P. 1
Aturan zakat

Aturan zakat

|Views: 898|Likes:

More info:

Published by: ElektrOnik Rahayu Jogja on Sep 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

Aturan Zakat

Jenis Zakat

Zakat Fitrah/Fidyah

Dari Ibnu Umar ra berkata :

“Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau gandum pada budak, orang merdeka, lelaki perempuan, anak kecil dan orang dewasa dari ummat Islam dan memerintahkan untuk membayarnya sebelum mereka keluar untuk sholat (‘iid ). ( Mutafaq alaih ).

Besarnya zakat fitrah menurut ukuran sekarang adalah 2,176 kg. Sedangkan makanan yang wajib dikeluarkan yang disebut nash hadits yaitu tepung, terigu, kurma, gandum, zahib (anggur) dan aqith (semacam keju). Untuk daerah/negara yang makanan pokoknya selain 5 makanan di atas, mazhab Maliki dan Syafi’i membolehkan membayar zakat dengan makanan pokok yang lain.

Menurut mazhab hanafi pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan dengan membayar- kan harganya dari makanan pokok yang di makan.

Pembayaran zakat menurut jumhur ‘ulama :

Waktu wajib membayar zakat fitrah yaitu ditandai dengan tenggelamnya matahari di akhir bulan Ramadhan

Membolehkan mendahulukan pembayaran zakat fitrah di awal.

Keterangan :Bagi yang tidak berpuasa Ramadhan karena udzur tertentu yang dibolehkan oleh syaria’t dan mempunyai kewajiban membayar fidyah, maka pembayaran fidyah sesuai dengan lamanya seseorang tidak berpuasa.

Zakat Maal

Pengertian Maal (harta)

Menurut terminologi bahasa (lughat), harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali oleh manusia untuk memiliki, memanfaatkan dan menyimpannya.

dihimpun. emas. dll. Harta tersebut didapatkan melalui proses pemilikan yang dibenarkan menurut syariat Islam. Misalnya rumah. disimpan Dapat diambil manfaatnya sesuai dengan ghalibnya. Artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi yang bersangkutan tidak dapat hidup layak. Kebutuhan tersebut seperti kebutuhan primer atau kebutuhan hidup minimum. sebab harta tersebut harus dibebaskan dari tugasnya dengan cara dikembalikan kepada yang berhak atau ahli warisnya. uang. pakaian. . harta adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki (dikuasai) dan dapat digunakan (dimanfaatkan) menurut ghalibnya (lazim). dikuasai. maka zakat atas harta tersebut tidaklah wajib.Sedangkan menurut terminologi syari’ah (istilah syara’). Syarat-syarat Kekayaan yang Wajib di Zakati Milik Penuh Artinya harta tersebut berada dalam kontrol dan kekuasaanya secara penuh. ternak. belanja sehari-hari. misal. kesehatan. seperti : usaha. mobil. pendidikan. Cukup Nishab Artinya harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara’. pemberian negara atau orang lain dan cara-cara yang sah. perak. rumah. yaitu: Dapat dimiliki. hasil pertanian. maka harta tersebut terbebas dari zakat. warisan. Bebas Dari hutang Orang yang mempunyai hutang sebesar atau mengurangi senishab yang harus dibayar pada waktu yang sama (dengan waktu mengeluarkan zakat). untuk kelangsungan hidupnya. dan dapat diambil manfaatnya secara penuh. sedangkan harta yang tidak sampai nishabnya terbebas dari Zakat dan dianjurkan mengeluarkan Infaq serta Shadaqah Lebih Dari Kebutuhan Pokok Kebutuhan pokok adalah kebutuhan minimal yang diperlukan seseorang dan keluarga yang menjadi tanggungannya. dsb. Berkembang Artinya harta tersebut dapat bertambah atau berkembang bila diusahakan atau mempunyai potensi untuk berkembang. Sesuatu dapat disebut dengan maal (harta) apabila memenuhi 2 (dua) syarat. Sedangkan apabila harta tersebut diperoleh dengan cara yang haram.

villa. dll. Koperasi. Sedangkan hasil pertanian. bejana. PT. hewan kecil (kambing. deposito. pakaian. Oleh karena segala bentuk penyimpanan uang seperti tabungan. Islam memandang emas dan perak sebagai harta yang (potensial) berkembang. seperti rumah. domba) dan unggas (ayam. Harta Perniagaan Harta perniagaan adalah semua yang diperuntukkan untuk diperjual-belikan dalam berbagai jenisnya. leburan logam. tanah. cek. asal tidak berlebihan. baik berupa uang. buah-buahan dan rikaz (barang temuan) tidak ada syarat haul.Berlalu Satu Tahun (Al-Haul) Maksudnya adalah bahwa pemilikan harta tersebut sudah belalu (mencapai) satu tahun. perhiasan. saham atau surat berharga lainnya. Persyaratan ini hanya berlaku bagi ternak. Hasil Pertanian . harta simpanan dan perniagaan. Demikian juga pada harta kekayaan lainnya. sehingga penentuan nishab dan besarnya zakat disetarakan dengan emas dan perak. Emas dan perak juga dijadikan mata uang yang berlaku dari waktu ke waktu. burung). adalah mata uang yang berlaku pada waktu itu di masing-masing negara. dll. baik berupa barang seperti alat-alat. Emas Dan Perak Emas dan perak merupakan logam mulia yang selain merupakan tambang elok. makanan. kendaraan. itik. kerbau). dsb. Pada emas dan perak atau lainnya yang berbentuk perhiasan. Termasuk dalam kategori emas dan perak. juga sering dijadikan perhiasan. Yang melebihi keperluan menurut syara’ atau dibeli/dibangun dengan tujuan menyimpan uang dan sewaktu-waktu dapat di uangkan. souvenir. Perniagaan tersebut di usahakan secara perorangan atau perserikatan seperti : CV. ukiran atau yang lain. sapi. termasuk kedalam kategori emas dan perak. Oleh karena syara’ mewajibkan zakat atas keduanya. Harta (maal) yang Wajib di Zakati Binatang Ternak Hewan ternak meliputi hewan besar (unta. maka tidak diwajibkan zakat atas barang-barang tersebut.

