P. 1
Syarafuddin Jawaban Inisiasi 1 Semester 5 Profesi Keguruan

Syarafuddin Jawaban Inisiasi 1 Semester 5 Profesi Keguruan

|Views: 210|Likes:
Published by Ichaq Rasyid

More info:

Published by: Ichaq Rasyid on Sep 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2014

pdf

text

original

Jawaban inisiasi I Profesi keguruan Nama : Haji Muh.

Amrun Kelas/Kab : B/Lombok Tengah Semester : V (Lima) KATA PENGANTAR Sebagai wujud rasa sukur kepada yang maha kuasa, kami ucapkan alhamdulillah hirobbil alamiin, atas segala limpahan rahmat taufik serta karunianyalah, hingga kita tetap dapat melanjutkan kegiatan dalam rangka menyelesaikan tugas onlain ini, dan selanjutnya mudahmudahan selalu tetap dalam lindungannya. Ucapan terimakasih pula yang sebesar-besarnya, khusus kepada Dosen Pembimbing yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk membimbing kami, guna menambah wawasan baik secara langsung maupun tidak langsung. Akhirnya kami menyampaikan permohonan maaf, yang setulis-tulusnya, atas segala kekurangan, kekeliruan dan keterlambatannya, dalam menyelesaikan tugas kami ini. Hormat Kami

1

 Melakukan penelitian membuat karya ilmiah dan sebagainya. yang diberikan oleh lembaga yang mempunyai kewenangan yaitu pemerintah atau organisasi profesi.  Memiliki kebanggaan terhadap profesinya. dan sebagainya. Kesimpulan hakekat dari istilah profesi. Profesionalitas yaitu pengakuan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang dimiliki untuk melaksanakan tugas-tugasnya.JAWABAN INISIASI I SEMESTER 5 PROFESI KEGURUAN 1. baik dalam kaitan dalam jabatannya maupun dengan latar belakang pendidikan formalnyha.  Mengejar kualitas dan cita-cita profesi dan berusaha melakukan kualitas dan cita-cita sesuai dengan program yang telah ditetapkan. Profesionalisasi yaitu merupakan suatu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai kriteria sesuai standar yang telah ditetapkan. profesionalitas dan profesionalisasi adalah : Suatu jabatan atau pekerjaan yang hanyak dapat dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian bukan sembarang orang. atau guru yang telah mendapat pengakuan secara formal sesuai ketentuan yang berlaku. Profesional adalah harus mengacu kepada dua hal yaitu orang yang menyandang suatu profesi dan penampilan seseorang dalam mengujutkan unjuk kerja profesinya yang telah mendapat pengakuan baik formal maupun informal. 2. propesionalisme. simposium. profesional. seminar. Profesionalisme yaitu merupakan sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk kemitmen dari parfva anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujutkan dan meningkatkan profesionalnya. 2 . Contoh-contoh bentuk pengembangan profesional :  Mengikuti berbagai kegiatan ilmiah seperti lokakarya.  Mengikuti penataran atau pendidikan lanjutan.

 Guru yang melakukan tindakan-tindakan kriminalitas dalam kehidupan sehari-hari. 4. Guru yang telah mendapat pengakuan secara formal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.3. Program ini dilakukan oleh Pemerintah bersama-sama dengan badan atau organisasi lain yang terkait. termasuk kemampuan administrasi pembelajaran untuk peserta didiknya  Guru yang tidak mempunyai akhlak serta tidak menjaga wibawa dan kehormatannya di dalam masyarakat. 5. baik dalam kaitan dengan jabatannya maupun dalam latar belakang pendidikan formalnya. Alasannya adalah para guru secara bertahap diharapkan akan mencapai suatu derajad kreteria profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pada dasarnya profesionalisasi merupakan suatu proses pengembangan keprofesian yang sistematis dan berkesinambungan melalui berbagai program pendidikan baik pendidikan prajabatan maupun pendidikan dalam jabatan. 6. karena tuntutan masyarakat dan para pengguna jasa suatu profesi sebagai contoh sebutan guru profesional.  Guru yang selalu berkotak-kotak dalam suatu sekolah untuk membicarakan kejelekan teman seprofesinya. Contoh layanan profesi keguruan  Pengakuan warga masyarakat terhadap layanan tertentu yang hanya dapat dilakukan oleh kelompok pekerja yang dikategorikan sebagai suatu profesi 3 . Contoh prilaku guru yang tidak mencerminkan penyandang profesi keguruan :  Guru yang tidak mempunyai kompetensi dalam kegiatan pembelajaran atau dalam bidang tugas sesuai dengan profesinya. Mengapa pekerjaan guru harus profesional ?.

Amrun. Meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat termasuk tindak etis profesional anggotanya.Muhammad@gmail.com 4 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->