P. 1
MAKALAH rokok

MAKALAH rokok

|Views: 1,319|Likes:
Published by Nadiah Hideta

More info:

Published by: Nadiah Hideta on Sep 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

MEROKOK DALAM PANDANGAN ISLAM

Anggota : Albila Husna Prajani Amin Mujanah Arinda Puspitasari Nadiah Lukita Sari Nihayatun Naim Restituta Rida Kristsada Sri Suparmi Vivi Octaniati Wulan Mardiyanti Yusnia Anggreini

SMA NEGERI 1 WONOGIRI 2009

Pengertian Rokok Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Belanda memperkenalkannya dengan menanam di Deli. menyalakan dan menghisap asapnya." (al-Baqarah : 120). Sumatra dan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jerman atau di London. maka para suku-suku bangsa Maya ini bertebaran dengan membawa tembakau menuju baik ke Selatan maupun Utara benua Amerika. Juga dapat dipastikan bahwa suku Maya di Amerika Tengah adalah pengguna tembakau. Dan Columbus “memasarkannya” di Eropa. Mereka ini dipastikan berasal dari semenanjung Yucatan di Mexico. Nama Situbondo. Sejarah rokok sendiri tidak terlepas dari upaya konspirasi Yahudi-Nasrani yang berhasrat untuk menghancurkan umat Islam. menanam dan memeliharanya serta menghisapnya seperti tembakau yang kita kenal sekarang. Menurut kisah sebenarnya Columbus hanya mencari emas. "Tidak akan ridho kaum Yahudi dan Nasrani terhadap kalian selama-lamanya sampai kalian mengikuti jalan hidup mereka. B. menikmatinya. Pribumi benua Amerika yaitu suku bangsa Indian adalah orang-orang yang pertama kalinya menyebar luaskan penggunaan tembakau. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Bondowoso dan Jember dan Magelang serta Deli. Spanyol. Pada abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Sebenarnya Rasulullah pernah bersabda : "Kelak akan datang kaum-kaum di akhir zaman. Merokok digunakan untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Inggris dan negara-negara Eropa penjajah lainnya berlomba membuat produksi di negara-negara jajahannya. disebutkan bahwa munculnya rokok berasal dari Inggris yang menyebar ke negeri-negeri Islam di abad akhir. yaitu pada abad 16. padahal mereka bukan umatku (Rasulullah tidak mengakui sebagai umatnya). bahkan mereka adalah orang . Didalam kitab Jawahirul Lu'lu'iyyah. dikenal oleh penggemar tembakau baik di Bremen. dan aku juga tidak mengganggap mereka suatu umat. Anehnya pemerintah Inggris justru tidak mengirimkan rokok ke negara Islam kecuali setelah para dokter muslim bersepakat melarang merokok. b. Penyebaran keseluruh dunia dimulai setelah pelayaran Christopher Columbus pada tahun 1492.A. Kemudian setelah budaya Maya hancur. Sejarah Rokok a. mereka suka mengonsumsi asap tembakau ini dan mereka berkata : 'Kami adalah umat Muhammad SAW'. tetapi anak buahnya yang merasakan asap tembakau. Mereka inilah yang pertama sekali menjadi pioneer tembakau.

Dari tetesan kencing Ibllis itulah tembakau tumbuh. Nabi SAW bersabda : "Allah memasukkan mereka kedalam neraka. bersikap sombong dan termasuk orang-orang yang kafir." Allah berkata : "Keluarlah engkau dari surga sesungguhnya engkau terkutuk. " C. Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok. seluruh malaikat kemudian sujud kepadanya kecuali Iblis. aku tercipta dari api sedang ia tercipta dari tanah. dan sesungguhnya tembakau adalah tanaman yang keji. bahan baku atau isi rokok. proses pembuatan rokok. Apa yang menyebabkan kamu tidak mau sujud saat Aku memerintahkanmu ? " Kata Iblis : "Aku lebih baik darinya. Rokok berdasarkan bahan pembungkus." Abu Hurairoh yang mendengar sabda tersebut bertanya : "Bagaimana sejarah tembakau itu tumbuh Ya Rasulullah ?"Sabdanya : "Sesungguhnya setelah Allah menciptakan Adam As dan memerintahkan para malaikat untuk sujud (sebagai tanda penghormatan) kepada Adam. Allah bertanya kepada Iblis : "Wahai Iblis. Jenis-jenis Rokok Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis.yang celaka. Dia enggan. dan penggunaan filter pada rokok. o o o o Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung. Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren. dan engkau dilaknat sampai hari akhir!" Iblis keluar dengan ketakutan hingga terkencing-kencing. .

dll. dll. Contoh: A Mild. Saat ini mesin pembuat rokok telah mampu menghasilkan keluaran sekitar enam ribu sampai delapan ribu batang rokok per menit. Keluaran yang dihasilkan mesin pembuat rokok berupa rokok batangan. Rokok berdasarkan proses pembuatannya. o o o tertentu. Sigaret Kretek Mesin Full Flavor (SKM FF): rokok yang dalam proses pembuatannya ditambahkan aroma rasa yang khas. material rokok dimasukkan ke dalam mesin pembuat rokok. Sigaret Kretek Mesin sendiri dapat dikategorikan kedalam 2 bagian : 1. Ada pula mesin pembungkus rokok yang mampu menghasilkan keluaran berupa rokok dalam pres. U Mild. o o Sigaret Kretek Tangan (SKT): rokok yang proses pembuatannya dengan cara Sigaret Kretek Mesin (SKM): rokok yang proses pembuatannya Rokok Putih: rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang Rokok Kretek: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan Rokok Klembak: rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau. Star Mild. cengkeh. Surya Slim. lingkar pangkal rokok dan lingkar ujung rokok sama besar. Sederhananya. Mesin pembuat rokok. Contoh: Gudang Garam Filter Internasional. belum ditemukan mesin yang mampu menghasilkan SKT karena terdapat perbedaan diameter pangkal dengan diameter ujung SKT. biasanya. Sayangnya. dihubungkan dengan mesin pembungkus rokok sehingga keluaran yang dihasilkan bukan lagi berupa rokok batangan namun telah dalam bentuk pak. Pada SKM. Sigaret Kretek Mesin Light Mild (SKM LM): rokok mesin yang menggunakan kandungan tar dan nikotin yang rendah. cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. . LA Light. Djarum Super. dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma digiling atau dilinting dengan menggunakan tangan dan atau alat bantu sederhana. satu pres berisi 10 pak. 2.Rokok berdasarkan bahan baku atau isi. menggunakan mesin. diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu. Rokok jenis ini jarang menggunakan aroma yang khas.

ditambahkan untuk menjaga tembakau tetap kering.Ini adalah logam. Minyak ini juga biasa digunakan untuk campuran cat dan varnish kayu. Propylene Glycol -. D. tercemar pada rokok yang sudah jadi. Lead and Nickel -. o Rokok Filter (RF): rokok yang pada bagian pangkalnya terdapat gabus. Biasa ditemukan pada pestisida dan gasolin.cairan pada korek api. Cadmium -.meningkatkan penyerapan nikotin. Zat ini dapat mempercepat pengiriman nikotin ke otak.hasil tambahan dari asap rokok. Arsenic -. Kandungan Rokok Pada rokok sebenarnya ada 4000 kandungan kimia di dalamnya. Di bawah ini adalah 10 kandungan kimia yang paling berbahaya: • Ammonia -.digunakan sebagai pestisida pada tanaman tembakau.Rokok berdasarkan penggunaan filter.zat yang dihasilkan ketika rokok dibakar. Faktor-faktor Pondorong Merokok Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang merokok adalah: . • • • • • • Butane -. Turpentine -. Formaldehyde -. digunakan untuk membersihkan toilet juga. o Rokok Non Filter (RNF): rokok yang pada bagian pangkalnya tidak terdapat gabus.hasil lain dari pembakaran rokok. zat ini biasa digunakan untuk mengawetkan mayat. Benzene -. Dapat digunakan sebagai pembunuh tikus.kandungan logam yang diperoleh tembakau dari tanah. Zat ini sering ditemukan pada tiner untuk membersihkan kutek (cat kuku) dan seperti ammonia.digunakan untuk memberi rasa mentol pada rokok. Biasa digunakan untuk membersihkan toilet. • • • Sedangkan dalam asap rokok terdapat 3 bahan beracun yang membahayakan tubuh yaitu: o o o Nikotin Tar Karbonmonoksida E. dicampurkan dengan air untuk menyiram di closet. Acetone -.

Merokok karena ingin menyertai sesuatu perbuatan. Padahal jelas-jelas Rasulullah SAW melarangnya dalam sabda beliau : "Janganlah kalian membahayakan diri kalian sendiri dan . Padahal Allah SWT amat kasih sayang terhadap hamba-hambaNya dan amat membenci perbuatan yang dapat mencelakakan hidup. Dan berdasarkan penelitian di Universitas Malik Sa’ud (Saudi Arabia). karena merokok dapat mengurangi nafsu makan perokok sehingga konsumsi makanannya berkurang. yaitu jika berkumpul bersama temam-teman. Tidak adanya pemahaman yang cukup tentang bahaya rokok. 5. Rasa gelisah dan gundah yang diiringi dengan kekosongan rohani ditambah waktu luang menjadikan seseorang ingin lari darinya dengan berbagai macam cara. Ada orang-orang yang apabila ditimpa keruwetan. Rokok dan Kesehatan Seorang perokok adalah pembunuh dirinya sendiri. Bergaul bersama orang-orang yang merokok. Merokok untuk menumbuhkan rasa percaya diri. 6.1. 2. terlebih jika dalam satu acara tertentu. Ingin menampilkan rasa gagah pada usia muda. Mana ada seorang yang bersih jiwanya yang tidak merasa terganggu dengan asap rokok ? Belum lagi orang-orang tercinta dan masyarakat sekitarnya. 6. 7. sebagian orang akan merasakan kenikmatan merokok seorang diri yang jauh dari pandangan orang lain. Mengendurkan persendian dan menimbulkan rasa lega setelah merokok. diantaranya: 1. Meneruskan kebiasaan merokok berarti menentang Allah SWT. Lemahnya dorongan keimanan dalam hati sehingga membuat seseorang tidak memperdulikan apa yang akan menimpa dirinya. Seorang perokok juga pembunuh orang lain. kitapun dapat mengetahui sebab-sebab merokok yang paling penting. Merokok sebagai sikap sosial. kesempitan atau rasa cemas dalam satu masalah segera menyalakan rokok untuk menghindarinya. karena Allah SWT tidak melarang sesuatu kecuali didalamnya terdapat mudhorot yang besar yang dapat mengganggu aktifitas 'ubudiyah seorang hamba. 4. seperti merokok setelah makan. 3. 3. F. Anak yang mencontoh perbuatan bapaknya yang merokok dan dibolehkannya perbuatan mereka oleh orang tuanya. atau setelah minum kopi atau teh. Mengurangi tegang syaraf dan menghilangkan rasa lelah (menurut pendapat mereka) 2. Merokok untuk menyendiri. 4. Dampak Merokok a. 5. Merokok sebagai pengganti makanan. khususnya pada usia menjelang dewasa.

. Jika seperempat saja dari rakyat negeri ini (anggap saja jumlah penduduk Indonesia sekitar 200 juta jiwa) yang merokok.180. tidak mau membayar SPP sekolah anak. dengan sesuatu yang dibenci Allah? b. dimana saja. kadang-kadang dapat melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh manusia yang berakal sehat. Dalam setahun. "Dan janganlah kalian menghambur-hamburkan harta kalian dengan boros.000 dan habis dalam waktu sehari. hanya karena sebungkus rokok. Hal ini tidak lain disebabkan mereka menuruti hawa nafsu dan memandang hal yang ia lakukan tidak berakibat buruk. maka dalam sebulan. bertengkar hanya karena uang belanja sehari-hari. 6. tidak mencukupi kebutuhan pendidikan (umum dan agama) seperti buku-buku atau kitab-kitab. yang penting dirinya merasa puas. atau seandainya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. ! padahal sikap foya-foya adalah dilarang oleh Allah. untuk membantu dunia Islam lain seperti Palestina misalnya. individualis.000. sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syetan. bahkan enggan bersedekah atau menolong tetangga atau kerabatnya yang kesusahan." (QS. "ah ini kan uang-uang gue sendiri terserah gue mau dibuat apa.. ruangan apa saja. Namun sifat kecanduan dari tembakau dan cengkeh itu telah menutup mata hati mereka. Masing-masing memiliki 1 set komputer berwarna putih. terhormat dan disegani oleh masyarakat. bagaimana yang setiap harinya merokok dua hingga tiga bungkus. orang-orang yang mempunyai hak atasnya. padahal ia gunakan pakaian itu untuk menghadap Allah SWT saat shalat dan hendak menuju masjid. Inilah sikap yang disuntikkan kaum kapitalis kedalam otak perokok." Pernah ada 2 orang menempati 2 ruangan berbeda.komputer.jangan pula membahayakan orang lain. Muhammad : 14). istri dan anak-anaknya. berapa kiranya anggaran yang telah dikeluarkan oleh para perokok Indonesia ? Cukup untuk membayar hutang negara. Kurang dari 6 bulan. baju-baju didalam lemari si perokok semuanya menguning. al-Isro' : 26) Selain itu biasanya perokok menampakkan sikap egois. angkutan umum. Ia bisa saja tidak memberi nafkah istri. Ia berharap dapat meraih ridho Allah. warna cat tembok kamarnya. padahal sebagian besar dari mereka adalah kaum yang merasa dirinya hebat. dikamar tidur.. "Boleh jadi kamu . Yang satu merokok dan yang lain tidak. untuk membiayai para janda dan anak yatim. apakah mereka menyangka harta yang mereka keluarkan itu kelak diakhirat tidak akan dihisab ? Seorang yang telah mencampur kehidupannya dengan rokok. Itu baru sebungkus rokok sehari. Tidak peduli didalam bis.Rokok dan Ekonomi Jika harga sebungkus rokok Rp. berarti 9 milyar rupiah dalam sebulan mereka "membakar uang" dengan sia-sia. ia menghabiskan dana Rp.. Pakaian beraroma rokok. "Maka apakah orang yang berpegang pada keterangan yang datang dari Tuhannya sama dengan orang yang dijadikan baginya memandang baik perbuatan buruknya dan mengikuti hawa nafsunya ? " (QS. Seolah hal tersebut sah-sah saja. Ia telah mendzalimi dirinya sendiri.

Syech Abubakar bin Qosim al-Ahdal. beliau juga memerintahkan untuk menghancurkan tembakau di Hadramaut dan melarang orang-orang dari merokok." Masih banyak lagi ulama yang mengatakan ke-HARAM-an merokok. ia kekal dan dikekalkan didalam neraka selamanya." Terutama "tetangga" yang paling dekat dengan dirinya yakni keluarganya." Al-Habib Abdurrahman bin Muhammad al-Masyhur. dibenci bahkan haram hukumnya." (QS.yang shohih hukum merokok adalah haram karena dapat menghilangkan akal. Syech Ahmad Kurdy dan lain sebagainya terutama ulama' 'alawiyyin. Lalu bagaimana apabila mu'tamad para ulama mutaakhkhirin mengatakan hukumnya adalah haram ? Merokok sama saja dengan bunuh diri. aku khawatir dia akan mati . maka sungguh ia telah mengganggu Allah SWT. maka janganlah ia mengganggu / menyakiti tetangganya." (al-Baqoroh :195) Sabda Rasulullah SAW : "Barang siapa meneguk / menghisap racun sehingga menyebabkan ia mati. mufti Diyar Hadramaut.menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. maka kelak dineraka ia akan menenggak racun dari tangannya. Sesungguhnya Allah amat Penyayang kepadamu. anak dari Syech Abubakar bin Salim pernah membeli tembakau dengn harga 40. al-Baqarah :216) Asap rokok telah menutupi akal sehat dan nurani kemanusiaannya.." Rokok mengandung racun nikotin dan karbon monooksida yang perlahan akan membunuh dirinya. G. Kata Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad : ". dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri kedalam kebinasaan. maka cukuplah bagi orang yang mengaku dirinya mukmin untuk meninggalkannya. Syech Ibn 'Allan. Perokok pasif juga dapat terkena imbasnya bahkan lebih parah. " (An-Nisa' :29) Siapa yang tidak tahu merokok menyebabkan penyakit yang membinasakan seperti jantung koroner. diantaranya : Al-Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad sahibur ratib. penyumbatan pembuluh darah atau stroke ? Padahal Allah SWT telah melarang hal demikian. Allah Mengetahui sedang kamu tidak mengetahui. padahal kata Allah SWT : "Dan janganlah kalian membunuh diri kalian sendiri. Beliau berkata : "Orang yang tidak tobat dari merokok. "Dan belanjakanlah (harta bendamu) dijalan Allah. kanker paru-paru.. lalu membakarnya. Jika hukum merokok adalah makruh (dibenci Allah dan Rosul-Nya). maka alangkah tidak pantas kita yang awam masih mencari dalil-dalil untuk menghalalkannya. Merokok dalam Pandangan Islam Merokok adalah perbuatan bid'ah yang tercela." Al-Habib Husein. Sabda Nabi SAW : "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Kata beliau pula : "Barang siapa mengganggu seorang muslim maka sungguh ia telah menggangguku dan barang siapa mengganggu aku. Syech al-Qolyuby. saat membahas hal-hal yang membatalkan puasa didalam kitab beliau Bughyatul Musytarsyidin sempat berkata : "Semoga Allah melaknat orang yang membuat rokok karena rokok termasuk bid'ah yang buruk..000 riyal.

maka berikanlah dalihmu Penyakit apakah gerangan yang disifatkan mereka sampai-sampai menyerang punggungmu wahai yang tertipu apabila mereka berkata didalam rokok ada manfaatnya. tapi aku tidak punya harapan orang yang merokok dapat bertobat. karena mereka lalai dari jalan nyata kebenaran. adiknya melihatnya didalam mimpi lalu bertanya : "Apa yang telah Allah lakukan terhadapmu?" Si sholih itu menjawab : "Aku mendapatkan seluruh syafa'at dari para wali dan kaum sholihin kecuali satu.. sedang perokok merasa yakin bahwa hukum merokok adalah tidak apa-apa. Janganlah kau tertipu oleh mereka yang mengonsumsinya. peminum khomr tahu bahwa khomr hukumnya haram sehingga masih diharapkan tobatnya. maka berhati-hatilah dengan perkataan orang yang menjadikanmu hina karena lemahnya badan. dan mengambil barokah dari mereka. Syech Muhammad al-Bairuty ad-Dimyathy berkata : Rokok membuat tubuh lemah. dalam . Tak lama kemudian ia meninggal dunia. baik secara syari'at maupun secara akal. niscaya aku pilih agar dia makan kotoran manusia daripada merokok. Al-Habib Abdullah bin Umar Bin Yahya pernah melihat di Mekkah beberapa orang yang berilmu telah terbiasa merokok." Hal ini dikarenakan. Al-Habib Ali bin Hasan Alatas shohib kitab al-Qirthos serta alFaqih Abdullah bin Ahmad Bazar'ah secara global menyatakan merokok adalah tercela disetiap keadaan. Beliau lalu marah dan melarang mereka : "Ini tidak pantas dan tidak cocok bagi yang mempunyai ilmu. sungguh mereka telah berkata hal yang mustahil dan tak akan pernah dijumpai olehmu Al-Habib Ahmad bin Umar al-Hinduan mengatakan : "Kalau mereka mengharuskan kami untuk memilih." Na'udzu billahi min dzalik. Membiarkan seseorang di hari-hari cobaannya sampai-sampai ia melihat kebaikan bukan sebagai kebaikan Ada seorang yang amat sholih disalah satu kota di Hadramaut. Malamnya. bahkan menyebabkan bahaya dan penyakit didalam badan Celakalah penghisapnya. sehingga dia tidak merasa bersalah dan tidak perlu bertobat. tidak disukai oleh jiwa-jiwa yang muthmainnah serta dijauhi oleh tabi'at yang sholihah. kyai dan habaib terkemuka masih mempertahankan kemubahan merokok ? Syech Abdus Shomad Baktsir bersyi'ir : Rokok adalah hidangan terbuat dari api panas." Beliau juga mengharamkan rokok. Beliau juga mengatakan : "Aku masih punya harapan peminum khomr dapat bertobat.su'ul khotimah. mengamalkannya. anakku merokok atau makan kotoran manusia. Wal 'iyaadzu billah min dzalik. setiap harinya duduk berkumpul dengan auliya' dan sholihin. tidak ada manfaat didalamnya kecuali penyakit jantung maka jangan biarkan ia memperdayaimu Awalnya adalah batuk lalu menguning terus menerus ia lakukan sampai akhirnya berpenyakit TBC. sedikitpun tidak ada manfaatnya." Lalu bagaimana kiranya orang-orang yang merasa dirinya pandai berilmu seperti ulama'. kedudukan bagaimana yang diharapkan dari yang aromanya menyerupai singa ketika didalam kubangan Ulama' sepakat berfatwa akan keharamannya tanpa melampaui batas. Kebiasaan ini adalah bid'ah yang jelek. karena membuat buruk konsumennya. Istiqomah mempelajari ilmu.

lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. demi Dzat yang dari nuthfah Ia menciptakanmu. seorang ulama mutaakhirin. akan tetapi syetan telah menipumu Berapa banyak harta yang amat berharga kau sia-siakan. lalu mereka ingat akan Allah. Celakalah orang yang menghisapnya kelak dihari perhitungan. yang telah kukumpulkan. "Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri. Yaitu.merokok. Tidak akan pernah ada selamanya seorang yang 'alim pun yang berkata : ini adalah halal. " (az-Zumar : 17-18) . Ali 'Imron :135) Semoga kita termasuk hamba Allah yang disebut didalam ayat-Nya : ". Karenanya tak salah sindiran al-Habib Abdullah bin Umar asy-Syathiry. membuat air mata menghitam dan menghamburkan uang. mestilah ia seorang yang sesat dari jalan-jalan (kebaikan) serta dari kebenaran dan tuli ditelinganya menyumbat pendengaran Kita memohon kepada Allah Tuhan 'arasy Yang Mewujudkan kita. tapi kau tetap melakukan hal itu Seandainya kau balik 2 hukum itu (memakai siwak dan meninggalkan rokok) maka itu lebih utama bagimu. dan kau malu memakai siwakmu. Tiada kata terlambat untuk bertobat. Jika ada yang menentang perkataanku ini. lebih memilih akhlaq yang tercela dan kesialannya menyelimutimu Apakah kau tidak sadar datukmu hadir saat kau melakukannya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang memiliki akal.. seluruh auliya' dan kaum sholih dapat memberi syafa'at didalam hal apa saja. Adapun segala yang dianjurkan (diantaranya sunnah-sunnah Nabi SAW seperti siwak). Syariat dan kedokteran telah melarangmu dari perbuatan mengganggu itu. aduhai. kalau saja harta itu kau gunakan untuk akhiratmu Tidaklah pantas bagimu wahai putra keturunan Thoha SAW. semoga kebaikan ditampakkan dan diakhiri hidup kita dengan keimanan. segala yang dilarang (diantaranya rokok) makin digemari dengan alasan sedang trend dan dianggap modern." (QS. benar-benar kau tidak mau sadar. makin ditinggalkan dengan alasan kuno. dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan buruk itu sedang mereka mengetahui. jika harus memakai atribut agama dan merasa pede jika memakai asesoris budaya nonIslam. kolot dan tidak mode lagi..Sampaikanlah kabar gembira kepada hamba-Ku. baik manusia golongan 'arab maupun 'ajam. dalam syi'irnya beliau berkata :Kau perbagus rokok dibibirmu. Di akhir zaman yang mendekati qiyamat ini. asalkan bukan rokok." Artinya. Malu. tentang hukum menghisap api yang kelak kedalam neraka kau akan dijerumuskan Hukumnya adalah haram berdasarkan dalil dan sifat-sifat buruk didalam rokok. ia dapat menyibukkan dirimu dari bertasbih kepada Pencipta kita. Syech al-Qolyuby ketika ditanya hukum merokok menjawab dengan syi'ir beliau yang artinya kurang lebih : Dengarkanlah jawabanku wahai orang yang bertanya. yang mendengar perkataan lalu mengikuti apa yang terbaik darinya. saat ia datang dengan buku catatannya yang kosong melompong lagi kelam.

yaitu : 1. Dampak terhadap tubuh dimana rokok tersebut akan melemahkan dan merubah warna wajah menjadi pucat serta menimbulkan berbagai macam penyakit dan mungkin akan menimbulkan penyakit TBC. 2. Najmuddin bin Badruddin bin Mufassir Al quran Assyafi'i. Memabukkan Yang dimaksudkan oleh mereka dengan memabukkan yaitu benar benar menutupi akal dan menghilangkannya meskipun tanpa adanya keinginan yang kuat untuk bersenang senang dengan kata lain. baik dampak tersebut datang . Sebagaimana hadis riwayat Ahmad dan Abu Daud dari Ummu Salmah bahwa Rasulullah SAW melarang semua yang memabukkan dan melemahkan. memabukkan perokok dengan menyempitkan akal serta nafasnya. dan menurut mereka. Abdul Malik Al 'Ishami. Assayyid Umar Al Bashri.Maka pendapat para ulama terkemuka bisa dijabarkan sebagai berikut: I. Muhammad Al Khawaja dan Assayyid Sa'ad Al Balkhi Al Madani. 3. Dan mereka berpendapat bahwa tidak ada perbedaan dalam pengharaman sesuatu yang berdampak negatif. Abul Ghaits Al Qasyasy Al Malikiy. Pendapat yang mengharamkannya Mereka berpendapat bahwa rokok hukumnya adalah Haram menurut Syar'i. Melemahkan dan Narcolepsy Kalupun rokok itu tidak memabukkan. pendapat ini dinisbahkan kepada Syaikhul islam Ahmad As Sanhuri Al Bahuti Al Hanbali Al Mashri. Muhammad bin Alamah. Ibrahim bin Jam'an dan muridnya Abu Bakr bin Ahdal Al Yamani. tidak ada keraguan hal tersebut akan terjadi pada orang orang yang pertama mencicipinya. Berbahaya dan berdampak negatif Bahaya dan dampak yang mereka sebutkan ada dua macam : a. Syaikhul Al Malikiyah Ibrahim Allagani. juga Narcolepsy yaitu penyakit yang ditandai dengan rasa ngantuk yang sangat kuat dan tak terkendali sebagaimana halnya orang dibius. Alasan dan dalil dalil mereka tentang pengharamannya kembali ke tiga pokok permasalahan yang diakibatkan oleh rokok tersebut. namun ia melemahkan si perokok dan membuatnya malas dalam bekerja. Olehnya itu hukumnya adalah haram dan menurut mereka. seorang yang perokok tidak boleh dijadikan imam.

meskipun si perokok tidak menghambur hamburkan dan tidak boros serta berlebihan namun hartanya telah berkurang dengan menggunakannya kepada hal hal yang kurang bermanfaat. Pendapat yang memakruhkannya Pendapat ini mengatakan bahwa rokok menurut hukum syar'i adalah makruh. Baunya yang kurang enak dan sedap yang dapat menggangu orang di sampingnya. sama halanya dengan memakan bawang merah dan bawang putih. sedikit saja berbahaya apalagi kalau : banyak. 1. . innal mubazzirina kaanu ikhwana Sayathin wakana syaithanu lirabbihu kafura" (Al Isra : 27). b. janganlah menghambur hamburkan harta kepada apa apa yang tidak bermanfaat karena orang yang mubazzir adalah saudaranya setan sedangkan setan itu kufur kepada Tuahannya. Mereka juga berpendapat.secara sekaligus maupun bahaya tersebut datang secara perlahan dan berangsur angsur. Rokok akan menyibukkan si perokok dengan menghisapnya yang dapat membuatnya lalai dalam beribadah maupun mengurangi kesempurnaan ibadahnya. Dampak terhadap keuangan dimana seorang perokok akan menghambur hamburkan uangnya dan hartanya terhadap sesuatu yang tidak bermanfaat bagi tubuh dan diri dan tidak juga bermanfaat di dunia dan di akherat. 3. Perokok itu tidak akan terlepas dari bahaya yang ditimbulkan oleh rokok itu sendiri 2. dan pendapat ini dinisbahkan kepada Syaikh Abu Sahal Muhammad bin Al Wa'idz Al hanafi dan pengikutnya. padahal islam telah melarang untuk menghambur hamburkan harta kepada sesuatu yang tidak bermanfaat sebagaimana firman Allah SWT. bukan dari segi pemakaian dan penggunaannya melainkan dari segi materi yang dihabiskannya dalam membelanjakan rokok tersebut. Alangkah baiknya jika uang yang dibelanjakkan untuk rokok digunakan kepada hal hal yang bermanfaat baik buat diri sendir dan orang lain. artinya. 4. Kekurangan dalam harta. " Wala tubazzir tabzira. jika seorang perokok itu mengakui bahwa dia tidak mendapat manfaat apa pun dari rokok pasti dia akan mengharamkannya atas dirinya. Adapun alasan dan dalil mereka tentang pemakruhannya sebagai berikut apalagi kalau berlebihan. II. dan hukum memakan atau mengkonsumsinya adalah makruh.

