P. 1
Sinopsis Maryamah Karpov

Sinopsis Maryamah Karpov

|Views: 5,922|Likes:
Published by Indah Lutfiya
ehhhhhhhhhhhmmmmmm. baca ndiri ajah deh.... baguzsssssssssss bgtzzz critanya.....
ehhhhhhhhhhhmmmmmm. baca ndiri ajah deh.... baguzsssssssssss bgtzzz critanya.....

More info:

Published by: Indah Lutfiya on Sep 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2013

pdf

text

original

LAPORAN MEMBACA BUKU

Indah Lutfiya XI IPA 5/ 21 SMA Negeri 3 Jombang

I.

IDENTITAS BUKU : Maryamah Karpov : Andrea Hirata : 504 halaman : November 2008 : Imam Risdiyanto : Yudi Irawan : Iyan Wb.

a. Judul Buku b. Pengarang c. Tebal d. Awal cetakan e. Penyunting g. Ilustrasi i. Penata Aksara

f. Perancang sampul : Andreas Kusumahadi h. Pemeriksaan Aksara: Ifah Nurjany, Oktaviani Diterbitkan oleh Penerbit Bentang Anggota IKAPI (PT. Bentang Pustaka) Kantor Pusat Jln. Pandega Padma 19, Yogyakarta 55284 Telp. (0274) 517373- Faks. (0274) 541441 E-mail: bentangpustaka@yahoo.com http://www.mizan.com Perwakilan Jakarta Jln. Puri Mutiara II No. 7 (Jeruk Purut-Cipete) Cilandak Barat-Jakarta Selatan 12430 (021) 7500895-Faks.(021) 7500895 Info: www.sastrabelitong.multiply.com / www.renjanaorganizer.multiply.com Foto-foto Andrea Hirata: www.blueorangeimages.com Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT) Didistribusikan oleh Mizan Media Utama (MMU)

II.

SINOPSIS Buku ini berkisah tentang kisah pencarian A Ling yaitu cinta sejati Andrea Hirata(Ikal) walaupun akhirnya tidak terlalu bahagia.

Pada bagian awal buku ini diceritakan kisah Ikal yang telah lulus dari Universitas Sorbonne, Farewell Party-nya di Prancis juga pada saat Ikal sampai di Belitong. Pada saat sampai di Belitong, Ikal naik bus dan bertemu kembali dengan tokoh yang dulu pernah membantunya dan Arai, yaitu Bang Zaitun. Ketika pulang ke desanya, Ikal tak lupa membawa baju dinas khusus untuk ayahnya, meski sebenarnya baju itu bekasnya ketika ia masih menjadi pegawai pos. sebab ia tahu, ayahnuya pasti kan senang dengan baju dinas pemberiannya. Bagi ayahnya seseorang yang mengenakan baju dinas adalah orang terpandang dengan pendidikan tinggi. Hal ini teringat ketika ayah Ikal kecewa ketika ada undangan salah alamat yang dikirimkan ke rumah Ikal dengan isi naik jabatan. Padahal pada kenyataannya isi berita itu tidaklah ditujukan pada ayah Ikal. Meski dengan sejuta kekecewaan ketika ternyata nama ayah Ikal tidak disebut, ayah Ikal tetap dengan tegar menyalami dan mengucapkan selamat kepada rekan-rekan lainnya. Lalu pada kisah selanjutnya, ada kisah penyambutan Ikal di kampungnya. Dan di Belitong akan kedatangan dokter gigi dari Jakarta. Dokter Diaz namanya. Penyambutan berlangsung begitu meriah. Pada kisah selanjutnya diceritakan tradisi-tradisi orang Belitong (Melayu, orang sawang, orang besarung, Khek, Hokian, dsb) yaitu merubah-rubah nama orang juga taruhan di Warung Kopi (Warung Kopi yang terkenal adalah Warung Kopi Usah Kau Kenang Lagi). Juga diceritakan kisah Arai, saudara yang selalu ada dalam menggapai mimpi Ikal, yang mengelilingi Dunia bersama Ikal sampai menemukan sebuah desa Edensor yang tak pernah terjarah masa. Tetap anggun dengan sejuta pesona yang tak pernah luntur. Dia akhirnya menikah dengan Zakiah Nurmala, cinta pertama Arai yang begitu sulit umtuk ditakhlukkan meski pada akhirnya luruh juga. Diceritakan pula kisah Ikal sakit gigi lalu disuruh dan dipaksa-paksa oleh Kepala Kampung yaitu Ketua Karmun untuk pergi ke dokter gigi baru dari Jakarta. Padahal Ikal trauma dengan yang namanya berobat ke Dokter. Disebabkan tragedi ketika Ikal melaksanakan kewajiban Sunat bagi seorang lelaki muslim. Dan hal itu membuatnya begitu fobia, meski pada akhirnya Ikal patuh juga akan desakan Ketua Karmun. Namun, seperti hal yang telah ia takutkan, tragedy itu terulang kembali saat pencabutan gigi Ikal.

Mulai pada kisah selanjutnya dan Inti dari buku ini, pencarian A Ling. Awalnya diceritakan dibuku ini ada beberapa orang yang ditemukan mati di

tengah laut. Dan kemungkinan mereka adalah salah satu kunci untuk pencarian A Ling karena mereka masih berhubungan keluarga dengan A Ling. Lalu Ikal memutuskan untuk membuat perahu untuk berlayar mencari A Ling yang kemungkinan hilang di gugusan kepulauan Batuan. Ikal pun bertemu kembali dengan sahabat-sahabat Laskar Pelanginya juga temanteman Societeit de Limpai. Ikal bertemu kembali dengan Lintang, Mahar, Samson, Syahdan, Sahara, Trapani, Harun, A Kiong, Flo, juga Kucai. Dengan bantuan teman-temanya -apalagi Lintang dan Mahar yang banyak membantu Ikal membuat kapal. Ikal dapat membuat kapal tepat waktu. Pada masa pembuatan perahu, Ikal juga belajar bermain Biola Nurmi yaitu anak Mak Cik Maryamah. Akhirnya perahu pun jadi dan diberi nama MimpiMimpi Lintang. Ikal, Mahar, Chung Fa dan Kalimut pun berlayar. Mereka bertemu Tuk Bayan Tula. Dulu siapa tahu A Ling disekap Tuk Bayan Tula. Mereka juga bertemu seseorang bernama Dayang Kaw yang memberitau bahwa mungkin A Ling ada di Batuan dan disekap oleh sebuah Lanun bernama Tambok. Akhirnya, A Ling ditemukan di Batuan, dan mereka akhirnya bisa pulang. Sesampainya di Belitong, Ikal dipaksa lagi untuk ke dokter gigi dan Ikal mau. Padahal ada orang yang sudah bertaruh bahwa Ikal tidak akan pernah ke dokter gigi. Pada akhir cerita, Ikal meminta izin kepada ayahnya untuk meminang A Ling tetapi… tidak diperbolehkan… ayahnya memberikan isyarat berbeda yang selama ini tidak pernah ia tunjukkan,. Selama hidupnya keinginan Ikal selalu ia kabulkan. Meski sampai payah mengayuh sepeda berpuluh kilo hanya untuk memberikan yoyo bagi Ikal. Namun, disaat Ikal menginginkan hal yang selama ini ia impikan di akhir perjuangan pencariannya, raut wajah ayah Ikal menyatakan tidak……………. Jika ikal harus meminang A Ling……

III.

KOMENTAR Menurut saya novel Maryamah Karpov karya Andera Hirata merupakan sebuah

karya luar biasa dari seorang lelaki asli Indonesia. Dengan kecermelangan dan begitu briliannya dia dalam merangkai kata yang kian menarik minat para pembaca menjadi seakan terjerumus dalam sihir kata-kata yang kian membabi buta. Andrea Hirata mampu mengungkap imajinasinya dengan cerdas tanpa cela. Bagi saya novel ini begitu istimewa. Tak hanya Maryamah Karpov, mulai dari Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan tetralogi paling akhir Maryamah Karpov, semuanya merupakan karya sepanjang masa yang takkan pernah terlupakan. Dalam novel Maryamah Karpov ini kita ditunjukkan betapa nyatanya jika kita mau berusaha dan ada niat yang tangguh dalam menginginkan sesuatu, semustahil apapun itu, jika kita tetap tangguh dan Allah mentakdirkan maka semuanya bukanlah mimpi belaka. Ikal seorang pemuda, anak kuli tambang Belitung mampu menembus Eropa dengan predikat Masternya. Bahkan dia telah berkeliling pelosok negeri dengan sejuta pengalaman yang kan terpatri dalam goresan indah novel ini. Edensor, sebuah desa terpencil pun dapat ia takhlukkan. Meski dalam kepulangannya ke desa tercinta ia masih berstatus sebagai pengangguran, namun dengan semangat pencarian cinta kecil yang selalu terus ia cari ia mampu mengubah hal yang tak mungkin menjadi nyata. Dengan bantuan Lintang, sahabat berotak Archimedes, dia mampu menggabungkan rumus-rumus fisika, hirodinamika dan matematika untuk membuat perahu. Bahkan sampai ketelitian yang paling kecil Lintang dapat memecahkannya. Meski para warga kian menghujat, namun dalam usaha terakhir mereka dapat membuat kayu lanun di dasar sungai terangkat ke atas dengan kebrilianan pemuda bangsa. Ditambah lagi kekompakan, kesetia kawanan para sahabat Laskar Pelangi yang tak pernah rapuh dimakan usia. Mahar setia mendampingi Ikal dalam pencarian Tuk Bayan Tula guna menemukan titik temu akan keberadaan A Ling, cinta pertama Ikal. Lintang yang dulunya sopir, seorang brilian yang putus sekolah gara-gara harus menghidupi adikadiknya kini menjelma menjadi Saudagar Kopra. Kucai yang dulunya selalu menjadi ketua kelas dan pandai bicara kini menjadi anggota DPR. Dan masih banyak lagi keberhasilan sepuluh anggota Laskar lainnya. Dalam novel ini kita tidak dituntut untuk terus serius sampai jenuh namun banyak sekali hal-hal lucu yang akan membuat kita semakin nyaman menikmatinya. Ada beberapa julukan seperti Mahmudin Pelupa, Marhaban Hormat Grak yang semua itu memiliki sejarah tersendiri. Ada juga insiden pencabutan gigi Ikal oleh Dokter Dias yang akan membuat kita tak henti menahan tawa dan masih banyak lagi. Meski pada akhirnya pencarian akan A Ling berakhir sudah dengan kehadiran A Ling, namun akhir cerita tidaklah bahagia, Ayah Ikal tak menyetujui hal itu dengan sebuah isyarat yang tak pernah ia lontarkan kepada Ikal sebelumya. Dari Novel ini saya dapat mengambil makna bahwa tak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau berusaha dan berdo’a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->