wiraswasta. dll) merupakan sumber pendapatan (kasab) yang tidak banyak dikenal di masa generasi terdahulu. dll. umbi-umbian. dll. tembaga. khususnya yang . infaqkanlah (zakat) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu”. wiraswasta. konsultan. Ma’din dan Kekayaan Laut Ma’din (hasil tambang) adalah benda-benda yang terdapat di dalam perut bumi dan memiliki nilai ekonomis seperti emas. buah-buahan. Dasar Hukum Syari’at Firman Allah SWT: “dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak dapat bahagian”. (QS Al Baqarah: 267) Hadist Nabi SAW: “Bila zakat bercampur dengan harta lainnya maka ia akan merusak harta itu”. Adz-Dzaariyaat (51): 19) Firman Allah SWT: “Wahai orang-orang yang beriman. Zakat Profesi/Pendapatan Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi (hasil profesi) bila telah mencapai nisab. Kekayaan laut adalah segala sesuatu yang dieksploitasi dari laut seperti mutiara. dll. AL Bazar dan Baehaqi) Hasilan profesi (pegawai negeri/swasta. marjan. Termasuk didalamnya harta yang ditemukan dan tidak ada yang mengaku sebagai pemiliknya. minyak bumi. dokter. dedaunan. rumput-rumputan. dll. batu-bara. notaris. oleh karenanya bentuk kasab ini tidak banyak dibahas. akuntan. giok.(HR. timah. marmer. konsultan. sayurmayur. perak. artis. tanaman hias. dokter. notaris.Hasil pertanian adalah hasil tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang bernilai ekonomis seperti biji-bijian. Rikaz Rikaz adalah harta terpendam dari zaman dahulu atau biasa disebut dengan harta karun. ambar. (QS. Profesi dimaksud mencakup profesi pegawai negeri atau swasta.

berkaitan dengan “zakat”.5 % dari saldo tahunan. atau lebih sedikit maka baginya tidak wajib zakat.8 kg gabah setara dengan 520 kg beras. Penghasilan bersih perbulan Rp.500. Apabila saldo rata-rata perbulan 975. 975.000 per bulan maka kelebihan dari penghasilannya = (1.-. yakni.700. Dengan demikian hasil profesi seseorang apabila telah memenuhi ketentuan wajib zakat maka wajib baginya untuk menunaikan zakat.000 perbulan. Lain halnya dengan bentuk kasab yang lebih populer saat itu. sebab zakat pada dasarnya/hakekatnya adalah pungutan harta yang diambil dari orang-orang kaya untuk dibagikan kepada orang-orang miskin diantara mereka (sesuai dengan ketentuan syara’). 11.000 – 625. Waktu untuk mengeluarkan zakat profesi pada setiap kali menerima . 625. papan. sedangkan hasil profesi yang berupa harta dapat dikategorikan ke dalam zakat harta (simpanan/kekayaan). Sedang jika hasilnya hanya sekedar untuk menutupi kebutuhan hidupnya.5% dari saldo bulanan atau 2. Kebutuhan hidup yang dimaksud adalah kebutuhan pokok.000) = Rp.5 %. mendapatkan porsi pembahasan yang sangat memadai dan detail. seperti pertanian. maka ia menjadi mustahiq (penerima zakat). Dengan demikian apabila seseorang dengan penghasilan profesinya ia menjadi kaya. kadar zakatnya sebesar 2. peternakan dan perniagaan.000 maka jumlah kekayaan yang dapat dikumpulkan dalam kurun waktu satu tahun adalah Rp.000.5% dari saldo. Perhitungan Zakat Pendapatan/Profesi Nisab zakat pendapatan / profesi setara dengan nisab zakat tanaman dan buah-buahan sebesar 5 wasaq atau 652. pangan dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan profesinya. Meskipun demikian bukan berarti harta yang didapatkan dari hasil profesi tersebut bebas dari zakat.500. Dengan demikian Akbar berkewajiban membayar zakat sebesar 2. Zakat profesi memang tidak dikenal dalam khasanah keilmuan Islam. 1. maka wajib atas kekayaannya itu zakat. Bila kebutuhan pokok keluarga tersebut kurang lebih Rp. akan tetapi jika hasilnya tidak mencukupi kebutuhan hidup (dan keluarganya).000 (lebih dari nishab). sandang. Dalam hal ini zakat dapat dibayarkan setiap bulan sebesar 2. memiliki seorang istri dan 2 orang anak. Contoh perhitungan: Iwan Darsawan adalah seorang karyawan swasta yang berdomisili di kota Bekasi.

uang bagi hasil ini dikeluarkan terlebih dahulu sebelum perhitungan zakat.000.000 31/02/00 1.000.000 14.000 12.000. Contoh perhitungan: Nisab sebesar 520 kg beras.= 50.000. Perhitungan : .000.000 20. “Dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya ( dengan dikeluar kan zakat nya ).000 01/06/99 200.- Zakat atas pendapatan ( karena telah mencapai nisab ) 2. ( QS : Al-An’am : 141 ).000) dan genap satu tahun.200..200.000.000.000.000 11/10/99 2.200..000* 13. nisab sebesar Rp 6. dll ) dikenakan zakat dari jumlah terendah bila telah mencapai haul.000 15. Kadarnya zakatnya sebesar 2.diqiyaskan dengan waktu pengeluaran zakat tanaman yaitu setiap kali panen.200. Tahun haul menurut contoh di atas 01/03/99 – 31/02/00.5 %.375.000.000 telah melebihi nisab (asumsi 1 gr emas Rp 75.000.200. nisab sebesar Rp 6.- Zakat Uang Simpanan Uang simpanan ( baik tabungan.000 ). asumsi harga beras 2000 jadi nilai nisab sebesar 520 x 2000 = 1.000 12/09/99 1.000 13.000.000 20/05/99 5.000.000.400.000 25/03/99 2.000.000 * Bagi hasil Jumlah saldo terakhir dalam tabel di atas adalah 15.000.000 Jumlah pendapatan perbulan Rp 2. Uang TabunganTanggal Masuk Keluar Saldo 01/03/99 20.000.000 18.5 % x 2. Besarnya nisab senilai dengan 85 gr emas ( asumsi 1 gr emas Rp 75. deposito.375.

000.- Besarnya zakat : 2.000 Bila seseorang mempunyai beberapa simpanan deposito maka seluruh jumlah simpanan deposito dijumlahkan.5 % x Rp 10.000.000.375..000 setahun.000.5 % x Rp 10. nisab sebesar 6.000.000 Jumlah total : Rp 10.000.000 dengan jumlah bagi hasil 300.200.000 = Rp 250.000.5 % dengan perhitungan seperti di atas.= Rp 375.000 = Rp 250. Bila mencapai nisab dengan masa satu tahun kadar zakatnya sebesar 2.000.Buku 1: 5.- Simpanan Deposito Seseorang mempunyai deposito di awal penyetoran tanggal 01/04/99 sebesar Rp 10..- Saldo terakhir : Rp 15.5 % x Rp 15.000..000.Tahun haul : 01/03/99 – 31/02/00 Nisab : Rp 6.000.000 Zakat : 2.375.= Rp 15.000.Buku 3: 2. Maka setelah masa haul tiba zakat yang harus dikeluarkan sebesar : 2.– Rp 200.000.000.000.000.Buku 2: 3. Haul wajib zakat adalah tanggal 31/03/00.- Bila seseorang mempunyai beberapa tabungan maka semua buku dihitung setelah dilihat haul dan saldo terendah dari masingmasing buku. Perhitungan: Haul : 01/03/99 – 31/02/00 Saldo terakhir: .000.000. Zakat Emas/Perak .000.

dll. Harga 1 gr emas 70. Bila harga emas 70. 5 % untuk penghasilan kotor dan 10 untuk penghasilan bersih. Kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 5 % atau 10 %.5 %.000. Adapun nisab emas sebesar 85 gr dan nisab perak 595 gr. Maka zakat emas yang wajib dikeluarkan oleh wanita tersebut adalah 120 gr – 15 gr = 105 gr. Misalnya : seseorang mempunyai 90 gr emas.500 Emas yang dipakai Emas yang dipakai adalah dalam kondisi wajar dan tidak berlebihan.5 % = 183. dipakai dalam aktivitas sehari-hari sebanyak 15 gr. investasi pada ternak atau tambak. .000 x 2.5 % di hitung dari nilai uang emas tersebut. Maka besarnya zakat yang dikeluarkan sebesar : 90 x 70. Diantara bentuk usaha yang masuk investasi adalah bangunan atau kantor yang disewakan. Dilihat dari karakteristik investasi. Dikeluarkan pada saat menerima dengan kadar zakat 2. rumah kontrakan. dll.750 Keterangan : Perhitungan zakat perak mengikuti cara per hitungan di atas. Ada pun kadar zakatnya besarnya 2. Zakat Investasi Zakat investasi adalah zakat yang dikenakan terhadap harta yang diperoleh dari hasil investasi. Dengan demikian bila seseorang menyimpan me-nyamai atau melebihi 85 gr maka ia wajib mengeluarkan zakat emas tersebut.5 % = 157. Jadi bila seorang wanita mempunyai emas 120 gr.000 x 2. saham. biasanya modal tidak bergerak dan tidak terpengaruh terhadap hasil produksi maka zakat investasi lebih dekat ke zakat pertanian. rental mobil. Abdul Wahab Khalaf. Pendapat ini diikuti oleh ulama modern seperti Yusuf Qordhowi. Zakat Hadiah dan Sejenisnya Jika hadiah tersebut terkait dengan gaji maka ketentuannya sama dengan zakat profesi/pendapatan. Muhammad Abu Zahrah. Emas yang tidak dipakai Emas yang tidak dipakai adalah perhiasan emas yang tidak digunakan atau sekali pun dipakai hanya sekali setahun.Seorang muslim yang mempunyai emas dan perak wajib mengeluarkan zakat bila sesuai dengan nisab dan haul.000 maka zakat yang harus dikeluarkan sebesar : 105 x 70. Abdurahman Hasan. Dengan demikian zakat investasi dikeluarkan pada saat menghasilkan sedangkan modal tidak dikenai zakat.

Nisab zakat perdagangan sama dengan nisab emas yaitu senilai 85 gr emas Kadarnya zakat sebesar 2. Abu Dawud ) Ketentuan zakat perdagangan: Berjalan 1 tahun ( haul ). ataupun jasa. kedua.5 %. terdiri dari dua kriteria. Artinya jika suatu badan usaha pada akhir tahun (tutup buku) memiliki kekayaan (modal kerja dan untung) lebih besar atau setara dengan 85 gram emas (asumsi jika per-gram Rp 75. baik yang bergerak di bidang perdagangan. Pendapat Abu Hanifah lebih kuat dan realistis yaitu dengan menggabungkan semua harta perdagangan pada awal dan akhir dalam satu tahun kemudian dikeluarkan zakatnya. Dll) nishabnya adalah 20 dinar (setara dengan 85 gram emas murni). jika komisi dari hasil prosentasi keuntungan perusahaan kepada pegawai.000.5 % Dapat dibayar dengan uang atau barang Dikenakan pada perdagangan maupun perseroan.” ( HR. Zakat Perniagaan-Zakat Perdagangan “Rasulullah SAW memerintahkan kami agar mengeluarkan zakat dari semua yang kami persiapkan untuk berdagang. Yayasan. hibah tersebut digabung kan dengan kekayaan yang ada dan zakat yang dikeluarkan sebesar 2. CV. industri. pertama.-). jika sumber hibah tidak di duga-duga sebelumnya. terdiri dari 2 bentuk : pertama.000.= Rp 6.375. dikelola secara individu maupun badan usaha (seperti PT. maka zakat yang dikeluarkan sebesar 20 %. Koperasi. maka ia wajib mengeluarkan zakat sebesar 2. dll maka digolongkan dengan zakat profesi. agroindustri. Jika berupa hibah.5 % Contoh : Harta perniagaan. kedua. Aturan pembayaran zakat mengikuti zakat profesi.. Perhitungan Modal diputar + Keuntungan + piutang yang dapat dicairkan) – (hutang + kerugian) x 2. jika sumber hibah sudah diduga dan diharap.5 % .Jika komisi. jika komisi dari hasil profesi seperti makelar. maka zakat yang dikeluarkan sebesar 10 % (sama dengan zakat tanaman).

000 Uang tunai Rp 15.000. maka zakat hanya dikeluarkan dari anggota syirkah muslim saja (apabila jumlahnya lebih dari nishab) Cara menghitung zakat : Kekayaan yang dimiliki badan usaha tidak akan lepas dari salah satu atau lebih dari tiga bentuk di bawah ini : Kekayaan dalam bentuk barang Uang tunai Piutang Maka yang dimaksud dengan harta perniagaan yang wajib dizakati adalah yang harus dibayar (jatuh tempo) dan pajak. modal investasi yang berupa tanah dan bangunan atau lemari.000.5 % x Rp 20.000. dll. Tetapi jika anggota syirkah terdapat orang yang non muslim.000 Jumlah Rp 27. dll.000.Pada badan usaha yang berbentuk syirkah (kerjasama).= Rp 500. renal mobil.000 Utang & Pajak Rp 7.000 Besar zakat = 2.000. etalase pada toko. taksi. zakat dikeluarkan lebih dulu sebelum dibagikan kepada pihak-pihak yang bersyirkah. seperti perhotelan.000. Contoh : Sebuah perusahaan meubel pada tutup buku per Januari tahun 1995 dengan keadaan sbb : Sofa atau Mebel belum terjual 5 set Rp 10..000 Piutang Rp 2. bus/truk. kapal laut.000 Saldo Rp 20.000. pesawat udara.- Pada harta perniagaan. kemudian dikeluarkan zakatnya dapat dipilih diantara 2 (dua) cara: . penyewaan apartemen.000.000. maka jika semua anggota syirkah beragama Islam. tidak termasuk harta yang wajib dizakati sebab termasuk kedalam kategori barang tetap (tidak berkembang) Usaha yang bergerak dibidang jasa.

tidak dihitung harga tanahnya.pemilikan modal atau keuntungan dari pegawai non muslim ~ oleh Tommie Pramudji Haryono di/pada Januari 21.5 % Jika perusahaan tersebut bergerak dalam bidang produksi maka zakat yang dikeluarkan sesuai dengan aturan zakat investasi atau pertanian.5% dari hasil panen ( untuk sawah yang pengairannya membutuhkan biaya/ pompanisasi ) .5 %. dimana perhitungan zakatnya hanya didasarkan pada hasil pertaniannya. kemudian zakatnya dikeluarkan 10%.Pada perhitungan akhir tahun (tutup buku). seperti taksi. b. dll. kapal. Kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 2.10% dari hasil panen ( untuk sawah tadah hujan dan irigasi biasa ) Nisabnya ( batas minimal hasil panen ) adalah : 520 kg beras.Zakat Pertanian : . seluruh harta kekayaan perusahaan dihitung. Zakat Perdagangan / Perniagaan : . hotel. atau kurang lebih 653 kg gabah ( ada yang mengatakan 750 kg ) atau yang setara dengan nilai tersebut bagi pertanian non padi seperti : palawija dan buahbuahan. Dengan kriteria sebagai berikut : Jika perusahaan bergerak dalam bidang usaha perdagangan maka perusahaan tersebut mengeluarkan harta sesuai dengan aturan zakat perdagangan. Bedanya dalam zakat perusahaan bersifat kolektif. Pada Perhitungan akhir tahun (tutup buku). 5 % untuk penghasilan kotor dan 10 % untuk pengahasilan bersih. Kadar zakat yang dikeluarkan sebesar 5 % atau 10 %. Zakat di bayarkan tiap kali panen. Zakat Perusahaan Zakat perusahaan hampir sama dengan zakat perdagangan dan investasi. 2010. kemudian keluarkan zakatnya 2. Catatan :Bila dalam perusahaan tersebut ada penyer taan modal dari pegawai non muslim maka penghitungan zakat setelah dikurangi ke. termasuk barang (harta) penghasil jasa. Hal ini diqiyaskan dengan perhitungan zakat hasil pertanian. hanya dihitung dari hasil bersih yang diperoleh usaha tersebut selama satu tahun. Dengan demikian zakat perusahaan dikeluarkan pada saat menghasilkan sedangkan modal tidak dikenai zakat. Ditulis dalam Ilmu Pengetahuan Perhitungan zakat mal : a.

30. nisab dapat berubah sesuai harga emas.5 % dari nilai total barang dagangan (setelah dikurangi utang dan pajak terutang ). Harta yang wajib dizakati = Rp 30. 2.000 = Rp 36.000 Hutang dan kewajiban lainnya sebesar Rp. . Untuk daerah lain mengikuti UMR yang berlaku.6 gr emas 24 karat ( ada yang mengatakan 85 gr ) .11.000/tahun .664.5% dari penghasilan kena Zakat Contoh perhitungan untuk daerah DKI Jakarta . 972.000.000 ( sudah Nisab ) .000 = Rp 750. Kadarnya zakat sebesar 2.336. sedangkan Penulis memakai 93.000.6 gr emas ) yaitu senilai Rp.000 = Rp.000. 35. Zakat Pendapatan Profesi : . .Maka Zakat penghasilan Anda sebesar 2. Wallahu a'lam Bissawab Zakat Profesi: Dua Puluh Persen? Oktober 18.000. maka total pendapatan Anda adalah Rp. Ngaringan-Wirosari.000 Seorang pedagang mempunyai total aktiva dagang pada akhir tahun sebesar Rp. 2009Ali RezaTinggalkan komentarGo to comments .Ketentuan zakat perdagangan: 1.Nisabnya sama ( 93.664.6 gr emas dan 653 kg gabah adalah hasil penelitian dari Ustadz (Alm) KH.400 di bayarkan 1 tahun sekali.000 c.Pendapatan yang terkena wajib Zakat adalah setelah dikurangi asumsi kebutuhan rumah tangga Indonesia ( sesuai UMR Regional ).000/bulan.000. maka zakatnya : 2.000 . Terdapat perbedaan pendapat dalam menghitung Nisab dikarenakan perbedaan dalam penelitian.Rp. 25.Jika Anda mempunyai penghasilan Rp. 11. 48. 5. Nisab zakat perdagangan sama dengan nisab emas yaitu senilai 93. 908.740. Contoh perhitungan : Harga emas saat ini ( per November 2008 ) Rp.besarnya 2. BUKAN dari total laba bersih.Nisabnya setara dengan 93. Berjalan 1 tahun ( haul ).5% x Rp 36.000 jadi Nisabnya = Rp.000.6 gr emas 24 karat ( ada sebagian yang mengatakan 85 gr ) 3. Wahid Zuhdi. 4. 25.000.5% x Rp.000/ tahun.740.000.UMR DKI Rp.336. 275.000/bulan atau Rp.

gunakanlah ra’yu (pendapat).. dan ratusan profesi lainnya. lebih dari 60 persen kegiatan ekonomi berada dalam sektor pengelolaan informasi. Padahal penghasilan mereka ini jauh di atas penghasilan petani. Pada era informasi.000. Jangan-jangan. Pertama. Bukan lagi fikih yang digugat. ada tiga tahap penetapan hukum dalam Islam. Itu tidak mungkin. di atas moralitas ada cinta. Ada yang menggugat lebih jauh. tidak ada kaidah cinta dalam ushûl fiqh. wajib mengeluarkan zakat 10 persen dari hasil itu. perdagangan. khususnya dalam masyarakat agrikultural.” Emha Ainun Nadjib. halaman 596).sebulan (konversikan saja dengan harga beras sekarang. pemilik media-massa. Tentu saja ahli fikih tidak akan menerima argumentasi Emha Ainun Nadjib. Dr. tidak wajib zakat.000. metode istinbath-nya bagaimana? Konon Amien Rais menjawab pendek: “Saya bukan ahli fikih. adalah sektor-sektor ekonomi tempo doeloe! Sekarang kita berada pada era industri—bahkan era informasi. jangan-jangan ini fikihnya kaum mustakbarînuntuk melestarikan penindasan. Kata kawan ini (lebih repot kalau kawan itu pejabat tinggi). Buktinya. Di atas fikih ada akhlak.Sebulan ia mendapat kira-kira tiga juta rupiah—60 kali penghasilan petani itu. emas dan perak. ada kasus-kasus yang tidak dapat dijawab oleh Al-Quran dan Al-Sunnah. dengan ijtihadnya. memberikan penjelasan: “Di atas hukum formal ada moralitas. ayat atau hadisnya mana. yang memperoleh penghasilan 1. Orang-orang mengerubuti Dr. Soalnya. Tetapkanlah dalam AlQuran. Kita merasakan ada yang tidak adil dalam konsep zakat yang kita miliki. (jilid 1. Islam mengandung aturan yang lengkap dan universal. pernah sekelompok ulama tidak berani mewajibkan zakat atas penghasilan dokter. fikih kita ini merupakan fikih kapitalis. Jadi. begitu jerit kawan saya yang lain. emas dan perak.” kata Abdurrahman Al jazairi. kita boleh mengemukakan pendapat sen diri. Atau dengan gaya bahasa aktivis Muslim kontemporer. banyak ayat Al-Quran sudah tidak relevan lagi. psikolog. tetapi Islam. Peraturan zakat itu hanya sesuai dengan perkembangan ekonomi di zaman Nabi. Dr. kontraktor. Bersama dokter. katakanlah ia memperoleh Rp 150.. Jika kita konversikan dengan uang. penulis buku. Berdasarkan kitab yang mu’tabar ini. Peternakan. bukan pula Islam tidak sempurna. penulis kitab itu. Bila konsisten pada aksioma ini. Sebenarnya dia “dikafirkan” bukan karena zakat profesinya. Pekerjaan informasi tidak ada zakatnya sama sekali. menemukan ketentuan 20 persen itu. Ini berarti sumber syariat itu tidak lengkap. tetapi karena dia menetapkan dua puluh persen.—sepuluh persen dari pendapatannya. Menurut Kitab Al-Fiqh ‘alâ Al-Madzâhib Al-Arba’ah 1:596. di atas akhlak ada takwa dan tawakal dan hubb. dan tidak . “Lâ zakâta fî mâ ada hâdzihil khamsah (Tidak ada zakat di luar yang lima ini). Petani wajib mengeluarkan Rp 5. jika tidak ada.. kita harus mengasumsikan dua hal. pengusaha jasa angkutan. dibebaskan juga dari kewajiban zakat semua pekerjaan di luar yang lima itu: pegawai negeri. tidak universal. Amien Rais dengan sejumlah pertanyaan: dalilnya apa. petani itu wajib mengeluarkan zakatnya rata-rata Rp 5. dan pertanian. Petani.. la akan memperoleh rata-rata Rp 50.Menurut Emha Ainun Nadjib. kata kawan saya aktivis LSM.000. Apalagi sunnah Nabi. konsultan. petani harus mengeluarkan Rp 60. harta yang wajib dikeluarkan zakatnya itu ada empat macam: ternak. Amien Rais. Jika tidak ada di dalam kedua-duanya.000. Berdasarkan hadis Mu’adz yang terkenal. Berapa zakat untuk dokter spesialis? Bila sehari ia menerima rata-rata sepuluh orang pasien.000. Dokter hanya diwajibkan infak saja. Kata ilmuwan fikih.” Menurut fikih. ABRI. tidak diperlukan dalil naqli (karena dianggap tidak ada). saya akan menunjukkan kerancuan ini dengan mengambil kasus zakat profesi. Dokter. perdagangan. Bukan fikih kita yang kapi talistis.Bagilah itu menjadi 12 bulan. tetapi ushûl fiqh-lah yang harus diluruskan. jika ada aturannya di sana. Untuk itu. Dengan risiko mengundang kesalahpahaman... di seantero tanah air. para ilmuwan fikih Majelis Ulama Indonesia membahas zakat profesi. Bukankah ini berarti Islam bukanlah agama untuk zaman modern? Astaghfirullâh. barang tambang dan rikaz. menurut sebagian ilmuwan fiqih. termasuk para pialang saham.000. 19 April 1990). kita cukup membayar zakat dua setengah persen. cari dalam as-sunnah.dari penghasilan tahunannya yang Rp 600.000 kg beras setahun. harga tersebut adalah harga ketika artikel ini ditulis).setiap bulan. Amien Rais pernah dituduh “kafir” karena menetapkan zakat profesi (Gala. Kemelut zakat profesi ini sebetulnya dapat dilacak pada satu penyebab saja: kerancuan ushûl fiqh. pertambangan dan harta temuan. menurut cinta mungkin kita harus membayar bahkan 100 persen. pertanian. yang jebolan Pesantren Gontor. untuk kasus-kasus baru yang tidak ada rujukannya di dalam Al-Quran dan as-sunnah. Tidak mungkin kita menguraikan kerancu an ushûl fiqh dalam tulisan yang singkat dan sederhana ini.

000. Nishab zakat pertanian adalah 653 kg. maka nishab-nya itu 85 gram (± Rp 1. maka nishab-nya— setelah dikonversikan—menjadi 653 x Rp 600. Jika di-qiyâs-kan dengan yang pertama.000.. Dibuatlah kaidah: Apa pun (yang ditambah-tambah) dalam ibadat hukumnya haram. kalau sekarang (Okt. maka jumlah nishab itu haruslah setelah penghasilan Anda dijumlahkan selama satu tahun.. Asumsi pertama —Al-Quran dan Al-Sunnah— tidak lengkap tentu sangat sukar diterima. Kaum modernis—seperti Persis. Karena ada hawl. Menurut sebagian ulama (dan ini pun masih diperdebatkan). Tidak ada keterangan terkuat. dan urusan adat (keduniaan). Bila tidak ada dalam Al-Quran dan Al-Sunnah: bas (Ya sudah)! Jangan lakukan. kita tidak boleh menggunakan nalar. Bila di-qiyâs-kan dengan emas. Di sini berlaku nishab (batas minimal wajib zakat). Bila pertani an itu menggunakan irigasi.(di-qiyâs-kan dengan emas). Qiyâs adalah proses penggunaan ra’yu. Zakat profesi tidak diatur dalam syariat. 2009) sudah lebih dari Rp 3. Anda harus mengeluarkan zakatnya. serta perdagangan sangat musykil. juga barang tambang dan barang temuan. zakat . as-sunnah. emas dan perak. dikeluarkan kapan saja kita memperoleh penghasilan (“keluarkan zakatnya pada saat menuainya”). jika tidak ada dalil yang memerintahkan (dalam Al-Quran dan Al.selalu relevan.000. dapat saja kita menggunakan hawl…“ Tampak bahwa meng-qiyâs-kan zakat profesi kepada pertani an. kalau sekarang (Okt. tetapi tidak berlaku hawl (masa satu tahun pemilikan). Bila di-qiyas-kan dengan perak. Abdurrahman berpendapat (aneh!). Ia telah menjadi syar`î.700. Berangkat dari kemelut ini. Muhammadiyah—berpen dapat tidak ada qiyâs dalam urusan ibadat.000. zakat perdagangan tidak mengenal nishab.000. dan ijtihad. Bila yang dijadikan ukuran beras. Jadi. mereka meng-qiyâs-kan zakat profesi dengan aturan zakat yang sudah ada. tampaknya. Banyak dalil yang menjelaskan bahwa agama ini sudah sempurna. Semuanya lemah.00 saja harus dizakati.700.-.-). maka penghasilan Anda sebulan sebesar Rp 30. para ulama—antara lain—menghasilkan kesimpulan (yang masih tetap rancu). Boleh jadi orang meng-qiyâs-kannya dengan zakat peternakan atau zakat rikâz (barang temuan). Kemusykilannya—seperti telah disebutkan—terletak pada standar yang mau kita ambil: emas atau perak. Sebagian ulama ada yang meng-qiyâs-kan zakat profesi ini dengan zakat perdagangan (tijârah). kebanyakan mengambil air dari langit!) Karena kemusykilan ini. Kedua.Sunnah). ia sudah menyaingi Allah dan Rasul-Nya. Bila gaji Anda setahun sama dengan atau lebih dari Rp 1. Yaitu. karena itu. Mereka lupa dengan kritik Ibnu Hazm—yang juga digunakan oleh Ibnu Taymiyah—terhadap qiyâsdalam penetapan hukum syariat. Walaupun begitu. perkirakanlah apakah profesi Anda itu seperti sawah yang diairi irigasi atau air hujan (konglomerat. Apa yang “Kami kelurkan dari bumi”? Emas dan perak.(itu harga beras waktu dulu. Yangmusykil—seperti lazimnya bila kita mengguna kan qiyâs —adalah ketidakjelasan tentang harus di-qiyâs-kan ke mana? Penghitungan Zakat Profesi Menurut Ulama Sunni Syaikh Muhammad Al-Ghazali meng-qiyâs-kan zakat profesi dengan zakat pertanian. Dengan melihat illat (sebab hukum) yang sama. Anehnya. Yang dirasa kan berat adalah bila di-qiyâs-kan dengan perak. ulama Persis dan Muhammadiyah—seperti ditunjukkan dalam salah satu diskusi di Pusat Pengkajian Islam – UNISBA— menggunakan qiyâs untuk zakat profesi.000.” terjadilah pemisahan pendekatan di antara keduanya. Tidak ada kepastian hukum.000. dan Al-Quran dapat menjadi penjelasan untuk segala persoalan (tibyânan likulli sya`i). Memilih satu di antaranya hanya menjadi selera seorang pemilih. Dalam zakat perdagangan masih diperdebatkan apakah ada nishab dan hawl. Bila mujtahid dapat menetapkan syariat dengan nalarnya.-). Karena tidak ada dalil yang tegas tentang zakat profesi (yang sekarang disebut al-mâlul mustafad). maka tidak boleh melakukan sesuatu yang tidak ada dalilnya. “Namun karena ibadat zakat itu tidak semata-mata `ibadah. mengapa tidak boleh di-qiyâs-kan kepada rikâz? Umumnya mereka ber-istidlal kepada surah Al-Baqarah ayat 267. pertanian. maka jumlah nisbahnya 653 gram (kurang lebih Rp 326. Jika Anda mem peroleh penghasilan sejumlah itu.. Asumsi kedua juga sukar dibenarkan.000. sama sekali tidak relevansional (berdasarkan wahyu). mereka membagi hukum Islam dalam dua bagian besar: urusan ibadat. “Infakkanlah sebagian yang baik-baik dari hasil usahamu dan hasil-hasil yang Kami keluarkan dari bumi…” Di sini kewajiban infak dari hasil usaha direndengkan dengan infak dari hasil-hasil “yang Kami keluarkan dari bumi”. maka mereka menggunakan qiyâs (analogi). Karena zakat itu termasuk urusan ibadat. Kalau boleh di-qiyâs-kan dengan pertanian. Zakat profesi.000. Tidak ada ijtihad di situ. konversikan saja dengan harga sekarang). ulama yang lain memilih meng-qiyâs-kannya dengan emas dan perak. tetapi ibadat yang erat kaitannya dengan ekonomi keuangan dan kemasyarakat an. 2009) sudah lebih dari Rp 27. ijtihad adalah proses penetapan hukum yang murni rasional. keluarkanlah dua setengah persennya. maka Anda mengeluarkan 5 persen. maka Anda keluarkan 10 persen.Quran. Berdasarkan hadis Nabi yang populer “Antum a’lamu bi umûri dunyâkum (Kamu lebih tahu urusan duniamu). Berapa? Ini kemusykilan qiyâs dalam pertanian. Sehingga tidak heran kalau ada ulama yang menetapkan tiga sumber hukum Islam: Al. Menurut Ustad Abdurrahman dari UNISBA. tidak wajib.-. Dalam urusan ibadat. dan ra’yu tidak dibenarkan dalam urusan ibadat. di sini berlaku nishab dan hawl. seperti zakat pertanian. Begitu pula hadis-hadis tentang hawl semuanya dhaif. Bila pertanian itu mengambil air langsung dari langit.= Rp 391. maka apabila terlihat kemaslahatannya dan dapat memudah kan untuk menentukan nishab dan kadar zakat.

keuntungan lebih. Tulisan ini lebih dimaksudkan untuk mengun dang diskusi ketimbang memberikan instruksi. Seperti telah disebutkan di muka. ada kewajiban mengeluarkan perlimaan dari pekerjaan-pekerjaan yang tidak dikenai kewajiban zakat. juga membayar kebutuhan pokok dan orang-orang yang menjadi tanggungan Anda. Dalam doa shalat hajat yang terkenal. Secara singkat. 1:270. “…padahal di sisi Allah adalah keuntungan yang banyak (maghânim katsîrah)” (QS. di samping zakat. (5) barang yang bercampur antara halal dan haram. Nabi memerintahkan mereka untuk mengucapkan syahadat. Adakah dalil di dalam Al-Quran atau as-sunnah tentang zakat profesional tanpa menggunakan qiyâs? jawabannya: ada. Karena singkat. lalu tidak diketahui dengan pasti yang mana. Mereka mengeluh tidak dapat menemui Nabi kecuali di bulan Haram.” Al-Raghib dalam Al-Mufradât. Jadi. anak-anak yatim. (3) barang temuan. Pandangan ini sebetulnya bukan hal yang baru. dan pangan. Bila betul-betul kasus itu tidak terjawab oleh kedua sumber itu. Surga disebut sebagai ghanimah majlis dzikr (Musnad Ahmad. syariat menjadi tidak lengkap? Tulisan ini secara singkat akan me nunjukkannya. Biasanya.. Di antara mazhab-mazhab dalam Islam. yaitu surah Al-Anfâl ayat 41. Para ahli ekonomi bahkan telah membuat rumus matematis untuk itu. Misalnya. Syarh Al-Muwaththa. Apa yang disebut mu’nah? Mu’nah adalah pengeluaran untuk kebutuhan pokok: sandang. kerabat. 142). perincian keterangan tambahan tidak disertakan. Begitu juga. Kita percaya setiap kasus baru pasti ditunjuk kan jawabannya dalam Al-Quran dan as-sunnah. 4 : 205. orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Puasa disebut sebagai ghanimahorang beriman (Musnad Ahmad. Banyak keterangan dari as-sunnah bahwa Nabi memungut khumus di luar zakat untuk kelebihan penghasilan selain rampasan perang. “Dan ketahuilah bahwa apa-apa yang kamu peroleh sebagai ke lebihan penghasilan (keuntungan). dan Ibn Al-Atsir dalam Lisân Al-Arab). pekerjaan-pekerjaan ini kita sebut sekarang sebagai profesi. sumber hukum Islam hanya yang dua itu. “Ghanimahadalah kelebihan harta yang diperoleh baik dari peperangan mau pun bukan peperangan. menegakkan shalat. surah Al-Anfal ayat 41 harus kita artikan. 1 : 35-36.profesi Anda menjadi dua setengah persen. Dengan demikian. Shahîh Muslim. “Minumlah airnya dan keluarkan perlimaannya” (Al-Watsaiq Al-Siyasiyah. 4 : 265). maka kita ber pegang pada kaidah al-barâ’atul ashliyyah. Jadi. Anda menghabiskan satu juta setengah untuk segala pengeluar an itu. kamus-kamus besar bahasa Arab mengartikan ghanimah bukan hanya rampasan perang.satu bulan. Pada pokoknya bila Allah tidak menyebutkan atau memberikan petunjuk-Nya yang jelas. mendapat penghasilan Rp 3. 2:177). Mereka takut kepada kaum musyrik Mudhar. Nabi menyuruhnya untuk mengumpulkan perlimaan di samping zakat (Futuh Al-Buldan. dan mengeluarkan seperlima dari kelebihan penghasilan mereka (Shahîh Al-Bukhârî. (4) barang-barang lautan seperti mutiara. Karena itu. Tidak mungkin mereka disuruh mengeluarkan seperlima dari rampasan perang. membayar gaji pegawai. sesungguhnya separuhnya untuk Allah. Adakah jalan keluar? Apakah tanpa qiyâs dan tanpa asumsi. Ibnu Faris dalam Muqayis.000. 1 : 157. (2) barang tambang. Ghanimah. Nabi juga menyuruh. dan lain-lain). Marilah kita kembali ke zakat profesional. Harus juga dimasukkan ke dalammu’nah pengeluaran kita untuk menolong keluarga yang menjadi tanggungan kita. 3 : 318). membayar biaya transport. Ijtihad haruslah diarti kan sebagai konsep menetapkan keputusan dengan menggali dalil-dalilnya dari Al-Quran dan as-sunnah. Ghanimah di situ artinya “keuntung an lebih”.” Kalimat dengan huruf tegak ini sebenarnya terjemahan (yang setengah benar) dari kata annamâ ghanimtum min syai. mazhab Ahlul Bait (mazhab Ja’fari) sudah lama menetapkan kewajiban perlimaan ini. pangan. dapat juga berarti pahala atau keuntungan. Dalam Al-Quran kata ghanimtumdisebut sebanyak dua kali dan maghânim (bentuk jamak dari maghnam) disebut sebanyak empat kali.000. di setiap negeri ada ukuran kebutuhan pokok. An-Nisâ`: 94). atau kelebihan dari penghasilan. Kemudian Anda harus . Katakan lah. ayat Al-Baqarah 267 tidak dapat menyelesaikan kemusykilan. di dalam Islam dikenal adanya perlimaan (khumus). Kepada Juhaynah bin Zaid. kita mencukupkan saja keterangan-keterangan ini. ada kalimat “aku memohon ghani mah untuk segala kebajikan”. Musnad Ahmad. AlJauhari dalam Shahah Al-Lughah. Se bagian di antaranya kita cantumkan berikut ini: Pertama. kerabat…” dan seterusnya. Thabaqat Ibnu Saad. membayar obat-obatan dan listrik. Keluarkanlah dari penghasilan itu untuk sewa tempat praktek. maka kita jangan mengasumsikan bahwa Allah lupa. Ini disebut mu’nah. Walhasil. Penghitungan Zakat Profesi Menurut Ulama Syiah Marilah kita lihat lagi konsep ijtihad. Contoh Praktis Anda seorang dokter. di luar zakat. dalam hadis-hadis. 2 : 330). dengan yang ketiga menjadi 20 persen. Kedua. karena mereka justru selalu meng hindari peperangan. rombongan Bani Qays menemui Nabi saw. yang seperlima adalah kepunya an Allah Rasul. Begitu pula ketika beliau menulis surat kepada kepala-kepala suku (Lihat: Tanwir Al-Hawalik. 1 : 81. tetapi juga pahala. dan dengan yang kedua menjadi 10 persen. Biasanya ayat ini diterjemahkan sebagai berikut: “Dan hendak lah kamu ketahui bahwaapa-apa yang dapat kamu rampas dalam peperangan. Apa arti ghanimtum? Ghanimtum berasal dari kata ghanimah. dan (6) kelebihan pendapatan setelah dipotong oleh mu’nah. Ghanimah tidak selalu berarti rampasan perang. untuk Rasul. Sirah Ibnu Hisyam. tetapi Dia ingin memberikan keleluasaan kepada manusia. ketika Nabi saw mengutus Umar bin Hazm ke Yaman. Parafuqahâ mereka menetapkan perlimaan dari (1) rampasan perang.

Setelah dipotong pengeluaran itu. tetapi kita mempraktekkannya dalam zakat. Akhirnya. beli kertas. Jika gaji Anda sebesar Rp 350. yaitu sejumlah Rp 300.000. kita dipenuhi oleh inkonsistensi berpikir dalam memutuskan zakat profesi. Sumber: Islam Aktual (1991) karya Jalaluddin Rakhmat . keluar kanlah 20 persen dari penghasilan lebihmu! Allah akan mem berkati hartamu dan keluargamu.. Bayarkanlah sebagian royalti itu untuk ongkos tukang tik.000. dan hubungan dengan penerbit. Dia sekaligus menunjukkan arah untuk memperbaiki konsep-konsep dasar kita dalam ushûl fiqh..000. Penutup Jadi Dr. Para konsultan. Selama ini. Anda memperoleh hasil bersih satu setengah juta rupiah.dipandang cukup untuk membayar kebutuhan pokok Anda sekeluarga.satu bulan.. penghasilan Anda tinggal satu juta setengah lagi.mengeluarkan seperlima dari sisanya. tetapi kita tidak mau menerima asumsi bahwa syariat tidak sempurna. Kita menganggap profesi baru itu tidak diatur dalam syariat. Kita melarang qiyâs dalam urusan ibadat. Dipotong mu’nah. Amien Rais tidak “kafir” ketika menetapkan zakat profesi sebesar 20 persen. Kemudian Anda menulis buku. penjual jasa. Anda mendapat royalti sebesar dua juta. perlimaan bukan saja menyelesaikan kemusykilan fikih tetapi juga menegakkan keadilan Islam.Begitulah seterus nya. Keluarkan Rp 300. maka Anda tidak membayar perlimaan. Keluarkanlah seperlimanya. konglomerat. Anda seorang dosen dengan pangkat III/D. Sekarang tidak satu pun profesi yang dapat lolos dari kewajiban menyantuni kaum mustadh’afîn.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->