P. 1
Cara Pencegahan Dan Penanggulangan Bahan Pencemar Tanah

Cara Pencegahan Dan Penanggulangan Bahan Pencemar Tanah

|Views: 914|Likes:
Published by Galih Wardani

More info:

Published by: Galih Wardani on Sep 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2012

pdf

text

original

Cara Pencegahan dan Penanggulangan Bahan Pencemar Tanah

Langkah pencegahan
Pada umumnya pencegahan ini pada prinsipnya adalah berusaha untuk tidak menyebabkan terjadinya pencemaran, misalnya mencegah/mengurangi terjadinya bahan pencemar, antara lain: 1) Sampah organik yang dapat membusuk/diuraikan oleh mikroorganisme antara lain dapat dilakukan dengan mengukur sampah-sampah dalam tanah secara tertutup dan terbuka, kemudian dapat diolah sebagai kompos/pupuk. Untuk mengurangi terciumnya bau busuk dari gas-gas yang timbul pada proses pembusukan, maka penguburan sampah dilakukan secara berlapis-lapis dengan tanah. 2) Sampah senyawa organik atau senyawa anorganik yang tidak dapat dimusnahka oleh n mikroorganisme dapat dilakukan dengan cara membakar sampah -sampah yang dapat terbakar seperti plastik dan serat baik secara individual maupun dikumpulkan pada suatu tempat yang jauh dari pemukiman, sehingga tidak mencemari udara daerah pemukiman. Sa mpah yang tidak dapat dibakar dapat digiling/dipotong-potong menjadi partikel-partikel kecil, kemudian dikubur. 3) Pengolahan terhadap limbah industri yang mengandung logam berat yang akan mencemari tanah, sebelum dibuang ke sungai atau ke tempat pembuangan agar dilakukan proses pemurnian. 4) Sampah zat radioaktif sebelum dibuang, disimpan dahulu pada sumur sumur atau tangki dalam jangka waktu yang cukup lama sampai tidak berbahaya, baru dibuang ke tempat yang jauh dari pemukiman, misal pulau karang, yang tidak berpenghuni atau ke dasar lautan yang sangat dalam. 5) Penggunaan pupuk, pestisida tidak digunakan secara sembarangan namun sesuai dengan aturan dan tidak sampai berlebihan. 6) Usahakan membuang dan memakai detergen berupa senyawa organik yang dapat dimusnahkan/diuraikan oleh mikroorganisme.

Langkah penanggulangan
Apabila pencemaran telah terjadi, maka perlu dilakukan penanggulangan terhadap pencemara tersebut. Tindakan penanggulangan pada prinsipnya mengurangi bahan pencemar tanah atau mengolah bahan pencemar atau mendaur ulang menjadi bahan yang bermanfaat. Tanah dapat berfungsi sebagaimana mestinya, tanah subur adalah tanah yang dapat ditanami dan terdapat
1

2 . kaca-kaca di daur ulang menjadi vas kembang. berangkal) yang dapat menyebabkan tanah menjadi tidak/kurang subur. sehingga tidak menyebabkan banjir. misal dijadikan mainan anak-anak. agar diolah atau dilakukan daur ulang menjadi barang barang lain yang bermanfaat. pemulihan. air dan tanah) yang telah disediakan dan diatur oleh Allah sang pencipta. dikubur dalam sumur secara berlapis-lapis yang dapat berfungsi sebagai resapan dan penyaringan air. Resapan air tersebut bahkan bisa masuk ke dalam sumur dan dapat digunakan kembali sebagai air bersih. plastik di daur ulang menjadi ember dan masih banyak lagi cara-cara pendaur ulang sampah. Langkah tindakan penanggulangan yang dapat dilakukan antara lain dengan cara: 1) Sampah-sampah organik yang tidak dapat dimusnahkan (berada dalam jumlah cukup banyak) dan mengganggu kesejahteraan hidup serta mencemari tanah. melainkan tetap berada di tempat sekitar rumah dan tersaring. dengan demikian berarti kita mensyukuri anugerah-Nya. dijadikan bahan bangunan. batu bata. maka tanah perlu ditambah dengan kapur agar pH asam berkurang. Dengan melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran lingkungan hidup (pencemaran udara.mikroorganisme yang bermanfaat serta tidak punahnya hewan tanah. pengendalian. batu-batu. pasir. 2) Bekas bahan bangunan (seperti keramik. pencemaran air dan pencemaran tanah) berarti kita melakukan pengawasan. 3) Hujan asam yang menyebabkan pH tanah menjadi tidak sesuai lagi untuk tanaman. kerikil. pelestarian dan pengembangan terhadap pemanfaatan lingkungan) udara. plastik dan serat dijadikan kesed atau kertas karton didaur ulang menjadi tissu.

Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan. kemudian diolah menjadi bahan lain yang berguna. Proses pencegahan terjadinya pencemaran lebih baik daripada proses penanggulangan terhadap pencemaran yang telah terjadi. kemudian diolah. danau ataupun ke dalam selokan. Pengolahan limbah Limbah industri sebelum dibuang ke tempat pembuangan. misalnya dapat diolah menjadi keset.Penanggulangan terhadap Terjadinya Pencemaran Air Penanggulangan terjadinya pencemaran air Untuk mencegah agar tidak terjadi pencemaran air. 3 . Pencemaran air yang telah terjadi secara alami misalnya adanya jumlah logam -logam berat yang masuk dan menumpuk dalam tubuh manusia. dalam aktivitas kita dalam memenuhi kebutuhan hidup hendaknya tidak menambah terjadinya bahan pencemar antara lain tidak membuang sampah rumah tangga. karena sisa pupuk dan pestisida akan mencemari air di lingkungan tanah pertanian. sampah rumah sakit. tidak membuang ke dalam air sungai. Sampah padat dari rumah tangga berupa plastik atau serat sintetis yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme dipisahkan. kemudian kalau sudah membusuk dapat digunakan sebagai pupuk. Penumpukan logam-logam berat ini terjadi dalam tumbuh-tumbuhan karena terkontaminasi oleh limbah industri. dialirkan ke sungai atau selokan hendaknya dikumpulkan di suatu tempat yang disediakan. maka limbah industri hendaknya dilakukan pengolahan sebelum dibuang ke lingkungan. agar bila terpaksa harus dibuang ke sungai tidak menyebabkan terjadinya pencemaran air. Sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme dikubur dalam lubang tanah. karena senyawa fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air. sampah/limbah industri secara sembarangan. Untuk menanggulangi agar tidak terjadi penumpukan logam-logam berat. logam berat ini dapat meracuni organ tubuh melalui pencernaan karena tubuh memakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung logam berat meskipun diperlukan dalam jumlah kecil. Tidak menggunakan deterjen fosfat. Bahkan kalau dapat setelah diolah tidak dibuang ke sungai melainkan dapat digunak lagi untuk an keperluan industri sendiri.

juga berdampak tidak langsung bagi kesehatan. Penanggulangan pencemaran udara berbentuk gas di lihat pada tabel 3 Penanggulangan Polusi udara dari ruangan Sumber dari pencemaran udara ruangan berasal dari asap rokok. yaitu : y y y Usahakan polutan yang masuk ruangan seminimum mungkin. Pencemaran udara disamping berdampak langsung bagi kesehatan manusia/individu. Pada tanaman sayuran yang terkena/mengandung pencemar Pb yang pada akhirnya me-miliki potensi bahaya kesehatan masyarakat apabila tanaman sa yuran tersebut di konsumsi oleh manusia. Tempatkan alat pengeluaran udara dekat dengan sumber pencemaran. Udara yang mengan-dung polutan dilewatkan melalui alat ini sehingga udara dalam ruangan sudah berkurang polutan-nya atau disebut bebas polutan. untuk Filtrasi. Sulfur Dioksida(SO2) dan Ozon (O3 ) mengakibatkan gangguan proses asimilasi pada tumbuhan. pembakaran asap dapur. melarutkanpolutan dan mendispersikan polutan. Pencegahan pen-cemaran udara yang berasal dari ruangan bisa dipergunakan : Ventilasi yang sesuai. kendaraan bermotor dan lain-lain yang dibatasi oleh ruangan.PENCEMARAN UDARA DAMPAK/PENGARUH PEN-CEMARAN UDARA Dampak/pengaruh pencemaran udara bisa mempengaruhi terhadap makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung dapat di ihat Tabel 1 dan Tabel 2 Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan secara tidak langsung. Usahakan menggantikan udara yang keluar dari ruangan sehingga udara yang masuk ke-ruangan sesuai dengan kebutuhan. PENANGGULANGAN PEN-CEMARAN UDARA Penanggulangan pencemaran udara dapat dilakukan dengan cara mengurangi polutan dengan alat-alat. Emisi oleh Fluor (F). 4 . bahan baku ruangan. Memasang filter dipergunakan dalam ruangan dimaksudkan menangkap polutan dari sumbernya dan polutan dari udara luar ruangan. mengubah polutan. Efek SO2 terhadap vegetasi dikenal dapat menimbulkan pemucatan pada bagian antara tulang atau tepi daun. Pembersihan udara secara elektronik .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->