BAB I.

PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang Planet Bumi memiliki dua komponen penting yang sangat berkaitan yaitu komponen organik dan anorgonik. Keduanya secara bersama : membentuk apa yang dikenal sebagai sistem bumi. Sistem bumi atau sistem terestrial yang menyatu ini terdiri dari empat bagian saling mendukung : • Bagian padat ( lithosfer ) yang terdiri dari tanah dan batuan • Bagian cair ( hidrosfer ) yang terdiri dari berbagai bentuk ekosistem perairan seperti laut, danau, dan sungai • Bagian udara ( atmosfer ) yang menyelimuti seluruh permukaan bumi
• Bagian organik ( biosfer ) yang ditempati oleh berbagai jenis organisme

Dalam proses-proses ini, keempat komponen ini berperan sama pentingnya, tetapi jika pembahasan ditinjau dari sudut pandang klimatologi, maka atmosfer akan ditempatkan sebagai titik sentral. Atmosfer merupakan bagian tak terpisahkan dari planet bumi seperti halnya laut dan daratan. Karena adanya rotasi bumi pada porosnya serta gerkannya dalam revolusi mengarungi angkasa mengitari matahari. Maka harus dianggap bahwa permukaan bumi yang sebenarnya adalah batas luar atmosfer. Lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi mempunyai ketebalan yang sulit untuk ditetapkan secara pasti, bukan karena tebalnya lapisan atmosfer tersebut sehingga sulit diukur tetapi disebabkan oleh batas antara lapisan atmosfer bumi dengan anghasa luar ( outer space ) yang tidak jelas. Sebagian besar ahli ilmu iklim menyepakati bahwa ketebalan lapisan atmosfer adalah lebih dari 650 km.

I. Manfaat/Fungsi Lapisan Atmosfer Bumi 1. Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi karena terkena gaya gravitasi bumi. . I. 2. Agar para mahasiswa mengerti tentang Atmosfer bumi 2.2 Tujuan Adapun tujuan dari penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul tentang Atmosfer Bumi diantaranya adalah : 1. Agar para mahasiswa dapat menelaah secara langsung maupun tidak langsung dampak dan kerugian yang didapat dari Atmosfer Bumi dan mencegah perusakan lapisan ozon yang ada di Atmosfer. termasuk atmosfer adalah mobilitasnya yang ekstrem dan kapasitasnya yang tak terbatas untuk pengembangan dan penekanan atau kompresi. Tanpa cairan dengan sifatnya yang demikian baik dalam pendistribusian energy.1 Lapis lautan udara yang relatif dangkal itulah yang mepertahankan kisaran temperatur dan kelembaban planet bumi. Karakteristik utama tiap gas. Melindungi bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup dengan lapisan ozon.3. Oleh karena itu atmosfer memiliki mobilitas dan fluiditas yang jauh lebih tinggi dibandingkan hidrosfer.

Hidrogen (H2) .000004% Beberapa di antara gas tersebut berperan penting dalam kehidupan di bumi. Media cuaca yang mepengaruhi awan. maka jenis gas yang paling banyak terkandung berturut-turut adalah . Berdasarkan volumenya.Nitrogen (N2) .93% : 0.Methan (CH4) .1.Oksigen (O2) . Mengandung gas-gas yang dibutuhkan manusia. karbon dioksida. badai.Karbondioksida (CO2) . TINJAUAN PUSTAKA 2.Neon (Ne) .000009% : 0.Xenon (Xe) : 78.00017% : 0. 2 BAB II. . 4. hewan dan tumbuhan untuk bernafas dan untuk keperluan lainnya seperti oksigen. KOMPOSISI ATMOSFER Pada lapisan atmosfer terkandung berbagai macam gas. dan lain sebagainya.035% : 0. nitrogen.Helium (He) . hujan.0018% : 0. dan lain-lain. salju. angin. misalnya ozon dan kerbon dioksida. topan.95% : 0.Argon (Ar) .0005% : 0.3.08% : 20.

Pada proses ini dedaunan menyerap karbon dioksda dan mengeluarkan oksigen. Oksigen dihasilkan terutama melalui proses fotosintesis pada tumbuhan. 3 Ozon Ozon adalah gas yang molekulnya terdiri dari tiga atom oksigen. . Meskipun di dalam atmosfer hanya sedikit sekali. Tanpa tersaringnya oleh lapisan ozon.Nitrogen Nitrogen yang masuk ke dalam berasal dari peluruhan sisa-sisa hasil pertanian dan letusan gunung berapi. Ozon menyerap dengan kuat radiasi ultraviolet yang dipancarkan matahari ke bumi sehingga radiasi ultraviolet yang mencapai bumi menjadi berkurang sampai ke tingkat yang tidak berbahaya bagi makhluk hidup. dapat menimbulkan kanker kulit dan efek biologis lainnya. sedangkan pengeluaran nitrogen dari atmosfer terutama di sebabkan oleh proses biologis dalam tumbuh-tumbuhan dan kehidupan di laut. Ini menunjukan bahwa masukan dan keluaran nitrogen adalah seimbang. radiasi ultraviolet dapat menyebabkan membakar kulit dengan parah. Oksigen Banyaknya oksigen di dalam atmosfer juga konstan. keberadaannya sangat penting bagi kehidupan di bumi.

2. 4 BAB III.2. Sumber buatan adalah pembakaran bahan bakar fosil. industri semen. HASIL . Sebagai sumber alami yang terpenting adalah proses pernapasan makhluk hidup.Karbon dioksida Karbon dioksida yang masuk ke dalam atmosfer.1. dapat berasal dari sumber alami dan sumber buatan. Lapisan-lapisan Atmosfer Atmosfer dapat dibagi menjadi sejumlah lapisan yang dapat dibedakan dengan jelas. pembakaran hutan dan perubahan tata guna lahan. HASIL DAN PEMBAHASAN 3. baik di daratan maupun di lautan. dan peluruhan bahan organic.

Termosfer (ionosfer) 5.08 . Troposfer 2. Stratosfer 3. Eksosfer atau Desifasister Gambar lapisan atmosfer 5 Kandungan Udara Atmosfer Nama Gas Nitogen Simbol Kimia N2 Volume (%) 78. Mesosfer 4.Lapisan Atmosfer Bumi 1.

034 0.0052 0.O2 Oksigen Ar Argon CO2 Karbondioksida Ne Neon He Helium O3 Ozon H2 Hidrogen Kr Krypton CH4 Metana Xe Xenon Sangat kecil 0.00015 0.0006 0.00011 0.95 6 3.2 PEMBAHASAN .0018 0.93 20.00005 0.

 Tidak ada lagi uap air.Lapisan I – Troposfer  Lapisan terbawah dari atmosfer bumi  Terletak pada ketinggian 0 . yaitu setiap naik 100 meter dari permukaan bumi.5°C Lapisan II .awan ataupun debu atmosfer  Pesawat-pesawat yang menggunakan mesin jet terbang pada lapisan ini.  Ditandai dengan penurunan suhu (temperatur) udara.  Memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan mahkluk hidup di muka bumi  Terjadi peristiwa-peristiwa seperti cuaca dan iklim  80% dari seluruh massa gas yang terkandung dalam atmosfer terdapat pada lapisan ini  Memiliki ciri khas : suhu (temperatur) udara menurun sesuai dengan perubahan ketinggian.  Ditandai dengan adanya proses inversi suhu.4°C per seratus meter  Temperatur terendah di mesosfer kurang dari -81°C. rata-rata 0.Mesosfer  Terletak pada ketinggian antara 49 . Lapisan IV . Lapisan III .  Merupakan lapisan pelindung bumi dari jatuhan meteor atau benda-benda angkasa luar lainnya.18 km di atas permukaan bumi.82 km dari permukaan bumi. suhu (temperatur) udara menurun sebesar ± 0.Stratosfer  Terletak pada ketinggian antara 18 .Termosfer/Ionosfer .49 km dari permukaan bumi. artinya suhu udara bertambah tinggi seiring dengan kenaikan ketinggian.

Adanya refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu beraturan   meteoritik. karena merupakan tempat terjadi kehancuran meteor dari angkasa luar. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga disebut sebagai cahaya Zodiakal Lapisan ini sangat berbahaya.800 km dari permukaan bumi.• • Terletak pada ketinggian antara 82 . 8 . baik gelombang panjang maupun pendek • Kenaikan temperatur dapat berlangsung mulai dari . tetapi berubah dengan waktu karena pengaruh osilasi • • Lapisan IV .100°C hingga ratusan bahkan ribuan derajat celcius Lapisan yang paling tinggi dalam termosfer adalah termopause Temperatur termopause konstan terhadap ketinggian.1000 km dari permukaan bumi Merupakan lapisan paling panas dan molekul udara dapat  meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3. Tempat terjadinya ionisasi partikel-partikel yang dapat memberikan efek pada perambatan/refleksi gelombang radio.150 km dari permukaan bumi  Merupakan tempat terjadinya gerakan atom-atom secara tidak Disebut pula dengan ruang antar planet dan geostasioner.Eksosfer/Desifasister  Terletak pada ketinggian antara 800 .

Agar mahasiswa lebih mengerti. Kesimpulan Atmosfer adalah lapisan udara yang terdiri dari campuran berbagai gas yang menyelimuti suatu planet baik planet bumi. atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah. Saran Diharapkan kepada bapak pembimbing untuk mengajari secara detail tentang Bab Atmosfer bumi ini. jupiter. meskipun bapak telah memberi tugas membuat karya Ilmiah tentang Atmosfer. danau. mars. uranus. saturnus. PENUTUP 4. neptunus dan Atmosfer ada di sekeliling kita mulai dari permukaan tanah hingga jauh di angkasa sanalapisan gas yang melingkupi sebuah planet. sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi @Sistem bumi atau sistem terestrial yang menyatu ini terdiri dari empat bagian saling mendukung : • Bagian padat ( lithosfer ) yang terdiri dari tanah dan batuan • Bagian cair ( hidrosfer ) yang terdiri dari berbagai bentuk ekosistem perairan seperti laut.2. dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa.1. . dan sungai • Bagian udara ( atmosfer ) yang menyelimuti seluruh permukaan bumi • Bagian organik ( biosfer ) yang ditempati oleh berbagai jenis organisme 4. venus. Di bumi. termasuk bumi. merkurius.BAB IV.

. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Jember mengucapkan terima kasih kepada dosen pengajar mata kuliah klimatologi dasar dan teman-teman yang banyak mendukung dalam penyelesaian tugas karya ilmiah ini.k Karya ilmiah ini merupakan tugas saya selaku mahasiswa yang menempuh mata kuliah Klimatologi dasar. Saya selaku mahasiswa Teknik Pertanian.9 KATA PENGANTAR Puji syukur pada tuhan Yang Maha Esa bahwa saya telah menyelesaikan tugas karya ilmiah yang berjudul Atmosfer Bumi. Saya mengharapkan t ugas karya ilmiah ini membantu untuk memberikan informasi lebih lanjut dalam bidang mata kuliah Klimatologi Dasar. Kami berharap karya ilmiah ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi dalam mata kuliah Klimatologi Dasar.

Jember. 19 Januari 2010 Universitas Jember penulis ii LAMPIRAN .

.

EFEK ATMOSFER .

Bandung www. Benyaamin.bing. H.      .google. 1995.  Gadjah Mada University pres.com www. Jogyakarta. 1996.DAFTAR PUSTAKA  lukita. PT. Trewartha Glenn.com www.Raya Grafinda T. Dasar-dasar Klimatologi. prawirowardoyo. Jakarta. Pengantar Iklim edisi.com www.yahoo. Susilo.Horn Lyle. Mateorologi.wikipedia.com Persatu. 1994. ITB.

10 .

ATMOSFER BUMI KARYA TULIS ILMIAH Disusun Oleh: Radityo Indra Anugrah (091710201009) .

Latar Belakang ………………………………………………………1 1.iii BAB I. Lapisan Atmosfer ………………. PENDAHULUAN ………………………………………………………..…………………………...5 BAB III.2.…………………………………. HASIL DAN PEMBAHASAN ……………………………………….6 . Tujuan ……………………………………………………………….1 1. TINJAUAN PUSTAKA…………………………………………………3 2.6 3. Hasil Lapisan Atmosfer ……………………………………………..1...JURUSAN TEKNIK PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER 2010 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ……………………………………………………………ii DAFTAR ISI …………………………………………………………………….2. Komposisi Atmosfer …………………….1.4 2. Manfaat ………………………………………………………………2 BAB II.3...1.2 1..

Saran …………………………………………………………………9 DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………. PENUTUP …………………………………………………………….….. Kesimpulan ………………………………………………………… 9 4.3.1..2.2..10 LAMPIRAN .7 BAB IV. Pembasan Lapisan Atmosfer ……………………………………….9 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful