ANGGARAN DASAR IKA BARUNA

Pembukaan Dengan rahmat Allah SWT Sesungguhnya IKA BARUNA merupakan suatu wadah dimana para anggotanya adalah para alumni Palang Merah Remaja yang akan hak dan kewajiban serta peranan dan tanggung jawabnya terhadap Masyarakat,Bangsa,Negara dan umat manusia serta lingkungan hidupnya.oleh karena itu anggota IKA BARUNA bertekad memberi darma baktinya melaksanakan tugas –tugas kemanusiaan untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila,Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah Internasional serta Tribakti Palang Merah Remaja. Sebagai generasi muda yang merupakan bagian integral dari Masyarakat,Bangsa dan Negara: anggota IKA BARUNA perlu mempersiapkan dan membina diri agar menjadi kader-kader Palang Merah Indonesia yang menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta mengupayakan penggunaanya untuk kemanusiaan. Menyadari bahwa tujuan tersebut dapat dicapai dengan taufik hidayah Allah Swt,serta usahausaha yang teratur,berencana,dan penuh bijaksana,maka dengan rahmat Allah Swt kami generasi muda menghimpun diri dalam Ikatan Keluarga Alumni Palang Merah Remaja Tulang Bawang yang digerakan dengan pedoman petunjuk pelaksanaan sebagai berikut: BAB I NAMA,WAKTU,DAN TEMPAT KEDUDUKAN PASAL 1 NAMA Organisasi ini bernama Ikatan Keluarga Alumni Palang Merah Remaja dengan singkatan IKA “BARUNA” PASAL 2 WAKTU IKA BARUNA dibentuk Hari Sabtu Tanggal 29 April 2006 Bertempat di Unila Bandar Lampung dan diresmikan di Dayamurni pada tangal 29 Oktober 2006 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan PASAL 3 TEMPAT KEDUDUKAN

05 Dayamurni. 2.keilmuan. kreatif dan inovatif generasi muda dalam bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi melalui kegitan-kegiatan dalam bidang penalaran. Pancasila 2. Tribakti Palang Merah Remaja PASAL 5 SIFAT IKA BARUNA adalah organisasi sebagai wadah perhimpunan generasi muda yang peduli terhadap kemanusiaan yang bersifat struktural bernaung dibawah Palang Merah Indonesia PASAL 6 TUJUAN 1.mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dibidang sosial serta bertanggung jawab mengupayakan penggunaanya untuk kepentingan kemanusiaan. Pengembangan potensi.Tumijajar. Terbinanya insan generasi muda yang peduli terhadap kemanusiaan. Ratu Pengadilan No.sehat jasmani dan rohani.Tulang Bawang. Prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional 3.SIFAT. . Terciptanya kerjasama antar anggota baik kedalam maupun keluar berdasarkan semangat kekeluargaan dan kebersamaan.secara profesionalisme yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan yang maha esa.memiliki kemampuan menerapkan. Kec. Kab. sifat dan tujuan.TUJUAN.berbudi pekerti luhur.DAN KEGIATAN PASAL 4 ASAS IKA BARUNA Berazaskan : 1. BAB II ASAS.berkepribadian yang mantap dan mandiri.IKA BARUNA berkedudukan di Jln. PASAL 7 KEGIATAN 1. minat dan bakat kesejahteraan angota dan pengabdian kepada masyarakat serta kegiatankegiatan lain yang tidak menyimpang dari azas.

2. e.2. Arti : a. Tulisan IKATAN KELUARGA ALUMNI PALANG MERAH REMAJA “BARUNA” berwarna merah berarti unsur-unsur yang menyatakan bahwa IKA BARUNA berani menentukan sikap. PASAL 9 LAMBANG DAN ARTI 1. Ombak berwarna biru berarti cinta kasih sesama manusia. f. BAB III BENDERA DAN LAMBANG PASAL 8 BENDERA Bendera IKA BARUNA berwarna dasar putih dengan lambang organisasi. Lambang : Lambang bergambar logo PMI yang ditopang oleh dua buah tangan diatas perahu Tulang bawang dengan jangkar dibawahnya serta gambar gelombang air dilingkari dengan tali yang mengikat bertuliskan IKATAN KELUARGA ALUMNI PALANG MERAH REMAJA “BARUNA”. Tali yang melingkar berwarna kuning berarti suatu IKATAN KELUARGA ALUMNI .menyatakan pendapat. c.berjuang dan bekerja untuk kegitan kemanusiaan. Perahu Tulang Bawang berwarna hitam berarti suatu wadah kreatifitas para Remaja Palang Merah yang berdomisili di wilayah kabupaten Tulang Bawang. Jangkar berwarna hitam berarti BARUNA diambil dari nama dewa laut. Mengembangkan potensi professional dan kepemimpinan anggota dalam bidang kemanusiaan. d. Tangan berwarna kuning emas menopang logo PMI berarti menjunjung tinggi Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah Internasional b.

