EKSPOSISI

Nur Risky Reiner Kahfi Revodian Putra Rizkita Amelia Savitha Saptono

gambar atau statistik. .PENGERTIAN Karangan yang berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. Untuk memperjelas uraian. dapat dilengkapi dengan grafik.

proses. istilah. masalah. hubungan. Menyampaikan fakta secara teratur. .TUJUAN KHUSUS 1. dan bertautan (berkaitan) Menjelaskan suatu ide. logis. sebab-akibat dan sebagainya 2. unsur-unsur sesuatu.

Di mana. Mengapa. Kapan. ´ Didukung oleh fakta dan data ´ Bersifat obyektif (apa adanya. Bagaimana ´ . sesuai kenyataan) ´ Tidak melibatkan imajinasi/khayalan penulis ´ Mengandung unsur ´Adiksimbaµ: Apa.CIRI-CIRI Informatif (memberikan informasi) ´ Memaparkan sesuatu secara rinci/detil. Siapa.

JENIS-JENIS EKSPOSISI ´ Eksposisi dengan pola pengembangan proses ´ Eksposisi dengan pola pengembangan ilustrasi .

Penulis mengembangkannya dengan cara: a. Menganalisis suatu hal atau persoalan bagian per bagian b.EKSPOSISI POLA PENGEMBANGAN PROSES Teks ini memberikan penjelasan bagaimana sesuatu itu terjadi atau bekerja. Menguraikan bagian-bagian tahap demi tahap sehingga pembaca mempunyai pengetahuan tentang proses tersebut secara keseluruhan .

Instruksi . Proses membuat atau melakukan sesuatu b.EKSPOSISI POLA PENGEMBANGAN PROSES Contoh: a. Resep masakan dan cara membuatnya c.

Ilustrasi berhubungan lasngung dengan konsep atau prinsip umum tersebut. Ilustrasi atau contoh berfungsi memberikan gambaran atau penjelasan yang konkret tentang suatu konsep atau prinsip umum. .EKSPOSISI POLA PENGEMBANGAN ILUSTRASI Teks yang memberikan pemaparan dengan menggunakan ilustrasi.

Misalnya. Pengucap bahasa Indonesia setuju bahwa rangkaian enam bunyi bahasa dalam kata kucing itu melambangkan .EKSPOSISI POLA PENGEMBANGAN ILUSTRASI Contoh: ´Bunyi bahasa dirangkai menurut cara tertentu dan menghasilkan kata (konsep). enam bunyi [k-u-c-i-ng] dirangkai menjadi kata kucing. Pada taraf ini persetujuan antarpengucap bahasa memainkan peran yang penting.

Dalam bahasa Inggris. Kata kucing tidak akan berarti apa-apa bagi orang Inggris.EKSPOSISI POLA PENGEMBANGAN ILUSTRASI pengertian tentang binatang tertentu (ilustrasi 1). . pengertian tentang binatang itu dilambangkan dengan kata cat (ilustrasi 2).

Apa= Apa yang terjadi? Di mana= Di mana peristiwa tersebut terjadi? Kapan= Kapan peristiwa tersebut terjadi? Siapa= Siapa saja yang terlibat? Mengapa= Penyebab terjadinya peristiwa? Bagaimana= Krolonogis kejadian? .UNSUR YANG TERDAPAT DALAM EKSPOSISI Unsur yang terdapat dalam teks eksposisi berupa berita.

e.BENTUK-BENTUK EKSPOSISI a. g. b. f. Proses membuat atau melakukan sesuatu Instruksi Berita Siaran berita Siaran radio Acara bincang-bincang dan semacamnya« . c. d.

THANK YOU FOR YOUR ATTENTION .