P. 1
Vektor, Bitmap Dan Open Source

Vektor, Bitmap Dan Open Source

|Views: 1,906|Likes:
Published by Reelglove

More info:

Published by: Reelglove on Sep 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

Vektor, Bitmap dan Open Source

1. VEKTOR adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vektor bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Ini adalah kelebihan vektor, kita cukup membuat file vektor yang relatif kecil untuk menghasilkan file bitmap yg beresolusi berapa pun. Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web. Berikut contoh gambar dari Macromedia Freehand :

2. BITMAP adalah objek grafis yang tersusun atas pixel. Setiap pixel atau sering disebut bit dalam objek tersebut memuat data informasi berupa warna yang akan ditampilkan.Berbeda dengan vektor yang memiliki resolusi bebas, bitmap memiliki resolusi tetap. Sehingga bila diperbesar akan berakibat pada menurunnya ketajaman resolusi. Karena vektor jauh lebih unggul dalam menghasilkan resolusi berapapun, sering kali desainer melakukan perubahan format bitmap menjadi vektor. Proses ini disebut dengan TRACING. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa software. Adobe PhotoShop adalah aplikasi grafis komputer yang menggunakan sistem BITMAP. Saat ini, aplikasi Adobe PhotoShop memang sangat populer dikalangan para Editor terutama pada bagian percetakan foto ataupun poster. Pada aplikasi ini terdapat banyak sekali fitur untuk mendekorasi atau menghias dalam bentuk digital tujuannya adalah untuk membuat tampilan gambar lebih menarik sehingga bagus dipandang mata. Adobe PhotoShop merupakan keluaran dari Perusahaan Adobe System Incorporated. Berikut contoh gambar dari Adobe PhotoShop :

Perbedaan antara Vector dan Bitmap Image : Vector, - Relative lebih fleksibel untuk diedit - Bersifat resolution independent, kualitas gambar tetap baik tanpa bergantung resolusinya - Size file-nya relative kecil dibandingkan hasil export file misal dalam bentuk *.bitmap, *.tiff, *.jpeg. Jadi walaupun sebuah gambar berbasis vektor diperbesar, ketajamannya dapat dikatakan tidak berkurang. - Vector image juga sering digunakan di dalam dunia design grafis dan multimedia - Kelemahan, kurang realistik atau kurang memenuhi ciri objek sebenarnya - Semakin kompleks image yang digambar semakin besar size filenya dan semakin lambat lambat pula proses yg dikerjakan prosesor - Tipe gambar : EPS dan CGM, dalam file project Corel berkestensi *.CDR Bitmap, - Bersifat Resolutions dependent, kualitasnya tidak tergantung pada resolusi - Bitmap diperbesar melebihi ukuran normalnya akan tampak pecah - Tipe file : JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TIFF, PCX, dan PNG. - Membutuhkan size file yg lebih besar dibanding file bertipe vektor untuk kualitas yang sama.

1.

Contoh Open source lainnya yang menggunakan grafis BITMAP adalah Corel PhotoPaint. Corel PHOTO-PAINT adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Perangkat lunak ini biasa dijual satu paket dengan Corel Draw dan Corel R.A.V.E . Sama seperti halnya Adobe PhotoShop, Corel PhotoPaint juga mempunyai fitur-fitur yang dapat digunakan untuk menghiasi foto agar tampilannya lebih menarik. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mendesain suatu web misalnya dengan membuat gambar background. Berikut contoh gambar dari Corel PhotoPaint :

2. Contoh lain open source yang menggunakan pengolahan grafis vektor adalah Corel Draw. Corel Draw adalah suatu program aplikasi grafis komputer yang berbasis vektor yang memungkinkan kita membuat karya profesional dimulai dari logo sederhana sampai dengan yang rumit atau komplek. Aplikasi ini sudah tidak asing lagi di masyarakat karena software ini sering digunakan dalam perusahaan percetakan. Corel Draw ini sangat fleksibel karena dapat dipadukan dengan software lain, baik software grafis vektor maupun bitmap. Corel Draw juga mampu menghasilkan gambar dengan ketajaman warna berkualitas tinggi, selain itu juga dapat membuat karya lainnya yang mampu kita muat di internet dan dipublikasikan. Fitur-fitur pada aplikasi ini menyediakan tool dan efek yang dapat membuat kita bekerja secara efisien. Berikut ini contoh gambar dengan menggunakan software Corel Draw :

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->