ANGGARAN DASAR SITALASMA 234 SMA NEGERI 1 SLEMAN

MUKADIMAH Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Bahwa sesungguhnya alam beserta apa yang terkandung di dalamnya merupakan suatu anugerah Tuhan yang menciptakannya dan menjadikan kewajiban manusia untuk mencintai semua makhluk, tanah air dan alam sebagai suatu pernyataan terhadap Tuhan. Bahwa untuk lebih mendekatkan dan mempererat hubungan antara manusia dalam usahanya mencintai ciptaan Tuhan tersebut, perlu adanya suatu wadah yang dapat menampung serta menyalurkan pemikiran-pemikiran dan kegiatan kreatif untuk menyatakan rasa cinta tersebut. Bahwa segala usaha diatas hanya akan berhasil jika didasari oleh jiwa besar dan budi luhur yang harus ditempa, dibina serta senantiasa dikembangkan menurut batas-batas kemampuan setiap manusia yang merdeka dan sebagai insan sosial yang sadar akan fungsi dan peranannya di dalam masayarakat. Bahwa SMA Negeri 1 Sleman dengan segala gerak kegiatannya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat, dan pelajar SMA Negeri 1 Sleman yang mencintai almamaternya wajib mengembangkan rasa cinta terhadap alam dan ilmu pengetahuan demi kemanusiaan. Dengan ini dibentuklah sebuah organisasi siswa pencinta alam di dalam lingkup lingkungan pelajar SMA Negeri 1 Sleman dengan anggaran dasar sebagai berikut:

BAB I Nama, Waktu, Tempat, Bentuk dan Sifat Pasal 1 Nama: 1. Organisasi ini bernama Siswa Pecinta Alam SMA 234 2. Nama organisasi ini disingkat menjadi SITALASMA 234 Pasal 2 Waktu: 1. Organisasi ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 1985

Organisasi ini berazaskan wawasasan wiyata mandala Organisasi ini berdasarkan pada Pancasila Kelas 1 Kelas 2 Kelas 3 Alumni Organisasi ini berkedudukan di SMA Negeri 1 Sleman . Organisasi ini didirikan sampai jangka waktu yang tidak ditentukan Pasal 3 Tempat: • Pasal 4 Bentuk: 1.2. Organiasi ini berazaskan musyawarah. Organisasi ini bersifat terbuka BAB II Dasar. Kelembagaan sekolah meliputi: • • • • Pasal 5 Sifat: 1. Azas dan Tujuan Pasal 1 Dasar: • Pasal 2 Azas: 1. Organisasi ini berbentuk kelembagaan (Sekolah Menengah) 2. Organisasi ini bersifat non politik 2. Organisasi ini bersifat ekstrakurikuler 3. kemandirian. dan solidaritas 2. kekeluargaan.

keorganisasian. Anggota luar biasa 3. BAB III Lambang.Pasal 3 Ayat 1: Tujuan Umum • Membina pribadi yang berpendidikan. Anggota kehormatan 4. Ayat 2: Tujuan Khusus • Membina anggota dalam bidang keterampilan. Alumni BAB V Peraturan-peraturan lain Hal-hal lain yang tidak tercantum dalam Anggaran Dasar ini diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. kepemimpinan. . Bendera dan Lagu Pasal 1 Lambang (perlu didiskusikan) Pasal 2 Bendera SITALASMA 234 dengan warna dasar biru muda dengan lambang SITALASMA 234 Pasal 3 Lagu SITALASMA 234 akan ditentukan kemudian BAB IV Keanggotaan Keanggotaan: 1. dan kepencinta alaman. Anggota biasa 2. serta dapat memlihara dan memanfaatkan alam beserta isinya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. sehat jasmani dan rohani.

Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan dasar dan tujuan anggota SITALASMA 234. serta kemanusiaan pada umumnya. Anggota luar biasa 3. 6. Anggota luar biasa adalah (mari kita diskusikan) . Latihan-latihan kecakapan dan ketrampilan jasmani dan rohani untuk seluruh anggotanya.ANGGARAN RUMAH TANGGA SITALASMA 234 SMA NEGERI 1 SLEMAN BAB I Usaha Pasal 1 1. Dalam usaha mencapai tujuannya. Anggota biasa 2. anggota SITALASMA 234 mengusahakan: 2. Anggota kehormatan 4. 3. Alumni Pasal 2 Sifat keanggotaan: 1. 5. 4. BAB II Keanggotaan Pasal 1 Keanggotaan: 1. Anggota biasa adalah pelajar SMA Negeri 1 Sleman 2. Mengadakan acara-acara hidup di alam terbuka. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Mengembangkan ilmu pengetahuan.

Setiap anggota wajib membela. serta umat manusia pada umumnya dan almamater SMA Negeri 1 Sleman. aku berjanji: Untuk selalu berbakti dan menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan. Setiap anggota wajib menaati peraturan-peraturan organisasi. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Bangsa dan Tanah Air.3. Setiap anggota anggota SITALASMA 234 pada waktu dilantik harus mengucapkan janji sebagai berikut: “Demi kehormatanku sebagai bangsa Indonesia. mempertahankan dan menjujung nama baik organisasi dan almamater SMA Negeri 1 Sleman. Menepati kewajiban-kewajibanku sebagai anggota SITALASMA 234 dan pelajar SMA Negeri 1 Mengundurkan diri secara tertulis Dipecat berdasarkan musyawarah pengurus dan dewan alumni Meninggal dunia (mari kita diskusikan lebih lanjut) (mari kita diskusikan) (mari kita diskusikan) . 2. 3. Anggota kehormatan adalah anggota seseorang yang dianggap perlu berdasarkan musyawarah anggota karena jasanya di SMA Negeri 1 Sleman atau di SITALASMA 234 Pasal 3 Syarat-syarat keanggotaan: • Pasal 4 Sanksi-sanksi keanggotaan: • Pasal 5 Hilangnya keanggotaan: • • • • Pasal 6 Hak dan kewajiban anggota: 1. pelajar SMA 1 Sleman.

Pelindung 2. Anggota Pasal 2 Kepengurusan: • Pasal 3 Dewan Kehormatan: • Dewan Kehormatan dibentuk pada dan oleh musyawarah anggota dan alumni SITALASMA 234 Pasal 4 Musyawarah Anggota 1. Dalam SITALASMA 234 kekuasaan tertinggi dipegang oleh musyawarah anggota. Musyawarah anggota diadakan minimal sekali dalam setahun. 2. “Sebagian diadopsi dari AD/ART MAPALA UI dengan perubahan seperlunya” . Pengurus SITALASMA 234 sekurang-kurangnya terdiri dari seorang presidium.Sleman.” BAB III Keorganisasian Pasal 1 Struktur Organisasi terdiri dari: 1. Pengurus 4. seorang sekretaris. Penasehat 3. seorang bendahara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful