P. 1
Ekonomi makro-1

Ekonomi makro-1

|Views: 1,043|Likes:
Published by cadelholic

More info:

Published by: cadelholic on Sep 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

Ekonomi Makro

1.

RUANG LINGKUP ANALISIS MAKROEKONOMI MODEL ARUS LINGKAR PENDAPATAN & PEMBAYARAN

2.

SUB POKOK BAHASAN   



DARI MIKRO EKONOMI KE MAKRO EKONOMI MASALAH UTAMA DALAM PEREKONOMIAN KEBIJAKAN MAKROEKONOMI PEMBENTUKAN MODEL MAKROEKONOMI

DARI MIKRO EKONOMI KE MAKRO EKONOMI
Analisis mikro mengenai : Analisis makro mengenai :  Mewujudkan efisiensi dalam penggunaan  Pentingnya segi sumbersumber-sumber. permintaan dalam menentukan tingkat  Mencapai kepuasan kegiatan dalam yang maksimum. perekonomian.  Pentingnya kebijakan dan campurtangan pemerintah untuk mewujudkan kegiatan ekonomi

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Analis mikro dengan pertanyaan : Apakah jenis barang dan jasa yang harus diproduksi ? Bagaimanakah cara memproduksi barang dan jasa tersebut ? Untuk siapakan barang dan jasa tersebut diproduksi ? Analis makro dengan pertanyaan : Mengapa setiap negara menghadapi masalah pengangguran ? Mengapakah selalu mengalami kenaikan hargaharga-harga ? Mengapa perekonomian tidak mengalami pertumbuhan yang sama cepatnya ? Mengapa kegiatan perekonomian tidak mengalami perkembangan yang stabil?        .

PERBEDAAN EKONOMI MIKRO DENGAN EKONOMI MAKRO Analisis bersifat bagian-bagian bagian/ unit terkecil  Titik berat analisis : » cara mewujudkan efisiensi » cara mencapai kepuasan  Cakupan permasalahan : teori produksi biaya produksi perilaku konsumen perilaku produsen struktur pasar teori konsumsi teori distribusi elastisitas penawaran seorang konsumen penawaran seorang produsen  Analisis bersifat menyeluruh (agregat)  Titik berat analisis : » faktor yg menentukan tingkat kegiatan ekonomi suatu negara » Masalah-masalah utama Masalahperekonomian » Peran pemerintah mengatasi masalah ekonomi  Cakupan permasalahan : Pendapatan Nasional pertumbuhan ekonomi inflasi kebijakan ekonomi pemerintah Neraca Pembayaran pengangguran Pendapatan per kapita permintaan seluruh konsumen penawaran seluruh produsen  .

Cyclus / Arus Perekonomian Dalam Skala Mikro Ekonomi Menjual Faktor Produksi (1) Memberikan balas Jasa (2) Rumah tangga Perusahaan Membeli Barang dan Jasa (3) Menyerahkan barang dan jasa (4) Tabungan Pajak Investasi Kebijakan Moneter Pengeluaran Kebijakan Fiskal Pemerintah .

Penentuan Kegiatan Ekonomi   Analisis mengenai penentuan tingkat kegiatan yang dicapai sesuatu perekonomian merupakan bagian penting dari analisis makro ekonomi. Analis tersebut menunjukkan bagaimana pengeluaran (permintaan agregate) dan penawaran agregate akan menentukan keseimbangan kegiatan suatu perekonomian. .

Pengeluaran Agregate Dalam Perekonomian Modern Dibedakan menjadi : b Pengeluaran konsumsi rumah tangga b Investasi perusahaan b Pengeluaran konsumsi dan investasi pemerintah b Ekspor (pembelian barang buatan dalam negeri oleh produsen negara lain) .

Pasar Makro XPasar barang YPasar uang ZPasar Tenaga Kerja [Pasar Luar Negeri .

Jumlah uang (kartal & Giral) yang beredar 2.GD 1.Volume uang .Tingkat harga umum 2. unga atas pin aman ank 3. asar uang Hal-hal ya g kita pelajari da perilak ya 1. redit yang diberika oleh ank 2. asar arang 2.Yang Dipelajari Dalam Pasar Makro (1) Pasar 1. unga di pasar bebas 1. unga atas deposito 2.Tingkat bunga gka tatistik ya g diamati Indek biaya hidup GD dengan harga konstan 1.

Jumlah angkatan ker a 3.Yang Dipelajari Dalam Pasar Makro (2) 3. Tingkat upah Tenaga rata-rata er a 2. Jumlah orang yang beker a diberbagai sektor 2. Pasar 1. Employment Indek-indek upah diberbagai sektor ekonomi 1. Unemployment Angkatan ker a minus umlah orang yang beker a .

Statistik eraca Perdagangan 2.Yang Dipelajari Dalam Pasar Makro (3) 4. Cadangan devisa 1. eraca uar Perdagangan egeri 2. Angka ekspor dan impor Statistik dasar penukaran Statistik cadangan devisa . Dasar penukaran (Term Of Trade) 3. Pasar 1.

Pelaku Makro XRumah tangga YProdusen ZPemerintah [Lembaga-lembaga keuangan \Negara-negara lain .

kematis Kegiatan Pelaku Makro dalam Pasar Pajak 11 Pemerintah Negara lain 2 4 Pajak Pasar barang 3 1 10 Produsen Rumah tangga 13 14 12 6 5 16 Pasar tenaga kerja Pasar uang Permintaan Penawaran 7 9 8 Lembaga Keuangan 15 .

Permintaan XPengeluaran konsumsi oleh rumah tangga YBelanja barang oleh pemerintah ZInvestasi oleh perusahaan [ kspor ke luar negeri \Kebutuhan tenaga kerja oleh pemerintah ]Kebutuhan tenaga kerja oleh perusahaan ^Kebutuhan uang tunai dan kredit _Kebutuhan rumah tangga akan uang tunai `Kebutuhan perusahaan asing akan rupiah .

Penawaran (Hasil produksi dalam negeri (Impor dari luar negeri (Tenaga kerja yang disediakan oleh rumah tangga ( uplai uang kartal (Tabungan rumah tangga ( uplai uang giral ( uplai dana luar negeri .

sewa) YMenerima penghasilan dari lembaga keuangan (bunga) ZMembelanjakan penghasilan ke pasar barang [Menyisihkan sisa dari penghasilan untuk ditabung pada lembaga keuangan \Membayar pajak ke pemerintah ]Masuk dalam pasar uang. deviden.Kegiatan Rumah tangga XMenerima penghasilan dari produsen (upah. akan kebutuhan uang tunai untuk memenuhi transaksi sehari-hari .

aktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga untuk proses produksi Zmenentukan pembelian barang-barang modal dan stok barang-barang lain [Meminta kredit dari lembaga keuangan untuk membiayai investasi \Membayar pajak .Kegiatan Produsen XMemproduksi dan menjual barang-barang dan jasa Ymenyewa/menggunakan aktor.

Kegiatan Lembaga Keuangan XMenerima simpanan/deposito dari rumah tangga YMenyediakan kredit dan uang giral .

Kegiatan Pemerintah (Termasuk Bank entral) XMenarik pajak langsung dan tak langsung Ymembelanjakan penerimaan untuk membeli barang-barang kebutuhan pemerintah ZMeminjam uang dari luar negeri [Menyewa tenaga kerja \Menyediakan kebutuhan uang (kartal) bagi masyarakat .

Kegiatan Negara-Negara lain XMenyediakan kebutuhan barang impor Ymembeli hasil-hasil ekspor ZMnyediakan kredit untuk swasta dan pemerintah dalam negeri [membeli dari pasar barang untuk kebutuhan cabang perusahaannya \Masuk ke pasar uang dalam negeri sebagai penyalur (devisa) dari luar negeri dan sebagai peminta kredit uang kartal rupiah untuk kebutuhan cabang-cabang perusahaannya. .

MASALAH UTAMA DALAM PEREKONOMIAN b Masalah pertumbuhan Ekonomi b Masalah ketidakstabilan kegiatan ekonomi b Masalah pengangguran b Masalah kenaikan harga harga (inflasi) b Masalah neraca perdangangan dan neraca pembayaran .

Pertumbuhan konomi ‡ Pertumbuhan ekonomi merupakan perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat ‡ Masalah pertumbuhan ekonomi dipandang sebagai masalah makro ekonomi dalam jangka panjang .

Kurva Kemungkinan produksi Barang Pertanian R Y0 Y1 M P N 0 X1 X0 B Barang Industri .

.Masalah ketidakstabilan kegiatan ekonomi Perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satuperiode ke periode lainnya. selalu mengalami masa naik dan turun. Pergerakan naik turun perusahaan perusahaan di dalam jangka panjang disebut konjungtur atau siklus kegiatan perusahaan (business cycle).

.Pengangguran Pengangguran adalah suatu keadaan di mana seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum memperolehnya.

