Laporan Makalah Singkat - Mata Kuliah Koperasi Nama : Riyantina Herlita NPM : 0806457275 Kelas : E Koperasi adalah badan

usaha yang mempunyai anggota dan dapat memenuhi kebutuhan anggotanya maupun konsumen lain. Pengertian koperasi ini tergambar dalam Koperasi Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, yang saya kunjungi beberapa waktu lalu. Dalam hasil wawancara saya dan kelompok saya dengan pengelola koperasi tersebut, dapat diketahui bahwa tujuan awal dari didirikannya koperasi mahasiswa tersebut ialah untuk menghasilkan dana. Senat mahasiswa di kala itu, banyak membutuhkan dana untuk operasional kegiatan. Karena pada waktu itu senat mahasiswa tidak mempunyai penghasilan, maka fakultas memutuskan untuk menyerahkan koperasi karyawan kepada senat untuk dikelola. Namun karena koperasi tersebut lama kelamaan tidak terurus oleh senat, maka sekarang koperasi mahasiswa tersebut menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa dan berdiri secara independent. Koperasi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat belum memiliki badan hukum. Namun koperasi tersebut sudah memiliki simpanan wajib dan anggaran dasar. Anggaran dasar ini digunakan untuk pemilihan anggota. Saat ini koperasi tersebut memiliki kurang lebih 20 orang pengurus dan 70 orang anggota. Anggota koperasi terdiri dari mahasiswa, pegawai akademik, sampai cleaning service. Sedangkan pengurus inti dari koperasi ialah mahasiswa. Masing-masing pengurus telah menjalankan fungsinya dengan baik, bisa dilihat dari piket yang selalu dilaksanakan oleh pengurusnya setiap hari. Koperasi mahasiswa tersebut mempunyai simpanan wajib dan sisa hasil usaha (SHU). Pembagian SHU dilakukan setahun sekali dan diberikan secara bergilir, entah itu ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), maupun ke badan semi otonom lainnya yang berada di bawah MPM, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Setiap anggota mendapatkan 1 poin setiap pembelian Rp. 5000,- dan berlaku kelipatan. Jumlah ini kemudian diakumulasi dan dijadikan standar pembagian SHU. Modal awal koperasi mahasiswa ini berasal dari limpahan pengurus koperasi sebelumnya (hibah). Setiap anggota wajib membayar iuran ketika mereka telah resmi menjadi anggota, namun besarnya iuran untuk tidak dijelaskan oleh pengelola koperasi mahasiswa tersebut.

Jenis koperasi mahasiswa FKM menurut pengamatan saya ialah koperasi konsumen. Hal ini dapat dilihat dari jenis barang yang ditawarkan oleh koperasi. mungkin hanya terdapat masalah saat pelaporan keuangan ke akademik. bisa dibilang tidak ada. koperasi yang baik ialah koperasi yang menyediakan setiap kebutuhan konsumen. alat tulis. Masalah dari anggota contohnya yaitu tidak selalu semua anggota dapat hadir dalam satu pertemuan. Koperasi mahasiswa FKM menyediakan mulai dari makanan. Masalah tersebut bisa datang dari anggotanya. pengurusnya. dan juga dari luar. untuk memenuhi kebutuhan umum sehari-hari para anggotanya. . karena koperasi ini beranggotakan para konsumennya dan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi. Namun sejauh ini. sehingga koperasi mahasiswa tersebut masih dapat berjalan dengan optimal. selain itu harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Sesuai dengan pendapat sang pengelola. karena menurut konsumen-konsumen tersebut koperasi mahasiswa FKM sangat memenuhi kebutuhan mereka. Sedangkan dari faktor luar. Saat ini tanggapan dari para konsumen pun memuaskan. serta jasa penyewaan komputer dan printer. dan barang-barang hasil usaha sendiri. souvenir Universitas Indonesia. dalam menjalankan usaha memang yang namanya masalah selalu ada. Masalah dari pengurus yaitu apabila kerja dari pengurus ada yang kurang maksimal dan jarang hadir. masalah-masalah tersebut tidak memberatkan dan menghalangi jalan koperasi. Namun.

Apa jenis dari koperasi tersebut? 4. Tanggapan orang-orang mengenai koperasi tersebut? 8. Koperasi tersebut menyediakan apa saja? 9. Apa saja yang telah dicapai oleh koperasi tersebut? 5. Darimana modal awal koperasi berasal? 10. Masalah apa yang sering dihadapi? 6.(Lampiran) Daftar Pertanyaan 1. koperasi yang baik itu seperti apa? . Latar belakang dibentuknya koperasi mahasiswa tersebut? 2. Apa tujuan dari koperasi tersebut? 3. Menurut pengelola. Anggaran dasar koperasi? 7. Siapa saja anggota awal koperasi? Dan berapa jumlahnya? 11.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful