P. 1
Laporan Individu Biologi Kacang Ijo

Laporan Individu Biologi Kacang Ijo

|Views: 360|Likes:
Published by Landy Karl

More info:

Published by: Landy Karl on Sep 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2012

pdf

text

original

Percobaan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Kelompok 2 XII IPA 2

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIKUM BIOLOGI “PERTUMBUHAN KACANG HIJAU” BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan sehari-hari cahaya sangat diperlukan untuk menyeimbangkan siklus energi. Telah kita ketahui bahwa cahaya merupakan sumber energi bagi satu-satunya produsen dalam siklus energi, yaitu tumbuhan. Kelangsungan hidup makhluk hidup

B.

TUJUAN
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan.

C.

MANFAAT
Manfaat penelitian ini adalah: 1. Siswa dapat mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan. 2. Siswa dapat menerapkan kesimpulan yang didapat dari penelitian dalam kehidupan sehari-hari. 3. Melatih siswa dalam memecahkan masalah yang sering muncul dalam penelitian.

D. WAKTU DAN TEMPAT
Penelitian ini dilaksanakan pada : Hari Tanggal Tempat : Selasa-Sabtu. : 27 Juli – 31 Juli : Laboratorium Biologi SMA N I Kedungwuni.

1

Letakkan 2 gelas berlabel B di tempat yang teduh (dalam ruangan). Menentukan alat dan bahan. Kelompok 2 XII IPA 2 E.Air . suhu.Kardus 1. Cara Kerja Bahan : .Kapas . Variable terikat kecepatan pertumbuhan kecambah. Letakkan 2 gelas berlabel C di tempat yang gelap dan ditutupi kardus sehingga tidak ada cahaya yang masuk. ‘A’ untuk tanaman yang di tempat terang (A1 dan A2 ). dan ditanam di tempat yang terang. 2 . Variabel bebas ditanam di tempat yang gelap. 2. Merumuskan operasional variabel. a. Tanamlah 5 biji kacang hijau pada tiap aqua gelas.Tabel pengamatan . Variable kontrol Nutrien (media menanam). jenis tanaman c. Berilah label pada tiap aqua gelas. Siramlah setiap hari selama 5 hari.Percobaan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. air.Kacang hijau secukupnya . METODE Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1.Penggaris dan alat tulis . b. ‘B’ untuk tanaman yang berada di tempat teduh (B1 dan B2) dan ‘C’ untuk tanaman yang di tempat gelap (C1 dan C2). dan sisanya diletakkan di tempat yang terang(di luar ruangan). Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Alat : . ditanam di tempat yang teduh.Label 3.15 buah gelas aqua . 2.

Dalam keadaan tidak ada cahaya. Hal ini dapat kita lihat pada tumbuhanyang berada di tempat gelap akan lebih cepat tinggi daripada tumbuhan yang berada di tempat terang. Buatlah kesimpulan tentang kecepatan tumbuh kembang kecambah pada tempat yang berbeda intensitas cahayanya. Tulislah hasil pengamatan dalam tabel pengamatan. 5. dan berwarna hijau B. 7. Hitunglah rata-rata tinggi kecambah per hari untuk percobaan tersebut. Buatlah grafik pertumbuhan rata-rata kecambah kacang hijau. namun tumbuhan lebih kokoh. hitunglah rata-rata tinggi kecambah secara keseluruhan untuk tiap percobaan.Percobaan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. LANDASAN TEORI Tumbuhan membutuhkan cahaya. 4. Laju tumbuh memanjang pada tumbuhan dengan segera berkurang sehingga batang lebih pendek. Lakukan pengukurang tersebut setiap hari selama 5 hari. cahaya menghambat pertumbuhan meninggi karena cahaya dapat menguraikan auksin (suatu hormone pertumbuhan). Pengukuran dimulai dari permukaan tanah hingga ujung batang. Di hari ke tujuh. 6. daun berkembang sempurna. Umumnya. ukurlah panjang batang (tinggi kecambah) dari tanaman yang berada pada tiap gelas. Tabel Pengamatan 3 . HASIL PENGAMATAN A. Banyaknya cahaya yang dibutuhkan tidak selalu sama pada setiap tumbuhan. auxin mengalami kerusakan sehingga pertumbuhan tumbuhan terhambat. auxin merangsang pemanjangan sel-sel sehingga tumbuhan tumbuh lebih panjang. Sebaliknya. 8. BAB II ISI A. dalam keadaan banyak cahaya. Kelompok 2 XII IPA 2 3. Jika biji telah tumbuh/berkecambah. Pertumbuhan yang cepat di tempat gelap disebut etiolasi.

BAB III PENUTUP A. Sedangkan pada tempat yang gelap. PEMBAHASAN Dari percobaan yang telah dilakukan dapat kita ketahui bahwa cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. KESIMPULAN Dari percobaan yang telah kita lakukan dapat kita tarik kesimpulan bahwa cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. B. Hal tersebut disebabkan karena cahaya dapat menguraikan hormon auksin. Hal itu dapat kita lihat dari perbedaan tanaman yang diletakkan pada tempat terang. tanaman tersebut pertumbuhannya lambat. Kelompok 2 XII IPA 2 Adapun tabel pengamatan terlampir. tanaman tumbuh lebih cepat dan daunnya menguning. dan gelap. B. Pada tempat yang teduh. Grafik C. pertumbuhannya normal.Percobaan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. teduh. Pada tanaman yang diletakkan pada tempat yang terang. SARAN 4 .

Istamar. 5 . Siswa lebih teliti dalam melakukan pengukuran pertambahan panjang tanaman. 2004: Erlangga Biologi XI Jakarta. 3. 2. Pemberian air dan jenis tanah hendaknya sama. DAFTAR PUSTAKA Syamsuri. Kelompok 2 XII IPA 2 1.Percobaan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Dalam penulisan hasil penelitian harus sesuai dengan data yang ada (objektif).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->