Artikel Sifat-Sifat Cahaya (Prinsip Pembiasan dan Pemantulan) beserta Kegunaannya dalam Identifikasi Mineral Menggunakan Mikroskop

Cahaya

merupakan

sejenis

energi

berbentuk

gelombang

elekromagnetik yang bisa dilihat dengan mata dan gelombang ini tentunya membawa energi. Jadi sebenarnya cahaya itu sendiri merupakan salah satu bentuk energi. Energi ini bergerak bersama gelombang itu sendiri. Adapun sifat-sifat cahaya adalah sebagai berikut: 1. Dapat terlihat oleh mata 2. Memiliki arah rambat yang tegak lurus dengan arah getar (trasversal) 3. Merambat menurut garis lurus 4. Memiliki energi 5. Dipacarkan dalam bentuk radiasi 6. Dapat mengalami pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi (lenturan) dan polarisai (terserap sebagian arah getanya). 1. Pemantulan a. Pengertian pemantulan atau atau pencerminan terpancarnya (refleksi) kembali merupakan cahaya dari proses suatu

Pemantulan memantulnya

permukaan benda yang terkena cahaya. Artinya jika suatu benda terkena cahaya, maka cahaya yang mengenai benda tadi dipantulkan kembali oleh benda tadi dan hanya sebagian kecil yang diserap atau dibiaskan. Benda yang dapat memantulkan cahaya dengan baik adalah benda yang memiliki permukaan yang rata dan mengkilap misalnya cermin.

Pemantulan teratur akan dapat terjadi apabila Sinar-sinar yang datang akan dipantulkan dengan permukaan bidang pantulnya licin dan rata. o Sudut sinar datang (sinar jatuh) selalu sama dengan sudut sinar pantul. hal ini dipengaruhi oleh bentuk atau rata tidaknya suatu permukaan benda yang memantulkan cahaya. garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar. menurutnya apabila seberkas cahaya mengenai permukaan bidang datar yang rata. Macam atau ragam pemantulan Ada dua jenis bentuk pemantulan menurut bentuk dan hasil pemantulan. maka akan berlaku aturan-aturan sebagai berikut : o Sinar datang (sinar jatuh). • Hampir semua sinar pantulan akan masuk ke dalam mata pengamat. . Hukum pemantulan Ada dua butir hukum pemantulan cahaya dikemukakan oleh W. c.b. Snellius. Dua macam pemantulan itu adalah: 1) Pemantulan teratur Ciri-ciri dalam pemantulan teratur sebagai berikut: • • sejajar.

• Hanya sebagian saja dari sinar pantul yang akan masuk ke dalam mata pengamat. Pemantulan baur akan terjadi apabila permukaan Sinar-sinar yang datang akan dipantulkan secara dalam bidang pantulnya kasar atau tidak rata. .2) Pemantulan baur (difus) Ciri-ciri pemantulan baur adalah sebagai berikut : • • acak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful