P. 1
USAHA ATAU KERJA

USAHA ATAU KERJA

|Views: 313|Likes:
Published by Mendrofa Vicar

More info:

Published by: Mendrofa Vicar on Sep 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2013

pdf

text

original

TERMODINAMIKA

KELOMPOK III ETY SELAWATI EVRIYANI PURBA IRMA YANI HARAHAP PHILIPSON V. MUNTHE VERYYON HARAHAP VIKAR D. MENDROFA

USAHA/KERJA

KERJA

Bila sistem mengalami pergeseran karena beraksinya gaya, maka dikatakan kerja telah dilakukan. Jumlah kerja sama dengan hasil kali antara gaya yang bersangkutan dengan komponen arah pergeseran yang sejajar dengan gaya itu. Kerja ada 2 bagian, yaitu ; y kerja eksternal adalah kerja yang dilakukan oleh sistem atau pada sistem y Kerja internal adalah kerja yang dilakukan oleh bagian sistem pada bagian sistem yang lain. Yang berperan dalam termodinamika bukan kerja internal, melainkan hanya kerja yang melibatkan interaksi sistem dan lingkungannya.

Proses Kuasistatik

Sistem dalam kesetimbangan termodinamik memenuhi persyaratan yang ketat sbb:
y

Kesetimbangan mekanis : tidak terdapat gaya tak terimbang yang beraksi pada bagian manapun dari sistem atau pada sistem secara kesuluruhan. Kesetimbangan termal : tidak ada perbedaan temperatur antar bagian sistem atau antara sistem dengan lingkungannya. Kesetimbangan kimia : tidak ada reaksi kimia dalam sistem dan tidak ada unsur perpindahan kimia dari stu bagian ke bagian sistem yang lain.

y

y

Sekali sistem dalam kesetimbangan termodinamik dan lingkungannya dibuat tidak berubah, tidak ada gerak yang terjadi dan tidak ada kerja yang dilakukan Jika jumlah gaya eksternal diubah sehingga terjadi gaya berhingga yang tak berimbang beraksi pada sistem, maka persyaratan kesetimbangan mekanis tidak lagi dipenuhi dan keadaan berikut timbul:
y

Gaya tak berimbang dapat terbentuk dalam sistem, akibatnya timbul turbulensi, gelombang, dst. Selain itu, sistem secara keseluruhan dapat melakukan gerak dipercepat atu sejenisnya. Sebagai akibat turbelensi, percepatan, dst distribusi temperatur tak serba sama dapat timbul, atau dapat juga timbul perbedaan temperatur antara sistem dengan lingkungannya. Perubahan gaya dan temperatur yang mendadak dapat menimbulkan reaksi kimia atau perpindahan unsur kimia.

y

y

Proses yang dilaksanakan secara ideal disebut kuasistatik. Selama proses kuasistatik berlangsung, pada stiap saat keadaan sistem itu sangat menghampiri keadaan setimbang termodinamik dan semua keadaan yang dilewati oleh sistem dapat diberikan dengan memakai koordinat termodinamik yang mengacu pada sistem secara keseluruhan. Proses kuasistatik merupakan suatu pengidealan yang dapat diterapkan untuk segala sistem termodinamik, termasuk sistem listrik dan magnetik.

Kerja sistem hidrostatik

Andaikan silinder di atas mempunyai luas penampang A, sehingga tekanan yang ditimbulkan oleh sistem pada permukaan piston ialah P, dan besar gaya PA. Jika persyaratan ini piston bergerak sejauh dx, dalam arah yang berlawanan dengan gaya PA, timbul sejumlah kerja infinitesimal dW, dengan tetapi sehingga

Kerja dalam proses kuasistatik Gagasan yang telah dikemukakan sebelumnya dapat diperjelas dengan contoh sbb: pemuaian atau pemampatan isoterm yang kuasistatik dari gas ideal.

tetapi untuk gas ideal berlaku persamaan keadaan

dengan n dan R tetapan.

Dengan mengganti nilai P, sehingga kita dapatkan

dan karena

juga tetapan maka:

dengan lambang ln menyatakan logaritma alamiah atau logaritma napier, yang dinyatakan dengan:

Kerja dapat mengubah
y

Panjang seutas kawat Luas bidang selaput permukaan Muatan sel terbalikkan Polarisasi padatan dielektrik Magnitisasi suatu padatan magnetik

y

y

y

y

Hukum Pertama Termodinamika Bunyi ; ³jika suatu sistem diubah dari keadaan mula ke keadaan akhir hanya secara adiabatik, maka kerja yang dilakukan sama besar untuk semua lintasan adibatik yang menghubungkan kedua keadaan ini´. Definisi termodinamika dari kalor Bila suatu sistem, yang lingkungannya bertemperatur berb eda dan kerja bisa dilakukan padanya, mengalami suatu proses, maka energi yang dipindahkan dengan cara non-mekanis yang sama dengan perbedaan antara perubahan energi-internal dan kerja yang dilakukan, disebut kalor. Jika perbedaan dilambangkan dengan Q, maka

Persamaan diatas dikenal sebagai perumusan matematis hukum I Termodinamika.

Perumusan matematis hukum pertama termodinamika mengandung tiga idea yang berkaitan: y Keberadaan fungsi energi-dalam y Prinsip kekekalan energi y Definisi kalor sebagai energi dalam perpindahan yang ditimbulkan oleh perbedaan temperatur.

REFERENSI
Zemansky, M. W. dan Dittman R. H. 1986. Kalor dan Termodinamika. Bandung; penerbit ITB.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->