P. 1
Penghargaan Di Bidang Lingkungan Hidup

Penghargaan Di Bidang Lingkungan Hidup

|Views: 1,355|Likes:
Published by 085646528013

More info:

Published by: 085646528013 on Sep 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

PENGHARGAAN DI BIDANG LINGKUNGAN HIDUP ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: Tempat yang baik dan ideal dimana

dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada citacita pembangunan berkelanjutan. TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif. PENGHARGAAN ADIWIYATA Pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penghargaan diberikan pada tahapan pemberdayaan (selama kurun waktu kurang dari 3 tahun) dan tahap kemandirian (selama kurun waktu lebih dari 3 tahun). Pada tahap awal, penghargaan Adiwiyata dibedakan atas 2 (dua) kategori, yaitu: 1. Sekolah Adiwiyata adalah, sekolah yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup. 2. Calon Sekolah Adiwiyata adalah. Sekolah yang dinilai telah berhasil dalam Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup. Pada tahun 2007 kuesioner yang diterima oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dari seluruh Indonesia sebanyak 146 sekolah yang berasal dari 17 propinsi. Setelah melalui tahaptahap seleksi penilaian, maka ditetapkanlah 30 sekolah sebagai calon model sekolah Adiwiyata tahun 2007. Sedangkan 10 sekolah yang telah terseleksi sebelumnya di tahun 2006 (meliputi ruang lingkup Pulau Jawa) ditetapkan sebagai sekolah penerima penghargaan Adiwiyata sesuai dengan kategori pencapaiannya.

pemerintah berkewajiban memberikan penghargaan kepada orang atau kelompok yang berjasa di bidang lingkungan hidup". 23 Tahun 1997. Adipura 2008/2009. dan pelaksanaan Adipura di Willayah Sulawesi . Maluku dan Papua pada tahun 2004-2005 diikuti oleh 26 kabupaten/kota dan pada Adipura 2008 / 2009 menjadi 73 kota dari 125 Kabupaten/Kota. 14 tahun 2006. (c) Pengelolaan kebersihan perairan terbuka dari sampah. Sejalan dengan itu. . sarana perkotaan. Dalam perkembangannya. disebutkan bahwa kawasan yang dipantau meliputi: perumahan. sarana kebersihan dan pantai wisata. merupakan salah satu upaya menangani limbah padat domestic di perkotaan. sarana transportasi. Pasal 10 huruf (i) UU No. yaitu : (1) Memantau dan mengevaluasi kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan berdasarkan pedoman dan kriteria yang ditetapkan untuk menentukan peringkat kinerja kota. Penghargaan yang rencananya diharapkan memacu kota-kota agar mampu melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik dan benar. (b) Pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH). lingkup kerja Program Adipura difokuskan pada upaya untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota “ Bersih & Hijau “.PENGHARGAAN ADIPURA ADIPURA sebuah penghargaan yang diberikan kepada kota berwawasan lingkungan hidup. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. KALPATARU Salah satu prinsip pembangunan adalah berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. perairan terbuka. Kementrian Lingkungan Hidup pada Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni 2002 mencanangkan Program Bangun Praja yang diikuti oleh secara sukarela (voluntary) oleh Kabupaten/kota sebagai lanjutan dari Program Adipura yang dicanangkan pertama kali tahun 1986 di Padang. Program Adipura. Hasil Pelaksanaan Program Adipura yang telah dicapai sejak dicanangkan hingga pada tahun ketujuh. sedikit banyak telah memberikan motivasi dan dorongan kepada pemerintah daerah untuk menerapkan prinsip-prinsip good environmental governance . menyebutkan bahwa "dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup. (2) Meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan perkotaan. Ada dua kegiatan pokok dalam penanganan limbah domestik dan ruang terbuka hijau di perkotaan. Selanjutnya sejak 5 Juni 2005 Program ini yang selanjutnya disebut sebagai Program Adipura ditetapkan sebagai program mandatory. 93 tahun 2004. Diharapkan melalui Program ini setiap daerah dapat mendayagunakan seluruh kemampuannya melalui dukungan dari segenap segmen masyarakat untuk secara bersama-sama mengatasi permasalahan lingkungan hidup perkotaan. Pelaksanaan Program Adipura didasarkan pada Kepmen LH No. Pemantauan dan evaluasi kinerja didasarkan pada kriteria Adipura yang meliputi aspekaspek: (a) Pengelolaan sampah.

dan Pembina Lingkungan (24). Penyelamat Lingkungan (64).Salah satu bentuk penghargaan tingkat nasional yang diberikan oleh Pemerintah adalah KALPATARU. Pengabdi Lingkungan (50). KALPATARU telah diberikan kepada 195 orang/kelompok yang terdiri dari 4 kategori. setiap tahun bertepatan pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tanggal 5 Juni. yaitu Perintis Lingkungan (57). Penghargaan KALPATARU diberikan pada seseorang atau kelompok masyarakat yang telah menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsihnya di dalam memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup. Sejak tahun 1980-2003. serta diharapkan memberikan "multiflier effect" pada perorangan atau kelompok masyarakat di daerah lain untuk berbuat yang sama pada lingkungannya. Penyerahan KALPATARU dilakukan oleh Presiden R.I. Pemberian penghargaan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu insentif dan stimulus untuk memotivasi inisiatif lokal. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->