1.Apabila suatu negara memiliki inflasi 31 %, maka termasuk..... A. Hyper inflation B. Inflasi berat C. Inflasi sedang D.

Inflasi ringan E. Inflasi tak terhingga 2.Apabila anda memiliki uang dalam jumlah banyak dan tidak dipakai dalam waktu dekat,maka dapat disimpan di bank dengan jangka waktu tertentu.Produk perbankan itu dinamakan…. A. Kredit rekening koran B. Giro C. Tabungan D. Kredit akseptasi E. Deposito berjangka 3.Dua macam logam dijadikan sebagai dasar dalam menentukan nilai mata uang. Hal itu disebut…. A. Standar ganda B. Standar pincang C. Standar tunggal D. Standar kembar E. Standar kertas 4.Istilah kredit berasal dari bahasa Yunani “credere” yang berarti… . A. waktu B. kepercayaan C. resiko D. imbalan E. pinjaman 5.Perhatikan pernyataan berikut ini 1. Orang bebas membuat uang sehingga banyak uang palsu 2. Mata uang yang jelek akan mengusir mata uang yang baik dari perbedaan 3. Tidak ada kepastian standar uang. Yang merupakan keburukan standar pincang: A. 3 B. 2 C. 1 D. 1 dan 2

E. 1 dan 3 6.Alat pembayaran yang sah dan digunakan dalam transaksi kehidupan sehari-hari disebut.... A. Uang giral B. Uang kartal C. Uang logam D. Uang kertas E. Uang kurtasi 7.Bank yang jumlahnya hanya satu di suatu negara, disebut… . A. bank umum B. bank sentral C. bank pembangunan D. bank tabungan E. bank perkreditan rakyat 8.Inflasi dapat merugikan orang yang berpenghasilan tetap, sebab… . A. penghasilannya tidak mencukupi kebutuhan B. pendapatan riilnya akan mengalami penurunan C. pendapatan nominalnya tetap D. pendapatan riilnya tetap E. pendapatan riilnya naik 9.Uang diterima masyarakat sebagai alat tukar karena ada tuntutan dari masyrakat yang bersangkutan terhadap barang-barang yang dihasilkan masyarakat. A. Teori konsumsi B. Teori katalistik C. Teori klaim D. Teori Realisme E. Teori kebiasaan 10.Apabila Anda akan meminjam uang di bank, maka harus menyediakan jaminan. Hal ini menunjukkan bahwa kredit yang akan Anda terima memiliki syarat… . A. character B. collateral C. capacity D. capital E. condition of economy 11.Uang adalah alat pembayaran yang sah,yang diterima oleh umum dan merupakan alat untuk membeli barang/jasa dan kekayaan lainnya.

Sayers D. Faktor yang mempengaruhi jumlah uang yang beredar….Definisi tersebut dikemukakan oleh: A. mengurangi persediaan kas Cara mengatasi inflasi diantaranya… . A. 2 dan 4 15. 4. 5 E. Greenwald 12. 2. 4 C. menaikkan suku bunga 2. D. 3. bursa komoditi 14.Robertson C. A.Thomas E. 4 13. menjual surat berharga 4. menurunkan suku bunga 3.S.pigou B. 1 dan 2 B. bahan baku pembuat uang 3. 4. pasar modal B. A. 3.H. tingkat suku bunga 4. R. A. disebut… . 3 dan 4 D. kebijakan pemerintah 5. asuransi E. 1 dan 3 E.Lembaga Keuangan Bukan Bank yang memberikan pinjaman kepada nasabah dengan jaminan benda bergerak.C. 2. meningkatkan produktivitas uang dan modal . R. leasing D.Perhatikan pernyataan berikut! 1. 2. 1. 3 B. pegadaian C. 2 dan 3 C. pendidikan yang dimiliki masyarakat. 5 D. tingkat pendapatan masyarakat 2. 3.G. 1.Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1.Perhatikan kebaikan dan keburukan kredit di bawah ini! 1.

. 4 C. Giro Produk perbankan yang termasuk kredit aktif…. sementara jumlah barang/jasa yang tersedia berkurang. Tabungan 2. 2. 2. A3 dan B3 E. 5. memperlancar arus peredaran barang 4. Kredit akseptasi 5. A2 dan B1 C. 3. 4. mendorong timbulnya inflasi 6. harga barang/jasa turun 17.Apabila jumlah uang yang beredar di masyarakat bertambah. memperlancar transaksi tukar-menukar 3. penjual berkurang E.Berikut ini produk perbankan 1. maka…. mendorong hidup konsumtif 5. 6 E. 1. Deposito berjangka 3.2. harga barang/jasa tetap B. Letter of credit 6. A. harga barang/jasa naik D. penjual bertambah C. 5 D. menimbulkan over produksi Yang termasuk keburukan kredit… A. 1. A2 dan B2 D. 4. 3 B.Perhatikan matriks fungsi bank berikut! Yang tidak bisa dilakukan oleh bank umum adalah… . A3 dan B1 18. A. 5 16. 3. Kredit rekening koran 4. A1 dan B2 B. 3.

Alat pembayaran dan penimbun kekayaan 20. 1 2 6 D. A. 2 3 4 E.A. Kurva SS D. Kurva S1S1 E. Kebijakan yang diambil pemerintah dengan mencetak/menarik uang B. Kebijakan yang diambil pemerintah dengan menambah/mengurangi produksi C. Kebijakan yang diambil pemerintah dengan menentukan harga maksimum/minimum D. Alat pembayaran dan satuan hitung E. Alat tukar dan pembayaran C.Pernyataan yang tepat dari fungsi asli uang adalah…. Alat tukar dan satuan hitung B. Kurva DD B.Perhatikan gambar di bawah ini! Inflasi yang disebabkan oleh cost push inflation adalah… . 3 4 5 19. Alat tukar dan penimbun kekayaan D. A. 1 2 5 C. Kurva PQ C.Kebijakan moneter adalah… A. 1 2 3 B. Kebijakan yang diambil pemerintah dengan mengatur penerimaan dan pengeluaran negara . Kurva S2S2 Semester 1 1.

Pengeluaran>penerimaan D. yang termasuk pengeluaran pembangunan: A. A3 D.Suatu anggaran dikatakan defisit apabila…. C2 4. B2.Perhatikan matriks di bawah ini. C1. C2 E. A1. B1. Penerimaan>pengeluaran C. B2.Dari tabel pendapatan perkapita beberapa negara dalam US $ di bawah ini. menurut kriteria Bank Dunia. A. Indonesia termasuk negara… A. A3 C.Perhatikan matriks di bawah ini. A1. B1. C1 C. A2 B.E. A2. B1 D. berpendapatan rendah B. B3 5. berpendapatan menengah bawah . B3 E. Penerimaan=pengeluaran B. Penerimaan rutin>penerimaan pembangunan 3. A2. A1. B1. B1. B2 B. yang merupakan sumber penerimaan pembangunan adalah…. A1. Kebijakan yang diambil pemerintah untuk menambah/mengurangi jumlah uang yang beredar 2. Pengeluaran E. A.

000. Meningkatkan penghasilan masyrakat E.Suatu daftar yang disusun secara sistematis memuat sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran suatu negara dalam jangka waktu tertentu disebut: A.000. Pengeluaran negara 9. Bangunan seluas 400 M2 dengan nilai jual Rp 350. Berdasarkan ilustrasi diatas pajak terhitung Tuan Soeharto… A. Pagar mewah sepanjang 120 M2 dan tinggi 1. A. B. APBD. Memperbanyak uang baru D.00 E. pungutan resmi lainnya setiap tahun E. Taman Mewah seluas 200 M2 dengan nilai jual Rp 50. Sifat pajak sesuai kebijakan.000/M2. Memperluas kesempatan kerja C. Meningkatkan hasil produksi B.000.Yang tidak termasuk pengaruh APBN/APBD terhadap perekonomian adalh…. A. pungutan resmi lainnya dengan UU C. Jatuh tempo pajak sesuai pemakaian. berpendapatan menengah tinggi D. berpendapatan sangat tinggi 6. Neraca D.500. Cara penghitungan pajak oleh sendiri.Pernyataan yang paling benar tentang perbedaan pajak dan pungutan resmi lainya adalah…. Rp 424. Rp 508.000/M2.500. Penerimaan negara E. Rp 460.5 M dengan nilai jual Rp 175.00 D. pungutan lain tidak B. Imbalan jasa pajak diterima langsung. pungutan resmi lainnya secara paksa . Meningkatkan kemakmuran 8.00 B.500.00 7. Dasar pungutan pajak menurut perda. Rp 459.C.Tuan Soeharto memiliki objek pajak sebagai berikut : Tanah seluas 850 M2 dengan nilai jual Rp 300.00 C.000/M2.000/M2. Rp 515. berpendapatan tinggi E. pungutan resmi lainnya oleh pemerintah D. APBN C.

Distribusi D. Mengetahui dan menelaah struktur ekonomi suatu negara. Regulasi B. C. A3 B. D E. A3. A. B.10. 12. Melihat kemajuan negara dan masyrakat dibidang perokonomian. A B. B C. B1.Dari matriks pendapatan nasional di bawah ini. Membantu membuat rencana dan melaksanakan program pembangunan. B2. Alokasi C. E. D2. Mengkaji dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat perekonomian sutu negara. A1. B3 C. Memperoleh taksiran akurat tentang nilai barang dan jasa yangdihasilkan masyarakat suatu negara. Retribusi E. komponen pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan adalah… . Oleh karena itu pajak memiliki fungsi…. D3 .Pendapatan nasional dipelajari karena memiliki banyak manfaat. A2. D.Dari tabel di bawah ini. Budget 13. E 11. negara yang pendapatan per kapitanya paling besar adalah… A.diantaranya: A. A.Pajak yang dianggarkan oleh negara harus digunakan untuk membayar pembangunan di segala bidang. C D.

Seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (termasuk WNA) dalam waktu tertentu. 4. pendapatan perkapita .1 milyar D.307. B3. biasanya satu tahun. 3 D. Nilai dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara dalam waktu satu tahun. D1 E.307.Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1. 3. C1. Ekonomi 15. 2 C.6 milyar B. 2.6 milyar C. B1. 1 B. Yang merupakan pengertian dari Produk Domestik Bruto adalah… A. A1. Nilai dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara setelah dikurangi dengan penyusutan dan depresiasi dalam jangka waktu satu tahun. 5 17. B2. akan menghasilkan… . Surplus Rp 47.Berdasarkan sebagian data APBN Indonesia. Pendapatan yang diterima oleh para pemilik faktor produksi. Pendapatan C. Pengeluaran B. A. Seimbang 16.032.Seluruh nilai dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh para pelaku ekonomi di suatu negara dalam waktu tertentu biasanya satu tahun. 4 E.D. C2 14. pada tahun 2002 APBN Indonesia adalah…. Jumlah pendapatan nasional suatu negara apabila dibagi dengan jumlah penduduknya. Produksi D. Seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara suatu negara baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri (tidak termasuk produk WNA) dalam waktu tertentu. Surplus Rp 43.032. A.1 milyar E. merupakan pengertian pendapatan nasional dengan pendekatan… . A. A2. Konsumsi E. 5. Defisit Rp 47. Defisit Rp 43. biasanya satu tahun.

pendapatan perseorangan C. Rp 15.000.250. Rp 12.00.000.250.B. Fungsi stabilisasi B.00 B. 1 D.000. 1 dan 2 B.pendapatan negara yang dihimpun dalam APBN digunakan kembali untuk membiayai pengeluaran disebut: A.Perhatikan tabel di bawah berikut ! Jika Bapak Amsani memiliki PKP Rp 80. membeli/menjual surat berharga Yang merupakan kebijakan persediaan kas A. 2 E.000. Rp 8. Rp 11. 3 19. pendapatan bebas 18.000. Fungsi Regulasi 20.00 C.000. Fungsi Konsumsi E.000. menaikkan/menurunkan tingkat suku bunga 2.000. A. menambah/mengurangi persediakan kas 3.00 E. Fungsi Distribusi D.000.Perhatikan pernyataan berikut ! 1.250.00 D.00 Kelas x . pendapatan penduduk E. Rp 7. pendapatan nasional D. 2 dan 3 C. Besarnya PPh terhutang…. Fungsi Alokasi C.

Minum minuman keras sampai mabuk jenis kebutuhan E. Setiap hari belanja membeli makanan C. Membeli barang D. Kurva tersebut menggambarkan. A..Semester 1 1. permintaan . Jumlah E.Lihat tabel penawaran dan permintaan barang di bawah ini dan pilihlah jawaban yang tepat ! A. A C D. Permintaan C.Apabila harga suatu barang mengalami penurunan maka pengaruh terhadap permintaan dan penawaran adalah… A. Pemenuhan terhadap satu C. Rumah tangga konsumen D. Rumah tangga pemerintah E. Rumah tangga B. Rumah tangga tetangga 2.. Harga D. D E. Berusaha memenuhi kebutuhan yang beraneka macam 3. penawaran tetap B. E 4. permintaan berkurang. Rumah tangga produsen luar negeri adalah … mewah A.Berikut ini inti dari Hukum Gossen II A. B C.Perhatikan kurva dibawah ini! B.Pelaku ekonomi ini berperan menggunakan faktor produksi dan menghasilakan barang atau jasa Pelaku ekonomi yang dimaksud adalah: B. Penawaran B. Keseimbangan 5.

00 per bulan.Kegiatan produksi antara lain: 1. A2. Pakai objektif A. Mencari pinjaman uang 8. 2. B2 E. B2.00 E. B3 B. Menunda pemenuhan semua kebutuhan A. B1 11. 3 dan 4 C. Mendahulukan apa yang mau dipenuhi D.Seorang siswa SMA setelah lulus melanjutkan ke perguruan tinggi program S1 selama 4 tahun. B1. B2 C. 2 C. penawaran berkurang 6. Padahal jika ia langsung bekerja. 1 dan 5 D.00 D. Rp 24. Guna objektif B. 5 A. Mengurangi semua C. 5. 3 dan 5 12. 3.000.bertambah. A3.00 C. A2.Membangun irigasi yang teratur.000.Berikut ini contoh pola hidup hemat yang paling tepat… B. permintaan berkurang. A2. Rp 28. penawaran berkurang D. penawaran bertambah E. D.000. Maka biaya peluang yang hilang selama ia kuliah adalah… A.Pak Udin tinggal di pegunungan. Tukar subjektif 7.Perhatikan diagram . Membuat skala prioritas E. Rp 14. B.000.Membangun pabrik-pabrik baru. A3. 1 dan 2 E.00 9. Rp 21.600. permintaan bertambah.400.Melaksanakan panca usaha pertanian.Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran: Faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya … E.000.200.Perhatikan tabel jumlah tenaga kerja dan hasil produksi beras pada tanah seluas satu hektar! Dari tabel tersebut the law of deminishing marginal return terjadi pada saat jumlah tenaga kerja … A. Pakai subjektif E.000. B1.800. ia mendapatkan pekerjaan dengan gaji Rp 600. A1.Penganekaragaman hasil produksi. 2 dan 4 A.400. kendaraan yang paling praktis adalah kuda Kuda bagi pak Udin mempunyai nilai… Tukar objektif kebutuhan C. 4.00 B. A1. penawaran tetap C. permintaan berkurang. D. 4 10. Rp 7. 3 D. B3 Yang termasuk perluasan produksi secara intensifikasi adalah… .Menambah luas tanah pertanian. 1 B.

B.Jumlahnya terbatas. Campuran 15. 2 C. A.20 D. kelangkaan B. alat pemuas D. 0. kebutuhan C.00 per kilogram jumlah barang yang ditawarkan 150 maka besarnya koofisien elastisisitasnnya… A.06 B. harapan 17. 4 E. 16. Sumber daya alam .L. Benda substitusi. Benda komplementer.Untuk memperolehnya harus dengan pengorbanan. D. Benda ekonomi.T).Dalam fungsi produksi Q= f (R. Liberal C.12 C.K. C.00 14. 3 D. Akan tetapi tidak semua kebutuhan bisa terpenuhi karena adanya keterbatasan kemampuan. 1 B.Bila suatu benda memiliki ciri: 1.Sejak bangun tidur sampai dengan tidur lagi. 1 & 4 13. termasuk… A.berikut! Yang merupakan arus penyerahan barang/jasa adalah… A. huruf K bermakna …. 0. Sistem ekonomi yang dimaksud adalah… A. 2. Komando D. Benda bebas. 0.50 E. Anda tentu merasakan banyak sekali kebutuhan. benda E. E. Pasar E. 2.00 per/kilogram. Keadaan demikian dalam ilmu ekonomi disebut… A. Tradisional B.Pada tingkat harga Rp 800.Dalam sistem ini kebebasan dalam individu dalam berusaha sangat dibatasi. jumlah barang yang ditawarkan 100 dan pada tingkat harga Rp 1000. 0. Benda abstrak.

P E. 5. 20. 5 E.When. Output 18. E2 B. 3.Why. E1 C. 2. 3. 1.What. 4. D. Masalah pokok yang harus dijawab dalam ekonomi modern adalah… A. 2. Sumber daya modal D. 6. Q2 19. 4. 1. Sumber daya manusia C. 3. 2. 6. C. 5.Apabila permintaan berkurang dan penawaran tetap maka titik keseimbangan baru adalah… A. B.Lihat soi! A. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan masalah ekonomi: 1.B. P2 D.How. 1. 3. 5.For whom. 2. A . Teknologi E.Where. 4.

Berikut ini menteri-menteri yang pernah membuat surat keputusan bersama tentang koperasi sekolah. 2 dan 3 . Biaya marginal E. D E. E Semester 2 1. menteri koperasi C. menteri pemuda dan olah raga D. Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan Yang merupakan keburukan dari pasar monopoli adalah . Biaya tetap B. B C. Biaya rata-rata D. termasuk… . A.B. C D. Biaya variabel C. E 4.. Tidak ada persaingan sehingga herga cenderung mahal 4. menteri dalam negeri 2. D E. A. menteri perindustrian B. Penyalahgunaan kekuatan ekonomi 3.. Biaya pembantu 3. A B. C D. A.Di bawah ini kebaikan dan keburukan pasar monopoli : 1. 1 dan 2 B.Wilayah manakah pasar yang termasuk monopoli? A. Menghindari adanya produk tiruan 2. B C. menteri pendidikan dan kebudayaan E. kecuali… .Ongkos yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk memproduksi barang yang jumlahnya tergantung kepada output.

Pasar tradisional B. Rapat anggota E. 2 dan 4 5. Kepala sekolah B. Super market C.Di pasar pembeli tidak akan merasa tertipu baik harga maupun kualitasnya. Pasar monopoli D. Karena baik penjual maupun pembeli sama-sama tahu akan keadaan pasar. 3 dan 4 D. 3 D. Penguruis koperasi D. Pasar persaingan sempurna E.Pemegang kekuasaan yang tertinggi dalam koperasi sekolah adalah… A. 1 B. Pengawas kopersi 7. Pasar yang dimaksud adalah… A. Guru pembina C.Perhatikan kurva-kurva biaya berikut! Kurva MC (Marginal Cost)ditunjukkan oleh nomor… A. 2 C. 4 E.Perhatikan tabel di bawah ini! .C. Pasar persaingan tidak sempurna 8. 5 6. 1 dan 3 E.

Average revenue lebih besar dari average cost 11. Rp 5.5 B. Memberikan bekal kepada siswa dalam bekerja Manfaat koperasi sekolah adalah…. Total revenue lebih kecil dari variable cost E.Keseluruhan hasil penjualan out put yang diterima oleh produsen. Membantu pemerintah dalam memasyarakatkan koperasi 2. Total revenue lebih besar dari variable cost D.00 9. Total Revenue B. A. Total revenue lebih kecil dari total cost C. Variable Revenue . A. Fixed Revenue E.5 E.4 D.000. Rp 10. Average Revenue C.000. Rp 45. Rp 11.5 10. Memberikan bantuan terhadap masyarakat sekitar 5.2. 1.Manfaat dan bukan manfaat koperasi sekolah adalah: 1.000. A.Rugi dalam suatu usaha akan diperoleh apabila… . disebut… . 1.3.5 C. 3. 2.00 B. Marginal Revenue D.4. Rp 30.000.Biaya rata-rata untuk produksi 4 unit adalah… A.00 D.3. Mempraktikkan teori berkoperasi 4. Membantu siswa yang tidak mampu dalam keuangan 3.00 C.00 E. 2.4. Total revenue lebih besar dari total cost B.000.

saat produksi 3 unit. Bursa Berjangka Jakarta E. Capital wages E. Capital gain D. monopoli karenaundang-undang C. dan lain-lain. Pasar valuta asing B. Istilah tersebut merupakan contoh dari… . Capital interest C.Keuntungan yang disebabkan adanya selisih lebih antara harga jual dengan harga beli surat berharga dinamakan… . monopsoni 13. Di bawah ini yang termasuk pelaku pasar uang adalah . A.Suatu tempat yang mempertemukan pihak yang memerlukan dana jangka pendek dengan pihak yang menyediakan dana. pisang Ambon. diperoleh laba sebesar… .12. Pasar uang D. A. Pasar modal 16. Tenaga Kerja dan perusahaan D.Anda pasti mengenal duku Palembang. Bursa efek E. monopolistic competition D.. Capital loss 14. monopoli E. A. A. Pegadaian dan lembaga keuangan lain serta perusahaan sekuritas B. monopoli alam B.. Capital deviden B. disebut… . Pasar barang C.Pasar uang adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan dana-dana jangka pendek (kurang dari satu tahun). Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek surabaya C.Pada tabel di bawah. jeruk Pontianak. Kreditor dan investor 15.

Agar siswa belajar menghemat. TR = 4800. C. data TR dan MR yang tepat adalah… A.000.000 unit.000 E. Pada saat Q = 4.000 C. TR = 2000.000. pada saat jumlah barang yang dijual sebanyak 2. 18. D.Dari tabel di bawah. TR = 3600. rugi 7. 1000 17. MR = 1800. maka perusahaan… A.. laba 2. TR = 3000.. Pada saat Q = 2. toko C. MR = 800. simpan pinjam 19. rugi 6.000. MR = 900. 600 E. Pada saat Q = 1.000 D.A. E. 800 C. A.000 B. 900 D. B.000.000. Pada saat Q = 5. wartel E. 500 B.000 . kafetaria D.Berdasarkan tabel di bawah. laba 6. MR = 300. TR = 5000. koperasi sekolah melakukan usaha . Pada saat Q = 3. MR = 2000. jasa B. rugi 2.

70 C. 130 E. penerimaan marginal pada saat produksi 5 adalah… A. 90 D. 50 B. 140 .20.Pada tabel penjualan barang X.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful