PROFESI AKUNTAN PUBLIK

ARENS, ELDER, BEASLEY CHAPTER 2

KANTOR AKUNTAN PUBLIK
Mengaudit laporan keuangan dan menyediakan jasa seperti jasa perpajakan dan jasa konsultasi manajemen. Ada 500 KAP di indonesia 4 KAP terbesar bekerjasama dengan jaringan akuntansi terbesar dengan nama Big Four yaitu: Delloite touche tohmatsu, Ernst & Young Global, KPMG international, Pricewaterhouse Cooper

Nexia International. Baker Tilly. Amir Jusuf & Mawar . Proxity. Satrio&Rekan.KAP Lainnya termasuk yang bukan masuk dalam Big 4 : BDO Global. Howart International and Moore Stephens International KAP Nasional: Osman. sarwoko sanjaya. Purwantono. RSM international.Ramli. Aryanto. Grant Thtonton internasional.

. PPn. perencanaan pajak dll Jasa konsultan manajemen: membantu klien mengoperasikan bisnis lebih efektif dan efisien (risk management dan aktuarial benefit) IT dan e commerce design.Aktivitas Dalam KAP Jasa pembukuan dan akuntansi: membantu pembukuan sesuai dengan kebutuhan kliennya. Jasa pajak : menangani permasalahan pajak PPh. merger and akusisi.

dimana kompetensi akan memberikan audit dan jasa-jasa lainnya lebih efisien dan efektif. . Pentingnya struktur untuk mendukung kompetensi.Struktur KAP 3 faktor yang mempengaruhi struktur organisasi untuk semua perusahaan: Kebutuhan untuk independensi dari kliennya: agar auditor tidak bias dalam membuat kesimpulan mengenai laporan keuangan klien.

.Struktur KAP Meningkatkan risiko pengadilan yang dihadapi oleh auditor: perusahaan memiliki peningkatan dalam biaya pengadilan. dan beberapa struktur organisasi menyediakan perlindungan kepada anggota perusahaannya.

Struktur Perusahaan KAP Menurut PMK 17/2008 : Proprietorship : dimiliki oleh satu orang saja. 2. . Partnership: dimiliki oleh banyak orang (multiples owners) 1.

Hirarki pada KAP Auditor pemula atau staff asisten (0-2 th) melaksanakan sebagian besar detail audit. termasuk mengawasi dan mereview pekerjaan auditor pemula Supervisor ± sama dengan auditor senior . Senior atau in charge auditors (2-5 th): mengkoordinasikan dan bertanggung jawab atas audit dilapangan.

Hirarki Pada KAP Manajer (5-10th): membantu auditor yang memimpin audit dalam merencanakan dan mengelola audit. Partners adalah pemilik perusahaan dan memiliki tanggung jawab mutlak untuk melaksanakan audit dan melayani kliennya. . mereview keseluruhan pekerjaan audit dan terlibat dalam pembuatan keputusan audit yang penting. serta menjaga hubungan dengan klien. Partners (lebih dari 10 th). mereview pekerjaan auditor penanggung jawab.

.E-commerce dan KAP KAP mendapatkan keuntungan untuk terus up to date terhadap standar yang berlaku di dunia.

peregrine systems dan worldcom. Akta ini terdiri dari 11 judul atau bagian yang menetapkan hal-hal mulai dari tanggung jawab tambahan dewan perusahaan hingga hukuman pidana. Tyco international. . Perundangan ini menetapkan standar yang lebih baik lagi bagi semua dewan dan manajemen perusahaan publik dan KAP walaupun tidak berlaku bagi perusahaan non publik. Adelphia. Oxley.Sarbanes-Oxley Act dan KAP di USA Merupakan hukum federal Amerika serikat yang ditetapkan pada 30 juli 2002 sebagai hukum yang menangani sejumlah skandal akuntansi perusahaan besar yang antara lain kasus Enron. Disahkan oleh presiden sebagai hukum yang menangani skandal penyelewengan laporan keuangan. Di bentuk untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap pasar saham nasional yang diambil dari nama kedua sponsornya yaitu Paul serbanes dan Michael G.

Sarbox menetapkan suatu lembaga semi pemerintah. tata kelola perusahaan.Lanjutan SOX Menuntut Securities and Exchange Commission (SEC) untuk menerapkan aturan persyaratan baru untuk menaati hukum ini. memeriksa. mengatur. dan mendisiplinkan kantor-kantor akuntan dalam peranan mereka sebagai auditor perusahaan publik. penilaian pengendalian internal. yang bertugas mengawasi. serta pengungkapan laporan keuangan yang lebih dikembangkan . Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB). Sarbox juga mengatur masalah-masalah seperti kebebasan auditor.

PCAOB Mengawasi auditor pada KAP Membuat standar dan pengendali kualitas untuk KAP Menginfeksi kendali kualitas setiap KAP sebelum mereka melakukan audit yang sebelumnya dilakukan oleh AICPA (american institute of certified public accounting) .

AICPA Di indonesia adalah IAPI Membuat standar auditing untuk perusahaan swasta dan pemerintah melalui ASB (auditing standard board) Saat ini PCAOB memiliki pertanggung jawaban untuk membuat standar audit untuk perusahaan publik dan ASB untuk non publik .

.BAPEPAM Menyediakan informasi yang reliabel kepada investor terkait dengan keputusan investasi. Pasar modal th 1995 mensyaratkan setiap perusahaan yang berencana untuk menerbitkan sahamnya ke publik untuk melengkapi aplikasi registrasi ke BAPEPAM LK dengan menyerahkan laporan keuangan yang sudah diaudit oleh KAP.

atestasi dan jasa assurance serta jasa konsultasi manajemen.IAPI (institut akuntan publik indonesia) Membuat persyarataan untuk CPA. Membuat standar dan aturan ± aturan yang harus dipahami olek CPA . penelitian dan menerbitkan apa saja yang berkaitan dengan akuntansi dan auditing.

Yang mengadopsi dari standard australia (ISA) selesai 2009 diterapkan 2010 . dewan standar profesional akuntan publik bertanggung jawab untuk menerbitkan keputusan mengenai hal-hal audit untuk semua entitas yang disebut dengan pernyataan standar auditing ±PSA.Aturan2 yang dibuat oleh IAPI Standar auditing.

peramalan dan proyeksi.. Kode etik: berkaitan dengan etika akuntan publik . Standar kompilasi dan review: membuat keputusan mengenai pertanggung jawaban CPA berkaitan dengan L/K yang tidak diaudit dimana namanya pernyataan standar jasa akuntansi dan review.Lanjutan. Standar atestasi lainnya: pernyataan standar atestasi (PSAT) menyediakan kerangka pengembangan standar perjanjian atestasi seperti laporan prospektif keuangan.

. persyaratan pelaporan dan bukti.GAAS (General Accepted Auditing Standards) Panduan untuk auditor dalam memenuhi pertanggung jawaban profesional dalam mengaudit laporan keuangan berkaitan dengan kualitas profesional seperti kompetensi dan independensi.

10 Standar yang dibuat oleh GAAS/IAPI Standar umum Standar pekerjaan lapangan Standar pelaporan .

IAPC: menyeragamkan praktek audit diseluruh dunia dan menerbitkan keputusan mengenai fungsi audit dan atestasi ISA = GAAS indonesia .International standards on auditing (ISAs) Dikeluarkan oleh international auditing practices commitee (IAPC) dan the international federation of accounting committee (IFAC) IFAC = organisasi dunia untuk profesi akuntan.

Menjamin bahwa GAAS sudah diikuti untuk setiap audit. termasuk struktur organisasi dan prosedur2 yang dibuat.Kendali kualitas Metode yang digunakan untuk menjamin bahwa perusahaan sudah melakukan pertanggungjawaban profesionalnya pada klien dan lainnya. KAP harus mengikuti semua prosedur spesifik kontrol kualitas yang akan membantu apakah sudah konsisten untuk setiap perjanjian audit. .

Elemen kualitas kontrol Independensi. integritas dan objektivitas Personel manajemen Penerimaan dan kelanjutan klien dan perjanjian Kinerja perjanjian Monitoring .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful