Tips Menghilangkan Bekas Jerawat !

Bekas jerawat terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, dan terkesan tidak mendukung bagi penampilan anda, berikut adalah tips menghilangkan bekas jerawat yang WandI NewS peroleh dari situs tribunbatam.co.id , semoga dengan tips ini bekas jerawat anda dapat hilang dengan segera. Saran 1 : Ambil sepotong ubi kayu. Kupas kulitnya. Buang kulitnya. Bersihkan. Parutkan. Perah untuk dapatkan airnya. Sapukan air perahan pada muka anda yang ada bekas jerawat. Lakukan setiap hari selama seminggu. Insya-Allah, kesannya memuaskan. Saran 2 : Tumbuk beberapa batang kulit kayu manis dan jadikan serbuk. Campurkan dengan sedikit air. Sapukan pada bekas jerawat. Amalkan selama seminggu. Saran 3 : Ambil 10 helai daun sireh muda, Bersihkan dan tumbuk lumat. Muka hendaklah dibersihkan dengan air suam dan sapukan sireh pada muka terutama di bahagian bekas jerawat. Biarkan kira-kira setengah jam atau hingga kering. Cuci muka bersih-bersih dan lap kering. Amalkan 3 kali seminggu. Saran 4 : Selain daripada ulam yang enak dan berkhasiat, pegaga juga boleh digunakan untuk menghilangkan tanda hitam parut jerawat di muka. Caranya ialah dengan mengisar daun pegaga dengan bedak sejuk dan air secukupnya. Pupukkan adunan tersebut di tempat tanda hitam parut jerawat di muka anda setiap hari atau setiap malam sebelum tidur. Campuran kisaran pegaga dan bedak sejuk tersebut boleh disimpan di dalam peti sejuk dengan memasukkannya ke dalam botol yang kering. Saran 5 : Asah kulit kayu manis dan campurkan dengan madu lebah. Tempelkan pada muka yang berparut setiap malam. Esoknya, cucilah

sering memakan tape ketan dan tape singkong adalah baik untuk kulit anda. gunakan sebagai bedak setiap hari. Amalkan 3 kali seminggu. Saran 8 : sebelum mandi. cuci muka dengan air bersih.dengan air suam. usapkanlah kulit pisang klutuk (batu) yang sudah matang pada kulit wajah.hindari makan makanan yang pedas dan berlemak. usahakan buang air rutin setiap hari. Saran 7 : Kisar timun dan tapis airnya. Kemudian cuci dengan air suam. seolah2 anda sedang dimasker.Tampalkan hampas timun pada wajah yang berparut. . Saran 6 : Tumbuk sepuluh helai daun sireh muda. atau cara kedua adalah dengan menghaluskan biji pinang tua. Biarkan setengah jam. setelah itu bilas dengan air teh basi. campur dengan air mawar. Setelah kering. lalu biarkan sekitar 10 menit. dan baru mandi. Tempelkan pada muka terutama bekas jerawat.

air panas dapat memecahkan pori2 wajah. Berikut ini beberapa tips-tips yang dapat anda pakai untuk menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat : 1.tapi jangan terlalu sedikit. Saya rasa hampir dari kita pernah kena yang namanya jerawat..lemak diperlukan dalam pembentukan sel pada paru2 dan otak.. kaciah deh lu«««´ he. '07 7:02 PM for everyone Jerawat itu apa sih? wah klo pertanyaan gini pantas untuk dikomentari ³Hari genee ngak tau jerawat.Jangan stress« katanya sih stress memacu timbulnya jerawat« 7.Usahakan jangan maem makanan yang pedes2 (ada merica ato lombok nya) dan jangan banyak maem ma-eman berlemak [sedikit aja.lalu kasih CALADINE LOTION pada wajah« usapkan merata«jangan terlalu tebal (kalo terlalu tebal olesannya malah bisa nimbulin jerawat) «jangan terlalu tipis (Caladine ini mengandung bahan astringent untuk meringkas pori-pori wajah)«dan pergi tidur«keesokan harinya langsung bersihkan sampe wajah benar2 bersih« Caladine lotion dapat dibeli di hampir semua apotek dengan harga sekitar 10000-an (murah banget kan??? mulanya gue gak yakin sih. nah klo untuk yang satu ini mesti buru2 diobati klo tidak ntar bisa rusak wajahnya..abis obat ratusan ribu aja gak sanggup nyembuh-in jerawat dan noda di muka gue apalagi obat 10ribu-an«but akhirnya gue tetep coba aja karena .Kalo berjerawat jangan dipencet2« kalo dipencet2x biasanya malah ninggalin noda-noda hitam dan bopeng pada wajah« 6.he.kekurangan lemak bisa membahayakan ke2 organ tsb]« 4.etc itu jika kena kulit akan nimbulin jerawat)« 9.ntar malah kulit wajah jadi merah2 setengah melepuh kalo dibilas pake air yang terlalu panas]«jangan dibilas dengan kasar pada tempat2 berjerawat..sebab selain untuk pelumas persendian.Usahakan sebisa mungkin jangan kena asap kendaraan (kalo pake sepeda motor pake cadar ato helm yang ada tutup kacanya ato pake 2-2nya sekalian spy muka gak kena asap mobil n motor) « 3.Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dec 25. kadang memang mengganggu sih apalagi klo jumlahnya semakin banyak di wajah.Kebanyakan masalah jerawat itu karena alergi sama daging ayam n telur« uji diri kamu sama ke2 makanan tsb«jika kamu emang alergi ya usaha-in sebisa mungkin menghindari ke-2 makanan tsb 5.Sering2 olahraga« panas tubuh akan membuka pori2 wajah dan mengeluarkan kotoran2 dari pori-pori wajah« 8.Sebelum mandi bersihkan muka pake air hangat dan dibilas [jangan pake air panas..lakukan tips no 10..Sering2 bersihin muka pake air setiap saat« sebab muka remaja tuh banyak berminyak«minyak yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori2×2 wajah dan akhirnya timbul jerawat« 2. udah gitu besar-besar lagi.Kalo keramas usaha-in shampo jangan sampe kena wajah« sebab sebagian shampo (terutama yang pake protein spt Sunsilk telur n madu.sebab akan menimbulkan luka n akhirnya menimbulkan bopeng n noda-noda hitam pada wajah« Tips terakhir«ini yang paling ampuh«sebelum kamu tidur (malem or siang).

kulit wajah terlihat halus dan putih« Cara Lain 1. 2. untuk ilangin bopeng2. mungkin aja jerawatnya muncul terus karena mukanya banyak minyaknya. pipi kanan.kalo aku malah rela pake air kemasan (aqua galon). tapi ya gitu deh. kening. tapi pengaruh bgt) sangat membantu mencegah jerawat. pake helm yang tertutup. yang penting airnya bersih. dalam bahasa Inggris lagi.com/ Aku sih belum pernah. Gak makan telur. pake air hangat aja cukup. Jadi ada 3 bagian. Beraktifitas seperti biasa + bersihkan wajah setiap kali keliatan berminyak dan kotor. untuk ilangin bercak2 hitam. ayam(sialnya. Seujung jari telunjuk (diameter sekitar 1 cm) masing2 di pipi kiri. Jangan lupa jaga makannya kalo kulit model begini. pakai yg namanya AHA body refiner moisturiser Atau kalo tidak konsultasi aja ke tempat-tempat perawatan kulit dan wajah. tapi aku masih makan cabe. Bangun tidur bersihkan wajah dengan air hangat. Bisa juga pake pembersih muka (kalo aku pake ovale maskulin. (kata dokter. 3. untuk mengontrol minyak. Biasanya siang dan sore bersihkan lagi. pakai yg namanya pure white spot treatment ketiga. Lengkap deh. Gw rasa. Tidur sekitar 6-8 jam. Barangnya bagus biasanya harganya juga pasti mahal. bisa pakai produk yang namanya Clarifying Daily Skin Care System (ada pembersih. untuk ilangin jerawatnya pake produk yang namanya Blemish Control. 6. Kalo aku naik motor. bersihkan muka dengan air hangat.Mau tidur . soalnya gw cowo) 5. 8. kacang. Bersihin muka sebisanya pake air bersih. Kalo mau lebih lengkap lagi tentang jerawat plus obat-obatnya coba kunjungi aja situs ini : http://www. makan cabe menstimulasi jerawat. walau sangat jarang). penyebabnya. Ada uang ada barang. Ditambah saran-saran mas fimana sebelumnya (olah-raga. Misalnya : ke ERHA situsnya http://www. biasanya aku cuci muka pake ³skin refiner: pore minimizer´ dari L¶oreal. Aku juga mengurangi makan cabe. Terus kulitnya diperiksa juga.org/ Di situ banyak diulas permasalahan tentang jerawat. kayaknya bisa menolong.erhaclinic. makanya kadang-kadang suka timbul jerawat. cara ngilangin bekasnya. Banyak kok itu. dll. 4.) Sebenarnya banyak sih obat yang lebih ampuh dan lebih cepat. 7. . macam-macamnya. penyegar dan pelembab). Soalnya makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.acne. Coba aja obat-obat dibawah ini : pertama. pake ledeng gak kusaranin . tapi aku jarang olah raga nih. kedua. terus olesin caladine merata di wajah. indomi. biar efektif. minyaknya banyak atau tidak. Tapi. Jika banyak.gak ada pilihan laen)«berbentuk lotion berwarna pink dengan bau seperti mentol«gambar covernya ibu yang sedang gendong bayi« Efek pemakaian teratur caladine lotion ini akan terlihat dengan cepat«kamu akan melihat jerawat di wajah kamu akan semakin jarang muncul.pori-pori kulit akan lebih ringkas dan nodanoda hitam akan memudar«serta. cara mengobatinya.

jangan dipencet/dipegang/digaruk/dsb. kita harus menanggulangi penyebab-penyebab tersebut 1. karena memang penanganan untuk jerawat cukup lama. menekan produksi sebum yang berlebih. salisilat 2% untuk memacu kulit meregenerasi 3. Tapi memang terbukti sangat efektif . dan jangan suka pindahpindah dokter. merusak struktur kulit sehingga kuman akan lebih mudah masuk lagi 4. 5. bibir. isotretionin dengan efek menormalkan regenerasi kulit yang berlebih. Benzoyl Peroxide sebagai pengobatan topikal dengan efek anti bakteri 2. karena akan menyebabkan cacat janin. Makanan tidak ada hubungannya dengan jerawat! kalaupun ada itu karena orang tersebut sensitif 7.dll Untuk pengobatannya biasa dipakai: 1. itu akan memacu peradangan yang lebih hebat.. kalau bisa sehari minimal 2 1/2 lt . karena kalau kulit terlalu kering. mata. terutama pada wanita yang ingin mempunyai anak pada waktu dekat sekitar 1 bulan tidak DIPERBOLEHKAN menggunakan. akibatnya hormon tersebut menimbulkan lagi acne 3.genetik.Sekedar tips dan informasi mengenai acne nih« sebenarnya yang membuat acne sendiri adalah bermacam-macam..3 lt 6. mungkin ada yang papa/mamanya dulu juga jerawatan oleh karena itu. antibiotik minum : doxycycline/ clindamycin 4.minum air sebanyak mungkin. Efek sampingnya juga berbahaya. hasil yang di peroleh juga tidak bisa cepat. ini wajar aja karena akan timbul stres dan itu memacu hormon.dibiasain pake toner setelah cuci muka agar lemak-lemak yang tidak larut dengan sabun akan terbawa dengan toner tersebut 9.000. 8. Obat yang satu ini adalah pilihan terakhir bagi penderita acne yang parah. bisa berupa kering di wajah. butuh kesabaran. secara tidak langsung mematikan bakteri. yang paling murah 1 pilnya Rp 8. mungkin selalu merasa jerawatnya bertambah banyak.bagi yang udah berjerawat. harganya pun juga mahal. retinoid topikal 5.kelenjar sebum yang terletak pada pangkal rambut yang produksinya berlebihan akibat berlebihnya hormon androgen 2. lebih baik konsul dulu ke dokter.pergantian lapisan kulit yang terlalu cepat kemudian menumpuk akan menimbulkan penyumbatan 3.cuci muka sehari cukup 2-3 kali.sedangkan penggunaan obat ini bisa sampai 4-6 bulan. kalau merasa sudah parah mendingan ke dokter spesialis kulit aja.istirahat yang cukup 5. sehari diminum 1 pil.bakteri/flora normal kulit itu sendiri yang berubah menjadi ganas dan menyerang kulit kita 4.stres juga dapat memicu jerawat. akibatnya kulit juga akan mengkompensasi dengan mengeluarkan minyak/sebum lebih banyak 2. 1.

barbiturate. tetapi terdapat pula berbagai faktor selain herediter yang diduga berperan dalam timbulnya jerawat. Selain menyakitkan. Mikroba bakteri di dalam pori-pori 7. Paparan terhadap bahan kimia seperti chlorinated dioxins 13. Iklim 10. Pemakaian amfetamin jangka panjang Makanan hanya memiliki sedikit pengaruh pada jerawat. Pengobatan yang mengandung lithium. Aktivitas hormonal. Pemakaian anabolic steroid 8. pubertas 2.Pengobatan Pada Jerawat Tidak Dapat Dilakukan Secara Instan 7 Agustus 2009 Penyebab Timbulnya Jerawat Penyebab timbulnya jerawat belum diketahui secara pasti. kondisi siklus haid. atau fluoride 14. ternyata hal ini juga . Akumulasi sel-sel kulit mati yang menyumbat/ menutup pori-pori 6. Cara Mengatasi Jerawat Seringkali ketika melihat beberap jerawat di wajah. Menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan kulit dengan sabun atau bahan kimia yang berpotensi mengiritasi kulit dapat membuat jerawat bertambah parah. Hiperaktivitas kelenjar minyak 5. atau androgen 12. Paparan terhadap halogen seperti iodide. antara lain: 1. bromide. Diduga faktor herediter (keturunan) berperan. Kosmetika 11. Peradangan 3. tangan kita rasanya susah untuk menahan untuk tidak menekan jerawat dan mengeluarkan isinya. Diet 9. Stres emosional 4. chloride.

3. Namun jika mengalami jerawat yang menetap atau kista yang telah meradang. dokter dapat memberikan losion yang lebih kuat. 5. asam salisilat atau asam laktat sebagai bahan aktifnya. mempercepat pergantian sel kulit. Jerawat bukan suatu keadaan medis yang membahayakan. Jangan menusuk atau memencet jerawat. Amati apakah ada tanda-tanda penyebaran infeksi melewati pinggiran jerawat 7. 4. Jika jerawat tidak merespon pengobatan ini. Pastikan faktor-faktor yang memperhebat timbulnya jerawat. Lotion yang dijual bebas umumnya mengandung benzoil peroksida. sehingga diperlukan kesabaran dalam mengatasi jerawat. membunuh bakteri dan mempercepat pengelupasan sel kulit mati. 2. . Hindari bahan kosmetik yang berminyak atau berlemak. Gunakan produk yang berlabel menggunakan bahan dasar air atau nonkomedogenik. Perlu diingat bahwa pengobatan jerawat tidak dapat dilakukan dengan instan. Hindari paparan sinar matahari berlebih. Bekerja dengan mempercepat pengelupasan sel dan mencegah penyumbatan folikel. Ita ketika memberikan materi mengenai jerawat kepada peserta usia sekolah. Karena terlampau banyak matahari juga dapat menyebabkan kerutan dan kanker kulit di kemudian hari. Kombinasi terapi kadang diperlukan untuk mendapatkan hasil optimal.bukan solusi tepat untuk atasi kulit. Basuhlah bagian wajah yang bermasalah setiap hari dengan pembersih secara perlahan. menghilangkan infeksi bakteri. Juga agar rambut tetap bersih dan tidak menutupi wajah. Jerawat yang membandel harus diatasi segera. Hal tersebut juga ditekankan oleh dr. 6. resorsinol atau asam salisilat untuk mengeringkan kelebihan minyak dan mempercepat pengelupasan. Makanan tertentu seperti coklat yang pernah dianggap menimbulkan jerawat ternyata secara umum bukan biang keladinya. Tretinoin dan adapalene merupakan contoh obat resep topical yang merupakan turunan vitamin A. 8. Antibiotik topical diperlukan untuk membunuh kelebihan bakteri kulit. sulful. Hasil baru dapat terlihat dalam hitungan minggu. Jenis Pengobatan Jerawat: a. Perawatan yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi jerawat: 1. Lotion jerawat dapat mengurangi minyak. mengurangi peradangan atau merupakan kombinasi dari keseluruhan. Topikal (obat yang digunakan pada kulit). Produk ini dapat membantu untuk jerawat yang ringan. Prinsip pengobatan jerawat bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak. segera berkonsultasi dengan Dermatologis (dokter spesialis kulit & kelamin) untuk menghindari terjadinya noda bekas jerawat dan kerusakan kulit lebih lanjut. Tindakan ini dapat menyebabkan infeksi atau menimbulkan bekas. resorsinol. Gunakan losion jerawat yang mengandung bahan aktif benzoil peroksida. Jerawat pada kebanyakan kasus akan lenyap dengan sendirinya. Kecuali jelas ada makanan tertentu yang memperhebat jerawat. tidak perlu berhenti mengkonsumsi suatu makanan.

Namun terlalu banyak mencuci dapat mengiritasi kulit. Isotretinoin merupakan pengobatan yang cukup kuat untuk kista atau jerawat yang tidak merespon pengobatan lain. Bersihkan make-up sebelum tidur. c. Obat ini digunakan untuk jerawat yang menjengkelkan. Pengelupasan kimia dan mikrodermabrasi mungkin membantu untuk mengontrol jerawat. Antibiotik. Tidur dengan kosmetik di wajah dapat menutup poripori. Ini dilakukan karna minyak dan keringat di kulit dapat menjadi kotoran dan bakteri. Gunakan pakaian yang nyaman. Sangat efektif. d. Untuk kista yang dalam. namun diperlukan pengawasan dermatologis karena efek sampingnya. antibiotik oral diperlukan untuk menghilangkan bakteri dan peradangan. Mandi setelah berolahraga atau bekerja yang mengeluarkan keringat. Mungkin diperlukan antibiotik dalam hitungan bulan atau menggunakan kombinasi dengan produk topikal. Isotretinoin. Cuci daerah yang berpotensi berjerawat dua kali sehari. f. Kontrasepsi oral termasuk kombinasi norgestimate dan etinil estradiol.(Fie) . Laser dapat merusak kelenjar minyak dan menyebabkan minyak yang dihasilkan lebih sedikit. Cuci dengan menggunakan pembersih yang lembut dan bebas minyak. sebaiknya dilakukan perawatan sendiri. Dengan mencuci akan mengurangi kelebihan minyak dan sel kulit mati. helm dan alat olahraga yang dapat menimbulkan tekanan pada kulit. Untuk jerawat sedang sampai berat. Untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Kontrasepsi oral. Laser. menunjukkan peningkatan jerawat pada wanita. Pakaian yang ketat dapat merangkap panas dan lembab. f. Mencegah Jerawat Sekali jerawat menghilang. e. Buang alat make-up yang telah lama dan bersihkan kuas dan aplikator kosmetik secara teratur dengan air sabun e. antibiotik tidaklah cukup. Berikut beberapa tips untuk mencegah jerawat: a. diperlukan lanjutan perawatan untuk mencegah agar jerawat tidak kembali. Hindari penggunaan make-up yang berat.b. b. sehingga dapan menjadi terapi yang baik untuk jerawat dan bekas jerawat. Pilih kosmetik yang lebih tidak mengiritasi. Gunakan krim atau gel jerawat untuk membantu mengurangi kelebihan minyak. sehingga dapat mengiritasi kulit. Jika memungkinkan. Pilih produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat sebagai bahan aktifnya. c. Terai ini juga dapat meningkatkan tekstur dan mengurangi bekas jerawat. produk kulit berbahan dasar air. seperti mencuci kulit dengan pembersih yang lembut dan hindari menyentuh area yang berjerawat. d. Laser dapat mencapai bagian lebih dalam dari kulit tanpa merusak permukaan kulit. ransel. hindari tali pengikat yang terlalu rapat. Kontrasepsi oral dapat menimbulkan efek samping sehingga penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter.

Reporter: Dian Sofianty P Dari Berbagai Sumber Referensi: Seminar Perdoski (Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) Cabang Surabaya tahun 2009 .

2. 5. 6. Oleskan di sekitar tempat yang berjerawat. dan biarkan kering di muka. Setelah kering. Larutkan tepung kanji dengan air.Tips cara menghilangkan noda bekas jerawat dan flek hitam Aug 1. ambil asam gelugur (asam jawa juga boleh) dan rendam dalam air panas. Silahkan dicoba. campurkan dengan asam jawa dan sedikit air. Putih telur + 1 sedok tepung jagung + minyak zaitun. Ambil sedikit kanji nasi. 4. Sapukan ke muka dan di tempat berjerawat. Basuhlah air tersebut ke muka kita. bilas dengan air bersih.wordpress.(mayapadha. 8. Sapukan ke jerawat. Setelah rata. Ambil sedikit asam jawa + beberapa cm kunyit. cuci dengan air bersih. Cuci dengan air hangat. Bersihkan muka. Lifestyle Tips cara menghilangkan noda bekas jerawat ini ada 8 cara yang mungkin sesuai untuk anda. Biarkan selama 20 menit. Paginya. 7. Cuci dengan air kelapa tua. Campur bedak dingin dengan garam dan air asam jawa. Gunakan sebagai masker. oleskan sebagai masker ke muka. 2008 Kategori : Kesehatan. Kunyit di tumbuk. 1. Setelah kering sendiri. Campurkan air jeruk nipis (lebih bagus yang lokal) dengan 1 sendok minyak masak. Ketiganya..com) . setelah itu cuci bersih. asamnya di gosok-gosokkan ke tempat2 yang berjerawat or yang berparut. aduk secara rata. Basuh muka dengan air basuhan beras. basuh dengan air biasa. Oleskan ke seluruh muka sebelum tidur. Setelah air menjadi hangat (suam2 kuku). Beberapa menit kemudian. 3.

