P. 1
Ada 2 Cara Membuat Scrapbook

Ada 2 Cara Membuat Scrapbook

|Views: 5,751|Likes:
Published by Pt Perwita Hasri

More info:

Published by: Pt Perwita Hasri on Sep 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2013

pdf

text

original

Ada 2 cara membuat scrapbook, yaitu yang pertama anda membuatnya secara manual.

Untuk membuat scrapbook secara manual anda harus menyiapkan kertas hias, lem, gunting, aksesories/embelishment yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan scrapbook secara manual. Untuk bahan-bahannya ini bisa dibeli di toko2 craft atau tokotoko lainnya. Selanjutnya setetlah semua peralatan yang dibituhkan sudah tersedia saatnya anda memulai, menggunting, menempel sehingga menjadi scrapbook yang menarik. Cara yang ke dua adalah Digital Scrapbook (yang contohnya ada di album saya), yaitu scrapbook yang di buat dengan menggunakan software khusus, photosop, dll. Caranya bagaimana ? Padahal ga semua dari kita punya Photosop, jangan kuatir, kita bisa dapat free di sini : http://scrapbookflair.com/ Setelah mendownload software utk scrapbook, kita tinggal browsing untuk mendapatkan papers, embelishment, fonts, tags, ribbons, etc. Karena kita masih belajar, cari yang gratisan aja, banyak kok para scrapper yang bagi2in freebies buat bikin scrapbook. Salah satu link untuk mendapatkan freebies di sini : http://digifree.blogspot.com/ masih banyak website2 yg menyediakan freebies, teman-teman2 bisa browsing sendiri ya..:) Setelah itu kita download deh elements2 utk bikin scrapbook, dan siap berkreasi. Gampang kan ? Pokoknya tinggal di susun aja yg mana urutan yg kita ingin munculkan pertama kali dan seterusnya. Kebetulan saya baru saja dapat software photosop, jadi ada kesempatan belajar pakai photosop. Step2 pengerjaan scrapbook pada photosop sbb: 1. Aktifkan photosop, kemudian klik di menu file, pilih New. Pasti akan muncul kotak pertanyaan mengenai image size. Normalnya utk Scrapbook : 8X8 inc, 12×12 inch, tapi ini jg terserah teman2. dan untuk resolusi yang terbaik, untuk print adalah 300, dan untuk web share 72. 2. Pada menu file, klik Open. Terus kita ambil file paper di folder, kemudian aktifkan Move Tool, kemudian file paper kita drag masukan ke layer yg akan kita buat. Kemudian tekan ctrl T, untuk meng-adjust size paper di layer pertama kita tsb. akan muncul kotak2 kecil di sisi2 gambar, terus kita tarik kiri/kanan/atas bawah, atau dari kotak pojok kanan agar hasil gambar proporsional. 3. Klik Open lagi pada menu file, buka file photo yg akan kita masukan, caranya sama dengan langkah No.2 4. Klik Open lagi, ambil embelishment, tags, ribbon, etc. Cara sama dengan langkah no. 2 5. Nanti akan kita dapati banyak layer di kotak kerja sebelah kanannya. Setelah itu kita susun urutan2 layernya agar jadi susunan yang rapi dan cantik. 6. Setelah beres urusan susun menyusun, baru deh kita tambah Text. Klik Text tool di panel kiri, kemudian kita ketik2 deh kata2nya.

8. Done! Tinggal di share di web atau di print kemudian di pigura. Tapi kalau sudah fix.7. kita simpan deh as PSD. terus pilih Flatten Image. . Kalau kita masih ingin merubah komposisi pada file PSD. kita Save as JPEG. sblmnya klik menu Layer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->