P. 1
Cara Mudah Mengukur CAPASITOR Dgn Avo Digital Modif

Cara Mudah Mengukur CAPASITOR Dgn Avo Digital Modif

|Views: 86|Likes:
Published by kalakik

More info:

Published by: kalakik on Sep 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/25/2011

pdf

text

original

Cara Mudah Mengukur CAPASITOR dgn Avo digital Modif Cara Mudah Mengukur CAPASITOR by : rudifast a.k.

a FASTREPAIRLABS FASTREPAIR TRAINING CENTER SURABAYA Permasalahan pengukuran yang sering dialami teknisi adalah bagaimana cara menentukan nilai sebuah capasitor,karena secara umum teknisi ponsel sudah mengerti untuk cara ukur standard dari komponen mikro seperti resistor,jalur koneksi,lilitan dan dioda. Tapi untuk komponen capasitor seringkali teknisi menebak saja apakah komponen tsb normal apakah tdk,kendala ini iseng2 coba saya kupas pelan2 agar teknisi menemukan “jalan” untuk menganalisa suatu kerusakan Hardware dengan lebih teliti dan Akurat. Cara yg biasa saya pakai yakni dengan menggunakan Avometer Digital dengan Kemampuan Plus,Merk yg dipakai usahakan yg bukan abal2 alias merk china,pastikan merk yg dipakai yg sudah punya reputasi bagus seperti Sanwa,Kyoritsu ,Heles,dan lainnya. Yakni memiliki komponen elektronis digital yg mampu mengukur nilai sebuah kapasitor dengan lambang Cx seperti pada gambar dibawah ini :

Pada area yg dilingkari biru ,anda harus sedikit kreatif dengan menambahkan kabel avo tambahan yg disambung langsung pada kutub + Cx dengan reduksi dari area + VmA sebesar 50 ohm,maksudnya jalur Cx + dijumper ke jalur VmA + dengan Tahanan 50 Ohm ,sebab jika tdk dijumper hasil ukur yg keluar dilayar tdk akan stabil/berubah terus sehingga tdk akan akurat. Sedangkan untuk kutub Cx – sama saja jalurnya dengan Area COM atau ground. Berikut ini contoh hasil pengukuran dengan alat ini :

Pada ponsel CDMA Nokia 6235 (karena waktu ngetes yg difoto pake hp ini,untuk hp type lain sama saja) Pada skema capasitor C2101 memiliki nilai 10 n atau 10 nano paraf, kabel dari Cx+ dan Cx – saya hubungkan dengan kedua kutub capasitor c21010 dan hasilnya dapat terlihat seperti pada gambar,yakni bernilai 9,24 n artinya akurasi pengukuran masih kategori akurat dengan toleransi + dan – 10% untuk nilai 10n range normalnya adalah 10-1 dan 10+1 (9 s/d 11 n)

HASIL UKUR PADA ALAT

NB:

Cendol seger siap ditampung dikulkas nih..wkwk.. promosi dikit ah..xixixi...

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->