sehingga tidak dibenarkan untuk mengharamannya. Adapaun dalil dan alasan mereka tentang bolehnya rokok yaitu Al Ashlu Minal Asyai Al Mubah. kemudian beliau melarang orang orang yang merokok untuk berjamaah di mesjid. Pendapat yang tidak menetapkan hukumnya tapi menjelaskannya secara terperinci Pendapat ini tidak menentukan dan menetapkan hukumnya merokok namun .5. Kemudian Syeikh Mustafa Assuyuti Arrahbani dalam Syarah "Ghayatul Muntaha" dalam fiqh Hanbali : Semua orang yang meneliti masalah ini haruslah bersumber dari Ushuluddin dan cabang cabangnya tanpa harus mengikuti hawa nafsu. karena asal dari segala sesuatu yang belum jelas dharar dan juga nashnya adalah mubah (boleh) kecuali bila ada dalil nash yang Sharih tentang pengharamannya. Adapun masalah pemborosan dan menghambur hamburkan uang bukan hanya dalam hal rokok dan masih banyak hal lain yang lebih besar dimana dihambur hamburkannya uang. IV. kemudian beliau membantah dalil orang orang yang mengharamkannya disebabkan oleh mudharat terhadap akal dan badan dengan membolehkannya. dan kedua hal tersebut tidak terdapat dan terjadi pada si perokok. III. sekarang orang orang bertanya tentang hukumnya rokok yang semakin populer dan telah diketahui oleh semua orang. Rokok akan membuat si perokok itu lemah di saat tidak mendapatkannya dan fikirannya akan terganggu oleh bisikan bisikan yang akan membuatnya salah dalam bertindak. Asyeikh Abu Sahal Muhammad bin Al Wa'idz Al hanafi kemudian berkata : Dalil dalil tentang pemakruhannya adalah dalil Qath'i sedangkan dalil tentang pengharamannya masih Dzanni. Pendapat yang membolehkannya Pendapat ini mengatakan bahwa hukum rokok menurut syar'i adalah mubah (boleh). karena mabuk adalah hilangnya akal yang dibarengi oleh gerakan tubuh sedangkan narcolepsy adalah hilangnya akal tidak sadarkan diri. semua yang berbau tidak sedap adalah makruh sebagaimana halnya bawang dan rokok termasuk di dalamnya. Mereka mengatakan bahwa orang orang yang menuding rokok itu memabukkan dan melemahkan adalah tidak benar. asal dari segala sesuatu itu adalah Mubah (boleh) sebelum ada dalil Syar'i yang sharih yang mengharamkannya. pendapat ini dinisbahkan kepada Al 'Alamah Asyeikh Abdul Ghani Annablisi dan Syeikh Mustafa Assuyuti Arrahbani.

Di dalam Islam penentuan suatu hukum tentang pengharaman dan . sama halnya dengan larangan mengkonsumsi madu jika madu tersebut berdampak negatif bagi pengkunsumsinya. ulama besar Qatar dan sebagaian besar ulama Najd mengharamkannya. Ilmu kedokteran telah menjelaskan mudharat yang ditimbulkan oleh rokok sehingga tidak diragukan lagi kalau rokok adalah penyakit yang berbahaya baik secara islam maupun secara umum. Assyeikh Mahmud Syaltut (Syaikhul Azhar) dalam fatawanya mengatakan : Meskipun tembakau tidak memabukkan dan tidak merusak akal namun mempunyai dampak yang sangat negatif yang dirasakan oleh perokok terhadap kesehatannya dan juga dirasakan oleh perokok pasif. Al Alamah Asyeikh Muhammad bin Mani'. 2. Jika rokok berdampak negatif dan membahayakan si perokok maka hukumnya adalah Haram. melalaikan tugas dan kewajiban semisal tidak memberi nafkah kepada istri dan anak dan orang orang yang berhak mendapatkan nafkah disebabkan karena hartanya habis dibelanjakan untuk rokok. dan jika kita melihat banyaknya harta dan uang yang dihabiskan untuk membelanjakan hal hal yang tidak bermanfaat seperti rokok maka dapat dikatakan bahwa tembakau (rokok) itu mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan dan harta dimana hal itu diharamkan dan dimakruhkan dalam Islam. maka hukum merokok itu adalah wajib. Syeikh Hasanain Makhluf (mantan Mufti Mesir). Jika seseorang merokok namun tidak berdampak negatif terhadap akal dan badannya maka hukumnya adalah Mubah (boleh). 3. diantaranya adalah adanya dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok baik mudharatnya sedikit atau banyak terhadap diri dan harta dan membawa ke kerusakan. Jika rokok itu bermanfaat. Kalau hal ini benar benar terjadi berati hukum merokok adalah makruh bahkan haram dan apabila tidak ad salah satu diantara mudharat tersebut di atas maka hukum merokok adalah halal. hukum asalnya adalah mubah dan hukum tersebut bisa berubah ubah dalam hukum syar'i sesuai dengan keadaan dan kondisi. Sebagaimana dalam risalah ulama Najd dan Syarah Ghayatul Muntaha hal 332 oleh Syekh Muhammad bin Mani'. V. Pendapat Ulama Modern 1. digunakan untuk penangkal mudharat atau sebagai obat. mengatakan bahwa asal dari hukum merokok adalah Mubah kemudian menjadi haram dan makruh karena beberapa hal. mereka mengatakan bahwa tembakau pada dasarnya adalah tumbuhan yang suci tidak memabukkan dan tidak membawa mudharat.menjelaskannya secara terperinci.

.pemakruhan tidak mesti harus berdasarkan Nash dan dalil khusus tentang hal tersebut tapi cukup dengan mengetahui Illahnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->