FUNGSI DAN PERANAN PASAL 10 STATUS IKATAN KELUARGA ALUMNI PALANG MERAH REMAJA “BARUNA” adalah organisasi Pemuda Palang merah yang bergerak di bidang kemanusiaan. PASAL 11 FUNGSI Sebagai wadah kegiatan generasi muda dalam pengembangan minat dan bakat. Anggota Kehormatan BAB VI STRUKTUR ORGANISASI . pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kemanusiaan. PASAL 12 PERANAN IKATAN KELUARGA ALUMNI PALANG MERAH REMAJA “BARUNA”berperan sebagai tenaga sukarela dalam mengembangkan sumber daya manusia bagi masyarakat dan sesama manusia. BAB IV STATUS. Anggota Luar Biasa 3. Anggota Biasa 2.PALANG MERAH REMAJA. BAB V KEANGGOTAAN PASAL 13 KEANGGOTAAN 1.

Bendahara 6.PASAL 14 KEKUASAAN Kekuasaan tertinggi dipegang oleh musyawarah besar IKATAN KELUARGA ALUMNI PALANG MERAH REMAJA “BARUNA” PASAL 15 KEPEMIMPINAN Kepemimpinan IKATAN KELUARGA ALUMNI PALANG MERAH REMAJA “BARUNA” tertinggi dipegang oleh presidium MUBES. Hubungan Masyarakat e. Ketua 2. Seksi-seksi: a. Peningkatan SDM b. Wakil ketua 3. Wakil sekretaris 5. Sekretaris 4. Usaha (Penggalangan Dana) d. PASAL 16 STRUKTUR KEPENGURUSAN 1. Dapur Umum PASAL 17 PENETAPAN MASA JABATAN PENGURUS . Perlengkapan c. Wakil bendahara 7.

Sidang istimewa BAB VIII PERBENDAHARAAN . Pengurus IKA BARUNA setelah masa kepengurusannya berakhir dapat dipilih kembali untuk masa jabatan periode berikutnya terkecuali dengan alasan tertentu tidak dapat melanjutkan tugasnya. 2. Dalam keadaan tertentu dapat diadakan reshuffle kepengurusan IKA BARUNA. Pengurus IKA BARUNA menduduki masa jabatan 2 tahun terhitung sejak terbentuknya kepengurusan. Pengurus IKA BARUNA berkewajiban menjaga nama baik dan kehormatan serta memajukan organisasi. 2. Pengurus IKA BARUNA berkewajiban mempertanggung jawabkan kepengurusannya kepada anggota pada saat MUBES. 2. 5. 3. Rapat pengurus IKA BARUNA 3. Setiap pengurus IKA BARUNA mempunyai hak bicara dalam MUBES yang diatur melalui tatatertib MUBES. Tatatertib pemilihan dan pengukuhan pengurus diatur dalam MUBES.1. MUBES IKA BARUNA. 3. BAB VII PERSIDANGAN PASAL 19 INSTANSI PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORGANISASI 1. Pengurus IKA BARUNA dipilih dan ditetapkan oleh MUBES. Rapat kerja pengurus IKA BARUNA 4. PASAL 18 HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS 1. 4.

ATURAN PERALIHAN Selama Badan-Badan yang ditetapkan oleh Anggaran Dasar ini belum dibentuk badan yang masih ada. selanjutnya diatur dalam Anggaran Rumah Tangga dan atau ketentuan khusus yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar. BAB X PERUBAHAN AD/ART PASAL 22 Perubahan AD/ART dilakukan pada saat MUBES IKA BARUNA. BAB IX ATRIBUD PASAL 21 Atribud IKA BARUNA disahkan oleh MUBES.PASAL 20 Pembiayaan untuk keperluan IKA BARUNA dibebankan kepada anggota atau usaha lain yang sah dan tidak mengikat. tetap berlaku sejauh tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar ini. BAB XI ATURAN TAMBAHAN DAN PERALIHAN ATURAN TAMBAHAN Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful