Kedua Mempelai memasuki ruangan diiringi oleh kedua orang tua masing-masing disambut oleh Jemaat & hadirin

dengan berdiri bersama-sama.

Jemaat & Hadirin menyanyikan lagu ³ SBAB TUHAN BAIK ³ Sbab Tuhan baik, ] Bahwasannya untuk selamanya } 3X Kasih setiaNya ]

DOA PEMBUKAAN PUJI-PUJIAN PELAYANAN FIRMAN TUHAN PEMBERKATAN PERNIKAHAN

: : : :

Makna Pernikahan : Saudara/i yang terkasih, pada saat ini kita berkumpul dihadapan Tuhan untuk mendoakan dan merestui pernikahan Sdr. Hartono Santoso dengan Sdri. Hanny Felicya. Pernikahan adalah suatu lembaga suci, yang bentuk Allah dari awalmula penciptaan manusia. Pernikahan diberkati dan diperkenankan oleh Tuhan Yesus Kristus sendiri dengan kehadiran-Nya pada pesta perjamuan kawin di Kana. Pernikahan merupakan lambang dari hubungan antara Kristus dengan j emaat-Nya, persatuan antara suami dan istri di dalam hati, tubuh, jiwa dan roh yang dikehendaki Tuhan. Janji Pernikahan : Pada pernikahan suci saat ini akan dipersatukan Sdr. Hartono Santoso dengan Sdri. Hanny Felicya. Sekarang saya sebagai Hamba Tuhan yang ditugaskan untuk melaksanakan pemberkatan nikah ini, saya akan bertanya kepada mempelai pria dan mempelai wanita untuk mengetahui kesungguhan mereka dalam memasuki pernikahan kudus ini.
Kedua Mempelai dipersilahkan berdiri : Pendeta : Kepada Mempelai pria dan mempelai wanita diharapkan untuk menjawab dengan bebas dan tegas. Karena JANJI NIKAH harus diucapkan dengan sungguh-sungguh tanpa paksaan serta disaksikan dihadapan TUHAN dan Jemaat. : (kepada mempelai pria)

Pendeta

Sdr. Hartono Santoso, apakah saudara bersedia menerima
M. Pria Pendeta

Sdri. Hanny Felicya,

sebagai istri saudara dan hidup bersamanya dalam pernikahan kudus seumur hidup saudara. : Ya, saya bersedia. : (kepada mempelai pria) Sdr. Hartono Santoso, apakah saudara berjanji mengasihi Sdri. Hanny Felicya, seperti saudara mengasihi diri sendiri, menghormati dan memelihara serta merawatnya dalam keadaan sehat atau sakit dan setia kepadanya selama saudara hidup sebagai suami istri. : Ya , saya berjanji : (kepada mempelai wanita) Sdri. Hanny Felicya, apakah saudari bersedia menerima Sdr. Hartono Santoso, sebagai suami saudari dan hidup bersamanya dalam pernikahan kudus seumur hidup saudari.

M. Pria Pendeta

Hanny Felicya. menghormati dan memelihara serta merawatnya dalam keadaan sehat atau sakit dan setia kepadanya selama saudari hidup sebagai suami istri. Dalam Efesus 5:25. saya bersedia. saya berjanji Pendeta : (kepada jemaat & Hadirin) Saudara/i yang dikasihi Tuhan sekarang kita akan mendengarkan pengucapan JANJI NIKAH oleh kedua mempelai.´Hai Suami. Pendeta : kepada mempelai wanita ( Jari manis kanan ) PEMBERKATAN NIKAH : Jemaat dipersilahkan berdiri dan turut mendoakan kedua mempelai. sebagai tanda cinta kasih dan kesetiaanku. Firman Tuhan mengatakan. tidak ada ujung dan pangkalnya. Wanita : Ya. tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan. apakah saudari berjanji mengasihi Sdr. Ishak dan Yakub ke atas pasangan ini. Kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya bagi jemaat-Nya´. Pendeta : (kepada mempelai wanita) Sdri. M. (musik melantunkan lagu Kasih dari Sorga) ³Demi nama Allah Bapa. Hartono Santoso. Dialah yang menyelamatkan tubuh´ Terimalah cincin ini dan masukkan ke jari manis pasanganmu. M. seperti saudari mengasihi diri sendiri. Wanita : Ya . sebagai tanda dari cinta kasih dan kesetianku Dalam nama Tuhan Yesus Kristus Pendeta :Dalam Efesus 5:22-23. demikian juga Kasih suami istri sama seperti cincin ini berbentuk bulat. Pendeta : Pandanglah wajah pasangan saudara dan berilah ciuman kudus sebagai tanda bahwa saudara .M.Wanita : Hartono. Allah Anak dan Allah Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus turunlah berkat Allah Abraham. Pria : Hanny. Pendeta :kepada mempelai pria ( Jari manis kanan ) Terimalah cincin ini dan masukkan ke jari manis pasanganmu. Firman Tuhan mengatakan. M. pada hari ini dan sampai selama Kedua mempelai dipersilahkan berdiri berhadapan. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus ´Hai Istri. WL/MUSIK :Menyanyikan lagu ³ KASIH DARI SURGA´ Kedua Mempelai menuju Altar PEMASANGAN CINCIN PERNIKAHAN Pendeta :Saudara cincin ini berbentuk bulat. cincin ini aku berikan kepadamu. Dan kiranya Kasih Kristus mengalir memenuhi di dalam rumah tangga kalian berdua. yang sudah dipertemukan Kristus sendiri. cincin ini aku berikan kepadamu. karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat.

UCAPAN TERIMA KASIH DARI PIHAK KELUARGA MEMPELAI. PENGHORMATAN KEPADA KEDUA ORANG TUA Sebelum mengakhiri ibadah ini. tegas dan tanpa paksaan : (diucapkan mempelai pria) DALAM NAMA ALLAH BAPA. yang akan diberikan oleh Gembala Sidang / Pengurus Gereja Duta Injil. HANNY FELICIA sekarang ucapkan JANJI NIKAH ini dengan sungguhsungguh dengan bebas. saya akan tunduk kepadamu seperti jemaat tunduk kepada KRISTUS saya akan memeliharamu dalam keadaan senang dan susah .berdua sudah sah menjadi suami istri dihadapan Allah dan jemaat. membesarkan dan merestui pernikahan mereka. PERSEMBAHAN SULUNG KEDUA MEMPELAI Kedua Mempelai diberi kesempatan untuk memberi persembahan Sulung kepada Tuhan PENYERAHAN AKTE NIKAH GEREJA. kedua mempelai dipersilahkan untuk memberi penghormatan kepada orang tua masing-masing. sebagai tanda doa restu mereka yang telah mendidik. tegas dan tanpa paksaan : (diucapkan mempelai wanita) DALAM NAMA ALLAH BAPA. Pendeta : (kepada mempelai wanita) Sdri. ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS yaitu TUHAN YESUS KRISTUS saya HARTONO SANTOSO menerima HANNY FELICIA menjadi istriku yang sah. Disampaikan dari pihak Keluarga Mempelai. Kedua Mempelai berdiri berhadapan : UCAPAN JANJI NIKAH Pendeta : (kepada mempelai pria) Sdr. PENANDATANGANAN AKTE NIKAH GEREJA Masing-masing mempelai membubuhi tanda tangan pada akte nikah Gereja Duta Injil yang telah disediakan. Kedua mempelai menerima Akte Nikah dari Gereja Duta Injil. PENUTUP Jemaat dan hadirin dipersilahkan berdiri untuk mengakhiri ibadah pemberkatan Nikah ini. ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS yaitu TUHAN YESUS KRISTUS saya HANNY FELICIA menerima HARTONO SANTOSO menjadi suamiku yang sah. HARTONO SANTOSO sekarang pegang tangan pasangan saudara dan ucapkan JANJI NIKAH ini dengan sungguh-sungguh dengan bebas. saya sungguh-sungguh mengasihimu seperti KRISTUS mengasihi Jemaat-Nya. saya akan memeliharamu dalam keadaan senang dan susah dalam keadaan kelimpahan dan kekurangan dalam keadaan sehat atau sakit serta setia kepadamu selama TUHAN memberikan hidup kepada kita berdua.

.dalam keadaan kelimpahan atau kekurangan dalam keadaan sehat atau sakit serta setia kepadamu selama TUHAN memberikan hidup kepada kita berdua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful