Apa itu masa puber ? dan bagaimana melihat tanda-tanda masa puber anak gadis remaja ? .

Dua pertanyaan yang banyak dijumpai ketika ada seminar tentang pubertas. Puber atau pubertas merupakan masa transisi antara masa anak-anak dan dewasa yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pada masa ini terjadi perubahan-perubahan baik fisik maupun psikologis. Ukuran dan bentuk badan berubah dari ciri khas anak ke bentuk dewasa. Tinggi badan dan berat badan cepat meningkat dan tanda-tanda organ seksual sekunder mulai muncul. Walaupun secara psikologis disebut early puberty yaitu pada usia 12-14 tahun, namun secara hormonal usia awal pubertas dimulai umur 8-13 tahun pada gadis remaja. Tanda awal pubertas pada gadis remaja ditandai pembesaran payudara, kemudian pertumbuhan tinggi badan yang cepat. Waktu timbulnya pubertas sangat bervariasi. Dan tidak semua pubertas ada di usia yang sama tetapi normalnya diantara usia tersebut. Jadi kalau usia 10 tahun pada Mona merupakan pubertas yang normal saja. Tetapi ada juga teman-temanya yang belum timbul tanda pubertas juga masih variasi normal. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya pubertas. Faktor-faktornya antara lain etnis, sosial, psikologis, nutrisi, fisik dan penyakit kronis. Semua faktor di atas dapat mempengaruhi kecepatan proses tumbuh kembang pubertas. Setiap etnis berbeda, sebagai contoh kelompok Asia berbeda dengan ras kaukasoid (kulit putih), juga tingkat sosial mempengaruhi prilaku sehingga mempercepat timbulnya pubertas. Nutrisi yang banyak mengandung hormon seperti makanan siap saji juga akan mempercepat pubertas. Penyakit kronis dapat merangsang sistem endokrin sehingga menyebabkan timbulnya pubertas lebih awal. Sedangkan yang memperlambat pubertas diantaranya: kondisi psikologis yang tertekan dan aktivitas fisik berlebihan juga menghambat pubertas.

Penyebab Perubahan Pubertas
1. Peran Kelenjar Pituitary ± Kelenjar pituitary mengeluarkan dua hormon yaitu hormon pertumbuhan yang berpengaruh dalam menentukan besarnya individu, dan hormon gonadotrofik yang merangsang gonad untuk meningkatkan kegiatan. Sebelum masa puber secara bertahap jumlah hormon gonadotrofik semakin bertambah dan kepekaan gonad terhadap hormon gonadotrofik dan peningkatan kepekaan juga semakin bertambah, dalam keadaan demikian perubahan-perubahan pada masa puber mulai terjadi. 2. Peran Gonad- Dengan pertumbuhan dan perkembangan gonad, organ-organ seks yaitu ciriciri seks primer : bertambah besar dan fungsinya menjadi matang, dan ciri-ciri seks sekunder, seperti rambut kemaluan mulai berkembang. 3. Interaksi Kelenjar Pituitary dan Gonad ± Hormon yang dikeluarkan oleh gonad, yang telah dirangsang oleh hormon gonadotrofik yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitary, selanjutnya

Energi Faktor yang perlu diperhatikan untuk menentukan kebutuhan energi remaja adalah aktivitas fisik. seperti olahraga yang diikuti baik dalam kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah. dan lambat laun berkurang menjelang wanita mendekati menopause dan pria mendekati climacteric. Selain itu. macaroni).net . Pada masa remaja terdapat perbedaan kebutuhan energi untuk laki-laki dan perempuan karena perbedaan komposisi tubuh dan kecepatan pertumbuhan. Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VI (WKNPG VI) tahun 1998 menganjurkan angka kecukupan gizi (AKG) energi untuk remaja dan dewasa muda perempuan 2000 . Makanan sumber karbohidrat adalah: beras. terigu dan hasil olahannya (mie.bereaksi terhadap kelenjar ini dan menyebabkan secara berangsur-angsur penurunan jumlah hormon pertumbuhan yang dikeluarkan sehingga menghentikan proses pertumbuhan. sedangkan untuk laki-laki antara 2400-2800 kkal setiap hari. Sedangkan menstruasi terjadi lebih kurang 2 tahun setelah timbulnya pembesaran payudara.Kebutuhan gizi remaja dan eksekutif muda relatif besar. Nah sekarang apakah Anda Sudan paham ?? http://berkahlangkah. cewek akan terlihat cepat besar dibanding teman cowok seumur. interaksi antara hormon gonadotrofik dan gonad berlangsung terus sepanjang kehidupan reproduksi individu. Pada saat ini badan remaja cewek akan cepat besar. spagetti. AKG energi ini dianjurkan sekitar 60% berasal dari sumber karbohidrat. Sejak lahir hingga usia 10 tahun. sehingga pada umur yang sama biasanya saat awal pubertas. sehingga diperlukan zat gizi yang lebih banyak. karena masa pubertas mereka ditandai dengan: y y y y Perubahan pembesaran buah dada Tumbuh rambut pada kemaluan dan ketiak. energi yang dibutuhkan relatif sama dan tidak dibedakan antara laki-laki dan perempuan. ciri ciri remaja yang sedang berkembang Sebenyarnya cara unguk melihat masa pubertas Pada gadia remaja cukup mudah. umbi- .2200 kkal.php KEBUTUHAN GIZI REMAJA Perlu Lebih Banyak Zat Gizi Gizi. remaja umumnya melakukan aktivitas fisik lebih tinggi dibanding usia lainnya. Remaja dan eksekutif muda yang aktif dan banyak melakukan olahraga memerlukan asupan energi yang lebih besar dibandingkan yang kurang aktif. karena mereka masih mengalami pertumbuhan. Pertamakali rambut tersebut tipis makin lama menjadi tebal menjadi sama dengan dewasa.com/health-itu-kesehatan/melihat-tanda-tanda-masa-pubertas-gadisremaja.

Besi Kebutuhan zat besi pada remaja juga meningkat karena terjadinya pertumbuhan cepat. kebutuhan protein laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan karena perbedaan komposisi tubuh. kacang-kacangan. Kebutuhan besi pada remaja laki-laki meningkat karena ekspansi volume darah dan peningkatan konsentrasi haemoglobin (Hb). Berbagai sumber protein adalah: daging merah (sapi. tahu).0 gr/kg BB/hari. kerbau. zinc. Makanan sumber protein hewani bernilai biologis lebih tinggi dibandingkan sumber protein nabati. Protein Kebutuhan protein juga meningkat pada masa remaja. mengakibatkan tingginya kebutuhan mereka akan zat besi. Pada akhir masa remaja. karena komposisi asam amino esensial yang lebih baik. kacang-kacangan. karena proses pertumbuhan yang sedang terjadi dengan cepat. Pada perempuan. Kalsium Kebutuhan kalsium pada masa remaja relatif tinggi karena akselerasi muscular. Setelah dewasa. Kecukupan protein bagi remaja 1. skeletal/kerangka dan perkembangan endokrin lebih besar dibandingkan masa anak dan dewasa. dan lain-lain. susu dan hasil olahannya (keju. Hal ini mengakibatkan perempuan lebih rawan terhadap anemia besi dibandingkan aki-laki. gula. Sebaliknya defisiensi besi mungkin merupakan limiting factor untuk pertumbuhan pada masa remaja. sayuran hijau. kebutuhan protein remaja perempuan lebih tinggi dibandingkan laki-laki. dan lain-lain. Perempuan dengan konsumsi besi yang kurang atau mereka dengan kehilangan besi yang meningkat.5 . yakult). Pada remaja dengan defisiensi besi maka penyerapan besi akan lebih efisien dibandingkan yang tidak defisiensi besi. dari segi kualitas maupun kuantitas. ikan. Pada awal masa remaja. kedele dan hasil olahannya (tempe. . adalah bioavailability dari makanan umumnya sangat rendah yaitu <10 persen. singkong).umbian (ubi jalar. kelinci). tannin. mentega. Status besi dalam tubuh juga mempengaruhi efisiensi penyerapan besi.2. daging putih (ayam. dan lain-lain. karena memasuki masa pertumbuhan cepat lebih dulu. akan mengalami anemi gizi besi. fitat. Yang dapat meningkatkan penyerapan besi dari sumber nabati adalah vitamin C serta sumber protein hewani tertentu (daging dan ikan). jagung. Sumber besi dari hewani mempunyai bioavailability yang lebih tinggi dibandingkan sumber nabati. Lebih dari 20 persen pertumbuhan tinggi badan dan sekitar 50 persen massa tulang dewasa dicapai pada masa remaja. AKG protein remaja dan dewasa muda adalah 48-62 gr per hari untuk perempuan dan 5566 gr per hari untuk laki-laki. kebutuhan yang tinggi akan besi terutama disebabkan kehilangan zat besi selama menstruasi. Sumber kalsium yang paling baik adalah susu dan hasil olahannya. kambing). Sumber kalsium lainnya ikan. dan lainlain. Sedangkan zat yang dapat menghambat penyerapan besi antara lain adalah cafein. kebutuhan besi menurun. Hal lain yang perlu diingat. AKG kalsium untuk remaja dan dewasa muda adalah 600-700 mg per hari untuk perempuan dan 500-700 mg untuk laki-laki.

Dan vitamin A. antara lain yang berperan dalam metabolisme karbohidrat menjadi energi seperti vitamin B1.AKG besi untuk remaja dan dewasa muda perempuan 19-26 mg setiap hari. terutama untuk remaja laki-laki. domba). Karena kebutuhan energi meningkat.htm . Kamis. sedangkan untuk laki-laki 13-23 mg per hari. Vitamin Kebutuhan vitamin juga meningkat selama masa remaja karena pertumbuhan dan perkembangan cepat yang terjadi. B2 dan Niacin. Untuk sintesa DNA dan RNA diperlukan vitamin B6. daging putih (ayam. @ Sumber: Kompas. asam folat dan vitamin B12. 20 Juni 2002 http://www. kambing. sayuran hijau. AKG seng adalah 15 mg per hari untuk remaja dan dewasa muda perempuan dan laki-laki. C dan E untuk pembentukan dan penggantian sel. ikan). kacang-kacangan. sedangkan untuk pertumbuhan tulang diperlukan vitamin D yang cukup. maka kebutuhan beberapa vitamin pun meningkat. Makanan yang banyak mengandung zat besi adalah hati. Seng (Zinc) Seng diperlukan untuk pertumbuhan serta kematangan seksual remaja. daging merah (sapi.com/kesehatan/news/senior/gizi/0206/19/gizi3.kompas.