P. 1
Workshop SSP Kelistrikan Otomotif

Workshop SSP Kelistrikan Otomotif

|Views: 285|Likes:
Published by saryoko

More info:

Published by: saryoko on Sep 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2013

pdf

text

original

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Fakultas Jurusan/Prodi Mata Workshop / Kode Diskripsi : : : : Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pendidikan Teknik dan Kejuruan/Pendidikan Teknik Mesin Pemantapan dan pengembangan perangkat pembelajaran standar kompetensi perawatan dan perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif disertai Peer dan/atau Microteaching / PTO 1032 Pengembangan perangkat pembelajaran perawatan dan perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif dan implementasinya untuk Standar Kompetensi : (1) Memperbaiki sistem pengapian; (2) Memperbaiki sistem starter dan pengisian (3) Memperbaiki rangkaian sistem kelistrikan, pengaman dan Acc (4) Memelihara dan memperbaiki sistem AC mobil. Pertama/3 SKS 96 x 50’ Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan pembelajaran standar kompetensi perawatan dan perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif 1. Menyususn RPP standar kompetensi memperbaiki sistem pengapian dan mengimplementasikan dalam pembelajaran. 2. Menyususn RPP standar kompetensi memperbaiki sistem starter dan pengisian serta mengimplementasikan dalam pembelajaran. 3. Menyususn RPP standar kompetensi memperbaiki rangkaian sistem kelistrikan, pengaman dan mengimplementasikan dalam pembelajaran. 4. Menyususn RPP standar kompetensi memperbaiki sistem instrumen dan mengimplementasikan dalam pembelajaran. 5. Menyususn RPP standar kompetensi memelihara dan memperbaiki sistem AC mobil dan mengimplementasikan dalam pembelajaran. Setelah mengikuti workshop peserta dapat: 1. Menyusun bahan ajar 2. Merancang model dan metode pembelajaran 3. Merancang media pembelajaran 4. Merancang evaluasi pembelajaran 5. Melaksanakan pembelajaran untuk standar kompetensi (1) Memperbaiki sistem pengapian; (2) Memperbaiki sistem starter dan pengisian (3) Memperbaiki rangkaian sistem kelistrikan, pengaman dan Acc (4) Memelihara dan memperbaiki sistem AC mobil. Workshop Laptop, proyektor LCD, white board, teaching aids sistem kelistrikan otomotif, dll.

Sem/ Bobot Waktu Standar kompetensi Kompetensi dasar

: : : :

Indikator

:

Metode Media

: :

Workshop 1 (16 x 50’) No. 1 2 Tahap Pendahuluan Kegiatan Inti Kegiatan Pembelajaran Pengarahan pelaksanaan workshop 1) Brainstorming tentang perawatan dan perbaikan sistem pengapian mesin otomotif 2) Diskusi kelompok (setiap kelompok maksimum 5 orang) dipandu dosen pembimbing untuk memecahkan masalah yang muncul dalam Brainstorming dilanjutkan sinkronisasi SK dan KD, pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai 3) Kerja mandiri/kelompok untuk menyusun perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar, media, model dan metode pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran) untuk membelajarkan perawatan dan perbaikan sistem pengapian mesin otomotif Alokasi Waktu 1 x 50’ 1 x 50’ 2 x 50’

5 x 50’

6) Validasi RPP oleh dosen pembimbing dan guru pamong 7) Microteaching produk RPP dengan mengundang sampel siswa dari sekolah mitra Review (refleksi dan revisi) hasil workshop secara menyeluruh dari dosen pembimbing dan guru pamong 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 1 x 50’ 3 Penutup Workshop 2 (16 x 50’) No.4) Peerteaching RPP yang dihasilkan dalam kerja kelompok guna mendapatkan masukan dari peserta workshop serta dosen pembimbing dan guru pamong 5) Kerja kelompok untuk merevisi RPP berdasarkan masukan dari peerteaching. model dan metode pembelajaran. 1 2 Tahap Pendahuluan Kegiatan Inti Kegiatan Pembelajaran Pengarahan pelaksanaan workshop 1) Brainstorming tentang perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan bodi dan sistem pengaman kelistrikan 2) Diskusi kelompok (setiap kelompok maksimum 5 orang) dipandu dosen pembimbing untuk memecahkan masalah yang muncul dalam Brainstorming dilanjutkan sinkronisasi SK dan KD. bahan ajar. bahan ajar. 1 2 Tahap Pendahuluan Kegiatan Inti Kegiatan Pembelajaran Pengarahan pelaksanaan workshop 1) Brainstorming tentang perawatan dan perbaikan sistem starter dan dan sistem pengisian mesin otomotif 2) Diskusi kelompok (setiap kelompok maksimum 5 orang) dipandu dosen pembimbing untuk memecahkan masalah yang muncul dalam Brainstorming dilanjutkan sinkronisasi SK dan KD. 4) Peerteaching RPP yang dihasilkan dalam kerja kelompok guna mendapatkan masukan dari peserta workshop serta dosen pembimbing dan guru pamong 5) Kerja kelompok untuk merevisi RPP berdasarkan masukan dari peerteaching. pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai 3) Kerja kelompok untuk menyusun perangkat pembelajaran (RPP. serta evaluasi pembelajaran) untuk membelajarkan perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan bodi dan sistem pengaman Alokasi Waktu 1 x 50’ 1 x 50’ 2 x 50’ 5 x 50’ 2 . model dan metode pembelajaran. 3) Kerja kelompok untuk menyusun perangkat pembelajaran (RPP. serta evaluasi pembelajaran) untuk membelajarkan perawatan dan perbaikan sistem starter dan pengisian mesin otomotif. 6) Validasi RPP oleh dosen pembimbing dan guru pamong 7) Microteaching produk RPP dengan mengundang sampel siswa dari sekolah mitra Review (refleksi dan revisi) hasil workshop secara menyeluruh dari dosen dan guru pamong Alokasi Waktu 1 x 50’ 1 x 50’ 2 x 50’ 5 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 1 x 50’ 3 Penutup Workshop 3 (16 x 50’) No. pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai. media. media.

