P. 1
Pembuatan PCB

Pembuatan PCB

|Views: 340|Likes:
Published by erfansah
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: erfansah on Sep 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2011

pdf

text

original

Pembuatan PCB (Printed Circuit Board) Sebelum pembuatan suatu rangkaian maka perlu disiapkan terlebih dahulu papan

rangkaian tercetak (PCB). PCB ini berguna sebagai tempat atau dudukan komponen dan tempat melekatnya penghantar yang menghubungkan kaku komponen yang satu dengan yang lainya sesuai dengan skema rangkaian yang akan kita buat. Dengan menggunakan PCB maka komponen dapat ditata dengan rapi dan praktis. Bahan untuk PCB Yaitu papan dari bahan Vertinax atau gelas epoxy yang dilapisi tembaga. papan ini disebut Coper Clad dan sering disebut PCB polos. Spidol Permanen, untuk menggambar jalur pengawatan digunakanalat yang menempel pada tembaga, tidak luntur dan tahan air tetapi mudah dapat dihilangkan kembali. 1. Feri Clorida, untuk menghilangkan lapisan tembaga. Perlu diketahui bahwa lapisan tembaga pada coper clad tidak semuanya digunakan, tetapi ada bagian yang harus dihilangak. Untuk menghilangakn lapisan tembaga yang tidak terpakai ini digunakan larutan FeCl (Feri Clorida). 2. Pembersih, untuk membersihkan bekas jalur pengawatan, tentu saja alat ini harus disesuaikan dengan bahan yang dipakai menggambar jalur pengawatan. Dalam hal ini dapat digunakan minyak tanah maupun amplas halus. 3. Bor, untuk pembuatan/membuat lubang tempat kaki komponen IC menggunakan bor dengan ukuran mata bor dengan ukuran 0,8 mm dan untuk komponen yang berukuran 1 mm .
3

Dalam pembuatan PCB melalui beberapa tahap, yaitu : 1. Pembuatan pola layout PCB, rancangan jalur penghantar dibuat di atas kertas sesuai dengan skema yang akan dibuat. Perlu diketahui bahwa gambar jalur penghantar tidak harus lurus seperti seperti pada skema. Di sini boleh berbelok sesuai dengan keadaan. Selain itu letak komponen dapat diatur sesuai dengan kehendak, artinya letak komponen tidak harus berurutan

sesuai dengan kehendak, artinya letak komponen tidak harus berurut seperti pada skema. Yang terpenting adalah hubungan jalur penghantar sesuai dengan skema. Pembuatan lay-out PCB dapat pula dilakukan dengan menggunakan software. Beberapa contoh software yang digunakan yakni: • • • • • • Protel PCB Express PCB Eagle FreePCB Rimu PCB Dll.

2. Layout Laminating yaitu pembuatan gambar jalur pad coper clad disisi tembaganya. Cara menggambarnya adalah dengan menjiplak atau menyali gambar pola yang telah dibuat pada langkah ke-1 menggunakan spidol permanen. 3. Etching, yaitu pelarutan lapisan tembaga yang tidak terpakai. Pada proses ini coper clad yang telah diberi gambar dimasukkan kedalam larutan feri clorida kemudian di goyang-goyangkan dalam larutan sampai lapisan tembaga yang tidak Tertutup larut (hilang) semua. 4. Cleaning, yaitu pembersihan sisi laminating. Alat pembersih disesuaikan dengan bahan laminating yang dipakai. Dalam contoh ini digunakan munyak tanah. Pembersihan dapat dimulai dengan minyak tanah lalu digosok dan dicuci pakai sabun sampai bersih. Bila kurang bersih atau tidak mengkilat, dapat diampelas halus. 5. Pelubangan yaitu membuat lubang dengan menggunakan bor, pada tiap-tiap titik yang akan dipasang kaki komponen.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->