P. 1
SISTEM PEMERINTAHAN BELANDA

SISTEM PEMERINTAHAN BELANDA

5.0

|Views: 15,444|Likes:
Published by y0h00z

More info:

Published by: y0h00z on Sep 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

.

Suatu RUU. Eerste Kamer hanya dapat menyetujui atau menolaknya. RUU yang telah disetujui mulai berlaku diundangkan dalam lembaran negara (staatsblad) . RUU dapat pula diajukan oleh Menteri. Oleh karena tidak memiliki hak amandemen terhadap suatu RUU. yaitu sebagai anggota Tweede Kamer (Majelis Rendah). harus diajukan kepada Eerste Kamer (Majelis Tinggi) untuk mendapatkan persetujuan.Raja/Ratu menunjuk seorang wakil untuk menjalankan kekuasaan legislatif. Mereka mempunyai hak inisiatif mengajukan rancangan undang-undang. setelah mendapat persetujuan Tweede Kamer.

ketua ketua partai. Para Menteri mengundurkan diri sehari sebelum pemilu yang diadakan setiap empat tahun sekali. kekuasaan eksekutif ada di tangan Raja/Ratu. maka kekuasaan Pemerintah diletakkan di tangan kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri dan menteri-menterinya yang bertanggung jawab pada parlemen. Perdana Menteri diangkat oleh Raja/Ratu dan para Menteri diangkat oleh Raja/Ratu atas rekomendasi Perdana Menteri. . juga dapat meminta nasehat dari ketua parlemen. dan kalangan non politik.Menurut UUD Belanda. ketua ketua fraksi dalam parlemen. Raja/Ratu hanya bertindak atas nasehat Raad van Staten (Council of State). Karena Raja/Ratu tidak dapat diganggu gugat (onschendbaar).

Dengan demikian anggaran/keuangan Gemeente dan lain-lain harus mendapat persetujuan Gedeputeerde Staten tersebut. Disamping itu Gedeputeerde Staten mempunyai kewajiban untuk mengawasi Gemeente (Kota Madya). Commissaris der Koning/Koningin diangkat oleh Raja/Ratu dan menjadi Ketua Gedeputeerde Staten. . Gedeputeerde Staten yang anggotanya dipilih oleh Provinciale Staten adalah badan pimpinan dan pelaksana harian pemerintah provinsi.Pemerintah Provinsi terdiri dari 3 organ. Anggota-anggota Provinciale Staten dipilih secara langsung oleh rakyat di provinsi tersebut untuk masa empat tahun. yaitu Provinciale Staten (Dewan Perwakilan Provinsi). Gedeputeerde Staten (Badan Pengurus Harian Provinsi) dan Commissaris der Koning/Koningin (Gubernur).

Gemeente Raad (Dewan Kota Madya) diangkat oleh Raja .Pemerintah Gemeente (Kota Madya) mempunyai 3 organ : .Wethouders (pelaksana pemerintahan Kota Madya) diangkat oleh Raja .College van Burgemeester (Wali Kota) diangkat oleh Raja .

Di Belanda terdapat empat tingkat badan pengadilan. Rechtbank.Kekuasaan Yudikatif mempunyai kedudukan yang bebas dari dua kekuasaan lainnya. . Raja/Ratu hanya memiliki wewenang untuk mengangkat anggota-anggota yudikatif. Gerechtschof dan Hoge Raad. Anggota-anggota Hoge Raad diangkat oleh Raja/Ratu dari calon-calon yang diajukan oleh Tweede Kamer. yaitu Canton.

Anggota.anggota Eerste Kamer dipilih oleh anggota Dewan Daerah Provinsi (Provinciale Staten).Dewan Perwakilan Rakyat atau Parlemen terdiri dari 2 (dua) msjelis yaitu Tweede Kamer (Majelis Rendah) dan Eerste Kamer (Majelis Tinggi): 1. Eerste Kamer (Majelis Tinggi) Beranggotakan 75 orang yang dipilih untuk masa 6 tahun. . Pemilihan anggota Majelis Tinggi terakhir adalah pada tanggal 25 Mei 2003.

sehingga tercermin berbagai aliran politik dalam masyarakat. Secara politis pemilihan anggota Tweede Kamer lebih menentukan dari pada Eerste Kamer. dipilih untuk masa 4 tahun. Pemilihan anggota Majelis Rendah terakhir adalah tanggal 22 November 2006 . Sejak tahun 1917 berlaku sistem perwakilan berimbang (evenredige vertegenwoordiging).2. Pemilihan untuk anggota Tweede Kamer dilakukan secara langsung. Tweede Kamer (Majelis Rendah) Beranggotakan 150 orang.

dan partai PvdA (Partij van de Arbeid). dan Groen Links digolongkan sebagai partai kiri. Partai seperti dan VVD (Volkspartij voor Vrijheid en Democratie) dianggap sebagai partai kanan. Pada umumnya partai terbentuk atas dasar ideologi dan agama. partai CDA (Christen Democratisch Apel) sebagai partai tengah. Democraten 66 (D 66. . Democraten 66).Sistem kepartaian di Belanda adalah sistem multi partai.

tetapi program-programnya juga mendukung jaminan sosial dan menjanjikan partisipasi buruh dalam manajemen dan keuntungan. SP (Socialistische Partij) merupakan Partai politik di Belanda yang beraliran sosialis. Katholik dan Liberal yang progresif. Pasca Pemilu 2007 terdapat 4 Partai besar yaitu: PvdA. sering disebut sebagai Partai Buruh didirikan tahun 1946 dan merupakan fusi dari partai partai pekerja sosial demokrat dengan golongan golongan Protestan. memperjuangkan free enterprise. Didirikan tahun 1946.Dari seluruh Partai-partai yang ada di Belanda. VVD. Berdiri pada tahun 1971. . SP merupakan oposisi dari kabinet Belanda. kesejahteraan sosial dan menentang akan globalisasi. tidak berdasarkan agama. sering juga disebut sebagai Partai Rakyat untuk Kebebasan/Demokrasi. Isu-isu yang diperjuangkan adalah masalah pekerjaan.

Katholijke Volks Partij (KVP): Kebijaksanaan berdasarkan prinsip Kristen. yaitu:Anti Revolutionaire Party (ARP): Protestan. ‡CDA. . merupakan partai dari golongan intelektual dan kiri tengah yang berhaluan demokratik pragmatis. Pandangan D 66 terhadap soal lingkungan sebenarnya bertolak belakang dengan pandangan partai VVD yang menentang pembatasanpembatasan terhadap lingkungan yang kurang sejalan dengan kebutuhan perkembangan industri. Partai ini sangat kritis terhadap masalah lingkungan hidup.‡D 66. merupakan aliansi dari 3 partai. pecahan dari ARP. Christelijke Historische Unie (CHU): Protestan. tetapi sikapnya lebih progresif dalam ekonomi. dan partai tertua di Belanda. Memiliki kebijaksanaan yang sama dengan ARP.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->