P. 1
ANGGARAN RUMAH TANGGA 2009

ANGGARAN RUMAH TANGGA 2009

|Views: 28|Likes:
Published by hanif rani

More info:

Published by: hanif rani on Sep 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2010

pdf

text

original

ANGGARAN RUMAH TANGGA UNIT AKTIVITAS BAND UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa, RATA Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya tahun 2009 , setelah : Menimbang : 1. Bahwa untuk kelancaran jalannya organisasi Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya, maka diperlukan Anggaran Rumah Tangga Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya. 2. Bahwa untuk menjamin keberhasilan organisasi Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya diperlukan adanya suatu peraturan yang mengikat. Mengingat : 1. Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2. Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. 3. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 155/U / 1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. 4. Anggaran Dasar Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya.

Memperhatikan : Hasil Anggaran Dasar (AD) Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya. MEMUTUSKAN Menetapkan : Anggaran Rumah Tangga Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya Tahun 2009.

BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 1. Unit Aktivitas ini bernama Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya, selanjutnya disebut UAB UB. 2. Rapat Anggota adalah Rapat Anggota Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya yang selanjutnya disebut RATA. 3. Ketua Umum adalah anggota Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya yang menjabat sebagai Ketua UAB UB. 4. Pengurus adalah anggota Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya yang menjabat sebagai Pengurus UAB UB. 5. Penelitian dan Pengembangan yang selanjutnya disebut Litbang adalah badan yang memiliki keterkaitan langsung dengan UAB UB dan memiliki garis koo rdinasi langsung dengan Ketua Umum UAB UB. 6. Senior adalah anggota UAB UB yang pernah terlibat aktif dalam keanggotaan UAB UB selama minimal tiga kali periode kepengurusan. 7. Alumni adalah pihak yang pernah terlibat aktif dalam keanggotaan UAB UB dan sudah tidak tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas Brawijaya. 8. Partisipan adalah pihak luar yang memiliki keterkaitan langsung dengan UAB UB. BAB II KEORGANISASIAN Pasal 2 KELEMBAGAAN ORGANISASI 1. RATA adalah pemegang kekuasaan tertinggi. 2. Pengurus adalah Badan Pelaksana Organisasi. Pasal 3 RATA 1. Mempunyai tugas : a. Menetapkan tata tertib RATA. b. Meminta pertanggungan jawab dan mendemisionerkan Ketua Umum periode sebelumnya. c. Menetapkan Anggaran Dasar. d. Menetapkan Anggaran Rumah Tangga. e. Memilih dan mengangkat Ketua Umum periode berikutnya. 2. Mempunyai wewenang : a. Menerima atau menolak pertanggungan jawab dari Ketua Umum periode sebelumnya. b. Mengubah Anggaran Dasar dan atau Anggaran Rumah Tangga. c. Memberikan wewenang kepada Ketua Umum terpilih untuk melaksanakan periode kepengurusannya. 3. RATA diadakan : a. Satu tahun sekali. b. Dalam keadaan darurat, RATA dapat dilaksanakan atas kehendak 2/3 anggota yang selanjutnya disebut RATA Luar Biasa. 4. Setiap ketentuan dalam RATA berdasarkan musyawarah untuk mufakat, apabila tidak tercapai maka Akan ditetapkan dengan mekanisme yang disepakati oleh forum.

Pasal 4 PENGURUS 1. Pengurus terdiri dari Ketua Umum beserta staf. 2. Pengurus dipimpin oleh Ketua Umum. 3. Tugas dan kewajiban pengurus : a. Melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. b. Membuat dan melaksanakan GBHK. 4. Ketua Umum dijabat oleh anggota yang pernah menjadi pengurus minimal 1 (satu) periode kepengurusan, yang diangkat RATA. 5. Masa jabatan ketua umum adalah 1 (satu) periode kepengurusan dan dapat dipilih kembali maksimal 1 (satu) periode kepengurusan. 6. Ketua umum tidak sedang menjabat sebagai pengurus di organisasi lain. 7. Wewenang Ketua Umum : a. Membuat kegiatan yang dianggap perlu dengan persetujuan pengurus. b. Mengeluarkan keputusan yang dianggap perlu dengan persetujuan pengurus . 8. Masa jabatan pengurus adalah 1 (satu) periode kepengurusan (1 tahun) dan dapat dipilih kembali. 9. Apabila Ketua Umum berhalangan tetap, maka kedudukannya digantikan oleh pejabat Ketua Umum yang dipilih berdasarkan RATA Luar Biasa. 10. Apabila staf tidak aktif selama 30 hari berturut turut, tanpa keterangan yang dapat dipertanggung jawabkan atau mengundurkan diri, maka kedudukannya diganti berdasarkan Rapat Pengurus. BAB III KEANGGOTAAN Pasal 5 ANGGOTA Anggota Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya aktif yang telah mendaftarkan diri, melalui program Pendidikan dan Latihan (DIKLAT), dan disahkan oleh pengurus. Pasal 6 SYARAT ANGGOTA Syarat - syarat anggota : 1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Berjiwa Pancasila. 3. Tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas Brawijaya. 4. Memenuhi persyaratan administrasi keanggotaan. 5. Telah melalui program diklat. 6. Telah disahkan oleh pengurus. Pasal 7 KEWAJIBAN ANGGOTA 1. Mempunyai komitmen yang kuat untuk memelihara, mengembangkan, dan menjunjung tinggi almamater dan organisasi. 2. Menerima dan melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan oleh Pengurus. 3. Menyepakati dan menaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta ketentuanketentuan lain yang berlaku di UAB UB. 4. Penggunaan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi.

Pasal 8 HAK ANGGOTA 1. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan UAB UB. 2. Mengajukan usul, pendapat, saran dan pertanyaan pada Pengurus. 3. Mempunyai hak memilih dan dipilih sebagai Pengurus. 4. Mengajukan pengunduran diri sebagai anggota UAB UB kepada Ketua Umum dengan alasan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. 5. Setiap anggota yang dikenakan sanksi berhak membela diri. 6. Menggunakan aset organisasi sesuai dengan tujuan organisasi. 7. Mengajukan RATA Luar Biasa bila dianggap perlu. Pasal 9 BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN Berakhirnya keanggotaan bilamana anggota: 1. Meninggal dunia. 2. Mengundurkan diri sebagai anggota secara tertulis. 3. Dicabut keanggotaanya oleh kepengurusan periode yang bersangkutan. 4. Sudah tidak tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas Brawijaya. Pasal 10 KEWAJIBAN DAN HAK PENGURUS Kewajiban: 1. Pengurus wajib menaati dan melaksanakan AD / ART. 2. Pengurus wajib membuat dan melaksanakan program kerja selama 1 (satu) periode masa kepengurusan. 3. Pada akhir masa jabatan kepengurusan, pengurus diwajibkan membuat laporan yang harus dipertanggungjawabkan di dalam RATA. 4. Penggunaan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi. Hak : 1. Ketua Umum berhak mengajukan pengunduran diri di depan RATA Luar Biasa. 2. Staf Pengurus berhak mengajukan pengunduran diri di depan rapat pengurus. 3. Menggunakan aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi. 4. Pengurus berhak mengajukan dan mendapatkan pembelaan dalam mempertanggungjawabkan kepengurusannya di depan RATA. 5. Pengurus berhak mempertahankan kepengurusannya sesuai AD / ART di depan RATA Luar Biasa. Pasal 11 PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG) 1. Masa jabatan LITBANG adalah 1 periode kepengurusan. 2. Syarat Keanggotaan: a. Tercatat sebagai mahasiswa aktif Universitas Brawijaya. b. Pernah menjadi Pengurus minimal 2 kali periode kepengurusan. c. Direkomendasikan dan disahkan oleh Ketua Umum yang disepakati dalam rapat pengurus pada periode yang bersangkutan. 3. Kewajiban dan Hak: Kewajiban : a. Menyepakati dan menaati AD / ART serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku di UAB UB.

b. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk tujuan organisasi. c. Memberikan wacana dan pertimbangan kepada pengurus dalam rangka membantu kelancaran jalannya kepengurusan. d. Penggunaan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi. e. Memberikan laporan kinerja pada akhir masa periode kepengurusan dalam RATA. Hak : a. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan UAB UB. b. Mengajukan pengunduran diri di depan Rapat Pengurus. c. Menggunakan suatu cara untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan seijin Ketua Umum. d. Menggunakan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi. Pasal 12 SENIOR Kewajiban: a. Menghormati dan menaati AD / ART serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku di dalam UAB UB. b. Penggunaan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi. c. Turut menjaga dan mengembangkan eksistensi UAB UB. d. Menerima dan melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan oleh Pengurus. Hak : a. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan UAB UB dengan kesepakatan pengurus. b. Mengajukan kritik dan saran kepada pengurus. c. Menggunakan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi.

Pasal 13 ALUMNI Kewajiban: a. Menghormati dan menaati AD / ART serta ketentuan-ketentuan lain yang berlaku di dalam UAB UB. b. Penggunaan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi. c. Secara moral turut menjaga dan mengembangkan eksistensi UAB UB. Hak : a. Berpartisipasi dalam setiap kegiatan UAB UB dengan kesepakatan pengurus. b. Mengajukan kritik dan saran kepada pengurus melalui LITBANG. c. Menggunakan seluruh aset organisasi adalah untuk tujuan organisasi .

Pasal 14 PARTISIPAN 1. Pihak luar akan mempunyai status sebagai Partisipan apabila telah memberikan kontribusi yang dipandang cukup oleh pengurus melalui rapat p engurus. 2. Partisipan akan memperoleh kewajiban dan hak yang akan diatur kemudian oleh Pengurus.

BAB IV KEUANGAN Pasal 15 Keuangan UAB UB diperoleh dari : a. Universitas Brawijaya. b. Uang pangkal dan iuran dari anggota yang ditarik secara resmi, yang besarnya sesuai dengan kesepakatan dalam rapat pengurus. c. Usaha yang sah dan halal yang sesuai dengan AD/ART . d. Dana dari lembaga dan perorangan yang tidak mengikat. BAB V SANKSI Pasal 16 1. Sanksi diberikan kepada anggota karena bertindak menyimpang dari apa yang telah ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga UAB UB serta ketentuanketentuan lain yang berlaku dalam UAB UB. 2. Sanksi berupa : a. Teguran (dua kali secara lisan selanjutnya satu kali secara tertulis). b. Dicabut keanggotaanya. 3. Pemberian sanksi dilakukan oleh pengurus dengan wacana dan pertimbangan dari LITBANG dalam rapat pengurus. BAB VI ATURAN PERALIHAN Pasal 17 1. Perubahan Anggaran Rumah Tangga hanya dapat dilakukan oleh RATA dan atau oleh Rata Luar Biasa. 2. Segala aturan yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan diatur kemudian. 3. Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak ditetapkan.

Ditetapkan, Malang, 1 November 2009; pukul 12.43 WIB Pimpinan Sidang: Ketua Sidang: Vegi Apriansyah Wakil Ketua Sidang: Ardy Rakhmad S.N Notulen: Heni Nur Amala

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->