MAKALAH “TERMOS AIR”

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Termodinamika.

disusun Oleh: 1. Deni Setiawan 2. Nur Cahyanto Dwi P (5301408035) (5301408038)

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2009/2010

Mengapa suhu dalam termos tidak terpengaruh oleh suhu dari lingkungan sekitar ? 2. Gabus dan plastik merupakan tutup sebagai penghantar yang buruk. Dengan adanya tabung tersebut suhu di dalam termos tetap terjaga karena hampa udara menghambat perambatan panas melalui udara. Hukum termodinamika yang keberapa yang menjelaskan tetang prinsip kerja termos air ? .penulis akan memaparkan bahasannya pada bab selanjutnya. Penemu termos tersebut adalah Sir James Dewar dan John Fleming Elemen utama termos air adalah tabung kaca yang hampa udara di sekeliling termos tersebut (seperti gelas. Latar Belakang Termos air adalah alat atau komponen yang digunakan untuk menyimpan air.15 derajat Celsius. Tabung itu menggantikan bejana yang selama ini terbuat dari kaca.BAB I PENDAHULUAN I. Konduksi dan konveksi dicegah melewati diding termos. Awalnya. Sedangkan penutup luarnya (biasanya terbuat dari aluminium. Rumusan Masalah 1. radiasi. Penulis berusaha mengangkat bahasan ini dikarenakan agar pembaca dapat mengetahui prinsip kerja dalam termos air.gabus atau plastik) berfungsi sebagai isolator antara tabung kaca dengan udara sekitar. Teori tersebut lantas dikenal sebagai teori superkonduktivitas. II. Pada saat mengerjakan projek itulah secara tak sengaja ia menemukan tabung hampa udara. Mereka memprediksikan bahwa daya tahan itu hilang pada -273. tapi pinggirnya tebal & hampa udara di tengahnya bukan solid/pejal seperti pinggiran gelas). tetapi suhu air dalam termos tetap terjaga karena di dalam termos terdapat bahan yang bisa mengurangi kehilangan panas melalui konduksi. Untuk lebih lanjutnya. penemuan termos merupakan adaptasi dari tabung hampa udara yang digunakan untuk pengiriman dan penyimpanan gas cair. konveksi. Radiasi inframerah lebih sukar dicegah Termos air ditemukan secara tidak sengaja karena penemu sedang meneliti sedang daya tahan elektris pada suhu -200 dan 200 derajat Celsius.dan proses yang terjadi dalam termos air.

Tabung itu menggantikan bejana yang selama ini terbuat dari kaca. setelah lulus kuliah ia melanjutkan karier intelektualnya menjadi dosen di Royal College Veteriner. lahir 20 September 1842. Ia dibesarkan dari keluarga yang berprofesi sebagai pedagang anggur. Teori ini lantas dikenal sebagai teori superkonduktivitas. di Kincardine-on-Forth. Setelah lulus dari bangku sekolah. ahli kimia pada University College London. Scotlandia. Pada tahun 1869. Sebagian karya penelitiannya lebih banyak dilakukan di Inggris karena fasilitas untuk percobaan jauh lebih baik daripada di negara kelahirannya. Keduanya memprediksikan daya tahan itu hilang pada -273. Dewar pun mendapatkan gelar profesor di bidang kimia dari Royal College Veteriner. London. Keduanya meneliti daya tahan elektris pada suhu -200 dan 200 derajat Celsius.BAB II PEMBAHASAN 1. Landasan Teori Termos air adalah alat atau komponen yang mempunyai fungsi untuk menyimpan air. Pada saat mengerjakan projek itulah secara tak sengaja ia menemukan tabung hampa udara. Awalnya. Semenjak kecil dan dewasa ia tinggal di kota kelahirannya. Penemuan yang diciptakan secara tidak sengaja ini menjadi produk hotter atau cooler bagi produk minuman di dunia. Namun. penemuan termos merupakan adaptasi dari tabung hampa udara yang digunakan untuk pengiriman dan penyimpanan gas cair. menjadi cikal bakal penemuan termos tempat menyimpan air panas dan dingin untuk minuman. Dewar melakukan penelitian bersama dengan John Fleming. Ia kemudian mengembangkan tabung hampa udaranya menjadi sebuah termos yang mampu mempertahankan suhu dingin dan panas.15 derajat Celsius. Selain mengajar. Penemuan vacuum flask (tabung hampa udara) oleh Sir James Dewar di Oxford University. James Dewar. Pada tahun 1904. ia juga sering melakukan penelitian.disini menyimpan airnya tidak hanya menyimpan air biasa tetapi juga menjaga suhu agar tetap. ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Edinburgh dan menjadi murid ilmuwan kimia Lyon Playfair.contohnya bila disi air panas maka suhu air dalam termos akan tetap tinggi karena panas tidak bisa merambat pada dinding termos. Dewar melihat peluang lain dari temuannya itu. .

3. Bagian dalam kaca dibuat mengilap agar kalor dari air panas tidak terserap pada dinding. bagian luar dinding kaca dibuat mengilap berlapis perak agar tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi. seperti gabus. Kita juga bisa membuat termos dengan bahan yang sederhana. Casing termos yang digunakan sebagai pengaman. isi di dalam termos tidak dapat dipengaruhi oleh perubahan -perubahan keadaan di luar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat termos antara lain adalah 1. Tabung kaca yang hampa udara berguna agar udara tidak bisa kontak atau bersentuhan langsung dengan air panas. Taruhlah toples kecil di atas gabus.Thermos flask yang berbentuk botol terbuat dari kaca berdinding rangkap. Inggris. Ruang hampa di antara bagian dalam dan luar berfungsi mencegah perpindahan kalor secara konveksi. Stereo foam. Aluminium foil 5. Pada tahun 1904 temuan brilian Dewar ini diproduksi secara komersial dengan pendirian perusahaan Thermos GmbH.Dimana bahan-bahan tersebut antara lain yaitu: 1. Gabus tipis (dibentuk lingkaran sesuai alas toples kecil) 4. hal ini karena masih ada transfer kalor (panas) dari air panas ke tabung kaca. Termometer 6. Balut toples kecil dengan aluminium foil 2. ia dikenal sebagai peneliti yang banyak menciptakan penemuan. 3. Sementara itu. James Dewar meninggal tahun 1923 saat berusia 80 tahun di London. Meski begitu. Toples kecil bertutup 2. Sampai akhir hayatnya. Toples kecil lain Cara kerja: 1. mencegah terjadinya perpindahan kalor secara konduksi. berguna untuk melindungi tabung kaca agar tidak kontak langsung dengan udara sekitar. Pada termos terdapat dinding kaca yang bagian dalam dan bagian luarnya dibuat mengilap. Dengan dinding semacam ini. Toples besar(lebih besar dari yang pertama)bertutup. 2. ruang di antara kedua dinding dibuat hampa dan satu dinding dalam ruang hampa ini dilapisi perak. setelah toples kecil diisi air panas tentunya . 4. Tutup termos juga sebagai isolator. Tutup termos terbuat dari bahan isolator. Masukkan gabus yang sudah dipotong di dasar tengah toples besar 3.

Termos menggunakan bahan yang bersifat adiabatik. Termos air terbuat dari tabung kaca yang berongga dan berwarna putih mengikap (spt cermin). Prisip kerjanya kalor yang masuk dalam tabung tidak bisa merambat keluar karena dihambat oleh kaca yg mempunyai warna putih dan mengkilap (warna putih dan mengkilap itu menyerap sedikit kalor dibandingkan dgn warna gelap). Akibatnya tidak . Nah dengan menggunakan bahan adiabatik ini termos mampu mempertahankan suhu air yang berada di dalamnya. Bahan adiabatik secara ideal menghambat atau tidak memungkinkan terjadinya interaksi. setelah itu masih dihambat lagi sama celah udara antara tabung dan dinding (karena udara adalah penghantar panas yg kurang baik) dan terakir adalah panas dihambat keluar oleh dinding termos yg biasa terbuat dr plastik ato logam yg penghantar panasnya kurang baik. sehingga tidak memungkinkan terjadinya interaksi. karena sistem terisolasi tidak terjadi pertukaran panas. 2. kemudian ada celah udara dan terakhir dinding termos. antara sistem dengan lingkungan. Sedangkan penutup luarnya (biasanya terbuat dari aluminium) berfungsi sebagai isolator antara tabung kaca dengan udara sekitar. Termos merupakan contoh sistem yang mendekati Sistem terisolasi dalam termodinamika.4.dan panas air tak bisa merambat keluar baik secara konveksi maupun konduksis. tapi pinggirnya tebal & hampa udara di tengahnya bukan solid/pejal seperti pinggiran gelas). Jadi dengan adanya tabung tersebut suhu di dalam termos tetap terjaga karena hampa udara menghambat perambatan panas melalui udara. tidak ada perpindahan kalor antara sistem dalam termos dengan lingkungannya. Akibatnya tidak terjadi pertukaran temperatur. Dengan demikian. Di dalam termos terdapat Proses adiabatic yang tidak ada kalor yang masuk (diserap) ataupun keluar (dilepaskan) oleh sistem (Q = 0). kemudian kalor dihambat oleh celah yg hampa udara pada tabung kaca. jadi antara didnding termos dengan tabung ada lapisan udara. Tunggu beberapa saat lalu bandingkan dengan air panas di toples kecil lain yang nggak didalam toples besar dengan thermometer. Elemen utama termos air adalah tabung kaca yang hampa udara di sekeliling termos tersebut (seperti gelas. antara sistem dengan lingkungan. tidak ada perpindahan kalor antara sistem dalam termos dengan lingkungannya. benda atau kerja dengan lingkungan. susunannya yang paling dalam adalah kaca tersebut. usaha yang dilakukan gas sama dengan perubahan energi dalamnya (W = ∆U). Prinsip kerja termos air Prinsip kerja termos itu sederhana.

Dengan demikian. maka dari itu suhu air dalam termos akan tetap. tidak ada perpindahan kalor antara sistem dalam termos dengan lingkungannya. Jika suatu sistem berisi gas yang mula-mula mempunyai tekanan dan volume masing-masing p1 dan V1 mengalami proses adiabatik sehingga tekanan dan volume gas berubah menjadi p2 dan V2. antara sistem dengan lingkungan. Karena pada proses adiabatik tidak ada kalor yang masuk (diserap) ataupun keluar (dilepaskan) oleh sistem (Q = 0). usaha yang dilakukan gas sama dengan perubahan energi dalamnya (W = ∆U). usaha yang dilakukan gas dapat dinyatakan sebagai Dimana γ adalah konstanta yang diperoleh perbandingan kapasitas kalor molar gas pada tekanan dan volume konstan dan mempunyai nilai yang lebih besar dari 1 (γ > 1). 3. Akibatnya tidak terjadi pertukaran temperature. Penerapan hukum termodinamika 1 dalam prinsip kerja termos air Penerapan hukum termodinamika yang 1 pada termos air terjadi pada Proses adiabatik. sehingga tidak memungkinkan terjadinya interaksi. maka dari itu suhu air dalam termos akan tetap. .terjadi pertukaran temperature.

Dengan demikian. tidak ada perpindahan kalor antara sistem dalam termos dengan lingkungannya. Saran 1. digunakan bahan yang terbuat dari bahan adiabatik. Hukum yang berhubungan dengan prinsip kerja termos air adalah hukum yang pertama yairtu pada proses adiabatic. Suhu di dalam termos tetap terjaga karena hampa udara menghambat perambatan panas melalui udara. sehingga tidak memungkinkan terjadinya interaksi. Karena pada proses adiabatik tidak ada kalor yang masuk (diserap) ataupun keluar (dilepaskan) oleh sistem (Q = 0). 2. Sebaiknya dalam pembuatan termos air. antara sistem dengan lingkungan. . B. Simpulan 1. usaha yang dilakukan gas sama dengan perubahan energi dalamnya (W = ∆U).dan panas air tak bisa merambat keluar baik secara konveksi maupun konduksis.BAB III PENUTUP A.

com/home02/conten… http://gudangmateri.DAFTAR PUSTAKA http://princesssweet.com// http://www.multiply.com .fisikaasyik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful