P. 1
GANGGUAN BAHASA RESEPTIF

GANGGUAN BAHASA RESEPTIF

|Views: 572|Likes:

More info:

Published by: Mohamad Taqiyudin Ismail on Sep 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

GANGGUAN BAHASA RESEPTIF

Gangguan bahasa reseptif- ekspresif mengacu pada anak- anak yang memiliki kesulitan baik dalam memahami maupun memproduksi bahasa verbal. Mungkin saja terdapat kesulitan dalam memahami kata- kata atau kalimat- kalimat. Dalam beberapa kasus, anak memiliki kesulitan memahami tipe- tipe kata atau kalimat tertentu (seperti kata- kata yang mengekspresikan perbedaan kuantitas; large, big, atau huge), istilah- istilah spasial (sperti dekat atau jauh), atau tipe- tipe kaliamat (seperti kalimat yang dimulai dengan kata unlike). Kasus- kasus lain ditandai oleh kesulitan memahami kata- kata dan kalimat- kalimat sederhana.

Penyebab dan gejala
Penyebab
Tidak ada diketahui penyebab reseptif-ekspresif bahasa campuran gangguan perkembangan.. Para peneliti sedang melakukan penelitian yang berkelanjutan untuk menentukan apakah faktor lingkungan biologi mungkin terlibat. Bentuk diperoleh dari hasil gangguan dari kerusakan langsung ke otak. Kerusakan dapat dipertahankan selama stroke, atau sebagai akibat dari cedera kepala traumatis, kejang , atau kondisi medis lainnya Gejala spesifik bentuk gangguan diperoleh umumnya tergantung pada bagian otak pasien yang telah terluka dan beratnya kerusakan.

Gejala
Tanda-tanda dan gejala-ekspresif gangguan reseptif bahasa campuran yang sebagian besar sama dengan gejala gangguan bahasa ekspresif. gangguan ini memiliki tanda dan gejala yang sangat bervariasi dari anak anak. Secara umum,-ekspresif gangguan reseptif bahasa campuran ini ditandai dengan kesulitan anak dengan komunikasi lisan. anak tidak memiliki masalah dengan pengucapan kata-kata, yang ditemukan dalam gangguan fonologis . Anak, bagaimanapun, memiliki masalah membangun kalimat yang koheren, menggunakan tata bahasa yang benar, mengingat kata-kata, atau masalah komunikasi yang sama. Seorang anak dengan gangguan bahasa ekspresif-reseptif campuran ini tidak mampu berkomunikasi pikiran, kebutuhan, atau ingin pada tingkat yang sama atau dengan kompleksitas nya sama atau teman-temannya. Selain itu, anak sering kali memiliki kosakata yang lebih kecil dari atau dia teman-temannya. Anak-ekspresif dengan bahasa campuran gangguan reseptif juga memiliki masalah yang signifikan memahami apa yang orang lain katakan kepada mereka. Kurangnya pemahaman ini dapat menghasilkan respons yang tidak tepat atau kegagalan untuk mengikuti arah. Beberapa orang berpikir anak-anak ini sengaja keras kepala atau menjengkelkan, tapi ini tidak terjadi.. Mereka tidak mengerti apa yang dikatakan. Beberapa anak dengan gangguan ini memiliki masalah pemahaman jenis tertentu seperti istilah sebagai kata benda abstrak, kalimat yang rumit, atau istilah spasial.

Diagnosa

Yang merupakan standar referensi berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental, menetapkan empat kriteria untuk mendiagnosis-ekspresif gangguan reseptif bahasa campuran. Kriteria pertama menyatakan bahwa anak berkomunikasi menggunakan pidato dan tampaknya memahami bahasa lisan pada tingkat yang lebih rendah dari yang diharapk an untuk itu umum tingkat kecerdasan anak. Kedua, anak masalah dengan ekspresi-diri dan pemahaman harus membuat kesulitan baginya dalam kehidupan sehari-hari atau dalam mencapai tujuan akademis. Jika anak memahami apa yang sedang dibicarakan pada tingkat yang normal atau wanita usia atau tahap pengembangan, maka diagnosis akan gangguan bahasa ekspresif. Jika anak cacat mental, tuli, atau memiliki masalah fisik lainnya, kesulitan dengan pidato harus lebih besar dari umumnya terjadi dengan anak cacat lainnya mungkin agar anak dapat didiagnosis dengan penyakit ini. gangguan ini biasanya didiagnosis pada anak-anak karena orang tua atau guru mengungkapkan keprihatinan tentang masalah anak dengan komunikasi lisan. anak dokter mungkin memberikan anak pemeriksaan fisik untuk menyingkirkan masalah-masalah medis seperti kehilangan pendengaran. pengujian khusus untuk gangguan bahasa reseptif-ekspresif dicampur mengharuskan pemeriksa untuk menunjukkan bahwa anak tersebut tidak hanya berkomunikasi kurang baik dari yang diharapkan, tetapi juga mengerti pidato kurang baik. Hal ini dapat sulit, tetapi, untuk menentukan apa yang anak mengerti. Akibatnya, sebagian besar pemeriksa akan menggunakan tes non-verbal selain untuk tes yang membutuhkan pertanyaan dan jawaban yang diucapkan untuk menilai kondisi anak seakurat mungkin. Pada anak-anak yang agak cacat pendengaran, masalah sering bisa diperbaiki dengan menggunakan alat bantu dengar. Anak-anak yang berbicara bahasa lain selain Bahasa Inggris (atau bahasa yang dominan dari masyarakat mereka) di rumah harus diuji dalam bahasa jika memungkinkan. Dalam beberapa kasus, anak kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah masalah, tidak atau kompetensi-nya dengan bahasa lisan secara umum.

Demografi
Ekspresif gangguan bahasa reseptif Campuran didiagnosis di sekitar 5% dari anak-anak usia pra-sekolah, dan 3% dari anak-anak di sekolah. Anak-anak yang memiliki gangguan bahasa ekspresif dicampur-menerima lebih cenderung memiliki gangguan lain juga. Antara 40% 60% anak prasekolah yang memiliki gangguan ini juga dapat mengalami gangguan fonologi (kesulitan pembentukan suara). Membaca gangguan ini terkait dengan sebanyak separuh anak-anak dengan gangguan bahasa ekspresif-reseptif campuran yang usia sekolah. Anakekspresif dengan bahasa campuran gangguan reseptif juga lebih cenderung memiliki gangguan jiwa, terutama-gangguan perhatian defisit (ADD); diperkirakan bahwa 30-60 persen anak-ekspresif dengan bahasa campuran gangguan reseptif juga memiliki ADD. Anak-anak dari keluarga dengan sejarah gangguan bahasa lebih cenderung memiliki ini atau gangguan bahasa lain.

Pengobatan
Ekspresif gangguan bahasa reseptif Campuran harus ditangani segera setelah diidentifikasi. Awal intervensi adalah kunci untuk hasil yang sukses. Pengobatan melibatkan guru, saudara, orang tua, dan orang lain yang berinteraksi secara teratur dengan anak. Dijadwalkan secara teratur satu-satu pengobatan yang berfokus pada keterampilan bahasa tertentu juga bisa

efektif, terutama bila dikombinasikan dengan pendekatan yang lebih umum yang melibatkan anggota keluarga dan pengasuh adalah Pengajaran. anak-anak dengan gangguan komunikasi khusus ini keterampilan sehingga mereka dapat berinteraksi dengan teman penting, karena masalah di wilayah ini dapat mengakibatkan kemudian isolasi sosial, depresi, atau masalah perilaku. Anak-anak yang didiagnosis dini dan mengajarkan keterampilan membaca dapat mengambil manfaat khususnya , karena masalah dengan membaca sering dikaitkan dengan gangguan reseptif Bahasa ekspresif dicampur dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang-serius akademik. Ada sedikit informasi membandingkan metode pengobatan yang berbeda, sering beberapa dicoba dalam kombinasi.

Prognosa
Bentuk-ekspresif perkembangan bahasa reseptif gangguan campuran kurang kemungkinan untuk menyelesaikan baik daripada bentuk gangguan perkembangan bahasa ekspresif. Sebagian besar anak dengan gangguan yang terus memiliki masalah dengan kemampuan bahasa. Mereka mengembangkan mereka pada tingkat yang lebih lambat dari rekan-rekan mereka, yang menempatkan mereka pada posisi yang kurang menguntungkan tumbuh sepanjang karir pendidikan mereka. Beberapa orang didiagnosis dengan gangguan sebagai anak-anak memiliki masalah yang signifikan dengan mengekspresikan diri dan memahami orang lain dalam kehidupan dewasa. Prognosis jenis-ekspresif yang diakuisisi dari gangguan bahasa reseptif dicampur tergantung pada sifat dan lokasi dari cedera otak. Beberapa orang mendapatkan keterampilan bahasa mereka kembali ke hari atau bulan. Orang lain mungkin perlu bertahun-tahun, dan beberapa orang tidak pernah sepenuhnya mengembalikan fungsi bahasa ekspresif atau kemampuan untuk memahami pembicaraan.

Pencegahan
Karena penyebab reseptif-ekspresif bahasa campuran gangguan perkembangan tidak jelas, tidak ada cara khusus untuk mencegah hal itu. Diet sehat selama kehamilan dan perawatan kehamilan secara rutin selalu disarankan. Karena bentuk yang diperoleh gangguan yang disebabkan oleh kerusakan pada otak, apa pun yang membantu untuk mencegah kerusakan otak mungkin memberikan perlindungan terhadap bahwa bentuk kekacauan. langkah-langkah pencegahan tindakan pencegahan seperti menurunkan kadar kolesterol darah, yang dapat membantu mencegah stroke, atau memakai helm sepeda atau mobil Sabuk Pengaman untuk mencegah cedera kepala traumatis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->