P. 1
pegadaian

pegadaian

|Views: 989|Likes:
Published by Ristinikov
TUGAS MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA

“ PELAYANAN PUBLIK DI PERUM PEGADAIAN “

DISUSUN OLEH :

ANDRY RISTIAWAN SATYA PRADANA BAKTI

(084674049) (084674035)

S-1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA JURUSAN PMP-KN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2010
PROFIL PEGADAIAN Sejarah Pegadaian dimulai pada saat Pemerintah Penjajahan Belanda (VOC) mendirikan BANK VAN LEENING yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Ag
TUGAS MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA

“ PELAYANAN PUBLIK DI PERUM PEGADAIAN “

DISUSUN OLEH :

ANDRY RISTIAWAN SATYA PRADANA BAKTI

(084674049) (084674035)

S-1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA JURUSAN PMP-KN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2010
PROFIL PEGADAIAN Sejarah Pegadaian dimulai pada saat Pemerintah Penjajahan Belanda (VOC) mendirikan BANK VAN LEENING yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Ag

More info:

Published by: Ristinikov on Sep 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2013

pdf

text

original

TUGAS MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA

“ PELAYANAN PUBLIK DI PERUM PEGADAIAN “

DISUSUN OLEH :

ANDRY RISTIAWAN SATYA PRADANA BAKTI

(084674049) (084674035)

S-1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA JURUSAN PMP-KN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2010
PROFIL PEGADAIAN Sejarah Pegadaian dimulai pada saat Pemerintah Penjajahan Belanda (VOC) mendirikan BANK VAN LEENING yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai, lembaga ini pertama kali didirikan di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746. Ketika Inggris mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda (1811-1816) Bank Van Leening milik pemerintah dibubarkan, dan masyarakat diberi keleluasaan untuk mendirikan usaha pegadaian asal mendapat lisensi dari Pemerintah Daerah setempat (liecentie stelsel). Namun metode tersebut berdampak buruk, pemegang lisensi menjalankan praktek rentenir atau lintah darat yang dirasakan kurang menguntungkan pemerintah berkuasa (Inggris). Oleh karena itu, metode liecentie stelsel diganti menjadi pacth stelsel yaitu pendirian pegadaian diberikan kepada umum yang mampu membayarkan pajak yang tinggi kepada pemerintah. Pada saat Belanda berkuasa kembali, pola atau metode pacth stelsel tetap dipertahankan dan menimbulkan dampak yang sama dimana pemegang hak ternyata banyak melakukan penyelewengan dalam menjalankan bisnisnya. Selanjutnya pemerintah Hindia Belanda menerapkan apa yang disebut dengan ‘cultuur stelsel’ dimana dalam kajian tentang pegadaian, saran yang dikemukakan adalah sebaiknya kegiatan pegadaian ditangani sendiri oleh pemerintah agar dapat memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad (Stbl) No. 131 tanggal 12 Maret 1901 yang mengatur bahwa usaha Pegadaian merupakan monopoli Pemerintah dan tanggal 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi (Jawa Barat), selanjutnya setiap tanggal 1 April diperingati sebagai hari ulang tahun Pegadaian. Pada masa pendudukan Jepang, gedung Kantor Pusat Jawatan Pegadaian yang terletak di Jalan Kramat Raya 162 dijadikan tempat tawanan perang dan Kantor Pusat Jawatan Pegadaian dipindahkan ke Jalan Kramat Raya 132. Tidak banyak perubahan yang terjadi pada masa pemerintahan Jepang, baik dari sisi kebijakan maupun Struktur Organisasi Jawatan Pegadaian. Jawatan Pegadaian dalam Bahasa Jepang disebut ‘Sitji Eigeikyuku’, Pimpinan Jawatan Pegadaian dipegang oleh orang Jepang yang bernama Ohno-San dengan wakilnya orang pribumi yang bernama M. Saubari.

[2]

Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia, Kantor Jawatan Pegadaian sempat pindah ke Karang Anyar (Kebumen) karena situasi perang yang kian terus memanas. Agresi militer Belanda yang kedua memaksa Kantor Jawatan Pegadaian dipindah lagi ke Magelang. Selanjutnya, pasca perang kemerdekaan Kantor Jawatan Pegadaian kembali lagi ke Jakarta dan Pegadaian kembali dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam masa ini Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, yaitu sebagai Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, kemudian berdasarkan PP.No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN), selanjutnya berdasarkan PP.No.10/1990 (yang diperbaharui dengan PP.No.103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (PERUM) hingga sekarang. Kini usia Pegadaian telah lebih dari seratus tahun, manfaat semakin dirasakan oleh masyarakat, meskipun perusahaan membawa misi public service obligation, ternyata perusahaan masih mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam bentuk pajak dan bagi keuntungan kepada Pemerintah, disaat mayoritas lembaga keuangan lainnya berada dalam situasi yang tidak menguntungkan. VISI DAN MISI PEGADAIAN VISI : Pada tahun 2013 pegadaian menjadi "champion" dalam pembiayaan mikro dan kecil berbasis gadai dan fiducia bagi masyarakat menengah ke bawah MISI : 1. Membantu program pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya golongan menengah ke bawah dengan memberikan solusi keuangan yang terbaik melalui penyaluran pinjaman skala mikro, kecil dan menengah atas dasar hukum gadai dan fidusia. 2. Memberikan manfaat kepada pemangku kepentingan dan melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten. 3. Melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya. Perjalanan Misi Perusahaan Perum Pegadaian : Misi Perum Pegadaian sebagai suatu lembaga yang ikut meningkatkan perekonomian dengan cara memberikan uang pinjaman berdasarkan hukum gadai kepada masyarakat kecil, agar terhindar dari praktek pinjaman uang dengan bunga yang tidak wajar ditegaskan dalam keputusan Menteri Keuangan No. Kep-39/MK/6/1/1971 tanggal 20 Januari 1970 dengan tugas pokok sebagai berikut:

[3]

1. Membina perekonomian rakyat kecil dengan menyalurkan kredit atas dasar hukum

gadai kepada : Para petani, nelayan, pedagang kecil, industri kecil, yang bersifat produktif Kaum buruh / pegawai negeri yang ekonomi lemah dan bersifat konsumtif, 2. Ikut serta mencegah adanya pemberian pinjaman yang tidak wajar, ijon, pegadaian gelap, dan praktek riba lainnya. 3. Disamping menyalurkan kredit, maupun usaha-usaha lainnya yang bermanfaat terutama bagi pemerintah dan mayarakat. 4. Membina pola perkreditan supaya benar-benar terarah dan bermanfaat dan bila perlu memperluas daerah operasinya.Dengan seiring perubahan status perusahaan dari Perjan menjadi Perum pernyataan misi perusahaan dirumuskan kembali dengan pertimbangan jangan sampai misi perusahaan itu justru membatasi ruang gerak perusahaan dan sasaran pasar tidak hanya masyarakat kecil dan golongan menengah saja maka terciptalah misi perusahaan Perum Pegadaian yaitu “ ikut membantu program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah melalui kegiatan utama berupa penyaluran kredit gadai dan melakukan usaha lain yang menguntungkan”. Bertolak dari misi Pegadaian tersebut dapat dikatakan bahwa sebenarnya Pegadaian adalah sebuah lembaga dibidang keuangan yang mempunyai visi dan misi bagaimana masyarakat mendapat perlakuan dan kesempatan yang adil dalam perekonomian. PRODUK DAN BENTUK LAYANAN PEGADAIAN 1. KREDIT CEPAT AMAN (KCA) Kredit KCA adalah pinjaman berdasarkan hukum gadai dengan prosedur pelayanan yang mudah, aman dan cepat. Dengan usaha ini, Pemerintah melindungi rakyat kecil yang tidak memiliki akses ke dalam perbankan. Dengan demikian, kalangan tersebut terhindar dari praktek pemberian uang pinjaman yang tidak wajar. Pemberian kredit jangka pendek dengan pemberian pinjaman mulai dari Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 200.000.000,-. Jaminannya berupa benda bergerak, baik berupa barang perhiasan emas dan berlian, elektronik, kendaraan maupun alat rumah tangga lainnya. Jangka waktu kredit maksimum 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara hanya membayar sewa modal dan biaya administrasinya saja.
2. KREDIT ANGSURAN SISTEM FIDUSIA (KREASI)

