sudut datang di tempat yang dalam r < i . Dapat disimpulkan : Sinar datang dari tempat yang dalam ke tempat yang dangkal dibiaskan mendekati garis normal ( r < i ) . Sebaliknya , sinar datang dari tempat yang dangkal ke tempat yang dalam dibiaskan menjauhi garis normal ( r > i ) .

Penurunan Persamaan Umum Pembiasan Gelombang
sin i v1 ----- = ---- = n sin r v2 Dengan i = sudut datang , r = sudut bias , dan n = indeks bias mediun 2 relatif terhadap medium 1 .

Gambar 1.23 Diagram skematik pembiasan gelombang . Medium 1 adalah tempat yang dalam dan medium 2 adalah tempat yang dangkal .

Difraksi gelombang
Lenturan gelombang yang disebabkan oleh adanya penghalang berupa celah dinamakan difraksi gelombang . Jika penghalang celah yang diberikan lebar , difraksi tidak begitu jelas terlihat. Muka gelombang yang melalui celah hanya melentur dibagian tepi celah . Akan tetapi , jika penghalang celah sempit----yaitu berukuran dekat dengan orde sempit----yaitu panjang gelombang ----- maka difraksi gelombang tampak sangat jelas .

Interferensi gelombang
Pertemuan dua buah gelombang di suatu tempat , dimana resultan gelombang tempat tersebut sama dengan jumlah kedua gelombang disebut prinsip super posisi linear . Pengaruh yang ditimbulkan oleh gelombang yang berpadu tersebut dinamakan interferensi gelombang .

Interferensi gelombang permikaan air ( dua dimensi )
Syarat agar terjadi interferensi pada gelombang permukaan air adalah Kedua sumber getaran harus bergetar serentak ( memiliki fase sama ) dengan amplitudo dan frekuensi yang sama . Dua sumber tersebut dinamakan dua sumber koheren .

Polarisasi gelombang
Gelombang terpolarisasi linear jika getaran dari gelombang tersebut selalu terjadi dalam satu arah saja . Arah ini disebut arah polarisasi .

Gambar 1.24 Suatu gelombang transversal terpolarisasi linear jika getarannya selalu terjadi pada stu arah saja.

cReaTed By : 
nOvELLa

POpPy p.  AdJI yULaNda H.  TuRang9a aULia SyahTanJuNg

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->