Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI.

IPS / 1 : 1 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Indikator :  Menjelaskan proses perkembangan agama dan budaya Hindu-Buddha di Indonesia.  Menjelaskan teori masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan HinduBuddha ke Indonesia. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis proses perkembangan agama dan budaya Hindu-Buddha di Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis teori masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia. II. Materi Ajar :  Perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.

Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa

IV. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. B. Motivasi :  memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. 2. Kegiatan Inti : A. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.

C. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. Kegiatan akhir. A. Repleksi :  Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran  Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penilaian :  Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis  Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. C. Penugasan : Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. V. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI Program IPS, I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R. Soekmono, Penerbit Kanisius. Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk. Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah proses masuk dan berkembangnya budaya dan agama Hindu-Buddha di Indonesia ?  Sebutkanlah beberapa teori tentang masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.  Mengapakah hanya golongan Brahmana yang dianggap pantas menyebarkan agama Hindu ke Indonesia ? Mengetahui, Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta, Guru Mata Pelajaran, 2007

Drs. H.M. Noer H. Ishaka NIP : 131460250

Drs. I Wayan Badrika, M.Si. NIP :131419371

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. IPS / 1 : 2 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Indikator :  Menjelaskan perkembangan kerajaan Kutai.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Tarumanegara.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Holing. I. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Kutai.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Tarumanegara.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Holing. II. Materi Ajar :  Kerajaan Tertua di Indonesia. III. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.

Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa

B. B.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative. 2. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. . Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.IV.  Mendeskripsikan dan menganalisis fakta-fakta sejarah.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Konsoldasi Pembelajaran :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan-kerajaan tertua di Indonesia. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kerajaan tertua di Indonesia.  Menganalisis bukti-bukti terjadinya suatu peristiwa sejarah.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Kegiatan Inti : A. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Kegiatan awal : A.

. Pembentukkan sikap dan perilaku :  Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. I Wayan Badrika. Nugroho Notosusanto. A. C. IPS. Soekmono. Penugasan : Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. Penerbit Kanisius. Kegiatan akhir. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. dkk. 3. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. Penilaian : a) Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. C. V. b) Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. Repleksi : a) Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b) Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Buku Sejarah Nasional Indonesia. R.

I Wayan Badrika.Si. M. VI.Depdikbud.  Bagaimanakah perkembangan kerajaan Kutai ?  Bagaimanakah perkembangan kerajaan Tarumanegara pada masa pemerintahan Raja Purnawarman ?  Bagaimanakah keadaan kerajaan Holing dibawah pemerintahan Ratu Sima ? Mengetahui. Ishaka NIP : 131460250 Drs. Noer H.M. NIP :131419371 . 2007 Drs. Guru Mata Pelajaran. Penilaian : Butir soal. H. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta.

 Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Kediri.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Mataram dinasti Sailendra. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Menjelaskan perkembangan kerajaan Medang Kamulan. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Indikator :  Menjelaskan perkembangan kerajaan Mataram dinasti Sanjaya. IPS / 1 : 3 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. II. Materi Ajar :  Kerajaan Mataram Kuno.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Medang Kamulan.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : X I. I.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Mataram dinasti Sailendra. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Mataram dinasti Sanjaya.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Kediri.

 Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. Kerajaan Kediri. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu. Kegiatan awal : A. B. 2.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok . IV. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. III. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kerajaan Mataram Kuno dan kerajaan Kediri. Kegiatan Inti : A. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Mendeskripsikan dan menganalisis tentang kerajaan Mataram Kuno dan kerajaan Kediri.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.

Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. IPS. A.Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. I Wayan Badrika. Soekmono. Pembentukkan sikap dan perilaku : . Repleksi : .Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. R.Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Kegiatan akhir. Penilaian : . Penugasan : . Nugroho Notosusanto.Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . Depdikbud.Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis . V. C. . Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. 3. C. .lainnya dalam diskusi tersebut. Penerbit Kanisius. dkk.

 Jelaskanlah perkembangan kerajaan Kediri.  Jelaskanlah perkembangan kerajaan Medang Kamulan. H. M. Ishaka NIP : 131460250 Drs.Si. NIP :131419371 .M. Noer H. Penilaian : Butir soal. Guru Mata Pelajaran.  Jelaskanlah perkembangan kerajaan Mataram dinasti Sanjaya. Mengetahui. I Wayan Badrika. 2007 Drs.VI.  Jelaskanlah perkembangan kerajaan Mataram dinasti Sailendra. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta.

IPS / 1 : 4 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pemerintahan kerajaan Singasari. I. II.  Menjelaskan perkembangan pemerintahan kerajaan Singasari.  Menjelaskan alasan Kertanegara melancarkan ekspedisi Pamalayu.  Menganalisis alasan Kertanegara melancarkan ekspedisi Pamalayu. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab runtuhnya kerajaan Singasari.  Menjelaskan faktor penyebab runtuhnya kerajaan Singasari. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang berdirinya kerajaan Singasari. Materi Ajar : Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa . Indikator :  Menjelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Singasari.

2.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Singasari. d) Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang dasar-dasar penelitian sejarah. Eksplorasi : a) Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kerajaan Singasari b) Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. Kegiatan awal : A. Kerajaan Singasari III. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. IV. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. Pembentukkan sikap dan perilaku : .  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. B. c) Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. C. Kegiatan Inti : A.

Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1.Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. C. Depdikbud.Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . A.. 3. .  Jelaskanlah latar belakang berdirinya kerajaan Singasari ?. Penugasan : . VI.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. Penilaian : Butir soal. Buku Sejarah Nasional Indonesia. R. V. I Wayan Badrika. Repleksi : . Soekmono. Kegiatan akhir.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. IPS. Penilaian : .Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. . dkk. Penerbit Kanisius.Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis . Nugroho Notosusanto. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI.

 Jelaskanlah faktor penyebab runtuhnya kerajaan Singasari ?. I Wayan Badrika. M. NIP :131419371 .  Jelaskanalh alasan Kertanegara melancarkan ekspedisi Pamalayu ?. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. Mengetahui. 2007 Drs.Si. H.M. Guru Mata Pelajaran. Ishaka NIP : 131460250 Drs. Jelaskanlah perkembangan pemerintahan kerajaan Singasari ?. Noer H.

II. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Bali. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. Materi Ajar :  Kerajaan Bali.  Kerajaan Pajajaran. III. I. Indikator :  Menjelaskan perkembangan kerajaan Bali.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Pajajaran. IPS / 1 : 5 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Pajajaran.

Kegiatan awal : A. B. 2.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. Apersepsi : Guru mengingatkan kepada siswa tentang materi pelajaran minggu lalu. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kerajaan Bali dan kerajaan Pajajaran.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. . Kegiatan Inti : A.IV. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Bali dan kerajaan Pajajaran. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang jejak-jejak masa lampau dan lebih aktif lagi untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

Penilaian : a). IPS. I Wayan Badrika. Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b).C. Kegiatan akhir. Depdikbud. Soekmono. b). Pembentukkan sikap dan perilaku : a). Repleksi : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis b). Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 3. V. Penugasan : a). Penilaian : Butir soal. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. . VI. dkk. Penerbit Kanisius. Nugroho Notosusanto. Buku Sejarah Nasional Indonesia. A. R. C. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.

H. NIP :131419371 . 2007 Drs. Mengetahui. I Wayan Badrika. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta.  Jelaskanlah perkembangan kerajaan Pajajaran ?.M. Guru Mata Pelajaran. Ishaka NIP : 131460250 Drs.Si. M. Jelaskanlah perkembangan kerajaan Bali ?. Noer H.

 Menjelaskan perkembangan kerajaan Majapahit. IPS / 1 : 6 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional.  Mendeskripsikan dan menganalisis peranan kerajaan Majapahit sebagai negara produsen.  Menjelaskan peranan kerajaan Majapahit sebagai negara produsen.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.  Menjelaskan faktor penyebab runtuhnya kerajaan Majapahit. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa . Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang berdirinya kerajaan Majapahit. I. Indikator :  Menjelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Majapahit.  Mendeskjripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Majapahit.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya.

Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perkembangan kerajaan Majapahit. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. IV. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. II. B. 2. Kegiatan awal : A. III. . Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu. Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya.Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Majaphit. Kegiatan Inti : A. Materi Ajar :  Kerajaan Majapahit.  Mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab runtuhnya kerajaan Majapahit. b). c).Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat- . B. Konsolidasi Pembelajaran : . Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan. d). Eksplorasi : a).

Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. . C. . A. IPS.Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis .Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Penugasan : . Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. 3.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . Penerbit Erlangga .pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Penilaian : . C. V. Kegiatan akhir. Repleksi : .Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. I Wayan Badrika.Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. Pembentukkan sikap dan perilaku : .

Guru Mata Pelajaran. Noer H.Si. Mengetahui.  Jelaskanlah latar belakang berdirinya kerajaan Majapahit ?. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah perkembangan kerajaan Majapahit ?.Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1.  Jelaskanlah perkembangan kerajaan Majapahit pada masa kejayaannya ?. NIP :131419371 .M.  Jelaskanlah peranan kerajaan Majapahit sebagai negara produsen ?. M. 2007 Drs. Nugroho Notosusanto.  Jelaskanlah faktor penyebab runtuhnya kerajaan Majapahit ?. Depdikbud. Ishaka NIP : 131460250 Drs. dkk. Buku Sejarah Nasional Indonesia. I Wayan Badrika. R. H. Soekmono. Penerbit Kanisius. VI.

Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan sistem dan struktur sosial masyarakat pada masa kerajaan HinduBuddha.  Mendeskripsikan struktur birokrasikerajaan-kerajaan Hindu Buddha di berbagai daerah Indonesia. :  Menjelaskan sistem dan struktur sosial masyarakat pada masa kerajaan Hindu- Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Menjelaskan faktor penyebab runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. IPS / 1 : 7 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional.  Menjelaskan struktur birokrasikerajaan-kerajaan Hindu Buddha di berbagai daerah Indonesia.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. Indikator Buddha. I.

Kegiatan awal : A. Langkah-langkah Pembelajaran 1. IV.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Kegiatan Inti : A.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. II. Mendeskriosikan dan menganalisis faktor penyebab runtuhnya kerajaan HinduBuddha di Indonesia. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. . serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. politik.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. ekonomi dan budaya Indonesia pada masa kerajaan Hindu-Buddha serta faktor penyebab runtuhnya kerajaan bercorak Hindu-Buddha.  Faktor penyebab runtuhnya kerajaan bercorak Hindu-Buddha. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kehidupan sosial. ekonomi dan budaya Indonesia pada masa kerajaan Hindu-Buddha. politik. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu. Materi Ajar :  Kehidupan sosial. B. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan. 2. III.

 Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.B. Kegiatan akhir. Pembentukkan sikap dan perilaku : .Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis .  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. politik.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . Repleksi : .Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. C. 3.Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. Penilaian : . . Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan kehidupan sosial. Penugasan : . C.Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B.  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis faktor penyebab runtuhnya kerajaan bercorak Hindu-Buddha. . ekonomi dan budaya Indonesia pada masa kerajaan Hindu-Buddha. A.

Penilaian : Butir soal.Si. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. I Wayan Badrika.M.  Jelaskanlah faktor penyebab runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia ?. 2007 Drs. NIP :131419371 . Nugroho Notosusanto. VI. IPS.V.  Jelaskanlah sistem dan struktur sosial masyarakat pada masa kerajaan HinduBuddha ?. Noer H. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. Soekmono. M. Ishaka NIP : 131460250 Drs. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Mengetahui. H. I Wayan Badrika.  Jelaskanlah struktur birokrasikerajaan-kerajaan Hindu Buddha di berbagai daerah Indonesia ?. dkk. R. Guru Mata Pelajaran. Penerbit Kanisius. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. Depdikbud.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. Materi Ajar : Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Menjelaskan proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. IPS / 1 : 8 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. II. I. Indikator :  Menjelaskan perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab.  Mendeskripsikan dan menganalisis proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.

Kegiatan Inti : A. Kegiatan awal : A. B.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatuntuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara .  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok kooperative. III. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal tulisan.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. B. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. 2.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. IV. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu.

Repleksi : . Penugasan : .Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi.pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. . Kegiatan akhir.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. 3. C. IPS.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. . I Wayan Badrika. . A. Pembentukkan sikap dan perilaku : .Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran .Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis (pilihan ganda dengan jumlah soal mencapai 15-20 soal). Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1.Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. R. V. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI.Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. C. Penilaian : .

M. VI. Penilaian : Butir soal. Mengetahui. I Wayan Badrika. 2007 Drs. M. Ishaka NIP : 131460250 Drs.  Jelaskanlah proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia ?. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta.Soekmono.Si. NIP :131419371 . Depdikbud. H. Penerbit Kanisius. Guru Mata Pelajaran. dkk. Nugroho Notosusanto. Buku Sejarah Nasional Indonesia.  Jelaskanlah perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab ?. Noer H.

Indikator :  Menjelaskan perkembangan kerajaan Samudera Pasai.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan manganalisis perkembangan kerajaan Samudera Pasai.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Malaka. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Menjelaskan perkembangan kerajaan Aceh.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Malaka. Materi Ajar :  Kejaraan Islam di sekitar Selat Malaka. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Aceh II. IPS / 1 : 9 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. I.

B. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. Kegiatan Inti : A.III.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative. IV. Apersepsi : Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. B. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Islam . Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. 2.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Langkah-langkah Pembelajaran 1. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kerajaan Islam di sekitar Selat Malaka.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya. Kegiatan awal : A. Motivasi : Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan.

di sekitar Selat Malaka. Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. A. Pembentukkan sikap dan perilaku : a). 3. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. C. IPS. Penilaian : a).  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. b). Kegiatan akhir. . Repleksi : a). Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. b). C.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. V. Penugasan : a).

Si. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1.  Jelaskanlah sebab-sebab berdirinya kerajaan Samudera Pasai ?  Bagaimanakah perkembangan kerajaan Samudera Pasai pada masa kejayaannya ?  Jelaskanlah sebab-sebab berdirinya kerajaan Malaka ?  Bagaimanakah perkembangan pelayaran perdagangan di Selat Malaka pada masa pemerintahan Sultan Mansyur Syah ?  Bagaimanakah perkembangan kerajaan Aceh di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda ? Mengetahui. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Penilaian : Butir soal. Soekmono. M. Depdikbud. I Wayan Badrika. Nugroho Notosusanto. Guru Mata Pelajaran. 2007 Drs.I Wayan Badrika. H. Noer H. VI. dkk. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. Ishaka NIP : 131460250 Drs. NIP :131419371 .M. Penerbit Kanisius. R.

Indikator :  Menjelaskan perkembangan kerajaan Demak.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI.  Menjelaskan perkambangan kerajaan Banten. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa . II.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Banten. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. IPS / 1 : 10 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. Materi Ajar :  Kerajaan Islam di Pulau Jawa. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Demak.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Mataram.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Mataram. I.

Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. B. Motivasi : a). IV.dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Islam . Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajara tentang perkembangan kerajaan Islam di Pulau Jawa. Kegiatan Inti : A. 2.III. memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang tradisi sejarah pada masyarakat yang sudah mengenal tulisan. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya. Apersepsi : Guru mengingat kepada siswa tentang pelajaran minggu lalu dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. Kegiatan awal : A.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.

C. A. C. Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. . Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis. V. Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran b). Pembentukkan sikap dan perilaku : a). b). 3.di Pulau Jawa. Kegiatan akhir. IPS. Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. Repleksi : a). Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. Penilaian : a). Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. b).  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penugasan : a).

R.Si. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Noer H. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. Depdikbud. Penerbit Kanisius. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. M.M. Ishaka NIP : 131460250 Drs. NIP :131419371 . Guru Mata Pelajaran. 2007 Drs. Soekmono. Penilaian : Butir soal.  Bagaimanakah latar belakamng dan perkembangan kerajaan Demak ?  Mengapakah Sultan Agung memerintahkan untuk menyerang Belanda di Batavia ?  Apakah alasan Sultan Haji dari banten memihak kepada Belanda di Batavia ? Mengetahui. H. dkk. I Wayan Badrika.I Wayan Badrika. VI. Nugroho Notosusanto.

II. IPS / 1 : 11 : 1 X 45 Menit Negara-negara tradisional.  Menjelaskan perkembangan kerajaan Ternate dan Tidore. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Gowa dan Tallo.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. III. Materi Ajar :  Kerajaan Islam di Indonesia bagian Timur. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kerajaan Ternate dan Tidore. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. I. Indikator :  Menjelaskan perkembangan kerajaan Gowa dan Tallo. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran.

 Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu menganalisis tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia bagian Timur.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang perkembangan kerajaan Islam di Indonesia bagian Timur. 2. Motivasi :  Memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. Kegiatan awal : A. B. C. B.IV. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. Kegiatan Inti : A.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Pembentukkan sikap dan perilaku : . Apersepsi :  Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu.

. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. Repleksi : . .Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. Nugroho Notosusanto. dkk. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Penerbit Kanisius. I Wayan Badrika. Depdikbud.Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. V. IPS. C. Soekmono.Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. Penugasan : . Kegiatan akhir.Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis (pilihan ganda dengan jumlah soal mencapai 15-20 soal). 3. R. Penilaian : . Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. A.  Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi.

VI. Noer H.  Jelaskanlah latar belakang berdirinya kerajaan Gowa dan Tallo ?  Bagaimanakah perkembangan kerajaan Gowa dan Tallo dibawah pemerintahan Sultan Hasanuddin ?  Sebutkanlah isi dari perjanjian Bongaya antara kejaraaj Makassar dengan Belanda ?  Mengapakah kerajaan Ternate dan Tidore saling bermusuhan ?  Apakah alasan Sultan Baab Ullah mengusir bangsa Portugis dari Ternate ? Mengetahui.M. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. H. Ishaka NIP : 131460250 Drs.Si. M. 2007 Drs. Guru Mata Pelajaran. I Wayan Badrika. NIP :131419371 . Penilaian : Butir soal.

 Mendeskripsikan dan menganalisis perubahan sistem sosial budaya masyarakat yang dipengaruhi Islam. II.  Menjelaskan sistem kekuasaan dan hukum pada masa Islam awal. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis sistem birokrasi pada kerajaan-kerajaan bercorak Islam. Indikator :  Menjelaskan sistem birokrasi pada kerajaan-kerajaan bercorak Islam. Materi Ajar : Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Menjelaskan perubahan sistem sosial budaya masyarakat yang dipengaruhi Islam. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. I.  Mendeskripsikan dan menganalisis sistem kekuasaan dan hukum pada masa Islam awal. IPS / 1 : 12 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional.

B.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan. IV.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. B. Kegiatan awal : A.  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. politik dan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa Islam. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu. 2. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. politik dan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa Islam.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. Kegiatan Inti : A. politik dan ekonomi masyarakat Indonesia pada masa Islam. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis kehidupan sosial.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia. III. Kehidupan sosial. . Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang kehidupan sosial.

Pembentukkan sikap dan perilaku : . Nugroho Notosusanto.Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B.C. Penugasan : . Penerbit Kanisius. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. I Wayan Badrika.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok. V. . . Repleksi : . Kegiatan akhir.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. IPS. 3. A. R.Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. Depdikbud.Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . Penilaian : .Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Buku Sejarah Nasional Indonesia. C. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. dkk.Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis . Soekmono.

H.  Jelaskanlah sistem birokrasi pada kerajaan-kerajaan bercorak Islam ?. Noer H. 2007 Drs. M. Ishaka NIP : 131460250 Drs.  Jelaskanlah perubahan sistem sosial budaya masyarakat yang dipengaruhi Islam ?.M. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta.Si. Guru Mata Pelajaran. Penilaian : Butir soal.  Jelaskanlah sistem kekuasaan dan hukum pada masa Islam awal ?. I Wayan Badrika. Mengetahui. NIP :131419371 .VI.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. : Menganalisis proses interaksi antara tradisi local.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan pendidikan dan pembentukkan jaringan intelektual. IPS / 1 : 13 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. I. HinduBuddha dan Islam di Indonesia. Kompetensi Dasar Indikator Indonesia. :  Menjelaskan proses akulturasi budaya Hindu-Buddha dengan budaya local Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa .  Menjelaskan perkembangan pendidikan dan pembentukkan jaringan intelektual. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan dan menganalisis proses akulturasi budaya Hindu-Buddha dengan budaya local Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan teknologi masyarakat Indonesia pada masa Hindu-Buddha.  Menjelaskan perkembangan teknologi masyarakat Indonesia pada masa HinduBuddha.

2.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. IV. Dan budaya Hindu-Buddha dan perkembangan intelektual masyarakat. Materi Ajar :  Akulturasi budaya Hindu-Buddha dengan budaya local Indonesia. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. B. B. Langkah-langkah Pembelajaran : 1. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. Kegiatan Inti : A. Konsolidasi Pembelajaran :  Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis tentang akulturasi budaya Hindu-Buddha dengan budaya local Indonesia. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.  Budaya Hindu-Buddha dan perkembangan intelektual masyarakat. Kegiatan awal : A.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang akulturasi budaya HinduBuddha dengan budaya local Indonesia. III.II. Dan budaya Hindu-Buddha dan perkembangan intelektual masyarakat. . Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu.

Repleksi : .Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis .Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B. . Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. Penilaian : .Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . A. C. Pembentukkan sikap dan perilaku : . .  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. C. Kegiatan akhir. Alat / Sumber belajar :  Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. Penugasan : .Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. V.Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya. 3.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. IPS.

Nugroho Notosusanto. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Soekmono.  Jelaskanlah perkembangan pendidikan dan pembentukkan jaringan intelektual ?.  Jelaskanlah proses akulturasi budaya Hindu-Buddha dengan budaya local Indonesia ?.Si. Penilaian : Butir soal. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. Noer H.I Wayan Badrika. M. Depdikbud. R.  Jelaskanlah perkembangan teknologi masyarakat Indonesia pada masa HinduBuddha ?. NIP :131419371 . VI. Ishaka NIP : 131460250 Drs. I Wayan Badrika. Guru Mata Pelajaran. Mengetahui.M. 2007 Drs. dkk. Penerbit Kanisius. H.

:  Menjelaskan perpaduan budaya Islam dengan budaya setempat.  Membandingkan bentuk-bentuk pengaruh Islam di berbagai daerah Indonesia. Tujuan Pembelajaran : Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :  Mendeskripsikan perpaduan budaya Islam dengan budaya setempat.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Kelas /Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu : Sejarah : XI. IPS / 1 : 14 : 3 X 45 Menit Negara-negara tradisional. HinduBuddha dan Islam di Indonesia. Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa . Kompetensi Dasar Indikator : Menganalisis proses interaksi antara tradisi local. I.  Menyebutkan Wali Songo yang berperan aktif dalam penyebaran Islam di Indonesia.  Menunjukkan perwujudan akulturasi kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Islam.  Menjelaskan perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.  Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.  Membandingkan bentuk-bentuk pengaruh Islam di berbagai daerah Indonesia.

Konsolidasi Pembelajaran : .  Menunjukkan perwujudan akulturasi kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Islam. serta menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok pelajaran yang akan diajarkan.  Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. Materi Ajar :  Interaksi sosial budaya masyarakat Indonesia pada awal perkembangan Islam. Eksplorasi :  Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang interaksi sosial budaya masyarakat Indonesia pada awal perkembangan Islam. Langkah-langkah Pembelajaran : 1.  Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan pada kelompoknya masing-masing secara kooperative. B. Mengidentifikasi Wali Songo yang berperan aktif dalam penyebaran Islam di Indonesia. II. Motivasi : memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang Kehidupan awal masyarakat di kepulauan Indonesia.  Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. B. IV. Metode Pembelajaran :  Kombinasi Metode Pembelajaran. 2. Kegiatan awal : A. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran minggu lalu. III. Kegiatan Inti : A.

Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran . 3. V. Alat / Sumber belajar : . Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis tentang interaksi sosial budaya masyarakat Indonesia pada awal perkembangan Islam.Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. C. Penugasan : .  Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapatpendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut. C. .Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.Apektif yaitu guru memberikan penilaian terhdap kreatif dan aktivitas siswa di dalam menerima pelajaran atau di dalam melaksanakan diskusi. Pembentukkan sikap dan perilaku : . Penilaian : .Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya B.  Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut. A. Kegiatan akhir.Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis . Repleksi : .Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.

I Wayan Badrika.  Tunjukkanlah perwujudan akulturasi kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Islam ?. Buku Sejarah Nasional Indonesia. Nugroho Notosusanto. R. IPS.Si. dkk. Kepala SMA Negeri 53 Jakarta Jakarta. Guru Mata Pelajaran.  Bandingkanlah bentuk-bentuk pengaruh Islam di berbagai daerah Indonesia ?.  Sebutkanlah Wali Songo yang berperan aktif dalam penyebaran Islam di Indonesia ?. 2007 Drs.M. Penerbit Kanisius. I Wayan Badrika.  Jelaskanlah perpaduan budaya Islam dengan budaya setempat ?. Alat  Sumber :: Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XI. Penilaian : Butir soal. Noer H. Ishaka NIP : 131460250 Drs. NIP :131419371 . Penerbit Erlangga Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1. VI. Mengetahui. Soekmono. H. M.  Jelaskanlah perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia ?. Depdikbud.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful