RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SILABUS DAN MATERI BAHAN AJAR

MATA KULIAH : DASAR PEMASARAN

OLEH ARIEF YULIANTO

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2008

1

kecuali ada alasan yang adapat dipertanggungjawabkan. keunggulan bersaing dalam pasar global. target pasar. lingkungan pemasaran. Telah membaca dan membawa sekurang-kurangnya buku referensi utama pada setiap perkuliahan. Sesuai dengan Tata Tertib Mengikuti Kuliah yang ditetepkan oleh UNNES. 13.30 C3 319 Arief Yulianto Standar Kompetensi Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan secara komprehensif berbagai konsep dasar dalam manajemen pemasaran mulai dari analisis lingkungan. pengembangan produk dan daur hidup produk. perilaku pasar. mendesain produk. menjelaskan serta menganalisis aktivitas pemasaran yang terkait dengan pengertian konsep dan lingkup pemasaran. manajemen penjualan dan personal selling. Metode Pembelajaran Agar dicapai hasil pengajaran yang optimal.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Kuliah SKS Kode Mata Kuliah Hari / Jam Ruang Dosen Pengampu : : : : : : Dasar-Dasar Pemasaran 2 (dua) SKS ECG117 Jumat. Persyaratan Mengikuti Kuliah a. kepuasan pelanggan. d. 2 . b. 40% nilai ujian: Tugas Tugas pada mata kuliah ini dapat bersifat tugas individu atau tugas kelompok. 15% nilai tugas individu/kelompok. 30% nilai tes/kuis. 15% nilai presentasi/ keaktifan dalam kelas dan c.00 – 14. serta observasi mandiri di luar kelas (lapangan) untuk mengeksplorasi fenomena pemasaran yang kontekstual Sistem Penilaian Penilaian atas keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti dan memahami materi pada mata kuliah ini didasarkan penilaian selama proses perkuliahan dan nilai ujian. merek. kemasan dan layanan. maka pada mata kuliah ini digunakan kombinasi metode pembelajaran ceramah dan diskusi di dalam kelas dengan media pembelajaran kasus-kasus pemasaran khas Indonesia. dengan komposisi sebagai berikut: a. saluran distribusi. b. penetapan harga produk. penyusunan strategi dan bauran pemasaran serta mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam bentuk contoh-contoh konkrit dalam praktek manajemen pemasaran perusahaan. dan pemberian tugas oleh dosen dilakukan pada saat perkuliahan baik di kelas. Indikator Mahasiswa dapat memahami. Tidak ada toleransi terhadap keterlambatan penyerahan/ pengumpulan tugas. komunikasi pemasaran.

Konsep dan orientasi pemasaran 4. Waktu kebelakang dan lain-lain disediakan sepuluh menit pada tengah perkuliahan. pelanggan. Pendekatan sistem dalam pemasaran 2. perantara. ekonomi. .Tahap tahap sejarah perkembangan pemikiran pemasaran .Mampu menjelaskan beberapasudut pendekata pada pemasaran .Lain-lain: a.Beberapa pengertian. Proses keputusan membeli TUJUAN INSTRUKSI KHUSUS Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan.Beberapa karakteristik yang mempengaruhi keputusan pembelian .Perlunya pemahaman secara lingkungan sistematis dalam kegiatan pemasaran . Lingkungan pemasaran Makro (demografi. Fungdi universal dan tantangan pemasaran 2 LINGKUNG AN PEMASARAN 1. Lingkungan pemasaran mikro (Pemasok.Menjelaskan beberapa sifat/ 3 . unsur dan falsafah dan pemikiran tentang pemasaran yang berkembang sampai saat ini . Toleransi keterlambatan untuk dosen dan mahasiswa adalah 30 menit dari jadual. Perkembangan dan sejarah pemikiran tentang pemasaran 3. Syarat dan Prasyarat Mata Kuliah Tidak ada Rencana Perkuliahan Pert POKOK ke BAHASAN 1 PENGERTI AN KONSEP DAN LINGKUP PEMASAR AN SUB POKOK BAHASAN 1.Mampu menjelaskan tujuan dari sistem pemasaran . dll) 3 PERILAKU PASAR 1.Mampu memberi contoh aspek lingkungan mikro dan maro dan bagaimana lingkungan tersebut memberi pengaruh kepada kegiatan pemasaran perusahaan Mahasiswa dapat menerangkan. konsep. b. Alat komunikasi mahasiswa dimatikan selama perkuliahan c. sosbud. Pengertian dan ruang lingkup pemasaran 2.Mampu membedakan antara konsep pemasaran secara luas dan konsep penjualan Mahasiswa mampu menjelaskan . pesaing ) 3.Menjelaskan pelaku lingkungan mikro dan makrodalam kegiatan pemasaran . . Karakteristik yang mempengaruhi pembelian 2. teknologi.

aktif berdiskusi.Mengetahui pengertian segmentasi pasar dan jenis serta dasar pembuatan segmentasi .Hakekat dari suatu produk dan menjelaskan dasar penggolongan produk . Pasar Industri TUJUAN INSTRUKSI KHUSUS keadaan perilaku pasar . Strategi pada daur hidup produk 7 KASUS KASUS PEMASAR AN Contoh kasus nyata pada materi pemasaran Diskusi kasus pemasaran 4 . faktor dan proses keputusan pembelian dari pasar konsumen dan industri Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan .Mengetahui fungsi dan keputusan kemasan dan merek . Pasar konsumen 4.Mengetahui pilihan strategi yang paling tepat tiap tahapan hidup prosuk Mahasiswa ditawarkan kasus pemasaran. Arti Produk 2.Mengetahui tahapan evolusi daur hidup produk . Sasaran pasar dan posisi keunggulan 5 MENDE SAIN PRODUK.Bagaimana mengukur dan meramalkan permintaan di pasar . Mengukur dan meramalkan pasar permintaan 2.Mengetahui bagaimana menetapkan pasar sasaran bagi produk perusahaan dan menetapkan posisi keunggulan persaingan Mahasiswa dapat mengetahui .Menjelaskan karakteristik. KEMASAN DAN LAYANAN 1. Keputusan pelayanan 5.Pert ke - POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN 3. Stratei dan keputusan merek dan kemasan 4. MEREK. Daur hidup produk 3.Mengetahui dasar pelayanan yang diberikan atas suatu produk Mahasiswa dapat memahami . dan membahas relevansi teory 4 TARGET PASAR 1. Segmentasi pasar dan dasar segmentasi 5.Tantangan yang dihadapi dalam pengembanan produk . Penggolongan Produk 3. Jenis Jenis Pasar 4. Luas pasar 3.Dapat menggolongkan berbagai jenis pasar beserta masing masing karakteristiknya . Produk individual dan lini produk 6 PENGEMBANG AN PRODUK DAN DAUR HIDUP PRODUK 1. Strategi dan proses pengembangan produk baru 2.

Faktor faktor yang mempengaruhi penetapan harga 3.Pert ke - POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN 8 PENETAPAN HARGA PRODUK 1. Organisasi saluran distribusi 3. 2.Mengetahui langkah langkah dalam pengembangan komunikasi yang efektif .Menerangkan cara pengelolaan pergudangan. memilih pesan.Menjelaskan langkah langkah dalam menetapkan harga. media yang 10 KOMUNIKASI PEMASAR AN 1.Mahasiswa diberi penawaran tema kasus pemasaran yang relevan dengan teory yang telah dipelajari Mahasiswa mampu menerangkan . persediaan dan angkutan Mahasiswa mengetahui dan memahami .Mampu menjelaskan persaingan berdasarkan harga dan non harga Mahasiswa mengetahui .Bisa menjelaskan jalur jalur dan pelaku saluran distribusi .Mengetahui bagaimana memilih disain saluran distribusi yang akan digunakan .Mengetahui pedoman umum dalam penetapan harga ( biaya.Pengertian.Fungsi dan hakekat saluran distribusi bagi pemasaran produk .Menjelaskan konsip bauran promosi . dan mengetahui faktor faktor yang mempengari penetapan harga .Pentingnya sistem komunikasi bagi pemasaran .Mengidentivikasi sasaran pasar. Strategi dan keputusan rancangan saluran distribusi 4. Pengertian dan fungsi harga 2. Kebijaksanaan dan Metode Penetapan harga 9 SALURAN DISTRIBUSI 1. potongan dll) . 4. fungsi dan pengaruh harga pada produk. Distribusi fisik dan ogistik TUJUAN INSTRUKSI KHUSUS yang telah dipelajari dan tantangan nyata di dunia pemasaran . Komunikasi yang efektif Bauran promosi Periklanan Promosi penjualan Publisitas dan humas 5 . pemasar dan konsumen . sasaran. audience yang dituju. laba. Sifat saluran distribusi pemasaran 2. 5. 3.

Peluang lingkungan pemasaran global 14 KASUS KASUS PEMASAR AN Contoh kasus nyata pada materi pemasaran Mahasiswa dapat memahami . Memilih strategi dalam posisi persaingan 4.Menjelaskan cara mempertahankan nilai kepuasan bagi pelanggan .Mampu memberikan solusi bagi strategi yang diperlukan dalam pasar persaingan .Mampu mengidentifikasi tantangan ancaman hambatan dan peluang .Mahasiswa ditawarkan kasus pemasaran.Menjelaskan konsep dan pemasaran mutu dan nilai produk 11 MANAJE MEN PENJUALAN DAN PERSONAL SELING 1. Analisis persaingan 2. Mempertahankan pelanggan 4.Menjelaskan metode metode dalam iklan dan promosi penjualan .Proses dalam menganalisis peta persaingan .Karakteristik nilai bagi pelanggan dan kepuasan .Memahami kebutuhan armada penjualan yang diperlukan dalam pemasaran dan metode pengadaannya ( merekrut seleksi dan melatif armada penjualan) Mahasiswa mampu menjelaskan . 6 . Peran penjualan 2. Pelayanan mutu terpadu 13 KEUNGGULAN PERSAING AN DAN PASAR GLOBAL 1.Pert ke - POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN TUJUAN INSTRUKSI KHUSUS digunakan dan tanggapan yang diharapkan .Bagaimana perusahaan dapat memberikan nilai kepuasan atas produk yang dipasarkan . Wiraniaga dan personal seling 12 KEPUASAN PELANG GAN 1. Nilai bagi Pelanggan 2. Peluang tantangan ancaman dan hambatan 3. aktif berdiskusi.Mengetahui fungsi penjualan dalam pemasaran .Menjelaskan peran dan fungsi hubungan masyarakat dan publisitas dalam pemasaran Mahasiswa mampu . Kepuasan pelanggan 3.Membahas segi segi lingkungan pemasaran dalam sistem global . Membangun armada penjualan 3.

Kevin Lane Keller. Twelfth Edition. Marketing Management. Bandung : Alfabeta. Analisis. (2006). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. (2004). Philip Kotler. Marketing in Venus.Jakarta : Penerbit Erlangga. (1993). (2000). Jakarta : Gramedia 7 . Gary Armstrong. Ltd Philip Kotler. Hermawan Kertadjaya. (2005). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Gramedia Fandy Tjiptono.Pert ke - POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN Diskusi kasus pemasaran TUJUAN INSTRUKSI KHUSUS dan membahas relevansi teory yang telah dipelajari dan tantangan nyata di dunia pemasaran . Referensi Pendukung Bilson Simamora. Implementasi dan Pengendalian. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Dasar-Dasar Pemasaran.Pearson Education. Jakarta : Prenhalindo Philip Kotler. Yogyakarta : Penerbit Andi. Marketing Second Generation. Principles of Marketing Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga. (2000). New Jersey : Prentice Hall . McCarty. (2005). (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. (2005). Azas-Azas Marketing. Manajemen Pemasaran. Pte. (1998). Jakarta : Gramedia Hermawan Kertadjaya. Perencanaan.Mahasiswa diberi penawaran tema kasus pemasaran yang relevan dengan teory yang telah dipelajari Referensi Referansi Utama Basu Swastha. Perreault. Yogyakarta : Penerbit Liberty Buchori Lama.