Faktor.aktor Yang menyebabkan Pengangguran XKekurangan pengeluaran / permintaan agregate YIngin mencari pekerjaan yang lebih baik ZPenggunaan peralatan produksi modern oleh pengusaha [Ketidaksesuaian ketrampilan yang dimiliki dengan yang dibutuhkan industri .

In lasi XIn lasi dapat dide inisikan sebagai suatu proses kenaikan harga-harga yang berlaku dalam suatu perekonomian. dan negara yang satu dengan negara yang lainnya. . YTingkat in lasi (persentasi kenaikan harga) berbeda dari satu periode dengan periode lainnya.

Sumber In lasi XTingkat pengeluaran agregate melebihi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk. YPekerja di berbagai kegiatan ekonomi menuntut kenaikan upah .

YProspek pembangunan ekonomi dalam jangka panjang akan semakin memburuk. ZPengurangan investasi yang produkti . kecenderungan ini akan memperlambat pertumbuhan ekonomi. .Akibat In lasi X enderung menurunnya tingkat kemakmuran segolongan besar masyarakat.

.Neraca Pembayaran Neraca pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negaranegara lain ke dalam negeri. dan dari dalam negeri ke negara-negara lain.

. Istilah perekonomian terbuka berarti suatu perekonomian itu mempunyai hubungan ekonomi dengan negara lain. dan terutama ini dilakukan dengan menjalankan ekspor dan impor.Perekonomian Terbuka Kegiatan ekspor dan impor merupakan bagian yang penting dari kegiatan perekonomian suatu negara. isamping itu aliran modal untuk investasi.

‡ Aliran masuk penanaman modal asing dan penanaman modal ke luar negeri. .Pembayaran meliputi : ‡ Penerimaan dari ekspor dan pembayaran impor barang dan jasa. ‡ Aliran masuk dan aliran keluar modal jangka pendek.

YNeraca keseluruhan menunjukkan perimbangan diantara keseluruhan aliran pembayaran ke luar negeri dan aliran penerimaan dari luar negeri.Neraca Perdagangan Neraca keseluruhan XNeraca Perdagangan menunjukkan perimbangan diantara ekspor dan impor. Z e isit neraca pembayaran berarti pembayaran keluar negeri melebihi penerimaan dari luar negeri .

Menstabilkan kegiatan ekonomi. Mewujudkan kekukuhan neraca pembayaran dan kurs valuta asing. 2. 5. Menghindari inflasi. 4. .KEBIJAKAN MAKROEKONOMI TUJUAN KEBIJAKAN MAKROEKONOMI : 1. Menciptakan pertumbuhan ekonomi yang teguh. Mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja (kesempatan kerja) penuh tanpa inflasi. 3.

BENTUK KEBIJAKAN MAKROEKONOMI : Kebijakan Moneter Kebijakan Fiskal Kebijakan Segi Penawaran . 2.KEBIJAKAN MAKROEKONOMI BENTUK 1. 3.

.PEMBENTUKAN MODEL MAKROEKONOMI  Perekonomian 2 Sektor : Perekonomian yang hanya melibatkan Rumah Tangga Konsumen (RTK) dan Rumah (RTP) saja yang disebut juga perekonomian sederhana.

tidak melakukan transaksi dengan perekonomian lain/dunia (rest (rest of the world).PEMBENTUKAN MODEL MAKROEKONOMI  Perekonomian 3 Sektor : Perekonomian yang melibatkan Rumah Tangga Konsumen (RTK). Kegiatan perekonomian ini hanya melibatkan pelaku dari dalam negeri saja. . Rumah (RTP) dan Rumah Tangga Pemerintah (RTG) yang disebut juga perekonomian tertutup (closed economy (closed model). model). world).

PEMBENTUKAN MODEL MAKROEKONOMI  Perekonomian 2 Sektor : Perekonomian yang hanya melibatkan Rumah Tangga Konsumen (RTK) dan Rumah (RTP) saja yang disebut juga perekonomian sederhana. .

melakukan transaksi dengan perekonomian lain/dunia. model).PEMBENTUKAN MODEL MAKROEKONOMI  Perekonomian 4 Sektor : Perekonomian yang melibatkan Rumah Tangga Konsumen (RTK). Rumah (RTP). . Kegiatan perekonomian ini melibatkan pelaku dari dalam dan luar negeri. Rumah Tangga Pemerintah (RTG) dan masyarakat luar negeri yang disebut juga perekonomian terbuka (open economy model).

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->