P. 1
Cara Bagaimana Memasukkan Video ke Powerpoint

Cara Bagaimana Memasukkan Video ke Powerpoint

4.67

|Views: 23,783|Likes:
tips tentang memasukkan video berformat avi, mpeg,dat ataupun mpg ke dalam presentasi menggunakan powerpoint.
tips tentang memasukkan video berformat avi, mpeg,dat ataupun mpg ke dalam presentasi menggunakan powerpoint.

More info:

Published by: Feriawan Agung Nugroho on Jul 02, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2013

pdf

text

original

Cara Bagaimana Memasukkan Video ke Powerpoint

Ini kisah betapa saya harus dibikin pusing oleh si Boss yang meminta saya menyiapkan presentasi. Sesuai permintaan panitia, Boss harus menyajikan presentasi dalam bentuk powerpoint dengan disisipkan didalamnya videoklip singkat liputan dari organisasi. Konon, video tersebut harus ada sebagai bukti peliputan kegiatan sebagaimana pihak pendonor maksudkan. Logika saya mengatakan: BISA. Tetapi bagaimana? Saya yang lancang menyanggupi itu ya hanya mengandalkan logika Mari kita lihat beberapa perbandingan yang bisa dipakai untuk itu. Pertama yang harus kita ingat adalah: tempatkan dalam satu folder dokumen powerpoint yang kita miliki (misal: presentasiku.ppt) dengan file video yang hendak kita insert-kan. Keduanya yang nanti akan kita burning dalam CD atau masukkan dalam flashdisk. Jadi tidak berujud file powerpoint tunggal. CARA 1. FILE VIDEO FORMAT AVI Kelebihan: tajam, bersih, mudah dilakukan Kekurangan: file jadi besar banget, tidak semua file AVI bisa di”makan”oleh PPT Bagaiamana melakukannya? 1. Setelah buka powerpoint, lakukan klik pada menu: INSERT > Movies and Sound>movie from file

2. Masuk pada menu Insert movie dan silahkan pilih mana klip mana yang dimaksud:

3. Anda perhatikan di atas. Bukankah cukup banyak movie yang bisa di-insert-kan di presentasi kita? Tetapi saya tidak tahu apa sebabnya ketika dieksekusi, ternyata hanya file dengan ekstensi avi dengan karakteristik tertentu saja yang bisa tertampil.

4. Berikut ketika file sudah tertampil: ternyata ada opsi automatically atau when clicked. Maksudnya adalah: ketika dipresentasikan, apakah anda mau video itu otomatis berjalan (play) ataukah di-klik dulu baru berjalan (play). Katakanlah anda pilih yang kedua. (when clicked)

5. Tampilan yang ada akan seperti ini:

6. Jangan gembira dulu. Belum tentu bahwa file yang nampak sukses ini akan berjalan ketika dipresentasikan. Cobalah untuk lakukan presentasi (slideshow terus view show, lalu klik bagian video).

Nah, jika berjalan ya selamat. Jika tidak, anda harus pusing untuk merubah konversi file, atau terpaksa putus asa. Tapi jangan khawatir, masih ada cara kedua.

CARA 1. Insert Media Player Kelebihan: lebih bebas memilih file (DAT, MPG, MPEG, avi dll kecuali Mov) sehingga ukuran bisa disesuaikan. Kelemahan: untuk pemula akan terasa rumit karena banyak klik dan kontrol yang mesti dilakukan. Bagaimana melakukannya? 1. Setelah powerpoint dibuka, tujulah menu: Insert > Object

2. Sampai di menu insert object, klik bagian create new dan cari Windows Media Player. Lalu klik OK

3. Perhatikan bahwa di halaman kosong sudah muncul jendela Windows Media Player. Tinggal bagaimana cara mengisikan file yang kita maksud untuk bisa running dan berjalan di powerpoint.

4. Klik kanan gambar windows yang hitam (seperti gambar di atas) dan klik bagian properties

4. Anda siap bekerja dengan jendela yang tampak rumit seperti di bawah ini:

5. Pertama kali melihat jendela di atas, saya pusing bukan kepalang karena tidak tahu bagaimana memfungsikannya. Yang saya ketahui bahwa jendela itu pasti bisa diubah menjadi sesuatu yang memunculkan video di file powerpoint saya. Barulah ketika saya klik kotak kosong di sebelah bagian (Custom). Saya menemukan titik cerak. Perhatikan gambar berikut:

6. Ada kotak dengan tiga titik di atas, maka saya klik kotak itu dan muncullah ini:

7. Nhaaa, kemudian klik Browse di file ini:

8. Dari Browse maka sampailah di file yang saya tuju dan berubah menjadi:

Tentu saja dengan melihat bahwa folder yang disunting di drive M: maka portabilitas file presentasi yang akan saya simpan di CD atau flashdisk tidak bisa terbentuk, karena mesti ada drive M di URL. Maka, saya hilangkan tulisan M: \capture handicam\ menjadi seperti ini:

PENTING !! ingat sebelumnya!!! bahwa file yang hendak kita insert berada dalam satu folder dengan file presentasi kita.

9. Setelah itu saya atur dengan persoalan centang-mencentang kelengkapan lainnya seperti tidak meng- autostart, membenahi volume dll lihat di bawah ini:

10. Setelah jendela ditutup seolah tidak terjadi apa-apa. Jangan khawatir: lihat gambar di bawah ini:

11. Baru kemudian ketika di-eksekusi dengan show slide akan tampak bedanya.

12. Nah, sekarang tinggal Customizing dan disesuaikan dengan desain powerpointnya.

SUKSES….semoga anda bisa praktek dengan baik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->