P. 1
Jenis Jenis Musik Traisiomal

Jenis Jenis Musik Traisiomal

|Views: 3,972|Likes:

More info:

Published by: MaNk ArIck Emmo EoTa on Sep 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2012

pdf

text

original

JENIS JENIS MUSIK TRADISIONAL

1. Musik Tradisional Jakarta Jakarta atau dikenanl dengan nama Betawi merupakan pusat pemerintahan dan ibu kota. Kebudayaan betawi sendiri terbentuk dari interaksi antar budaya sejak abad ke-18, seperti budaya Belanda, Cina, Portugis, Bugis, Makasar, dan Bali. Seni budaya tradisional khas Betawi yaitu :

a. Gambang Kromong Adalah sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat musik umum (barat) misalnya alat tiup dan alat gesek . Tangga nada yang digunakan pentatonis Cina. Instrumennya; gong, gendang suling, bonang, kecrek, dan rebab sebagai melodi. Dinyanyikan secara bergilir antara laki-laki dan perempuan. Lagunya berbentuk pantun.

b. Tanjidor Adalah kesenian tradisional khas Betawi (Jakarta). Ciri khasnya pada macam-macam alat musik tiup dari kuningan (trompet dll) dan dilengkapi genderang besar (bas drum) sperti pada drum band. Semua personilnya bermain sambil berdiri.

Fungsi gambelan adalah untuk menriringi pagelaran wayang kulit. kelompok pencon. di antaranya : a. Terbang jidor. ketoprak. Gong gumbeng. Musik terbang Satu perangkat (unit) gambelan yang lengkap terdiri atas instrumen (alat musik) sebagai berikut : a. demgan alt musik sederhana c. Kelompok balungan. 2. Musik kentongan. yaitu laras slendro dan laras pelog. Musik kentrung. upacara sekaten. . Laras gambelan terdiri atas dua macam. menggunakan alat kentongan f. sebegai pengaruh budaya islam d. Tangga nada yang digunakan adalah laras selendro dan pelog. terdapat di daerah Banyumas/Purwekerto g. kuningan. Musik calung. Musik Tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur Salah satu musik Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menonjol atau populer adalah musik gambelan. dan perunggu serta kayu. tari-tarian Jawa.Bentuk gambelan) dan susunan tangga nada (laras pada musik Tangga nada dalam gambelan Jawa disebut laras. Media (bahan) gambelan dibuat dari logam. Kelonpok pelengkap. b. dimainkan dengan cara bersamaan dan merupakan suatu asambel atau simphony. Musik lesung e. e. kelompok blimbingan.2. wayang orang.1. . c. Musik tradisional yang lain. kelompok kendang. Arti gembelan adalah seperangkat alat musik yang cara membunyikannya dengan cara dipukul atau ditabuh. dan klenengan untuk upacara adat. d. seperti besi. dengan menggunakan terbang b.

semacam gambang yang terbuat dari kayu dan tangga nada yang digunakan adalah nada diatonis. lagu wajib Indonesia. Musik Tradisional BalI Musik tradisional Bali hampir sama dengan music Jawa (gamelan). Musik ini berjenis idiophone. 1. Perbedaannya adalah pada musik gambelan bilahnya terbuat dari logamdan dimainkan dengan duduk. Musik Tadisional Minahasa Musik tradisional Minahasa Memiliki alat musik khas yang yang disebut kolintang. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonis. saron. 4. Gamelan Bali lebih ekspresif dan dinamis iramanya. Musik kolintang termasuk musik perkusi melodis. yaitu instrumen yang ditabuh atau diketuk.2 Contoh Musik Tradisional Bali a. Hanya resonator pada gamelan Bali lebih tinggi dari pada resonator gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Musik kolintang merupakan musik tradisional dari daerah Minahasa.3. Gamelan . Bentuk alat musik kolintang sama seprti gambang. dan gender pada gambelan. Seni musik kolintang saat ini sudah banyak dikenal masyarakat seluruh Indonesia dan dijadikan kekayaan budaya nasional. Tangga nada yang dipakai adalah diatonis yang mampu membawakan lagu jenis minor dan mayor serta mampu membawakan berbagai macam lagu daerah berbagai macam nada dan irama. Sulwesi Utara. Tangga nada yang dipakai adalah pelog dan selendro. yang setiap instrumennya terdiri atas bilahan yang dibunyikan dengan ditabuh . serta lagu-lagu daerah. lagu pop Indonesia. dan keroncong. yang terbatas dalam membawakan lagu-lagu.

Musik Daerah ini mendapat pengaruh dari agama Kristen . Gong 5. b. d.b. Rindik/tingklik d. 6. c. Alat musik tiup yang terdiri atas puwi-puwi (hobo). b. Popondi atau talindo (musik satu dawai dipetik). Keso. Instrumen musik keduanya terdiri atas : a. Musik Tradisional Sulawesi Selatan Musik tradisional Sulawesi Selatan terdiri atas dua jenis. e. Salude dan arababu dengan dawai. Garpu tara dari bambu dan suling bambu. Jegog c. basing Bugis (suling kembang). c. dan basing-basing (klarinet). Musik Tradisional Sulawesi Utara Instrumen musik dari daerah Sulawesi Utara Terdiri atas : a. yaitu rebab dengan dua dawai yang digesek (Makasar). Kecapi (Makasar) dan kecaping (Bugis). Tegonggong (gendang kulit). yaitu musik Makasar dan musik Bugis. Gendang (genderang dan terbang atau rebana).

Menurut sejarahnya berasal dari alat yang digunakan untuk menghalau burung di sawah yang terbuat dari belahan bambu yang disebut kekeprak. mengiringi gending karesmen (nyanyian resmi). dan calung jinjing. dan sarana hiburan. c. bonang. Kekeprak ini dibunyikan dengan cara digerakkan dengan air yang jatuh dari pancuran. atau keruni. Tangga nada digunakan adalah pentatonis (pelog dan slendro). Gendang besar dan kecil. Musik Tradisional Kalimantan Musik tradisional kalimantan merupakan musik khas suku Dayak dengan instrumen yang terdiri atas : a. b.7. 8. Gamelan Degung adalah seperangkat alat musik /gamelan yang mempunyai ciri tertentu dalam warna musiknya. Calung Adalah seperangkat alat musik terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul. calung gamelan. saron. suling. Instrumen yang digunakan. Tanga nada yang digunakan mulanya pentatonis slendro yang kemudian dikembangkan menjadi laras pelog. jengglong. kledi. Suling yang disebut juga dengan kedire. Gong (tawah). Kekeprak ini digunakan untuk menakuti sero (binatang pemakan ikan peliharaan di kolam atau sawah). Keberadaannya telah di kenal sejak zaman Pakuan Pajajaran. tetapi sekarang digunakan untuk mengiringi sendratari. d. rincik. b. Alat tersebut berkembang menjadi calung dan sekarang terdiri dari bentuk dan nama berbeda seperti calung gambang. Pada awalnya musik ini untuk acara keagamaan. Kasapi atau sampek (alat musik petik). . kecapi. dan rebab. Musik Tradisional Jawa Barat (sunda) a.

Arumba Adalah singkatan dari alunan rumpun bambu. dan sordam) . kemudian setelah dikenal gitar maka digunakan untuk menggantikan kecapi. h. Klenengan Adalah suatu pertunjukkan atau permainan gamelan yang menggunakan vokal atau nyanyian. Bill Saragih dan Sukardi. dan celempungan (bambu besar yang diberi dawai). salodap. rebab. 9. d. Instrumennya terdiri atas kecapi. Gending Cianjuran Adalah jenis musik yang menonjolkan vokal khas Cianjur. Prinsipnya hampir sama dengan angklung hanya dilengkapi dengan susunan bambu mirip gambang/saron yang dibunyikan dengan cara dipukul. Musik Tradisional Batak Musik daerah Batak disebut dengan musik gondang atau musik tataganing yang membawa penanaman kesadaran musik diatonis yang harmonis. yakni alat yang mendominasi pada jenis musik ini. Vokal/nyanyian diiringi dengan kecapi.c. e.Tokoh musik angklung yaitu Daeng Sutisna. Rahmat. g. yang mendapat pengaruh dari gereja. Tokohnya antara lain . Musik ini digunakan sebagai sarana hiburan para bangsawan Sunda. Dulu menggunakan tangga nada pentatonis dan sekarang menggunakan diatonis. Jon Jayana. H. tarafat. Celempungan Adalah jenis musik yang mengutamakan vokal/nyanyian atau gending. Angklung Adalah seperangkat alat musik terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dikocok. Gamelan ini dilengkapi dengan seperangkat gendang yang berfungsi untuk mengiringi tarian klasik maupun modern. Tarling Berasal dari Cirebon yang ambil dari singkatan gitar dan suling. Tokohnya antara lain . Kini celempungan telah diganti dengan perangkat gendang dan gong. a. Abdul Ajid dan Uun S. Menurut sejarahnya angklung digunakan untuk memeriahkan pesta padi disawah. suling dan rebab. f. Yos Rosadi. Seruling (salonat. Semula alatnya adalah gamelan bambu lalu meningkat pada kecapi kemudian gamelan yang terbuat dari besi atau perunggu.

b. Talempong berupa campuran alat musik daerah setempat dengan alat musik barat. puput batabg padi. c. Alat musik tiup atau puput tanduk. e. .terompet). c. Alat musik Barat (gitar. dan serunai. 10. dan arbab yang dapat dilaras atau distem Tanggetong atau nungneng Gerantung (semacam gambang) dan gong. gendang besar.biola. Alat musik Perkusi yang terdiri atas ketipung. d. seperti: a. Musik Tradisional Sumatra Barat Minangkabau. hasapi. Gendang (tataganing atau gondang) Kulcapi. Musik yang terkenal di Minangkabau adalah talempong.suling. b. hapetan. gendang sedang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->