P. 1
1.Word&Excel 2010

1.Word&Excel 2010

|Views: 335|Likes:
Published by arbinhs

More info:

Published by: arbinhs on Sep 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

 

2010 
 

PRAKTIKUM PENGANTAR KOMPUTER & INTERNET UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

     

MICROSOFT OFFICE 2007

Pengantar Komputer&Internet 2010   Tujuan Pembelajaran :
1. Mempelajari fungsi umum pada Microsoft Word 2007, Microsoft Excel 2007 dan Microsoft Powerpoint 2007 2. Lebih mahir dalam menggunakan tools dan memaksimalkan penggunaannya 3. Diharapkan kepada mahasiswa untuk terlebih dahulu membaca dan mencoba praktikum di rumah
 

ii   

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  MICROSOFT WORD 2007 
  Microsoft Word adalah program bantu pengolah kata dengan berbagai tools yang memudahkan kita untuk membuat sebuah dokumen, mengedit serta menghapusnya. Dalam kesempatan ini, kita akan mencoba melihat kelebihan-kelebihan penggunaan Microsoft Word 2007 untuk membantu kita dalam mengolah dokumen sesuai dengan keinginan kita.

I.

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2007
a. Membuka aplikasi Microsoft Word
Untuk dapat masuk ke dalam aplikasi Microsoft Word, kita dapat menggunakan beberapa cara yaitu : Double Klik icon Microsoft Word pada Desktop

Atau Klik Start Word 2007

Programs

Microsoft Office

Microsoft

1   

saat kita mengklik anak panah Customize Quick Access Toolbar. References Tab. Review Tab dan View Tab 2. Undo (Ctrl+Z). Page Layout Tab. Insert Tab. dan Redo.       2    . Pada awalnya Quick Access Toolbar berisi Save. Mengenal Fitur-fitur dalam Microsoft Word Microsoft Word 2007 memberikan tampilan yang lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan tools atau fitur-fitur yang disediakan Keterangan 1. Groups yang membagi masing-masing tab ke dalam sub tasks 3.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Meskipun demikian. Command Buttons yang berisi perintah-perintah maupun kumpulan perintah Saat mengklik anak panah di sudut bawah masing-masing tab akan muncul kotak dialog Quick Access Toolbar Quick Access Toolbar yang berada di atas tabs menyediakan akses mudah terhadap perintah-perintah yang umum digunakan. Word akan menampilkan daftar perintah yang dapat ditambahkan maupun dihilangkan dari Quick Access Toolbar.WORD 2007  b. pada kondisi normal ada 6 tabs yaitu Home Tab. Mailings Tab. Tabs yang didesain menyerupai task dan langsung nampak pada jendela (biasa disebut ribbon).

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007                Ruler margin (Indent) Ruler Margin digunakan untuk pengaturan batas kiri dan kanan dari suatu halaman Repeat: Pengulangan teks Ctrl+Y Undo: Kembali ke satu kondisi sebelumnya Ctrl+Z Redo: Kembali ke satu kondisi sesudahnya Ctrl+Y First Line Indent Hanging Indent Left Indent Right Indent First Line Indent Pengaturan posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf Hanging Indent Pengaturan posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf Left Indent Pengaturan batas kiri untuk semua teks Right Indent Pengaturan batas kanan untuk semua teks c. Home Tab 3    .

antara lain : • Clipboard Untuk memotong tulisan/objek [Ctrl+X] Untuk meng-copy tulisan/objek [Ctrl+C] Untuk meng-copy format pada sebuah objek dan menyalinnya di tempat lain sehingga menampilkan [Ctrl+Shift+C] Untuk menyalin hasil copy [Ctrl+V] format yang sama • Font • Paragraph 4    . user dapat memilih beberapa fungsi yang paling sering digunakan untuk melakukan edit dokumen.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  Pada Tab ini.

Insert Tab • Pages Menyisipkan halaman kosong pada posisi kursor berada Menambahkan halaman untuk cover pada dokumen Mengganti halaman baru tanpa harus menekan enter berkali-kali 5    .Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  • Styles Tools ini dapat digunakan untuk membuat style bentuk tulisan pada dokumen yang akan kita tulis. Tanda panah kecil ini di klik untuk memunculkan jendela styles di bawah ini Untuk membuat style baru • Editing Untuk mencari teks dalam dokumen Untuk memilih teks/objek dalam dokumen Untuk mengubah teks yang ditemukan d. Kita dapat membuat style baru sesuai dengan keinginan kita.

WORD 2007  • Tables Tools ini dapat digunakan untuk menambahkan tabel ke dalam dokumen. akan muncul dua buah tab baru sebagai tools khusus untuk tabel yaitu tab design dan layout. yaitu dapat langsung memilih jumlah kolom dan baris pada tabel.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Jumlah Kolom pada Tabel Jumlah Baris Untuk konversi dari teks menjadi tabel Setiap kali user membuat sebuah tabel baru pada dokumen. 6    . selain itu user dapat melakukan konversi text menjadi tabel melalui tools yang diberikan. Ada beberapa kemudahan yang diberikan.

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. digunakan untuk menandai halaman tertentu dalam dokumen. digunakan untuk membuat link ke halaman tertentu bisa berupa web/halaman dokumen. atau program Bookmark. gambar.WORD 2007  • Illustration • Links Hyperlink. • Header & Footer • Text 7    . Dapat juga dikombinasikan dengan hyperlink sehingga dari hyperlink tersebut kita dapat langsung menuju halaman yang kita inginkan. alamat email.

bawah. untuk setting penampakan dari dokumen. rumus fisika) Symbol keyboard digunakan untuk memasukkan karakter-karakter unik yang tidak terdapat pada e. dll Format batas margin dokumen Menampilkan penomoran pada setiap baris dokumen Format teks berbentuk kolom 8    . secara horizontal atau vertical Size. Page Layout Tab • Themes Warna Tema Tema Huruf Tema Efek Tema • Page Setup Page setup digunakan untuk melakukan setting pada halaman dokumen.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  • Symbols Equation digunakan untuk memasukkan rumus matematis ke dalam dokumen(misalnya rumus matematika. antara lain : Margin. untuk setting batas atas. column break. kiri dan kanan dokumen Orientation. untuk setting halaman dokumen berukuran A4 atau lainnya Landscape & Protratit Page break.

• Arrange Posisi dari objek yang dipilih pada halaman Alignment Menjadikan beberapa objek menjadi satu objek Rotasi objek yang dipilih Posisi objek terhadap teks Membuat posisi objek yang dipilih berada di belakang objek yang lain Membuat posisi objek yang dipilih berada di depan objek yang lain 9    . biasanya digunakan sebagai penanda dokumen rahasia Warna latar belakang dokumen Membuat bingkai halaman pada dokumen • Paragraph Indent dan Spacing digunakan untuk men-setting indentasi dan spasi pada saat sebelum dan sesudah paragraf teks pada dokumen.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  • Page Background Menambahkan teks di bagian belakang dokumen.

10    . penerbit.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. seperti nama pengarang. antara lain tersedianya textbox untuk menuliskan data buku pustaka. dll. References Tab • Table of Contents Melakukan perubahan pada daftar isi saat ada perubahan judul bab/daftar isi pada dokumen Membuat daftar isi dari dokumen yang ada • Footnotes • Citations & Bibiliography Citations & Bibliography digunakan untuk membantu kita dalam menuliskan daftar pustaka pada dokumen kita. judul buku.WORD 2007  f. Ada beberapa kemudahan yang diberikan.

pilih letters. Terdapat beberapa fitur yang dapat kita gunakan antara lain. g. Mailings Tab Mailings Tab adalah sebuah tools yang disediakan oleh Ms. Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaan mail merge (1) Klik tab mailings (2) Kemudian pilih Start Mail merge. lalu pilih “Step by Step mail merge wizard” (3) Di sebelah kanan jendela Ms. Word nanti akan muncul jendela baru untuk memulai mail merge wizard (4) Kemudian ada permintaan “Select document type”.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Lalu klik Next 11    .WORD 2007  • Caption Caption dapat digunakan untuk memberikan nama pada setiap gambar yang terdapat di dokumen. membuat format untuk amplop serta penulisan surat. Word 2007 untuk memudahkan kita dalam mengirimkan surat dalam jumlah banyak. Kelebihan menggunakan mail merge adalah memudahkan pekerjaan jika surat yang akan kita kirim memiliki format surat yang hampir sama dan data penerima surat tersebut banyak.

Lalu klik Create *Catatan : list penerima surat ini dapat disamakan dengan sebuah tabel yang berisi data siapa saja yang akan menerima surat kita. (6) Untuk membuat list penerima surat. kita akan memilih use the current document karena kita akan menggunakan dokumen yang sudah ada. biasanya berisi data nama. dll. kota tinggal. kita dapat menggunakan pilihan select recipient list dan pada percobaan ini kita akan memilih type a new list (untuk menulis list penerima surat yang baru). Setelah kita mengisi address list. alamat. kita dapat menghapus atau menambahkan kolom pada list penerima surat. Sebagai contoh.WORD 2007  (5) Langkah berikutnya adalah saat “Select starting document”. alamat email. pada jendela di kanan klik next lagi. (7) Kemudian akan muncul new Address list 3  7 Untuk menulis list penerima surat per kolom Untuk menambah data list penerima surat Untuk merubah jumlah kolom pada list penerima surat Untuk menghapus data list penerima surat (8) Kita dapat melakukan perubahan pada list penerima surat dengan memilih customize columns.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. (9) Kemudian setelah membuat sebuah recipient list. Kemudian pada pilihan SELECT RECIPIENTS Use existing list Klik Next 12    . kita akan diminta untuk save address list tersebut. kode pos.

kolom mana saja yang akan ditampilkan di surat.WORD 2007  (10) Langkah berikutnya adalah kita menulis surat kita dan memilih dari list penerima surat yang telah kita buat tadi. Untuk menambahkan kolom/informasi yang akan ditampilkan dari list penerima surat yang telah dibuat Memberikan ucapan pembuka Mengatur format Penulisan alamat (11) Preview Result untuk melihat hasil mail merge (12) Langkah terakhir adalah klik Finish & Merge 13    .Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  II. Buatlah format bullet dan numbering dengan hasil sebagai berikut : Buatlah dalam file yang sama dengan no.5 Buat dalam satu halaman tersendiri dengan Judul “Latihan 1” 2. Buatlah teks seperti di bawah ini dengan ketentuan : Font Size Line Spacing : Arial : 12 : 1.Word 2007.1 dan diberi judul “Latihan 2” 1    . Buatlah semua latihan di bawah ini dalam halaman tersendiri 1. Latihan Microsoft Word 2007 Berikut ini adalah beberapa latihan yang dapat digunakan untuk mempelajari fungsi dari tools yang ada di Ms.

color blue dengan tipe awal heading 2. Lakukan konversi dari teks menjadi sebuah tabel seperti yang tampak dalam gambar di bawah ini : 2    . tipe huruf Times New Roman . Buatlah tabel seperti berikut : 6. jika dienter akan berpindah ke tipe PKIStyle. Buatlah style baru dengan nama “FunStyle”. size 18. Buatlah style baru dengan nama “PKIStyle” dengan jenis huruf ” Engravers MT”.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. dengan tipe awal Heading 1 dan kemudian jika dienter akan berubah menjadi normal 4. size 14. 5.WORD 2007  3.

Buatlah teks sebagai berikut : 8.WORD 2007  7. Buatlah rumus dengan menggunakan equation sebagai berikut : 3    .Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.

Latihan 1 diberi header ”Latihan no 1” dan footer bertuliskan “latihan font” b.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Latihan 2 diberi header “Latihan no 2” dan footer bertuliskan “Latihan bullets and numbering” c. Buatlah daftar isi dari halaman latihan kalian masing masing dan letakkan daftar isi setelah halaman cover. Latihan 8 diberi header “Latihan no 8” dan footer bertuliskan “Latihan equation” f. 11. Buatlah semua latihan di atas dalam satu halaman tersendiri untuk tiap nomor. Latihan 5 dan 6 diberi header “Latihan no 5 dan 6” dan footer bertuliskan “Latihan tabel” d. Masing-masing halaman diberi nomor halaman berupa angka di sebelah kanan bawah.WORD 2007  9. Latihan 7 diberi header “Latihan no 7” dan footer bertuliskan “Latihan kolom dan drop cap” e. kemudian berikan header dan footer masing-masing dengan ketentuan sebagai berikut : a. Catatan : gunakan tab Design yang muncul setelah kalian menambahkan header dan footer pada dokumen 10. Buatlah footnote dan endnote seperti teks di bawah ini 4    .

Buatlah daftar pustaka seperti di bawah ini menggunakan tools yang ada   13. Buatlah surat dan amplop seperti di bawah ini dengan fasilitas mail merge 5    .Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.WORD 2007  12.

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. tetapi tools di Excel lebih ditekankan untuk mempermudah user mengolah laporan matematis. I.Excel Cell Pointer  Formula Bar  Column Heading  Row Heading  1    . Membuka aplikasi Microsoft Excel Untuk dapat masuk ke dalam aplikasi Microsoft Word. Dalam kesempatan ini. Berikut ini adalah tampilan dari Ms. adalah program bantu pengolah angka dengan berbagai tools yang memudahkan kita untuk membuat sebuah dokumen pencatatan keuangan dan mengolah dokumen tersebut menjadi sebuah laporan.EXCEL 2007  MICROSOFT EXCEL 2007    Microsoft Exce. PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2007 a. Mengenal Fitur-fitur dalam Microsoft Excel Microsoft Excel 2007 memberikan tampilan yang lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan tools atau fitur-fitur yang disediakan. kita akan mencoba melihat kelebihan-kelebihan penggunaan Microsoft Excel 2007. kita dapat menggunakan beberapa cara yaitu : Double Klik icon Microsoft Excel pada Desktop Atau Klik Start Programs Microsoft Office Microsoft Excel 2007 b. Beberapa tools yang disediakan hampir sama dengan tools yang ada di Microsoft Word 2007.

merupakan penunjuk sel yang aktif.EXCEL 2007  Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan dalam Excel : □ □ □ Row Heading. adalah penunjuk lokasi kolom yang sedang aktif. Column Heading. kanan atau bawah Pindah satu sel ke kanan Pindah satu sel ke bawah Pindah satu sel ke kiri Pindah satu sel ke atas Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan Pindah satu layar ke atas Pindah satu layar ke bawah Pindah satu layar ke kiri Pindah satu layar ke kanan Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya 2    . Dalam menggerakkan pointer dapat menggunakan mouse dengan cara mengkliknya langsung ke sel yang dituju. Nama sel diambil dari nama baris dan kolomnya. □ Function Bar(Formula Bar) digunakan untuk menuliskan formula/rumus yang diperlukan untuk perhitungan. Sel aktif tersebut adalah perpotongan dari baris dan kolom yang ditunjuk. Selain itu juga berfungsi untuk menunjukkan sel yang aktif. adalah penunjuk lokasi baris yang sedang aktif. Selain itu juga bisa digerakkan melalui keyboard dengan menekan beberapa tombol berikut: Tombol ←↑→↓ Tab Enter Shift + Tab Shift + Enter Home Ctrl + Home Ctrl + End PgUp PgDn Alt + PgUp Alt + PgDn Ctrl + PgUp Ctrl + PgDn Fungsi Pindah satu sel ke kiri. Penulisan rumus diawali dengan tanda ”=”.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. semisal nama sel D3 berarti sel tersebut berada di Kolom D dan di Baris ke 3. maka pada function bar kita tinggal menuliskan rumus sebagai berikut ’=B3+D7’ Menggerakkan Cell Pointer Cell Pointer merupakan penunjuk sel yang aktif. Cell Pointer. atas. Sebagai contoh jika kita ingin melakukan penjumlahan pada nilai-nilai yang ada di sel B3 dan D7.

semisal dinamakan X2 (3) Perkalian antara X1 dan X2. tambah [+] atau kurang [-]. Penulisan Rumus(Formula). maka yang dikerjakan urutan pengerjaannya adalah sebagai berikut : (1) Penambahan antara A5+D3. semisal dinamakan X3 (4) Pembagian hasil X3 dibagi 2 3    . kali [*] atau bagi[/]. ( □ ) Sort and Filter. semisal ada rumus(formula) sebagai berikut =((A5+D3)*(A1+B6))/2.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. yaitu menyatukan dua sel atau lebih. Hampir di setiap cell.EXCEL 2007  Di bawah ini adalah beberapa tools yang sering digunakan di Excel : □ Merge Cell. ( □ □ ) Header dan Footer. rumus(formula) adalah bagian yang paling penting pada Excel. dipastikan akan menggunakan rumus untuk proses perhitungannya. Tools ini memungkinkan user untuk melakukan proses pengurutan data baik dari kecil ke besar atau dari besar ke kecil. semisal dinamakan X1 (2) Penambahan antara A1+B6. terdapat urutan pengerjaan. Selain itu penambahan tanda kurung awal [(] dan kurung akhir [)] juga mempengaruhi dalam urutan proses perhitungan. tools ini adalah salah satu kelebihan dari Excel. Urutan pengerjaan proses perhitungan dimulai dari operator pangkat [^]. ini adalah salah satu fasilitas Word yang juga terdapat di Excel. Berikut ini adalah operator matematika yang sering digunakan dalam proses pembuatan rumus : Lambang  +   ‐   *   /   ^   %  Fungsi  Penjumlahan  Pengurangan  Perkalian  Pembagian  Perpangkatan  Persentase  Dalam proses perhitungan rumus(formula). fasilitas ini hampir sama dengan fasilitas di Word yaitu untuk menambahkan header dan footer pada halaman.

Argumen ini ditulis dengan diapit tanda kurung awal dan akhir. dimana number1.…).EXCEL 2007  c. dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai terendahnya. Pada umumnya penulisan fungsi harus diikuti dengan argumen.. Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1. Bentuk umum penulisannya adalah =MIN(number1.. dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rataratanya.number2. fungsi dapat ditulis sebagai berikut =MIN(number_awal:number_akhir) 4    . Jika data yang dicari nilai rata-ratanya sangat banyak. Jika range data yang dicari nilai tertingginya sangat banyak.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. fungsi dapat ditulis sebagai berikut =MAX(number_awal:number_akhir) □ Fungsi MIN(.…). dimana number1.. label.) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data pada suatu range. baik berupa angka. Penggunaan Fungsi dalam Microsoft Excel 2007 Bahasa yang paling mudah untuk menjelaskan Fungsi adalah sebuah rumus yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk membantu dalam proses perhitungan. dimana number1.number2.…)... dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Jika range data yang dicari nilai terendahnya sangat banyak.) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data pada suatu range. number2. number2.. atau range dari angka yang harus diproses. fungsi dapat ditulis sebagai berikut =AVERAGE(number_awal:number_akhir) □ Fungsi MAX(. number2. Bentuk umum penulisannya adalah =AVERAGE(number1. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang sering digunakan : □ Fungsi AVERAGE(.number2. rumus.) Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data pada suatu range.

Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri. num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil... jika nilai sel A1=1.) Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. maka akan bernilai 0.. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah =MID(text.num_chars).num_chars). num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil. □ Fungsi Logika IF(.) Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left. □ Fungsi RIGHT(.. dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dijumlahkan. Bentuk umum penulisannya adalah =SUM(number1.…).start_num. sebanyak num_char.) Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Jika range data yang dicari hasil penjumlahannya sangat banyak. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut : 5    .EXCEL 2007  □ Fungsi SUM(. Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num. maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks. kalau fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri... maka hasilnya 2. fungsi dapat ditulis sebagai berikut =SUM(number_awal:number_akhir) □ Fungsi LEFT(. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text. jika tidak. □ Fungsi MID(.. Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan.) Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks...number2..) Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.num_chars). dimana number1.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. number2. Misalnya.

STOCK dan masih banyak yang lainnya lagi.EXCEL 2007  Lambang = < > <= >= <> □ Fungsi Sama dengan Lebih kecil dari Lebih besar dari Lebih kecil atau sama dengan Lebih besar atau sama dengan Tidak sama dengan Fungsi VLOOKUP ada HLOOKUP Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (VLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Table_array. Table_array. maka digunakan nomor indeks baris (Row_index_num). kalau kita pakai HLOOKUP.…) =VLOOKUP(Lookup_value. COLUMN. XY.…) Dari rumus diatas. dapat dilihat bahwa bedanya hanya pada nomor indeksnya saja. BATANG. BAR.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. AREA. antara lain LINE. Nomor indeks adalah angka untuk menyatakan posisi suatu kolom/baris dalam tabel yang dimulai dengan nomor 1 untuk kolom/baris pertama dalam range data tersebut d. Untuk dapat menampilkan grafik dapat melalui Tab INSERT seperti di bawah ini :   Setelah klik tombol . maka akan muncul menu sebagai berikut : 6    . Col_index_num. tapi kalu pakai VLOOKUP digunakan nomor indeks kolom (Col_index_num). Row_index_num. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah : =HLOOKUP(Lookup_value. Pengunaan Grafik dalam Microsoft Excel 2007 Excel membantu user untuk dapat membuat sebuah grafik sebagai laporan data yang telah diolah. Ada beberapa macam bentuk grafik.

maka silakan pilih jenis grafik yang anda inginkan sesuai selera anda.EXCEL 2007    Setelah masuk ke Insert Chart. karena membuat grafik perlu sebuah tabel data untuk menampilkan grafiknya. 7    .Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. silakan klik OK. Jika sudah terpilih jenis Chart yang anda inginkan. Namun.

Tugas Sebelum TTS (TGS 1) TTS Tugas Setelah TTS (TGS 2) TAS Nilai : 10% : 40% : 10% : 40% + : 100% 1    . Buatlah sebuah tabel di Excel seperti gambar di bawah ini. 2.EXCEL 2007  II. Latihan Microsoft Excel 2007 1. Buatlah tabel seperti di bawah ini untuk mempelajari fungsi-fungsi yang terdapat di Ms. 3. Kemudian tambahkan sebuah Header ”Praktikum PKI-Excel 2007” pada halaman tersebut. 4. Excel Komponen penilaian adalah : 1.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. 2.

kita menggunakan fungsi logika IF(…). arahkan pointer ke H10. silahkan bertanya pada asisten. 7. 8. Kemudian untuk mengkonversi dari angka ke huruf. =AVERAGE(C10:C19) Selanjutnya untuk D22 sampai G22. kita gunakan fungsi Min(…). 5.1)+(E10*0. 6. (Hot key : Copy -> Ctrl+C & Paste-> Ctrl V) Kemudian untuk mengetahui nilai tertinggi dari tugas 1. 4.4) Selanjutnya untuk G11 sampai G19. tinggal copy-paste dari C20. dan TAS.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. =MAX(C10:C19) Selanjutnya untuk D20 sampai G20. arahkan pointer ke C22. Untuk mencari nilai akhir ( angka ). gunakan fungsi yang sudah disediakan di Microsoft Excel yaitu MAX(…).4)+(F10*0.1)+(D10*0. maka diubah menjadi nilai huruf dengan ketentuan sebagai berikut: • • • • • • • • • Nilai <= 45 :E Nilai > 45 – 55 : D Nilai > 55 – 60 : C Nilai > 60 – 65 : C+ Nilai > 65 – 70 : BNilai > 70 – 75 : B Nilai > 75 – 80 : B+ Nilai > 80 – 85 : ANilai > 85 – 100 : A Langkah-langkah yang harus dikerjakan : 1. TTS. Demikian juga untuk mencari nilai terendah. tuliskan rumus di bawah ini: =(C10*0. Untuk rata-rata gunakan fungsi AVERAGE(…). . Arahkan pointer ke C21. kita akan menghitung nilai(0-100) dari 4 komponen yang tersedia yaitu TGS 1. tinggal copy-paste dari C21. tinggal copy-paste dari G10. 3. 2    2. tinggal copy-paste dari C22. ketikkan rumus di bawah ini: =MIN(C10:C19) Selanjutnya untuk D21 sampai G21. Jika ada yang merasa kesulitan mengcopy-paste. arahkan pointer ke C20. TGS 2. 9. Sesuai dengan masing-masing bobot nilai. arahkan pointer pada sel G10.EXCEL 2007  Setelah nilai dalam bentuk angka didapatkan.

13.IF(H10="A-".IF($G10>65. Untuk mengisi keterangan."SANGAT BAIK"."D"."B+"."CUKUP"."C+". kita aka menggunakan fungsi logika IF(…) lagi.IF(H10="D".IF($G10>55. Selanjutnya untuk I11 sampai I19."B". tinggal copy-paste dari H10.IF(H10="B+".IF(H10="B". Setelah selesai silakan simpan hasil kerja anda dengan nama file baru : latihan2."SANGAT BAIK".IF(H10="C"."BAIK"."A". "KURANG".EXCEL 2007  =IF($G10>85."TIDAK LULUS")))))))) 12."CUKUP"."E")))))))) 10. 11.IF(H10="C+". tinggal copy-paste dari I10."A".xls.IF($G10>75."B".IF(H10="B". Selanjutnya untuk H11 sampai H19. CATATAN : Ingat!! Jawaban untuk kolom NILAI harus dengan rumus fungsi diatas tidak boleh manual!! Hasil yang didapatkan : Simpan dengan nama sheet ”Latihan2” 3.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Lalu tulis rumus di bawah ini: =IF(H10="A". Buatlah tabel di bawah ini dengan nama sheet ”rental” 3    .IF($G10>60."BAIK".IF($G10>70."BAIK". arahkan pointer ke I10."C".IF($G10>80.IF($G10>45.

3."Bimbingan Orang Tua")))  4.EXCEL 2007  Kemudian buat sebuah tabel lagi pada sheet yang berbeda dengan nama sheet ”Judul_Film” Ketentuan proses : • Judul Didapat dengan membaca table anak yang terdapat pada Tabel Anak dengan kunci pembacaan. dengan melihat karakter pertamanya.) Tanda ‘$’ digunakan sebagai fungsi absolute/mutlak.2. Harga Didapat dengan membaca table anak yang terdapat pada Tabel Anak dengan kunci pembacaan Kode.3."Dewasa".1). jika “R” maka “Remaja”. Harga Pada sel G6 =VLOOKUP(LEFT(B6.3. jika “B” maka “Bimbingan Orang Tua”.Judul_Film!$A$1:$C$5. sedangkan “A” maka “Anak-anak”. Kategori Didapat dengan ketentuan."Remaja".IF(MID(B6.1).1)="A". Langkah-langkah pengerjaan : Judul Pada sel E6=VLOOKUP(LEFT(B6.1)="D". jika karakter ke-3 dari Kode = “D” maka “Dewasa”.3."Anak-anak".) Kategori Pada Sel F6 =IF(MID(B6.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Buatlah sebuah sheet baru kemudian buatlah tabel sebagai berikut : Kode Barang B-12C N-10K N-05K B-23C S-90K Merk Jumlah Harga Total Keterangan • • 4    .1)="R".Judul_Film!$A$1:$C$5.IF(MI D(B6.

dengan menggunakan tabel di bawahnya sebagai patokan Nama Endra Dwi Prasetya Teguh Arya Kurniawan Kode  Buku  Jenis  Harga  KK  Komik  1500  Kode KK NV ML ML EN KK Jenis Buku Harga NV  Novel  4000  EN  Ensiklopedia  6000  ML  Majalah  5500  Catatan : Gunakan fungsi HLOOKUP 6.000 Total Merupakan perkalian antara Jumlah dengan Harga Keterangan Jika karakter terakhir Kode Barang=”C” maka “Cash” Jika karakter terakhir Kode Barang=”K” maka “Kredit”  5.EXCEL 2007  Ketentuan Proses: Merk Jika karakter pertama dari Kode Barang=”B”.000. jika “N” maka “NOKIA”.000.000. maka “BlackBerry”. dan “S” adalah “SonyEricsson”. Jumlah Mengambil karakter ke-3 dan ke-4 Field Kode Barang Harga Jika Merk BlackBerry 6.Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. Kemudian buatlah tabel sebagai berikut Buatlah grafik sebagai berikut : 5    .000 Jika Merk SonyEricsson 3. Buatlah sebuah sheet baru dan diberi nama “latihan6”.000 Jika Merk NOKIA 2. Lengkapilah tabel di bawah ini.

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms. 7.EXCEL 2007  Buatlah grafik untuk tabel VGA juga seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Buatlah dua buah grafik dengan data sebagai berikut : 6    .

Pengantar Komputer&Internet 2010 – Ms.EXCEL 2007  Contoh 1 Contoh 2 7    .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->