[4]

Membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) serta menyejahterakan masyarakat merupakan suatu misi yang diemban Pegadaian sebagai sebuah BUMN. Pegadaian selalu berusaha membantu perkembangan usaha produktif, terutama bagi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah melalui pemberian berbagai fasilitas kredit yang cepat, mudah dan murah. Salah satu bentuk fasilitas pinjaman yang dapat diperoleh para pengusaha UMKM adalah kredit KREASI. KREASI adalah kredit dengan sistem FIDUSIA, yang diberikan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya. Kelebihan KREASI : Prosedur pengajuannya sederhana, mudah dan cepat. Dalam tempo 3 hari kredit sudah bisa cair. KREASI dapat diperoleh di kantor cabang diseluruh Indonesia. Jangka waktu pinjaman fleksibel, mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, ataupun 36 bulan. Sewa Modal (bunga pinjaman) relatif murah, hanya 0.9% per bulan, flat. Agunan BPKB kendaraan bermotor (mobil plat kuning / hitam, serta sepeda motor) sehingga kendaraan dapat tetap dipergunakan untuk mendukung operasional usaha. Pelunasan kredit dilakukan dengan angsuran tetap setiap bulan. Pelunasan sekaligus dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon untuk sewa modal. Persyaratan pengajuan KREASI : 1. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga 2. Menyerahkan dokumen usaha yang sah 3. Usaha telah berjalan minimal 1(satu) tahun 4. Menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian) 5. Memenuhi kriteria kelayakan usaha Prosedur pemberian kreasi : 1. Nasabah mengisi formulir aplikasi Kredit KREASI.
2. Nasabah menyerahkan dokumen-dokumen usaha, agunan dan persyaratan lainnya.

3. Petugas Pegadaian memeriksa keabsahan dokumen yang diserahkan.

[5]

4. Petugas melakukan survey ke tempat usaha untuk menganalisis kelayakan usaha serta menaksir agunan.
5. Nasabah bersama istri / suami menandatangani surat perjanjian kredit.

6. Pencairan kredit. 3. KREDIT ANGSURAN SISTEM GADAI (KRASIDA) KRASIDA merupakan pemberian pinjaman kepada para pengusaha Mikro dan Kecil (dalam rangka pengembangan usaha) atas dasar gadai dengan pengembalian pinjaman dilakukan melalui mekanisme angsuran. Keungulan : • • • • • • • • Proses mudah dan pengajuan kredit Anda sudah bisa cair dalam waktu yang relatif cepat Fleksibel dalam menentukan jangka waktu pinjaman, mulai dari 12 bulan, 24 bulan, ataupun 36 bulan Sewa modal yang relatif murah hanya 0.9% per bulan Flat atau 11.8% per tahun Agunan perhiasan hanya emas Pinjaman bisa mencapai 95% dari nilai taksiran agunan Pelunasan kredit dilakukan dengan cara mengangsur setiap bulan dengan jumlah angsuran tetap Didukung oleh staf yang berpengalaman serta ramah dan santun dalam memberikan pelayanan Pelunasan sekaligus dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon sewa modal Persyaratan : 1. Membawa agunan berupa perhiasan emas 2. Fotocopy Identitas Diri (KTP dan KK)
3. Fotocopy Surat Ijin Usaha atau surat keterangan domisili usaha dari Lurah/Kades.

Prosedur Pemberian Kredit : 1. Nasabah mengisi formulir aplikasi kredit KRASIDA 2. Nasabah menyerahkan dokumen-dokumen usaha, perhiasan emas, serta persyaratan lainnya 3. Petugas Pegadaian memeriksa keabsahan dokumen-dokumen yang diserahkan 4. Petugas Pegadaian menaksir agunan yang diserahkan 5. Bersama Suami/Istri untuk menandatangani surat perjanjian kredit 6. Pencairan kredit

[6]

4. AR-RAHN (GADAI SYARIAH) RAHN adalah produk jasa gadai yang berlandaskan pada prinsi-prinsip Syariah, dimana nasabah hanya akan dipungut biaya administrasi dan Ijaroh (biaya jasa simpan dan pemeliharaan barang jaminan). Pegadaian Syariah menjawab kebutuhan transaksi gadai sesuai Syariah, untuk solusi pendanaan yang Cepat, Praktis, dan Menentramkan.
• •

Cepat : Hanya 15 menit kebutuhan dana Anda akan terpenuhi Praktis : Tidak perlu membuka rekening ataupun prosedur lain yang memberatkan. Anda cukup membawa barang-barang berharga milik Anda, saat itu juga Anda akan mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan jangka waktu hingga 120 hari dan dapat dilunasi sewaktu-waktu. Jika masa jatuh tempo tiba dan Anda masih memerlukan dana pinjaman tersebut, maka pinjaman Anda dapat diperpanjang hanya dengan membayar sewa simpan dan pemeliharaan serta biaya administrasi.

Menentramkan: Sumber dana kami berasal dari sumber yang sesuai dengan syariah, proses gadai berlandaskan prinsip syariah, serta didukung oleh petugas-petugas dan outlet dengan nuansa Islami sehingga lebih syar'i dan menetramkan.

Persyaratan: 1. Membawa fotocopy KTP atau identitas lainnya (SIM, Paspor, dll). 2. Mengisi formulir permintaan Rahn. 3. Menyerahkan barang jaminan (marhun) bergerak, seperti: a. Perhiasan emas, berlian b. Kendaraan bermotor c. Barang-barang elektronik Prosedur Pemberian Pinjaman (Marhun Bih): 1. Nasabah mengisi formulir permintaan Rahn. 2. Nasabah menyerahkan formulir permintaan Rahn yang dilampiri dengan fotocopy identitas serta barang jaminan ke loket. 3. Petugas Pegadaian menaksir (marhun) agunan yang diserahkan. 4. Besarnya pinjaman/marhun bih adalah sebesar 90% dari taksiran marhun.

[7]

5. Apabila disepakati besarnya pinjaman, nasabah menandatangani akad dan menerima uang pinjaman.

5. JASA TAKSIRAN Jasa Taksiran adalah suatu layanan kepada masyarakat yang peduli akan harga atau nilai harta benda miliknya. Dengan biaya yang relatif ringan, masyarakat dapat mengetahui dengan pasti tentang nilai atau kualitas suatu barang miliknya setelah lebih dulu diperiksa dan ditaksir oleh juru taksir berpengalaman. Kepastian nilai atau kualitas suatu barang terjamin, misalnya kualitas emas atau batu permata, dapat memberikan rasa aman dan rasa lebih pasti bahwa barang tersebut benar-benar mempunyai nilai investasi yang tinggi. 6. JASA TITIPAN Dalam dunia perbankan, layanan ini dikenal sebagai safe deposit box. Harta dan surat berharga perlu dijaga keamanannya agar tidak sampai hilang, rusak atau disalahgunakan orang lain. Tetapi ternyata tidak selamanya barang dan surat berharga itu aman di tangan sendiri. Jika anda mendapatkan kesulitan "mengamankan"nya di rumah sendiri, karena akan dinas ke luar kota/luar negeri, menunaikan ibadah haji, berlibur, sekolah di luar negeri , dll. Percayakan saja penyimpanannya kepada pegadaian. Jangka waktu penitipan dua minggu sampai dengan satu tahun dan dapat di perpanjang. Kami akan menjaga dan melindunginya dengan penuh perhatian.
7. KRISTA (KREDIT USAHA RUMAH TANGGA)

Membantu

mengembangkan

Usaha

Rumah

Tangga,

serta

menyejahterakan

masyarakat merupakan suatu misi yang diemban Pegadaian sebagai sebuah BUMN. Pegadaian selalu berusaha membantu perkembangan usaha produktif, Usaha Rumah Tangga melalui pemberian berbagai fasilitas kredit yang cepat, mudah dan murah. Salah satu bentuk fasilitas pinjaman yang dapat diperoleh para Usaha Rumah Tangga adalah kredit KRISTA. KRISTA adalah kredit Usaha Rumah Tangga, yang diberikan kepada Usaha Rumah Tangga untuk pengembangan usahanya. Kelebihan KRISTA :

[8]

Sewa modal : Agunan : Persyaratan : -

Prosedur pengajuannya sangat mudah. Pelayanan mudah, cepat dan aman Proses ± hanya 3 hari. Pinjaman sampai dengan Rp 3.000.000,00 Pinjaman dapat diangsur sampai 36 bulan dengan jumlah angsuran tetap.

Cukup kompetitif, hanya 1% per bulan. Tidak menjadi persyaratan mutlak. Pengusaha kelompok mikro (pedagang kecil / tukang sayur / K5) Usaha sudah berjalan minimal 6 bulan. Menerapkan sistem tanggung renteng pada anggota kelompok. Tidak sedang mempunyai hutang modal kerja kepada kelompok usaha / Tempat tinggal / domisili jelas dibuktikan dengan identitas diri (KTP dan KK).

-

lembaga keuangan lain.

8. ARRUM (AR-RAHN UNTUK USAHA MIKRO KECIL) Bagi Anda para pengusaha mikro kecil, kini telah hadir Pembiayaan ARRUM untuk pengembangan usaha Anda dengan berprinsip syariah. Keunggulan:
1. Persyaratan yang mudah, proses yang cepat (± 3 hari), serta biaya-biaya yang

kompetitif dan relatif murah.
2. Jangka waktu pembiayaan yang fleksibel, mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan,

hingga 36 bulan.
3. Jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor (mobil ataupun motor) sehingga fisik

kendaraan tetap berada di tangan nasabah untuk kebutuhan operasional usaha. 4. Nilai pembiayaan dapat mencapai hingga 70% dari nilai taksiran agunan. 5. Pelunasan dilakukan secara angsuran tiap bulan dengan jumlah tetap. 6. Pelunasan sekaligus dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan pemberian diskon ijaroh.
7. Didukung oleh staf yang berpengalaman serta ramah dan santun dalam memberikan

pelayanan. Persyaratan:

[9]

1. Calon nasabah merupakan pengusaha mikro kecil dimana usahanya telah berjalan

minimal 1 tahun; 2. Memiliki kendaraan bermotor (mobil/motor) sebagai agunan pembiayaan. 3. Melampirkan: a) Copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) b) Copy KTP Suami/Istri c) Copy Surat Nikah
d) Copy dokumen usaha yang sah (bagi pengusaha informal cukup menyerahkan

surat keterangan usaha dari Kelurahan atau Dinas terkait) e) Asli BPKB Kendaraan bermotor f) Copy rekening koran/tabungan (jika ada) g) Copy pembayaran listrik dan telpon h) Copy pembayaran PBB i) Copy laporan keuangan usaha 4. Memenuhi kriteria kelayakan usaha Proses memperoleh pembiayaan ARRUM: 1. Mengisi formulir aplikasi pembiayaan ARRUM 2. Melampirkan dokumen-dokumen usaha, agunan, serta dokumen pendukung lainnya yang terkait. 3. Petugas Pegadaian memeriksa keabsahan dokumen-dokumen yang dilampirkan. 4. Petugas Pegadaian melakukan survey analisis kelayakan usaha serta menaksir agunan. 5. Penandatanganan akad pembiayaan. 6. Pencairan pembiayaan.
9. MULIA (MURABAHAH LOGAM MULIA UNTUK INVESTASI ABADI)

Logam Mulia atau emas mempunyai berbagai aspek yang menyentuh kebutuhan manusia disamping memiliki nilai estetis yang tinggi juga merupakan jenis investasi yang nilainya stabil, likuid, dan aman secara riil. Mulia (Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi) adalah penjualan logam Mulia oleh Pegadaian kepada masyarakat secara tunai, dan agunan dengan jangka waktu Fleksibel. Akad Murabahah Logam Mulai untuk Investasi Abadi Abadi adalah persetujuan atau kesepakatan yang dibuat bersama antara Pegadaian dan Nasabah atas sejumlah pembelian Logam Mulia disertai keuntungan dan biaya-biaya yang disepakati.

[10]

Keuntungan berinvestasi melalui Logam Mulia : 1. Jembatan mewujudkan Niat Mulia Anda untuk : - Menabung Logam Mulia untuk menunaikan Ibadah Haji - Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak di masa mendatang - Memiliki Tempat Tinggal dan Kendaraan.
2. Alternatif Investasi yang aman untuk menjaga Portofolio Asset Anda 3. Merupakan Asset yang sangat Likuid dalam memenuhi kebutuhan dana yang

mendesak, memenuhi kebutuhan modal kerja untuk pengembangan usaha, atau menyehatkan cashflow keuangan bisnis Anda, dll
4. Tersedia pilihan logam mulia dengan berat 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, 100gr, dan 1kg.

Persyaratan Murabahah Logam Mulia untuk Investasi Abadi : 1. Copy KTP Pemohon * | ** 2. Copy Kartu Keluarga * 3. Copy NPWP ** 4. Copy AD/ART ** 5. Menyerahkan Uang Muka * | ** * = Perorangan ** = Badan Usaha 10. KUCICA (KIRIMAN UANG CARA INSTAN, CEPAT, DAN AMAN) KUCICA adalah suatu produk pengiriman uang dalam dan luar negeri yang bekerjasama dengan Western Union. Keuntungan dan keunggulan : 1. Dapat dilayani di Kantor Cabang Pegadaian di seluruh Indonesia. 2. Standar layanan yang berkualitas dalam hal Keamanan, Operasi dan Layanan Pelanggan. 3. Cara Cepat dan mudah pengiriman ke seluruh dunia. 4. Transaksi aman dan hanya dibayarkan kepada orang yang dituju. 5. Biaya yang cukup kompetitif. 6. Tanpa harus memiliki Rekening Bank 7. Tidak ada biaya apapun untuk penerima uang. Persyaratan dokumen : Syarat yang harus dipenuhi nasabah Pengirim Uang :

[11]

-

Mengisi dan melengkapi form Pengiriman Uang. Membawa Kartu Tanda Pengenal Berfoto (KTP/SIM/Paspor) Mengetahui nama dan alamat lengkap Calon Penerima Uang

Syarat yang harus dipenuhi nasabah Penerima uang : Mengisi dan melengkapi form Menerima Uang. Membawa Nomor Kontrol Kiriman Uang atau MTCN. Membawa Kartu Tanda Pengenal Berfoto (KTP/SIM/Paspor) Mengetahui dengan baik nama pengirim. Mengetahui tempat asal uang. Mengetahui dengan benar berapa jumlah yang akan diambil.

11. Persewaan Gedung atau LANGEN PALIKRAMA Merayakan saat terindah dalam hidup anda merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Langen Palikrama adalah sarana paling tepat untuk merealisasikannya. Kapasitas, kelengkapan sarana dan prasarana menciptakan nuansa keanggunan dan kemewahan yang penuh pesona. Untuk acara-acara seminar, konferensi, meeting, pegadaian juga menyediakan gedung serbaguna yang representatif. Lokasi yang strategis di pusat kota serta areal parkir yang luas merupakan nilai tambah bagi kelancaran acara anda. Kini sudah saatnya anda menentukan pilihan. Kebahagiaan anda merupakan tolak ukur pelayanan pegadaian. Lokasi Langen Palikrama di Kota Anda : LANGEN PALIKRAMA JAKARTA Jl.Kramat Raya No.162 Jakarta Pusat (Kantor Pusat PERUM Pegadaian) Telp. 021-3148486 atau 021-3155550 ext. 146 LANGEN PALIKRAMA GADING Jl.Brigjen Sugiarta No.33 Surakarta Jawa Tengah - 57116 Telp. 0271-633262 LANGEN PALIKRAMA SIDOARJO Jl.Mojopahit No.116 Sidoarjo Jawa Timur - 61215 Telp. 031-8941177

[12]

Sebagai entitas bisnis, Perum Pegadaian tidak semata mengejar profit, akan tetapi merasa terpanggil untuk turut serta mensukseskan program pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusianya serta memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat luas sekaligus berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Implementasi tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) juga merupakan bagian dari program Perum Pegadaian untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang bersih (good corporate governance). Perum Pegadaian menyadari bahwa untuk membangun bisnis jangka panjang haruslah dilandasi oleh kepercayaan, kejujuran dan keadilan agar perusahaan memperoleh berkah. Sesuai persetujuan Mentri Negara BUMN pada pengesahan RKAP 2008, pada tahun 2008, Perum Pegadaian telah menganggarkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk pelaksanaan program CSR secara nasional. Diantaranya rehabilitasi berat 100 (seratus) unit Sekolah Dasar diseluruh Indonesia masing masing @ Rp 100 juta rupiah, peningkatan keterampilan para pengusaha mikro (UMKM) agar mampu berkembang dan program sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Agenda bisnis Perum Pegadaian yang merupakan bagian dari program penetrasi pasar dan peluncuran produk inovatif : 1. Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat dan Yayasan Damandiri, Esensi dari kerja sama ini pihak Yayasan Damandiri akan bertindak sebagai pemasok dana, selanjutnya pihak Perum Pegadaian akan menyalurkan kredit tanpa agunan khusus kepada kaum ibu terutama keluarga pra sejahtera melalui produk Krista (Kredit Ringan Usaha Rumah Tangga) untuk tujuan kegiatan produktif. Demikian juga kredit serupa akan diberikan kepada kurang lebih 29 juta ibu-ibu akseptor keluarga berencana seluruh Indonesia dengan tujuan disamping upaya peningkatan kesejahteraan demi suksesnya program KB, juga peningkatan produktifitas melalui kegiatan wiraswastanya. Sedang pembinaan tehnisnya akan dilaksanakan oleh BKKBN. Diharapkan para kaum ibu akan menjadi calon nasabah Perum Pegadaian dan apabila suatu saat usahanya mampu berkembang dengan baik akan mendapat fasilitas kredit yang lebih besar lagi sampai

[13]

Rp 50 juta per nasabah dengan tingkat bunga yang ringan dan terjangkau yakni 11% per tahun.
2.

Produk inovasi terbaru yang akan segera dipasarkan kepada masyarakat adalah

Kredori (Kredit Gadai ORI). Tujuan kredit ini, agar masyarakat sebagai investor ORI dapat memanfaatkan dananya kembali untuk meningkatkan kegiatan usahanya. Gadai ORI akan dipasarkan di seluruh Kantor Cabang Perum Pegadaian di seluruh Indonesia yang efektif pada pertengahan bulan April 2008.
3.

Produk inovasi lainnya yang dipasarkan adalah jasa kiriman uang (remittance)

dengan produknya KUCICA (Kiriman Uang Cara Instan,Cepat dan Aman) bekerja sama dengan perusahaan bertaraf internasional Western Union. Pasar yang dibidik selain pasar domestik juga internasional terutama para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri. Untuk menunjang keberhasilan program yang sudah dicanangkan yang mengandung makna pelaksanaan layanan prima untuk para pelanggan, Perum Pegadaian membuat arahan kepada seluruh pejabat dan karyawan untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut :
1. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan (atasan, bawahan, kolega) apalagi

nasabah bak seorang raja (customer is king) karena selama ini masyarakat/nasabah yang membesarkan perusahan sekaligus memberikan kesejahtraan kepada Perum Pegadaian.
2. Tingkatkan sikap profesionalisme (orientasi kepada kepuasan pelanggan dan tidak

KKN) serta menjunjung tinggi budaya perusahaan sebagai symbol perusahaan bagi para pihak yang berkepentingan (Stakeholders).
3. Hindari perbuatan-perbuatan tidak terpuji yang bisa merugikan pribadi maupun citra

perusahaan akan berdampak negatif kepada karir bahkan sanksi keras perusahaan yang akhirnya akan menyusahkan keluarga; 4. Senantiasa untuk meningkatkan prestasi, kemampuan dan keahlian pribadi untuk membantu meningkatkan karir.
5. Berkomitmen untuk membangun tata kelola perusahaan yang baik (GCG) sebagai

upaya meningkatkan nilai perusahaan (corporate value) dan kepercayaan masyarakat khususnya para investor agar pertumbuhan perusahaan terjaga secara berkelanjutan.

[14]

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->