P. 1
Bola Voli

Bola Voli

|Views: 901|Likes:
Published by Dinda Chentil

More info:

Published by: Dinda Chentil on Sep 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan hidayah-Nya serta karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Dalam penulisan makalah ini, penulis banyak menemukan berbagai masalah dan rintangan. Tetapi dengan segala kemampuan dan usaha yang ada serta bantuan dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikannya. Dalam menyelesaikan makalah ini tentu saja penulis banyak menemui kesulitan-kesulitan, kendala-kendala dan hambatan-hambatan, akan tetapi berkat bantuan, bimbingan, petunjuk dan nasehat dan berbagai pihak lainnya penulis dapat menyelesaikannya. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna baik dan segi penyajian maupun dari segi penyusunannya. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dan para pembaca guna penyempurnaan skripsi ini pada masa-masa yang akan datang.

Binjai, 16 Juni 2010 Penulis,

1

DAFTAR ISI
Kata Pengantar.....................................................................................................i Daftar Isi...............................................................................................................ii Bab I Bab II Bab III Bab IV Pendahuluan.........................................................................................1 Sejarah.................................................................................................2 Pembahasan ........................................................................................3 Kesimpulan dan Saran......................................................................10

Daftar Pustaka...................................................................................................11

2

BAB I PENDAHULUAN
Satu diantara sekian banyak cabang olahraga permainan yang sangat digemari adalah permainan bola voli. Permainan ini sangat populer sebab dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, baik dari anak-anak, sampai pada orang tua, baik laki-laki maupun wanita, dari kota sampai pada masyarakat pedesaan. Menurut para ahli dan pengamat bola voli, permainan ini menempati urutan lima besar yang paling digemari didunia. Nama bola voli muncul setelah demonstrasi permainan olahraga tersebut, ketika seorang penonton berkomentar bahwa permainan yang melibatkan banyak "volleying" dan kemudian diubahlah namanya menjadi permainan Bola Voli. William Morgan dilahirkan di negara bagian New York dan belajar di Springfield College, Massachusetts. Ironisnya di Springfield, Morgan bertemu dengan James Naismith yang menemukan bola basket pada tahun 1891. Morgan termotivasi oleh Naismith dan permainan bola basketnya yang dirancang untuk siswa yang lebih muda dan menciptakan permainan yang sesuai untuk member yang lebih tua dari YMCA. Permainan dasar bola voli William Morgan kemudian menjadi populer dan permainan Faustball yang berasal dari Jerman dan beberapa olahraga lainnya termasuk: tenis (net), bola basket, baseball dan bola tangan. Penghargaan Morgan Trophy yang diselenggarakan setiap tahun adalah untuk para atlet laki-laki dan wanita yang paling berbakat dan berprestasi pada permainan bola voli antar perguruan tinggi di Amerika Serikat. Didirikan oleh yayasan William G. Morgan pada tahun 1995 selama seratus tahun bola voli, kemudian pada piala diberi nama kehormatan dari William Morgan.

3

BAB II
Sejarah Bola Voli William G. Morgan (New York, 1870–1942) adalah tokoh asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai pencipta olahraga bola voli. Morgan muda kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men’s Christian Association). Di sana ia bertemu dengan James Naismith yang pada tahun 1891 menciptakan olahraga bola basket. Setelah lulus, pada tahun 1895 ia mulai bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts. Di sana ia menciptakan permainan bernama Mintoinette yang dirancang tidak seberat basket agar cocok dimainkan orang-orang yang lebih tua dan dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran. Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim. Dirancang berdasarkan olahraga lain asal Jerman bernama faustball, Pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebih sesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying).

4

BAB III
PEMBAHASAN Voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Lapangan permainan

Aturan permainan Penghitungan angka Aturan permainan dari bola voli adalah: Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh pun akan mendapat nilai

5

Teknik Bola Voli Service

Service ada beberapa macam: 1. Service dengan ayunan tangan dari bawah. 2. Service dengan ayunan tangan dari samping. 3. Service dengan ayunan tangan dari atas. 4. Jump Service yang perlu diperhatikan dalam service : • Sikap badan dan pandangan • Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan. • Saat kapan harus memukul Bola. Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli Passing » Passing Bawah ( Pukulan/penganmbilan tangan kebawah ) » Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.

6

» tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan. » Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.

» Passing Keatas ( Pukulan/penganmbilan tangan keatas ) » Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk. » Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola. » Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. » Penyentuhan pada semua jari2 dan gerakannya meluruskan kedua tangan

Smash (spike)

7

Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Membendung (Blocking)

Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Kedudukan Pemain (Posisi Pemain)

8

Pada waktu service kedua regu harus berada dalam lapangan / didaerahnya masing-masing dalam 2 deret kesamping. Tiga deret ada di depan dan tiga deret ada di belakang

Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan

disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.

Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.

9

Pergantian

pemain

inti

dan

cadangan

pada

saat

pertandingan

berlangsung tidak dibatasi.

Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang

lain.
• •

Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.

Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.

Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.

Kesalahan meliputi:

o Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan. o Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Bola volley harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan. o Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan. o Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan, begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan. o Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan. o Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan. o Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang. o Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.

Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakir. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13.

Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit. Diluar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan international.

10

Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masingmasing group terdiri dari 4 (empat) tim.

Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan

berlangsung tidak dibatasi.

Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah di pastikan pemenangnya maka babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.

• •

Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.

Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.

Kesalahan meliputi:

o Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan. o Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. Bola volley harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan. o Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan. o Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan, begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan. o Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan. o Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan. o Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang. o Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.

Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakhir. Dan apabila dilakukan babak penetuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13.

11

Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit. Diluar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan international.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. 12

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Lapangan permainan Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2,43 meter dan untuk net putri 2,24 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm. Saran Sikap memblok yang benar adalah: 1) 2) 3) Jongkok, bersiap untuk melompat. Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi

kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian memblok.

DAFTAR PUSTAKA
http://safarila.blog.friendster.com/2009/12/bola-voli/ http://www.bloggaul.com/budidoank/readblog/77367/teknik-bermain-bola-voli http://wapedia.mobi/id/Voli http://volimania.org/index.php?option=com_content&task=view&id=639&Itemid=7 http://duniailmu.info/index.php?option=com_content&view=article&id=92:olahraga-bola-voli-volley-ball-&catid=53:olah-raga&Itemid=80

13

14

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->