Masker y y y Buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. lalu uapkan pada wajah yang berjerawat. Kompres wajah dengan air es setelah menggunakan masker akan membantu meningkatkan hasilnya. yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Cuci Muka Kulit wajah yang berminyak atau wajah yang mempunyai kecenderungan muncul jerawat harus dibersihkan dua kali sehari. Menurut beberapa ahli kulit. Munculnya jerawat juga sering dikaitkan dengan konsumsi makanan tertentu seperti kacangkacangan. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum). Umumnya jerawat muncul pada masa remaja. jerawat biasa. kulit yang keriput dan kering pun hilang lenyap. tekanan psikologis. Masker lain yang dapat digunakan mengatasi jerawat adalah masker temulawak (Curcuma xanthorizza). Semua tipe jerawat ²baik komedo. belimbing wuluh bersifat sejuk. dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dipercaya dapat mengurangi minyak pada wajah. Wajah berjerawat juga lebih segar jika diuapi dengan seduhan satu bungkus daun teh. Menurut pengalaman beberapa orang. Meski demikian belum ada hasil penelitian yang menguatkan dugaan ini. Jeruk nipis (Citrus aurantium) yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya. panu. Sangat dianjurkan mencuci muka dengan pembersih yang PH-nya sedikit asam untuk menjaga kebersihan wajah yang berjerawat. Penyebabnya antara lain faktor keturunan. bakteri. Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi).[Info] TERAPI ALAM Mengobati Jerawat dengan Cara Alami Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang biasa ditemukan di semua kalangan. membasuh wajah dengan air es juga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Air seduhan 7-10 lembar daun sirih (Piper betle) mujarab untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat sehingga dapat digunakan untuk mencuci muka sebanyak dua atau tiga kali sehari. atau goreng-gorengan. Masker mengkudu tidak hanya mengatasi jerawat. dan cuaca. . maupun jerawat batu² memang sangat mengganggu. Selain itu alergi terhadap obat tertentu juga dapat merangsang tumbuhnya jerawat. otot-otot muka menjadi lebih relaks. tidak hanya di wajah. tapi tidak jarang orang dewasa yang mengalaminya. cokelat. Bagi kaum perempuan jerawat bisa muncul apabila datang haid atau hamil dan bisa muncul di bagian tubuh mana saja. dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah). terutama remaja. Namun cara-cara berikut ini dapat dilakukan sendiri guna mencegah maupun mengobati jerawat. ketidakseimbangan hormon. Bahan-bahan berasal dari sekitar kita dengan cara yang tidak sulit dan menyita waktu. Sebungkus kecil daun teh yang diseduh dengan air panas baru mendidih.

Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai masker antijerawat adalah tumbukan pucuk daun jambu batu (Psidium guajava). jaga jangan sampai menggumpal. dua sendok makan susu cair dingin. Jerawat jenis komedo dapat dihilangkan dengan masker peel off dari gelatin buatan sendiri. dinginkan sampai hangat. Potongan kentang yang diiris tipis-tipis ditempelkan pada kulit yang meradang karena jerawat hingga warna kentang keabu-abuan dan kering. Susu cair dingin dan gelatin dicampur lalu dipanaskan. lalu campurkan dengan putih telur. dan satu butir putih telur. Oleskan adonan tadi ke wajah. Lidah buaya (Aloe vera) yang terkenal dapat menghaluskan kulit juga dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat. (nat ± Sinar Harapan 2003) . Kentang (Potato solanum tuberosum) juga dapat dikompreskan pada jerawat. Bahan-bahannya: y y satu sendok makan bubuk gelatin yang bisa dibeli di pasar swalayan. Setelah leleh. kecuali seputar mata dan bibir.y y Daun dewa dan mahkota dewa juga berkhasiat sebagai obat jerawat. Sedangkan flek-flek hitam di wajah bekas jerawat dapat dihilangkan dengan masker jagung (Zea mays) muda atau bengkoang. Parutan jagung muda atau bengkoang dioleskan ke bagianbagian yang hitam lalu diamkan sampai mengering.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful