P. 1
makalah rokok

makalah rokok

5.0

|Views: 3,330|Likes:
Published by ana_amy

More info:

Published by: ana_amy on Sep 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

JANGAN

MEROKOK

Efek Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Akibat Sebatang Rokok Racun, Ketagihan, Candu, Buang Uang Dan Dosa Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok. 1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb. 2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet. 3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. 4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa. 5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker. 6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

RACUN DALAM ASAP ROKOK

MEROKOK MEMBAWA PENYAKIT Tembakau merupakan faktor risiko untuk sekurang-kurangnya 25 jenis penyakit 1. Kanser pundi kencing 2. Kanser perut 3. Kanser usus dan rahim 4. Kanser mulut 5. Kanser Esofagus 6. Kanser tekak 7. Kanser pankrias 8. Kanser payudara 9. Kanser paru-paru 10. Penyakit saluran pernafasan kronik 11. Strok 12. Kereputan tulang (osteoporosis) 13. Penyakit jantung 14. Kemandulan 15. Putus haid awal 16. Melahirkan bayi yang cacat 17. Keguguran bayi 18. Mati pucuk 19. Bronkitis 20. Batuk 21. Penyakit ulser peptik 22. Emfisima 23. Otot lemah 24. Penyakit gusi 25. Kerosakan mata MEROKOK SECARA PASIF Walaupun anda tidak merokok, anda masih boleh menyedut asap rokok daripada perokok. Ini dipanggil merokok secara pasif ('passive smoking'). Berbanding dengan asap aliran ('mainstream smoke'), asap aliran sisi yang keluar dari puntung rokok ('mainstream smoke') mengandungi : • • • • 2 kali lebih banyak nikotin 5 kali lebih banyak karbon monoksida 50 kali lebih banyak kimia yang menyebabkan barah 3 kali lebih banyak tar

KESAN-KESAN MEROKOK SECARA PASIF • • • • • Meningkatkan risiko kanser paru-paru dan penyakit jantung Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis Sakit atau pedih mata Bersin dan batuk-batuk Sakit kerongkong

Sakit kepala

PEROKOK PASIF DAN RISIKO PENYAKIT Dibandingkan dengan yang tidak terdedah dengan asap rokok pasif, perokok pasif mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengidap pelbagai jenis penyakit • • Penyakit jantung Kanser 30% 25%

KESAN ASAP ROKOK PASIF KEPADA IBU HAMIL DAN JANIN YANG DIKANDUNG • • • • • Keguguran janin Tumbesaran janin terencat - 30% lebih tinggi Kematian janin dalam kandungan Pendarahan dari uri (abruption placenta) Kurang berat badan - 20 hingga 30%

KESAN ASAP ROKOK PASIF KEPADA BAYI • • • • • • • Masalah dan penyakit pernafasan Perkembangan kecerdasan otot terjejas Jangkitan telinga Leukeamia Kanser otak 22% Lelah - meningkat simptom lelah Sindrom kematian secara mengejut

KANKER PARU-PARU MENGENAI KANKER Anak-anak yang lahir tahun 1985, diperkirakan sepertiganya akan pernah menderita kanser, dan kira-kira seperempatnya akan meninggal karena kanser. Kita semua memiliki keluarga atau teman yang mengidap kanser. Jadual berikut memaparkan jumlah pengidap kanser di US tahun 1993. Jumlah Penderita Jumlah Kematian Persen Kematian dari Seluruh Kanser 28% 11% 9% 9% 7%

Paru-Paru Usus Besar Payudara Leukemia Prostat

170 000 152 000 183 000 93 000 165 000

149 000 57 000 46 300 50 000 35 000

Kanser pembunuh terbesar, iaitu kanser paru-paru, membunuh hampir 90%

penderitanya, atau hampir 30% dari seluruh kematian akibat kanser. Namun sesungguhnya kanser paru-parulah yang paling mudah dicegah. Penyelidikan dalam beberapa dekad menunjukkan bahawa satu-satunya penyebab utama kanser paru-paru adalah asap rokok. KARSINOGEN Zat-zat karsinogen (pemicu kanker) yang terkandung pada rokok adalah: • • • vinyl chloride benzo (a) pyrenes nitroso-nor-nicotine

Satu-satunya zat yang lebih berbahaya daripada asap rokok dalam memicu kanser paru-paru adalah zat-zat radioaktif. Itu pun jika dimakan atau dihidap dalam kadar yang cukup. KESAN KANKER PARU-PARU Kematian umumnya bukan terjadi karena kesulitan bernafas yang diakibatkan oleh membesarnya kanser, tetapi karena posisi paru-paru dalam sistem peredaran darah menjadikan kanser mudah menyebar ke seluruh tubuh. Penyebaran metastase ke arah otak dan bahagian kritis lainnya lah yang mengakibatkan kematian itu. 90% penderita meninggal dalam 3 tahun setelah diagnosis.

BAHAYA ROKOK BAGI PEROKOK PASIF Disini saya tidak akan menyebutkan bahaya rokok bagi perokok aktif. Toh mereka (perokok aktif) hanya bakal mencari-cari alasan untuk membenarkan perbuatan mereka dan ga akan peduli sama bahaya-bahayanya.

Definisi-definisi Definisi passive smoking (v) yang saya dapat dari Merriam-Webster’s Medical Dictionary yaitu, “the involuntary inhalation of tobacco smoke (as from another’s cigarette) especially by a nonsmoker “. Untuk definisi perokok aktif ya berarti kata bendanya aja. Asap utama (mainstream smoke) adalah asap yang dihirup dan dibuang oleh perokok aktif.Asap sampingan adalah asap hasil pembakaran ujung rokok. Apa sih yang ada di rokok? Hmm…banyak…. ya iyalah…..Yang jelas ada sekitar ribuan bahan kimia dalam bentuk padat maupun gas. 43 diantaranya positif karsinogen (penyebab kanker), diantaranya karbonmonoksida (menurunkan kadar oksigen), nikotin (penyebab kecanduan dan bisa menurunkan kerja otot hati), dan Tar (campuran bermacam2 zat beracun). Environmental Protection Agency (WALHI-ny Amrik kali ya..) menggolongkan rokok sebagai karsinogen kelas A, disejajarkan dengan asbeston, arsenik, benzene, dan radon. Kenapa perokok pasif? Nah, ternyata sebagian besar gas-gas yang (berpotensi) beracun adanya di asap sampingan. Kenapa begitu? Gampangnya begini deh, asap utama sudah terkena saringan (filter) terlebih dahulu sebelum masuk paru2 perokok aktif, sementara asap sampingan adalah hasil pembakaran langsung. Hubungannya apa? Ternyata 85% dari asap yang dihisap perokok pasif itu adalah asap sampingan. Hmm… perokok pasif jadi yang paling menderita kan…??! Efek bagi perokok pasif Efeknya itu sendiri ada dua macam, efek langsung dan tidak langsung. Efek langsungnya seperti iritasi mata, batuk-batuk, pusing, dan mual-mual. Buat penderita asma bahkan katanya bisa membuat penurunan fungsi paru-paru (walaupun baru sebentar kena asapnya). Segitu aja? Ya ngga lah…Kan ada efek tidak langsung-nya. Ini yang lebih mengerikan. Secara umum, perokok pasif memiliki peningkatan risiko untuk terkena kanker sebanyak 25%. Buat bayi, ada yang namanya Sudden Infant Death Syndrome, atau kematian mendadak bayi, biasanya yang umurnya kurang dari 1 tahun. Jangankan bayi, yang belum lahir saja bisa terkena dampaknya, calon ibu yang merokok atau terpapar asap rokok saat mengandung bisa menyebabkan berbagai kelainan saat melahirkan, seperti kekurangan berat badan, posisi janin yang tidak benar, dan lain-lain. Bagi anak-anak, asap rokok bisa menyebabkan pneumonia, bronkitis, asma, infeksi telinga, dan lain-lain. Bagi orang dewasa, asap rokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru dan kanker payudara, sinus, penyakit jantung, dan menurunkan fungsi hati.

Fakta-fakta • • • Penyakit akibat rokok di AS diperkirakan menjangkiti sekitar 400ribu orang, termasuk yang tidak merokok secara aktif. 3000 orang di AS meninggal karena kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok. Sekitar 70% dari 3000 orang tersebut terpapar asap rokok saat berada di tempat umum.

Nah…sudah jelas kan sekarang kenapa kalian para perokok tidak boleh merokok di tempat umum? Kalian bukan hanya meracuni diri sendiri (which i don’t care), tapi juga menyebar racun untuk dihirup orang lain. Tolong lah hormati orang yang tidak merokok. Gw sendiri kadang suka mengumpat dan menyumpahi (tentu saja dalam hati, hoho) orang-orang yang merokok di tempat umum (terutama di kereta), dan gw juga cukup yakin kalau ga cuma gw yang benci. Betapa tidak berharganya hiduplo kalo lo dibenci banyak orang, karena hidup itu berharga kalau kita banyak bermanfaat buat orang sekitar kita, bukan banyak menyumbang asap. KEBENARAN TENTANG NIKOTIN Ketagihan Rokok Berbahaya ! Tahukah anda bahwa : - Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain. - Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok. - Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok. Bagaimana perokok menjadi ketagihan? Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin : - Merasa cepat marah, hampa atau geram. - Cemas atau gelisah. - Stres dalam bekerja. Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin. Secara perlahan nikotin akan mengakibatkan perubahan pada sel-sel otak perokok yang menyebabkan anda merasa perlu merokok lebih banyak untuk mengatasi gejala-gejala ketagihan. SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN Perokok boleh menjadi ketagihan dengan cepat karena : - Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah. - Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit. KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT Ingat - rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius. Itulah sebabnya mengapa ketagihan nikotin mengakibatkan lebih banyak kematian dan penyakit daripada ketagihan racun yang lain. JANGAN TERPEDAYA Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah. Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya. BEBASKAN DIRI ANDA Jauhkan diri dari rokok - jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan. Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan. Jika anda telah menjadi seorang perokok, jangan berputus asa. Ketagihan nikotin bisa diobati tetapi seperti racun lain ,anda perlu waktu dan usaha untuk mencapai keberhasilan. Banyak perokok berputus asa apabila mencoba berhenti merokok karena mereka belum siap untuk menghadapi gejala-gejala ketagihan . Siapkan diri anda secara fisik dan mental dan dapatkan dukungan keluarga serta temanteman anda. JANGAN TERJEBAK MITOS ROKOK Merokok itu keren dan modern 1. Yang benar adalah merokok membuat gigi kuning, kulit keriput, mata merah dan nafas bau. Apakah ini tandanya keren dan modern ?. Kamu enggak ingin ketinggalan zaman sebab sekarang semua orang merokok 2. Yang benar adalah hanya satu diantara lima siswa SMU adalah perokok, tetaplah pada pendirianmu, beranikah untuk mengatakan “tidak”. Mereka akan mengagumimu “PD” kamu dan kamu pastinya bangga juga. Kamu masih muda bisa berhenti kapan saja kamu mau 3. Yang benar adalah . Sekali kamu mencoba merokok, sulit untuk berhenti karena nikotin adalah zat aditif. Kenyataannya adalah sebagian besar perokok berat, mulai merokok pada usia remaja dan mereka sulit untuk berhenti. Merokok membuat kamu seksi 4. Pernah dengar ? Mencium perokok seperti mencium asbakini sih keterlaluan. Tapi iya juga! Belum lagi rambut dan baju kamu berbau seperti cerobong asap. Merokok menjadi badan langsing 5. Kalau ini benar , kamu nggak pernah melihat orang gemuk merokok dong! Buktinya, perokok bisa gemuk atau kurus.

Merokok bukan masalah dan tidak akan mematikan 6. Yang benar adalah, walaupun dibutuhkan waktu 10 - 20 tahun , tetap terbukti rokok mengakibatkan 80% terjadinya kanker paru dan 50% terjadinya serangan jantung , disamping berbagai kanker lainnya , impotensi, gangguan kesuburan dan lain-lain. Bahkan aktor cowboy Marlboropun mati karena kanker paru. Kalau sedikit tidak apa-apa 7. Yang benar adalah : Berapa isapan saja sudah meningkatkan denyut jantung ,tekanan darah , kekurangan oksigen, nafas tersengal-sengal, batuk, mual, sakit kepala 43% dari orang yang merokok 3 batang saja sehari, sudah dapat menimbulkan ketagihan dan meningkatkan resiko serangan jantung 2-3 kali dibandingkan yang tidak merokok. Kalau kamu kuat dan mandiri , tidak seorangpun bisa mengatur kamu untuk tidak merokok 8. Yang benar adalah : Kebebasan dan kedewasaan berarti bisa memutuskan sendiri apa yang baik bagi diri sendiri berdasarkan logika dan nalar yang benar , Tidak harus ikut-ikutan. Merokok pasti tidak jelek, buktinya diiklankan secara luas dimana-mana 9. Apa kamu nggak sadar bahwa tanpa keuntungan yang aduhai, iklan rokok akan rela menginvestasikan modalnya buat prosi bermilyar-milyar ? Dari mana untungnya ? Ya dari ketagihan kamu itu !. Masa iya iklan rokok akan berbohong 10. Sekarang begini saja, Beli permen yang bisa diecerpun ada tulisan daftar kandungan isi dibungkusnya. Apalagi rokok yang komoditasnya mendunia . Apa kamu pernah lihat daftar kandungan bahan berbahaya di bungkus atau iklan rokok ? Irwan Mujiono / Ahli K3 Umum.

Kesimpulan saya: Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai. Ketika seseorang menawarkan rokok maka tolak dengan baik. Merasa kasihanlah pada mereka yang merokok. Jangan dengarkan mereka yang menganggap anda lebih rendah dari mereka jika tidak ikutan ngerokok. karena dalam hati dan pikiran mereka yang waras mereka ingin berhenti merokok. Kata-kata terakhir, “Smokers take a health risk every time they choose to light up. That is their decision and their choice. But just as smokers have right to smoke, non-smokers also have a right to fresh air.”

DAFTAR PUSTAKA : • • • • • • • http://old.ash.org.uk/html/factsheets/html/fact08.html http://www.stop-smoking-tips.com/dangers-smoking-passivesmokers.html http://medical.merriam-webster.com http://www.cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetailsKids.aspx http://www.cancerqld.org.au/pdf/passivesmokinginfosheet_fa.pdf http://www.helpwithsmoking.com/passive-smoking.php buku kata-kata mutiara “THE WISE WORLD”

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->