model dan metode pembelajaran. media. 1 2 Tahap Pendahuluan Kegiatan Inti Kegiatan Pembelajaran Pengarahan pelaksanaan workshop 1) Brainstorming tentang perawatan dan perbaikan sistem AC Mobil 2) Diskusi kelompok (setiap kelompok maksimum 5 orang) dipandu dosen pembimbing untuk memecahkan masalah yang muncul dalam Brainstorming dilanjutkan sinkronisasi SK dan KD.3 Penutup kelistrikan 4) Peerteaching RPP yang dihasilkan dalam kerja kelompok guna mendapatkan masukan dari peserta workshop serta dosen pembimbing dan guru pamong 5) Kerja kelompok untuk merevisi RPP berdasarkan masukan dari peerteaching. media. pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai 3) Kerja kelompok untuk menyusun perangkat pembelajaran (RPP. 6) Validasi RPP oleh dosen pembimbing dan guru pamong 7) Microteaching produk RPP dengan mengundang sampel siswa dari sekolah mitra Review (refleksi dan revisi) hasil workshop secara menyeluruh dari dosen dan guru pamong 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 1 x 50’ Workshop 4 (16 x 50’) No. 4) Peerteaching RPP yang dihasilkan dalam kerja kelompok guna mendapatkan masukan dari peserta workshop serta dosen pembimbing dan guru pamong 5) Kerja kelompok untuk merevisi RPP berdasarkan masukan dari peerteaching. pemilihan pendekatan dan metode pembelajaran yang sesuai 3) Kerja kelompok untuk menyusun perangkat pembelajaran (RPP. serta evaluasi pembelajaran) untuk membelajarkan perawatan dan perbaikan sistem AC mobil. serta evaluasi pembelajaran) untuk membelajarkan perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan Accesoris dan instrumen. Alokasi Waktu 1 x 50’ 1 x 50’ 2 x 50’ 5 x 50’ 3 . 1 2 Tahap Pendahuluan Kegiatan Inti Kegiatan Pembelajaran Pengarahan pelaksanaan workshop 1) Brainstorming tentang perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan Accesories dan instrumen 2) Diskusi kelompok (setiap kelompok maksimum 5 orang) dipandu dosen pembimbing untuk memecahkan masalah yang muncul dalam Brainstorming dilanjutkan sinkronisasi SK dan KD. model dan metode pembelajaran. bahan ajar. bahan ajar. 6) Validasi RPP oleh dosen pembimbing dan guru pamong 7) Microteaching produk RPP dengan mengundang sampel siswa dari sekolah mitra Review (refleksi dan revisi) hasil workshop secara menyeluruh dari dosen dan guru pamong Alokasi Waktu 1 x 50’ 1 x 50’ 2 x 50’ 5 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 1 x 50’ 3 Penutup Workshop 5 (16 x 50’) No.

……(eksplorasi) b. KOMPETENSI DASAR 1…. x pertemuan) TUJUAN PEMBELAJARAN 1…. …. Kegiatan Inti ( ……. b. MATERI DAN URAIAN SINGKAT MATERI PEMBELAJARAN …….Menit ) a.4) Peerteaching RPP yang dihasilkan dalam kerja kelompok guna mendapatkan masukan dari peserta workshop serta dosen pembimbing dan guru pamong 5) Kerja kelompok untuk merevisi RPP berdasarkan masukan dari peerteaching. Pendekatan : 2. Motivasi : …… 2. ALOKASI WAKTU : …. 2…. 6) Validasi RPP oleh dosen pembimbing dan guru pamong 7) Microteaching produk RPP dengan mengundang sampel siswa dari sekolah mitra Review (refleksi dan revisi) hasil workshop secara menyeluruh dari dosen dan guru pamong 2 x 50’ 2 x 50’ 2 x 50’ 1 x 50’ 3 Penutup Lampiran: Contoh Format Produk RPP Mahasiswa PPG Teknik Mesin RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I II III IV V VI VII VIII IX X IDENTITAS Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : STANDAR KOPETENSI 1…. ……. Kegiatan Akhir ( …… Menit) a. Sumber buku acuan: 4 . ……. Jam Pelajaran (…. Apersepsi : …… b. (elaborasi) c.. …. Model Pembelajaran : 3. STRATEGI PEMBELAJARAN 1. Kegiatan Awal ( …… Menit ) a.. ……. Metode : LANGKAH . ……. (konfirmasi) 3. INDIKATOR 1…. 2…. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR 1.LANGKAH PEMBELAJARAN 1.

Tehnik : 2. Alat & Bahan : 3. Contoh instrumen : 4. 5 . Bentuk instrumen : 3. Media pembelajaran PENILAIAN 1. Penskoran & Pembobotan : Surakarta.XI 2. Kunci jawaban : 5. Mengetahui. Kepala SMK Guru Mata Pelajaran NIP. NIP.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->